alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5242369219cb17bd6900000d/1980-1988-perang-iran-iraq--pertarungan-hardware-us-vs-ussr
Hepi 
[1980-1988] Perang Iran-Iraq : Pertarungan Hardware US vs USSR
Hari Ini di 1980 Perang Iran dan Irak Dimulai
Minggu, 22 September 2013, 17:38 WIB

[1980-1988] Perang Iran-Iraq : Pertarungan Hardware US vs USSR
AP


Sadam Husein memimpin langsung pasukannya saat menyerbu Iran 22 September 1980


REPUBLIKA.CO.ID,Perang Iran-Irak juga dikenali sebagai Pertahanan Suci dan Perang Revolusi Iran di Iran, dan Qadisiyyah Saddam di Irak, adalah perang di antara Irak dan Iran yang bermula di hari ini 1980 dan berakhir pada Agustus 1988. Umumnya, perang ini dikenali sebagai Perang Teluk Persia sehingga Konflik Irak-Kuwait meletus pada awal 1990-an, dan untuk beberapa waktu dikenali sebagai Perang Teluk Persia Pertama.

Peperangan ini bermula ketika pasukan Irak menerobos perbatasan Iran pada hari ini di 1980 akibat masalah perbatasan yang berlarut-larut antara kedua negara dan juga kekhawatiran Saddam Hussein atas perlawanan Syiah yang dibawa oleh Imam Khomeini dalam Revolusi Iran. Walaupun Irak tidak mengeluarkan pernyataan perang, tentaranya gagal dalam misi mereka di Iran dan akhirnya serangan mereka dapat dipukul mundur Iran. Walaupun PBB meminta adanya gencatan senjata, pertempuran tetap berlanjut sampai tanggal 20 Agustus 1988; Pertukaran tawanan terakhir antara kedua negara ini terjadi pada tahun 2003. Perang ini telah mengubah wilayah dan situasi politik global.

Perang ini juga memiliki kemiripan seperti Perang Dunia I. Taktik yang digunakan seperti pertahanan parit, pos-pos pertahanan senapan mesin, serangan dengan bayonet, penggunaan kawat berduri, gelombang serangan manusia serta penggunaan senjata kimia(seperti gas mustard) secara besar-besaran oleh tentara Irak untuk membunuh pasukan Iran dan juga penduduk sipilnya, seperti yang dialami juga oleh warga suku Kurdi di utara Irak. Dalam perang ini dipercaya lebih dari satu juta tentara serta warga sipil Irak dan Iran tewas, dan lebih banyak lagi korban yang terluka dari kedua belah pihak selama pertempuran


Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : Wikipedia

http://www.republika.co.id/berita/in...n-irak-dimulai


Iran punya barang2 mahal asal Amerika, Iraq modal barang downgrade versi ekspor asal Soviet emoticon-Hammer2
Quote:Iran punya barang2 mahal asal Amerika, Iraq modal barang downgrade versi ekspor asal Soviet


Irak make downgrade sovyet dan prancis hasil akhirnya di udara irak keok namun di darat lain cerita gabungan senjata AS, China, Sovyet dan Korut yg digunakan Iran hasilnya sama kuat dengan Irak
Quote:IRAN-IRAQ WAR DATES

September 1980
Iraqi forces invade Iran
June 1982
Iran counterattacks, rejects ceasefire offer
May 1984
Iran attacks Gulf shipping, escalating Tanker War
1985
Bombing of civilian centres in War of the Cities
July 1987
UN resolution 598 calls for ceasefire
July 1988
US carrier shoots down Iranian civilian airliner, claiming it thought it was a fighter
August 1988
Ceasefire agreed




The Iran-Iraq war: 25 years on
By Roger Hardy
BBC Middle East analyst

Between half a million and 1.5 million people died in the war


Iraq invaded Iran on 22 September 1980, triggering a bitter eight-year war which destabilised the region and devastated both countries.

The then Iraqi leader Saddam Hussein claimed as a reason for the invasion a territorial dispute over the Shatt al-Arab, the waterway which forms the boundary between the two countries.

However, the conflict was rooted in regional rivalry.

Saddam Hussein felt directly threatened by the Islamic revolution which had brought Ayatollah Khomeini to power in Iran the year before.

The ayatollah, for his part, saw Saddam as a brutal Sunni tyrant oppressing his country's Shia majority, and did not disguise his desire to see him toppled.

Thus, for Saddam Hussein, the war's purpose was pre-emptive: to overthrow the Khomeini regime before that regime could overthrow him.

He believed that Iran was in turmoil and that his forces could achieve quick victory.

It was a monumental mistake.

War of attrition

By 1982 Iranian forces had regained the territory they had lost and pushed across the border into Iraq. Khomeini rejected an Iraqi offer of a ceasefire.




So although Baghdad had started the war, it was Khomeini who prolonged it.

The conflict turned into a war of attrition, with each side showing a marked disregard for the human cost:

  • Khomeini sent thousands of young Iranians to their death in "human-wave" attacks.

  • Saddam used chemical weapons against the Iranians and, in 1988, against his own people - the Kurds of Halabja - whom he considered a treacherous fifth column.

  • In the "war of the cities", both sides pounded their adversary's civilian population from the air.

  • In the "war of the tankers", each side attacked oil tankers and merchant ships in the Gulf in a bid to deprive the other of trade.


In fact, the tanker war served to internationalise the conflict.

After repeated Iranian attacks on its vessels, Kuwait appealed to outside powers for protection - and both the United States and the Soviet Union stepped in.

This helped turn the tide against Iran.

Seeing that their country was exhausted and isolated, Iranian officials urged Khomeini to accept a ceasefire.

When he finally did so, in July 1988, he likened it to drinking a cup of poison.

Counting the cost


The economic and political fallout was immense. At least half a million people died, and upper estimates stretch to 1.5 million.

Neither side had achieved its war aims. Khomeini had not overthrown Saddam. Saddam had not overthrown Khomeini or forced him to re-draw the border in Iraq's favour.

Although the Iraqi leader sought to claim victory, in reality he had merely staved off defeat - and even that had required a good deal of outside help.

Iraq's economic plight was one of the factors that led Saddam to take the fateful decision to invade Kuwait in 1990. And on that occasion the Western and regional powers which had come to his aid in fighting Iran united in opposing him.

For Iran, the consequences were no less dire.

The war not only exacted a heavy human and material cost. It extinguished much of the zeal of the Islamic revolution. It led Iranians to question more sharply the capabilities of their clerical leadership.

With Khomeini's death shortly after the end of the war, the country entered a new and more introspective era.

The Iran-Iraq war left a painful legacy. Few modern conflicts have been so long, so bloody and so futile.
Kalo yg gw baca di majalah TSM dlm perang ini korban personel dari Iran lebih banyak dari Irak. Demikian pula dgn kerusakan infrastruktur yg diderita Iran lebih tinggi drpd Irak. Tp hutang luar negeri Irak lebih besar drpd Iran. CMIIW

Pernah gw baca jg kalo AD Iran bisa nembus sampe Bashrah. Tanknya pake Chieftain CMIIW. Abis itu dibabat ama Hind Irak.

Ada jg yg blg bhw ini perang sebenarnya diniatin bagi Saddam Hussein sbg latihan saja menjelang rencana dia yg sebenarnya, yakni invasi Kuwait. Jd motifnya agak mirip ama Hitler yg ikut perang saudara di Spanyol sblm PDII. Tp entah mengapa "latihan" yg diniatin cuman bbrp minggu saja menjadi 8 thn emoticon-Hammer CMIIW
Quote:Original Posted By 032700
Kalo yg gw baca di majalah TSM dlm perang ini korban personel dari Iran lebih banyak dari Irak. Demikian pula dgn kerusakan infrastruktur yg diderita Iran lebih tinggi drpd Irak. Tp hutang luar negeri Irak lebih besar drpd Iran. CMIIW

Pernah gw baca jg kalo AD Iran bisa nembus sampe Bashrah. Tanknya pake Chieftain CMIIW. Abis itu dibabat ama Hind Irak.

Ada jg yg blg bhw ini perang sebenarnya diniatin bagi Saddam Hussein sbg latihan saja menjelang rencana dia yg sebenarnya, yakni invasi Kuwait. Jd motifnya agak mirip ama Hitler yg ikut perang saudara di Spanyol sblm PDII. Tp entah mengapa "latihan" yg diniatin cuman bbrp minggu saja menjadi 8 thn emoticon-Hammer CMIIW


Iran pake human wave ya.. pantas aja lebih banyak korban. Iran (Syiah) di embargo di mana2, Irak lebih banyak suporternya (di hitung belakangan / hutang tentu)

Harusnya sih jauh lebih gampang nyerang Kuwait (kecil, penduduk dikit) daripada Iran (besar, penduduk lebih banyak dari Irak)
tapi iran beruntung waktu jaman Syah angkatan udaranya sebagian besar diarahin ke irak, makanya waktu diserang ,angkatan udara iran langsung counter attack ke posisi strategis di irak
Quote:Original Posted By kampaa


Iran pake human wave ya.. pantas aja lebih banyak korban. Iran (Syiah) di embargo di mana2, Irak lebih banyak suporternya (di hitung belakangan / hutang tentu)

Harusnya sih jauh lebih gampang nyerang Kuwait (kecil, penduduk dikit) daripada Iran (besar, penduduk lebih banyak dari Irak)


kuwait emang lemah, tentaranya dikit

tapi yang bantuin kuwait jauh lebih kuat emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By DenMajalah


kuwait emang lemah, tentaranya dikit

tapi yang bantuin kuwait jauh lebih kuat emoticon-Hammer2


akhirnya irak dihajar habis2an sama backing kuwait
2 kali malah nype si saddam digantungemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By wahwibson


akhirnya irak dihajar habis2an sama backing kuwait
2 kali malah nype si saddam digantungemoticon-Malu (S)


slalu kalah sadam huseinemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wahwibson


akhirnya irak dihajar habis2an sama backing kuwait
2 kali malah nype si saddam digantungemoticon-Malu (S)


2 kali itu yang serangan besar (Bush tua & Bush muda)
Kalo serangan kecil Clinton juga pernah melakukan saat ramadhan malah
Iranian aerial victories during the_Iran-Iraq war
..... dan jangan lupa, kiprah F-14 Tomcat emoticon-Cool
Quote:Original Posted By F-14 Tomcat
Iranian aerial victories during the_Iran-Iraq war
..... dan jangan lupa, kiprah F-14 Tomcat emoticon-Cool


Kalo dihitung, pesawat tempur Iraq yang jadi korban keganasan F4 IRIAF juga gak kalah banyak dibanding punya F14 loh

Quote:Original Posted By Mrkarjo


slalu kalah sadam huseinemoticon-Ngakak


dikit dikit mirip juga ama hamas
always kiss the wrong ass
emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Hnhev


dikit dikit mirip juga ama hamas
always kiss the wrong ass
emoticon-Hammer2


saddam beda : duit super banyak, negaranya kaya minyak
Quote:Original Posted By Mrkarjo

slalu kalah sadam huseinemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By urban21

2 kali itu yang serangan besar (Bush tua & Bush muda)
Kalo serangan kecil Clinton juga pernah melakukan saat ramadhan malah

Quote:Original Posted By Hnhev

dikit dikit mirip juga ama hamas
always kiss the wrong ass
emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By rumah.KENYOT

saddam beda : duit super banyak, negaranya kaya minyak

jelas sekali beda jauh antara saddam dan hamas
meskipun sama bikin rusuh dengan pihak yang kuat
karena saddam punya uang, SDA dan SDM untuk perang, apalagi status saddam pemimpin negara yang syah secara hukum internasional, bisa beli alutsista sesuka hati emoticon-Malu (S)


penampilan 80an banget emoticon-Big Grin

50 cal legendaris soviet emoticon-Cool

[1980-1988] Perang Iran-Iraq : Pertarungan Hardware US vs USSR


mukanya mirip seseorang yang terkenal di pornmil emoticon-Hammer2


[1980-1988] Perang Iran-Iraq : Pertarungan Hardware US vs USSR
perang tidak ada yg suci yg suci itu adalah perdamain dan saling mencintai,,, mencintai sesama manusia...seperti ane mencintai istri enteemoticon-Kissemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By pemogan17
perang tidak ada yg suci yg suci itu adalah perdamain dan saling mencintai,,, mencintai sesama manusia...seperti ane mencintai istri enteemoticon-Kissemoticon-Ngakak


selamat, ente bukan maho emoticon-Cool
Bacok2an selama 8 taon akhirnya wilayah kembali ke patok lama emoticon-Ngakak
sebenernya seberapa besar sih kekuasaan mullah di iran? emoticon-Malu contoh aja, apa reaktor uranium bisa jalan, dan tomcat bisa terbang pake ayat doang? emoticon-Malu

pernah nonton edisi dont tell my mom, di natgeo, anak muda iran mayan bebas lepas hijab dan bergaul di pinggiran iran. sepertinya aparat ga terlalu represif di luar tehran emoticon-Malu

politik ke dalam mungkin pengaruh mullah kuat, tapi kalo politik ke luar? mungkin mullah pun sungkem ke kaum teknokrat/ilmuwan/intelektual iran emoticon-Embarrassment

jus my opi(ni)um gan emoticon-Smilie