eCIPUTRA.comAvatar border
TS
eCIPUTRA.com
Inilah Panduan Menggunakan Twitter untuk Berjualan Online


Salah satu cara membuat masyarakat tahu dan mengenali suatu bisnis online adalah dengan menggunakan Twitter. Sebagai media sosial yang tergolong personal, Twitter bisa ‘masuk’ ke ranah pribadi calon pembeli.
Selain itu, penggunaan Twitter secara masif di Indonesia membuat media sosial yang muncul di tahun 2006 ini menjadi kanal promosi yang potensial untuk mendatangkan pembeli.
Twitter adalah sebuah platform yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan kepada orang yang menjadi followers-nya (subscribe). Setiap pesan hanya boleh berisi 140 karakter.
Ada beberapa langkah untuk membuat Twitter yang bisa digunakan untuk memperkenalkan bisnis online dan bisa digunakan untuk kanal promosi, seperti dikutip dari marketing.co.id

1. Memilih Username
Penjual bisa bercerita tentang seperti apa bisnis online-nya, apa yang ia jual, bagaimana cara pembeliannya melalui media sosial Twitter. Ia juga bisa menceritakan behind the scene dari proses penjualan barang-barangnya secara online. Oleh karena itu, agar ceritanya tidak tercampur aduk dengan bisnis milik orang lain, username menjadi salah satu hal yang bisa membedakan hal tersebut.
Username akan selalu muncul di setiap tweet yang dihasilkan. Pilih username yang paling mewakili bisnis online yang dijalankan. Selain itu, penjual juga bisa memilih username dengan nama yang sama dengan username pada media sosial lainnya.
Penjual pun bisa menggunakan nama pribadinya jika memang ia lebih populer dikenal secara pribadi sebelumnya. Ini bisa jadi sarana promosi awal yang cukup tepat. Selain itu, pilihlah username yang mudah diketik oleh orang lain. Hindari karakter atau angka yang sulit diingat.

2. Membuat Profil
Selain username, bagian dari Twitter yang akan selalu muncul pada setiap tweet adalah avatar atau foto profil. Seorang online seller bisa menggunakan foto tersebut sebagai alat identifikasi bisnisnya di jagat Twitter. Ia bisa menggunakan logo dari bisnis online-nya atau foto pribadinya untuk avatar.
Charlene Kingston dari SocialMediaExaminer.com mengatakan, banyak bisnis online yang menggunakan username dan avatar sesuai dengan nama dan wajah mereka. Hal ini membuat akun Twitter mereka lebih terlihat manusiawi dan menimbulkan kesan personal.
Selain itu, di halaman profil, ada sebuah bagian yang bernama header photo yang berada di bagian paling atas halaman profil akun Twitter. Lewat bagian ini, penjual bisa bercerita tentang bisnis online-nya dengan media foto. Misalnya, foto stock barang yang ada di gudang seorang seller atau logo bisnis online-nya.
Pada halaman profil, seorang pengguna Twitter dimungkinkan untuk mengunggah sendiri desain background halaman tersebut. Sebaiknya, ia menggunakan logo bisnis online-nya atau poster dari penawaran spesial akhir tahun. Pilihlah gambar yang menunjukkan bisnis Anda adalah bisnis yang menarik.

3. Mencantumkan Informasi yang Lengkap
Ada tiga hal penting yang harus dilengkapi oleh online seller di bagian profil, yakni bio, location, dan website. Untuk mengubahnya, tekan tombol setting (yang bergambar gear) di pojok kanan atas halaman. Lalu, tekan bagian “Profile” di sebelah kiri halaman.
Bio bisa diisi dengan tulisan sebanyak 160 karakter. Sebaiknya, dari bio, seorang pengunjung bisa mengenal apa bisnis online yang dijalankan oleh pemilik akun Twitter tersebut. Charlene menyarankan, penjual menulis keuntungan yang bisa diperoleh oleh pembeli jika membeli produk yang ia jual. Hal tersebut bisa lebih menarik perhatian.
Pada bagian location, beri tahu orang lain di mana mereka bisa menemukan Anda. Tulislah lokasi secara rinci. Bisa jadi orang yang mengunjungi profil Twitter Anda berasal dari negara lain yang tak mengetahui tempat tinggal seorang seller.
Situs bisnis online ibarat toko bagi seorang seller. Untuk itu, ia harus memperkenalkan tokonya pada setiap orang. Termasuk pada orang-orang yang mengunjungi profil Twitter bisnis online-nya. Cantumkan alamat situs tersebut di halaman profil.

4. Mulai Mem-follow Orang Lain
Seorang seller bisa memulai follow pelanggan, partner bisnis, supplier, kompetitor, bisnis yang dijalankan oleh orang yang dikenal, atau bahkan organisasi maupun lembaga yang bidangnya berkaitan dengan produk yang dijual.
Selain itu, Twitter juga bisa membantu seseorang untuk menemukan orang yang Anda kenal untuk di-follow dengan fitur“find friends” dan mulai mencari kontak sesuai dengan kontak yang ada pada email-nya.
Berhati-hatilah dan jangan terburu-buru mem-follow akun Twitter dalam jumlah yang banyak. Sistem Twitter bisa memblokir akun tersebut.

5. Mulai ‘Berbicara’
Berbicara di Twitter berbeda dengan media sosial lainnya. Twitter dibatasi dengan 140 karakter. Artinya, seorang seller harus bisa mencari dan merangkai kalimat yang menarik perhatian dari followers-nya. Jangan terburu-buru untuk nge-tweet. Lihat terlebih dahulu situasi dan kondisi lini masa.

6. Memilih Topik Tweet
Pertanyaan selanjutnya setelah memiliki akun Twitter adalah: “Informasi apa yang sebaiknya saya tweet?”. Dalam dunia bisnis, jawabannya akan berbeda-beda. Tergantung siapa yang menjadi target market.
Misalnya, seorang penjual jersey bola bisa memberikan informasi seputar pertandingan bola semalam. Atau, seorang penjual kamera bisa memberikan informasi tentang bagaimana cara membersihkan kamera.
Untuk permulaan, seorang penjual bisa menjelaskan terlebih dahulu produk apa sebenarnya mereka jual, apa manfaatnya, dan bagaimana cara mendapatkannya. Penjual sebaiknya membuat perencanaan tentang topik dari tweet-tweet-nya.
Misalnya, di setiap rabu malam, penjual jersey bola akan membagikan informasi seputar tim-tim sepak bola. Lalu, di hari kamis ia akan mengadakan kuis yang berhadiah kupon diskon. Informasi-informasi seperti ini dapat membuat followers memiliki alasan untuk selalu memperhatikan lini masa Twitter penjual.

7. Arahkan Traffic pada Situs Bisnis Online
Twitter adalah sebuah media sosial yang bisa mendatangkan traffic pada situs bisnis online seorang seller. Agar jumlah traffic besar, seorang seller bisa mencantumkan link situs bisnis online-nya di tweet yang berkaitan.
Misalnya, ia mau mengabarkan bahwa ada serangkaian produk terbaru di bulan April. Maka ia bisa menuliskan “See our latest gorgeous product here: S E N S O Rhysg24j”. Jika link yang berada di tweet tersebut (S E N S O Rhysg24j) diklik, maka halaman situs bisnis yang berisikan katalog produk bulan April akan tampil.
Satu tweet hanya bisa mengakomodasi 140 karakter. Oleh karena itu, gunakanlah URL Shortener untuk membuat link yang panjang tersebut menjadi lebih pendek. Atau, Twitter akan secara otomatis mengubah link yang panjang menjadi link yang hanya berisi 20 karakter.

8. Ciptakan Online Presence yang Kuat
Akun Twitter yang dibuat oleh seorang online seller bertujuan untuk mendukung keberadaan toko online-nya. Agar hubungan ini selalu kuat, sebaiknya online seller menghubungkan antara media sosial dengan situs toko online-nya.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya dengan mencantumkan tombol follow di situs toko online atau yang biasa disebut dengan Twitter Follow Button. Dengan logo Twitter di setiap halaman situs toko online, pengunjung bisa langsung menekan tombol tersebut dan langsung diarahkan untuk mem-follow akun Twitternya.
Selain itu, seorang seller juga bisa menambahkan gadget Twitter di toko online-nya. Sehingga pengunjung toko online bisa melihat tweet-tweet terakhir yang dihasilkan oleh seller tersebut.

9. Mobile
Respon yang cepat selalu diharapkan oleh calon buyer maupun pembeli. Tapi, seorang seller tak selalu memegang komputer dan memantau aktivitas Twitternya.
Agar tidak mengecewakan pembeli karena mention-nya tak dibalas atau direct message-nya tak dibalas, seorang seller sebaik men-set up akun Twitternya pada perangkat selulernya atau handphone-nya. Sehingga, seller bisa langsung mengetahui melalui notifikasi jika ada mention, replies, atau direct message yang masuk.

10. Tweet Foto
Tampilan visual selalu menarik perhatian manusia. Seorang seller sebaiknya men-tweet foto-foto dalam jangka waktu tertentu atau pada saat memang diperlukan. Supaya, akun Twitternya tetap terlihat ‘hidup’. Ia bisa mem-post foto-foto produk terbaru atau foto hadiah yang akan diberikan pada kuis minggu ini.

11. Tweet Video
Twitter juga mengizinkan seseorang untuk mem-post video ke dalam timeline-nya. Selain itu, setiap followers yang ingin melihat video itu pun bisa langsung menekan tombol “View Media” kemudian “Play”. Sehingga, mereka tak perlu repot-repot membuka tab atau window baru untuk menampilkan video dari kanal YouTube atau lainnya.

12. Atur Followers dalam Conversation List
Semakin banyak akun Twitter yang di-follow, semakin banyak pula tweet-tweet yang muncul di timeline. Tweet-tweet tersebut kemudian bukan berisi tema yang sama. Agar lebih fokus dalam ‘mendengarkan’ informasi dari akun-akun Twitter yang di-follow, seorang seller bisa membuat list pada akunnya.
List memungkinkan seorang pengguna Twitter hanya ‘mendengarkan’ atau melihat tweet-tweet yang dihasilkan oleh orang-orang yang menjadi anggota list tersebut. Selain itu, seseorang juga bisa membuat list dan memilih anggotanya sesuai keinginannya.
Seorang seller bisa membuat list dengan kategori “customer”, “potential customer”, “inspiring people”, atau “partner business”.

13. Gunakan Hashtag
Hashtag digunakan untuk memilah topik atau pesan yang diinformasikan lewat tweet. Jika list mengategorikan informasi dari orang atau username, hashtag mengategorikan informasi sesuai pesannya. Hashtag juga digunakan untuk memberi tahu tema apa yang sedang dibahas di dalam sebuah rangkaian tweet.
Misalnya, seorang seller kamera sedang membicarakan produk terbarunya di bulan Mei. Lalu, ia menambahkan tagar “#IncredibleMay” di setiap akhir tweet-nya yang berisi tentang penjelasan produk di bulan Mei.

Selengkapnya
Diubah oleh eCIPUTRA.com 24-09-2013 08:55
0
1.2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan