alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52427906ffca17d673000008/vietnam-membeli-lagi-12-pesawat-tempur-sukhoi-su-30mk2
Vietnam membeli lagi 12 pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2
Quote:
Vietnam membeli lagi 12 pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2
Vietnam resmi membeli dua belas pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2 dari Rusia dengan harga masing-masing lebih dari AS$ 46 juta (sekitar Rp 500 miliar). Sebelumnya Vietnam telah memiliki 24 Su-30MK2 yang mereka beli dari Rusia dalam delapan tahun terakhir, dan kedepan artinya Vietnam akan memiliki 36 Sukhoi Su-30MK2.

Versi MK2 dari Sukhoi Su-30 dilengkapi dengan perangkat elektronik canggih yang memungkinkan penggunaan rudal anti-kapal. Pesanan Vietnam ini baru akan dikirimkan pada tahun 2015 nanti. Disamping Su-30MK2, Vietnam juga telah memiliki 10 Sukhoi Su-27.

Sebagian besar dari total 400 pesawat tempur Vietnam adalah buatan era 60-70-an yaitu MiG-21 (200+ aktif) dan Sukhoi Su-22 (145 aktif) untuk serangan darat. Walaupun secara kuantitas memang banyak, tapi melihat umur dan teknologinya, Vietnam tampaknya memang butuh upgrade dengan pesawat yang lebih modern.

Sebagian analis menganggap Sukhoi Su-30 (33 ton) setara dengan F-15 buatan AS, namun tentunya dengan harga yang lebih murah. Dikembangkan menjelang akhir Perang Dingin, Su-27/30 merupakan salah satu pesawat tempur terbaik yang pernah Rusia buat. Walaupun disaat kondisi ekonomi tidak menentu pada 1990-an, pemerintah Rusia terus menjaga "keberlangsungan hidup" pesawat ini, bahkan menyediakan dana untuk pengembangan versi yang lebih baik dari Su-27, yang disebut dengan Su-30. Hasilnya pun terbukti, Su-30 menjelma menjadi pesawat luar biasa sekaligus menjadi pesawat tempur utama yang diproduksi Rusia.

Sekarang sudah ada beberapa varian Su-30 dan beberapa upgrade signifikan. Sementara Su-27 hanya diproduksi sekitar 700 unit (terutama antara tahun1984 hingga runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991), produksi Su-30 kini sudah mendekati 1.000 pesawat (termasuk yang diproduksi India dan China di bawah lisensi Rusia) dan mungkin akan mencapai 2.000 unit, jika India dan China terus memproduksinya.

Su-30 memang belum pernah digunakan dalam pertempuran sesungguhnya, akibatnya reputasinya di mata barat tidak cukup bagus. Namun perlu diingat bahwa Su-27/30 ini merupakan lompatan besar Rusia yang mengalahkan pesawat-pesawat tempur barat yang selama ini telah mengalahkan desain Rusia selama berpuluh-puluh tahun.

Dalam latihan-latihan tempur, kemampuan Su-30 dinilai sangat baik dan kini selalu dilibatkan Rusia dalam setiap latihan. Di masa lalu, kurangnya waktu latihan menjadi masalah besar bagi pesawat-pesawat tempur Rusia.


SUNGGUH NIAT emoticon-Matabelo

kalo kebutuhan kita min 2-3 ska Flanker lalu buat patroli make Grippen/F-16emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By ARFA86


SUNGGUH NIAT emoticon-Matabelo



Santai aja..... kita nanti kan belinya yang Su-35 BM........... emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

*Menghibur diri
Quote:Original Posted By wahwibson
kalo kebutuhan kita min 2-3 ska Flanker lalu buat patroli make Grippen/F-16emoticon-Malu (S)


klo min 3 ska lg berharap 2 ska SU-35 dan 1 ska T 50 PAK-FA emoticon-Big Grin
Yahh

Jadi sekarang indonesia jadi peringkat ke brapa di asean soal kekuatan udaranya?

Makin jauh nih omongan pak menhan soal juara 1 itu
lah mending gitu beli barang jelas,jangan malah berharap sama pesawat siluman emoticon-Frown
Quote:Original Posted By gmmvgx
Yahh

Jadi sekarang indonesia jadi peringkat ke brapa di asean soal kekuatan udaranya?

Makin jauh nih omongan pak menhan soal juara 1 itu


kira-kira masih di bawah singapura, vietnam, thailand, kira2 sebelas dua belas ama malaysia..... emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By gmmvgx
Yahh

Jadi sekarang indonesia jadi peringkat ke brapa di asean soal kekuatan udaranya?

Makin jauh nih omongan pak menhan soal juara 1 itu


coba setiap tahapan MEF TNI-AU bikin target pengadaan lengkap skuadron, anggap saja nanti MEF II target min 3 skuadron terdiri dari 2 ska tempur dan 1 ska pesawat angkut.
Quote:Original Posted By gmmvgx
Yahh

Jadi sekarang indonesia jadi peringkat ke brapa di asean soal kekuatan udaranya?

Makin jauh nih omongan pak menhan soal juara 1 itu


Quote:Original Posted By princeville


kira-kira masih di bawah singapura, vietnam, thailand, kira2 sebelas dua belas ama malaysia..... emoticon-Embarrassment


emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
masih ada 145 aktif Su-22 emoticon-Belo
belanja emang harusnya seperti ini..

emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By blue_danube
belanja emang harusnya seperti ini..

emoticon-Embarrassment


bener - bener ga menjaga perasaan formiler negara tetangga emoticon-Frown
Quote:Original Posted By cicitnyabudjem


bener - bener ga menjaga perasaan formiler negara tetangga emoticon-Frown


ah... yang belanja juga gak menjaga perasaa formiler mereka sendiri kok...


emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By princeville


kira-kira masih di bawah singapura, vietnam, thailand, kira2 sebelas dua belas ama malaysia..... emoticon-Embarrassment


emoticon-Ngakak
itu fakta belum lagi ga punya AEWCS
bener-bener harus disengat dulu baru belanja emoticon-Cape d... (S)
sering bener beritanya vietnam beli bla.. bla.. bla..
apa gara2 pernah gontok2an sama panda & sengketa LCS ya?
iseng pgn tau budgetnya vietnam malah baca ini:

ternyata dimarih jauh lebih transparan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By loneAbe
masih ada 145 aktif Su-22 emoticon-Belo


emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By blue_danube
belanja emang harusnya seperti ini..

emoticon-Embarrassment


iya, tapi sungguh menyakitkan bagi formiler kita emoticon-Berduka (S) kalau yang belanja seperti itu negara lain dan bukan negara kita
Quote:Original Posted By ARFA86


emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)



iya, tapi sungguh menyakitkan bagi formiler kita emoticon-Berduka (S) kalau yang belanja seperti itu negara lain dan bukan negara kita


tapi kalo diliat selama 5 tahun ini belanja kita paling banyak lo`.....
bener gak?
Quote:Original Posted By r3zam4n


tapi kalo diliat selama 5 tahun ini belanja kita paling banyak lo`.....
bener gak?


Kagak

Itu viet 3 squ flenker, 6 kilo brand new itu sudah cukup membanting kita ke urutan berikut.
Quote:Original Posted By AR38
sering bener beritanya vietnam beli bla.. bla.. bla..
apa gara2 pernah gontok2an sama panda & sengketa LCS ya?

itu salah satu penyebabnya....dan juga jangan lupa Vietnam ini sudah jadi anak emasnya Rusia sejak era perang vietnam
so apa sih yang nggak Rusia kasihkan apa yang vietnam minta?? emoticon-Malu (S)