alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5242b5c5138b46940a000008/danau-kastoba-wisata-alam-sensasional-pulau-bawean
Danau Kastoba, Wisata Alam Sensasional Pulau Bawean
Danau Kastoba, Wisata Alam Sensasional Pulau Bawean

GRESIK, Gresikgress.com – Danau Kastoba, Wisata Alam Sensasional Pulau Bawean. Kesan wisata alam sensasional nan alami muncul di benak siapapun ketika berkunjung ke Danau Kastoba di Desa Promaan Kecamatan Tambak ini. Kondisinya yang belum terjamah, membuat Danau Kastoba memiliki sensasi tersendiri diantara tempat wisata lainnya.

Untuk menuju ke lokasinya saja, harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak di antara rimbunnya hutan belantara. Karena sensasi itu, wisata alam ini wajib masuk ke daftar paket wisata anda. Seringkali juga wisatawan asing berkunjung ke Danau Kastoba.

Danau Kastoba tidak kalah menarik dengan danau Toba di Sumatera Utara (Sumut). Bedanya, Danau Toba sudah dipoles, sedangkan Danau Kastoba masih alami seperti gadis yang masih perawan.

Diperlukan stamina ekstra agar bisa mencapai danau Kastoba, jalan setapak di dalam hutan yang masih lebat itu sangat terjal dengan bebatuan, terkadang juga licin, apalagi saat musim hujan tiba.

Kita harus berjalan sekitar 1,5 kilometer agar bisa sampai ke Danau Kastoba. Dari bawah, suara derasnya aliran sungai yang berhulu di Danau Kastoba mengiringi perjalanan sepanjang menuju lokasi Danau Kastoba. Tapi kita dibuat penasaran, susah melihat seperti apa aliran sungai itu. Sebab, sepanjang jalan setapak menuju telage (sebutan Danau Kastoba oleh warga setempat) pepohonan lebat menghalangi pandangan.

Karena itu kita harus berhati-hati, pasti kita tidak sadar jika sungai yang suara alirannya membuat kita terasa damai dan sejuk itu ternyata berada di dasar jurang yang curam. Selain itu, jalan setapak yang kita lewati juga terkadang seakan hilang karena tertutup rumput yang lebat, ini membuktikan jika Danau Kastoba belum terjamah. Saking rimbunnya hutan, sepanjang jalan ke Danau Kastoba kita akan kesulitan mencari celah untuk melihat matahari.

Jalannya memang tidak terlalu jauh, tapi nafas kita akan terasa habis ketika telah sampai di Danau Kastoba, karena kita harus menakhlukan jalan yang amat terjal. Tapi, tidak perlu khawatir, rasa lelah itu akan terbayar lunas ketika kita melihat keelokan Danau Kastoba. Menurut kepercayaan warga setempat, mandi di jernihnya air Danau Kastoba bisa membuat kita tetap awet muda. Airnya masih bebas dari pencemaran, bisa langsung diminum tanpa harus dimasak lebih dulu.

Beberapa ekor burung belibis liar berenang di tepi danau, terkadang juga langsung terbang menjauh ketika ada pengunjung datang. Jika beruntung, kita bisa melihat kawanan rusa bawean (axis kuhlii) minum di tepi danau. Rusa bawean merupakan satwa endemis Pulau Putri (sebutan Pulau Bawean) yang tidak dijumpai di tempat lain.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Paiwisata Bawean, Sulaiman Efendy, air di Danau Kastoba tidak pernah habis. “Berdasarkan penelitian dari perguruan tinggi ITS Surabaya beberapa waktu lalu, kedalaman Danau Kastoba di tengah mencapai 40 meter,” ungkapnya. Sering wisatawan asing berkunjung ke Danau Kastoba, kata Efendy, mereka datang dari Aurtralisa, Kanada, Singapura, dan Malaysia. Danau Kastoba yang masih alami itulah parar menarik para wisatawan.

Tapi sayang, tambah Efendy, pengunjung yang datang ke Danau Kastoba hanya bisa menikati dari ujung sebelah tenggara danau, sebab danau yang memiliki keliling sekitar dua kilometer itu masih lebat dengan pepohnan dan rumput di sekelilingnya, jadi pengunjung tidak bisa menikmati dari sekeliling danau. Belum adanya jalan yang mengelilingi danau itu sebenarnya justru membuat pemandangan benar-benar tampak masih alami.
Quote:http://gresikgress.com/danau-kastoba...-pulau-bawean/

Danau Kastoba, Wisata Alam Sensasional Pulau Bawean
Danau Kastoba, Wisata Alam Sensasional Pulau Bawean
bawean ya ? nyebrang dulu nih kalo mau kesana.

gak ada gambarnya ya TS ? di sumber berita gambarnya dikit soalnya.
pesona alam Indonesia tidak ada habisnya emoticon-Angkat Beer
Jauuuhh... tapi menarik juga gan
kalau soal ginian, tritnya bagus ditambah gambar om ts emoticon-Malu (S)
keren juga sepertinya..masih alami
foto-fotonya donk gan TS..biar lengkap tritnya emoticon-Big Grin
maaf gan mau nanya biya naik kapalnya dari pelabuhan gresik perapa gan sekarang..??
ada buayanya gak gan?
berasa pengen renang emoticon-Matabelo
Ane pernah kesana rada mirip ranukumbolo dan alami banget
Cuma katanya angker, ane foto2 disana sebagian besar ilang tuh potonya hehe
trit taun 2013
Quote:Original Posted By merdekaboy
trit taun 2013


Danaunya uda keburu kering emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By dhie008
ada buayanya gak gan?
berasa pengen renang emoticon-Matabelo


lah, kok takut sm buaya bray? pan ente buaya darat.... ngoahahahhaha
Kapan2 kesana yuk
Kita berenang bareng2