alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5241fbab40cb17c72d000005/tni-au-latihan-pertahanan-di-papua
TNI AU LATIHAN PERTAHANAN DI PAPUA
TIMIKA-(IDB) : TNI AU menggelar latihan operasi pertahanan udara nasional di Timika, Papua mulai Selasa hingga Kamis (26/9).

Komandan Pangkalan TNI AU Timika, Letkol Penerbang Untung Suropati kepada Antara di Timika Selasa mengatakan latihan itu melibatkan dua pesawat F-16 dan satu pesawat Boeing intai maritim milik Skuadron Udara 5 Ujung Pandang.

"Rencana awal memang akan melibatkan pesawat Sukhoi, tapi ada perubahan karena pesawat Sukhoi latihan di tempat lain. Pesawat yang akan dilibatkan dalam latihan ini yaitu pesawat F-16 yang sementara berada di Biak," jelas Untung.

Kegiatan latihan dipusatkan di sekitar Bandara Mozes Kilangin Timika. Agar tidak mengganggu jadwal penerbangan, kegiatan latihan operasi pertahanan udara nasional tersebut akan dilaksanakan setelah pukul 12.00 WIT.

Personel darat yang dilibatkan sebanyak 100 orang dari berbagai unsur TNI, Polri dan instansi sipil seperti petugas Bandara Mozes Kilangin Timika dan PT Freeport Indonesia.

Untung menjelaskan, dalam kegiatan latihan nanti akan disimulasikan pesawat F-16 milik TNI AU akan memaksa sebuah pesawat asing yang tidak punya izin memasuki wilayah Indonesia mendarat di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Selanjutnya akan digelar simulasi serangan udara.

"Untuk latihan hari pertama pesawat F-16 akan bertindak sebagai pesawat musuh melakukan simulasi penyerangan untuk melatih personel yang di darat. Sedangkan esok akan digelar simulasi pemaksaan mendarat pesawat asing dan hari berikutnya akan digelar simulasi penyerangan musuh," jelas Untung.





Sumber : Antara[EMAIL][


ada penempatan f-16 di papua g gan tahun 2014?emoticon-Bingung (S)

maaf kalo kacau threadnya masih newbe.....
oalahh... buat latihan di timika tho... Kemaren liat dari cendela pesawat, ada bbrp f-16 ada di hangar biak.....
Prepare for the "near" future war emoticon-I Love Indonesia (S)
syukurlah F-16 skrg lebih sering latihan...soalnya lebih sering denger hawk latihan
akhirnya epenambelas latihan
gak sabar dengan penempatan pespur baruemoticon-Malu (S)
satu flight saat ini di pekan baru, ikut sekolah selama 3 bulan bareng RSAF

satu flight patroli perbatasan di Papua..

jadi, tinggal berapa yang ada di homebase? yang ditinggal S, atau US?
Quote:Original Posted By HobbyMiliter
satu flight saat ini di pekan baru, ikut sekolah selama 3 bulan bareng RSAF

satu flight patroli perbatasan di Papua..

jadi, tinggal berapa yang ada di homebase? yang ditinggal S, atau US?


jumlah f-16 kita tinggal berapa sih mbah dan jumlah yang bisa terbang berapa??
Wah

Lokasi latihannya sesuatu banget

Pertahanan udara loh, bukan COIN emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By dadung3737


jumlah f-16 kita tinggal berapa sih mbah dan jumlah yang bisa terbang berapa??



kalaupun tau, tidak akan diberitahu.. kalau mau tau cari sendiri...


katany zih menyangkut UU rahasia negara.. hehehe
Quote:Original Posted By gmmvgx
Wah

Lokasi latihannya sesuatu banget

Pertahanan udara loh, bukan COIN emoticon-Malu (S)


Harusnya latihan melawan gerilyawan....... Atau ini latihan melawan penyuplai senjata ke insurgen....??? emoticon-Bingung (S)
Kok dr kemaren ga denger suara pesawat f16 ya....padahal ane cuma 20 km dr bandara...
Nanti kalo terbang rendah dikota bisa pada teriak "MERDEKA" emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By keledaiidiot


Harusnya latihan melawan gerilyawan....... Atau ini latihan melawan penyuplai senjata ke insurgen....??? emoticon-Bingung (S)


Kayaknya begitu emoticon-Shutup
Quote:Original Posted By dadung3737


jumlah f-16 kita tinggal berapa sih mbah dan jumlah yang bisa terbang berapa??


yah, airframe yang nyisa sih 10, karena yang 2 sudah jatuh...

yg hidup berapa? nda tau...
f-16 di indo kok malah keliatan jarang buat patroli dan latihan ya ketimbang hawk?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By zar0505
f-16 di indo kok malah keliatan jarang buat patroli dan latihan ya ketimbang hawk?emoticon-Bingung (S)


kata siapa? ente tinggal dimana gan?
Quote:Original Posted By zar0505
f-16 di indo kok malah keliatan jarang buat patroli dan latihan ya ketimbang hawk?emoticon-Bingung (S)


ntar kalo mau patroli, gw suruh lapor ke rumah ente dulu yak, jangan lupa uang sakunya, tambah gorengan biar pas patroli ngga kelaperanemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By zar0505
f-16 di indo kok malah keliatan jarang buat patroli dan latihan ya ketimbang hawk?emoticon-Bingung (S)


Kata siape? Beberapa minggu ini si Falcon sering terbang di atas kota gw (home basenya palcon), bahkan lebih intensif dari sebelumnya
sementara di papua yg harus di perkuat adalah TNI AD biar bisa gulung OPM
Quote:Original Posted By pemogan17
sementara di papua yg harus di perkuat adalah TNI AD biar bisa gulung OPM


psssst OPM emang dipelihara..
biar kopassus ada arena bermain

jengjeng!