alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52416315128b46853d000000/calhaj-indonesia-susah-dilarang-merokok
Calhaj Indonesia Susah Dilarang Merokok
Calhaj Indonesia Susah Dilarang Merokok
Selasa, 24 September 2013, 16:49 WIB

Rokok elektronik
REPUBLIKA.CO.ID, PONDOK GEDE - Penyitaan ratusan kotak rokok dari koper salah seorang jamaah asal Lampung menunjukkan sulitnya membuat para jamaah menghentikan kebiasaan merokok.

Meskipun bukan barang 'haram', rokok dinilai dapat memperburuk keadaan jamaah selama berada di Tanah Suci. Dari pantauan Republika di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, banyak sekali calon haji (calhaj) yang masih merokok. Seperti di gedung E dan D-1, ruang lobi dipenuhi asap rokok dari semburan mulut para calhaj.

"Saya sebenarnya sudah bertekad berhenti merokok waktu berangkat haji. Tapi, sampai di sini teman-teman sekloter merokok semua," kisah salah seorang calhaj, Prawinto Aji. kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, ia pun tergoda untuk melanggar janjinya meskipun mengurangi jumlah rokok yang biasa diisapnya, dari sebungkus per hari menjadi sebungkus untuk dua atau empat hari.

Demikian juga dengan Abu Bakar, rekan Aji. Ia juga sudah berjanji untuk berhenti merokok selama menunaikan haji. Ia pun sudah mempersiapkan diri untuk tidak membawa rokok dari Indonesia.

"Katanya di Arab Saudi nanti rokok ini tidak dijual. Jadi, dengan sendirinya saya akan berhenti merokok," ujarnya sembari menunjuk bungkus rokok yang biasa dibelinya. Kendati demikian, Abu Bakar tidak menjamin selepas haji ia akan berhenti merokok. Mungkin saja ia kembali menjadi perokok sebagaimana sediakala.

Kepala Bidang Pengendalian Risiko Lingkungan AHPG, Sutjipto, mengatakan, bukan hal yang mudah untuk membuat para jamaah berhenti merokok ataupun membawa rokok ke Tanah Suci. Pihaknya telah berkali-kali mengingatkan, tapi jamaah tidak pernah jera.

Terlepas dari hukum rokok makruh atau haram, untuk jamaah haji sendiri memang disarankan untuk tidak merokok. Ibadah haji yang menuntut kondisi fisik bugar dan sehat tentu seyogianya dipelihara oleh jamaah haji. Salah satunya dengan tidak memasukkan racun seperti asap rokok ke dalam tubuh.
Cuaca Arab Saudi yang ekstrim, seperti udara kering dan berdebu, membuat jamaah rentan terkena gangguan pernapasan. Rata-rata, gangguan kesehatan jamaah haji tak terlepas dari saluran pernapasan seperti batuk, asma, dan flu. Kendati sudah memakai masker, nyatanya masih banyak jamaah haji yang menderita gangguan pernapasan, apalagi ditambah dengan merokok.

emoticon-Ngakak
Iya juga sih,udah kebiasaan mau gmana lagi...olahraga aja yg cukup..

SEMOGA JADI HAJI YG MABRUR

Spoiler for sumber:
mungkin kalo rokonya di colekin tahi onta bakal berhenti merokoknya
Quote:Original Posted By buatbarulagi
mungkin kalo rokonya di colekin tahi onta bakal berhenti merokoknya


emoticon-Ngakak bisa aja agan
Quote:Original Posted By buatbarulagi
mungkin kalo rokonya di colekin tahi onta bakal berhenti merokoknya


emoticon-Ngakak emangnya colenak
krn rata rata yg kesana kan ngejar gelar "H" aja, abis pulang dari sana juga sifatnya tetep kok, cuma bisa angkat dagu dikit dengan modal "H" tadi.
emang susah dah...malu2in aja di negara orang
Emmmmberrrrrrr emoticon-Najis
bahkan di maktab,mereka berani ngudut tepat di bawah pancuran pemadam kebakaran emoticon-Cape d...
plus persis dibawah tulisan "NO SMOKING AREA"

Padahal lorong kamar hotel / maktab ga ada ventilasi udara emoticon-Nohope

Yah sabarrrrrr emoticon-Embarrassment
selain dilarang merokok susah

dilarang korupsi juga susah gan... emoticon-Embarrassment

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sirndonk
emang susah dah...malu2in aja di negara orang


kan brasa di negara ndiri gan, kemana tmpat ktemunya wni lagi wni lagi emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Ngemeng2 bukannya MUI udah ngeluarin fatwa haram buat rokok ?

Calon haji kok ga dengerin omongan MUI sih emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By gegeptuolol
krn rata rata yg kesana kan ngejar gelar "H" aja, abis pulang dari sana juga sifatnya tetep kok, cuma bisa angkat dagu dikit dengan modal "H" tadi.

Setuju dengan ente gan.
Ibaratnya cuma nebus ijazah tanpa mau sekolah emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By A.Style
Ngemeng2 bukannya MUI udah ngeluarin fatwa haram buat rokok ?

Calon haji kok ga dengerin omongan MUI sih emoticon-Malu (S)

kayak ngga tau JANDA aja ente gan emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
Emmmmberrrrrrr emoticon-Najis
bahkan di maktab,mereka berani ngudut tepat di bawah pancuran pemadam kebakaran emoticon-Cape d...
plus persis dibawah tulisan "NO SMOKING AREA"

Padahal lorong kamar hotel / maktab ga ada ventilasi udara emoticon-Nohope

Yah sabarrrrrr emoticon-Embarrassment


field report ini kayaknya
beli sembunyi-sembunyi di toko punya orang india...

hamzah real...
rokok is my culture
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-Smilie
ggp baru calon haji gan, kalo yg udh haji mah kuat kali nahan nafsu merokoknya emoticon-Matabelo
99% para perokok..merokok dimana2 alias gak tau aturan..
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
Emmmmberrrrrrr emoticon-Najis
bahkan di maktab,mereka berani ngudut tepat di bawah pancuran pemadam kebakaran emoticon-Cape d...
plus persis dibawah tulisan "NO SMOKING AREA"

Padahal lorong kamar hotel / maktab ga ada ventilasi udara emoticon-Nohope

Yah sabarrrrrr emoticon-Embarrassment


haji indonesia dah terlatih gan emoticon-Big Grin

biasa ngrokok deket tabung 3kg emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By buatbarulagi
mungkin kalo rokonya di colekin tahi onta bakal berhenti merokoknya


emoticon-Ngakak bisa aja agan nech