alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52414c1fbfcb17562a00000e/segera-diterapkan-beli-bbm-bakal-tak-boleh-lagi-pakai-uang-tunai
Segera Diterapkan, Beli BBM Bakal Tak Boleh Lagi Pakai Uang Tunai
JAKARTA - Wacana pemerintah untuk memberlakukan pembelian BBM dengan kartu (non tunai) akan segera diberlakukan. Bila aturan ini berlaku, maka tak boleh lagi membeli BBM dengan uang tunai.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatatakan, aturan pembelian BBM dengan cara non tunai ini jadi prioritas pemerintah. Bahkan aturan ini bisa dijalankan lebih dulu dari kebijakan pengendalian konsumsi BBM subsidi dengan pemasangan alat bernama RFID (Radio Frequency Identification), di seluruh SPBU dan kendaraan.

"Kementerian ESDM sudah informasi kita soal pengendalian ini, RFID mungkin jalan tapi nggak secepat yang seharusnya, tapi lebih ke cashless transaction. Jadi kalau kalian beli bensin nggak pakai tunai lagi, pakai kartu," ucap Bambang saat ditemui di Kantor Pusat Bank Indonesia Jakarta, Selasa (24/9).

Sistem pembelian BBM secara non tunai dilakukan melalui kartu e-money atau voucher. "Itu yang didahulukan karena lebih murah dan nggak butuh teknologi yang macam-macam, tapi langsung karena ini kan bank," jelasnya.

Meskipun program pembelian BBM dengan fasilitas non tunai diterapkan, program RFID yang dijalankan Pertamina dan PT Inti juga akan dilakukan. Namun proses ini diakuinya membutuhkan waktu relatif lebih panjang daripada sistem pembayaran non tunai.

"Itu karena perlu alat jadi butuh waktu lama, karena bukan hanya mobil tapi pom bensinnya juga. Butuh waktu lama, mobil satu-satu dipasangin. Ya tapi kita appreciate ada ide cashless transaction," sebut Bambang.

Bambang menilai solusi jangka panjang yang paling efektif mengerem konsumsi BBM subsidi tetap menggunakan alat RFID.

"Kalau kita mau melakukan pembatasan BBM subsidi ya paling efektif pakai RFID," tegasnya.(sumber)

Macam-macam aja kebijakan pemerintah gila ni,,,, emoticon-Mad (S)
Jadi bbm beneran nih ga gratisan emoticon-Big Grin
Wah, bakal pertamax terus donk
pake daun ye ?? hahaha .. apa sistem PAYROL ??? potong gaji aja dah langsung emoticon-Hammer2
akhirnya bbm gratis emoticon-Hammer2
Kalaupun mau pakai voucher tetep saja potensi kebocoran gak berubah
emoticon-Ngakak

Pasti nanti ada orang2 yang gerilya ke kampung2 buat beli sisa voucher yang belum kepakai emoticon-Matabelo
orang udah susah bikin makin susah....
kebijakan panik, secara distribusi bbm aja masih belon bener.
benerin dolo birokrasi import bbm ampe jual bbm baru benahi konsumsi rakyat. emoticon-I Love Indonesia (S)
yg RFID masih akan, belum jalan, tertunda, dan segera terlupakan. sekarang wacana baru diluncurkan lagi, masih akan, dan tetap akan lagi.
mau ngebatasin BBM bersubsidi pake RFID emoticon-Bingung (S)

yang ada nambah proyek
Asiiik bs ngutang 1 bln pake kredit card
Ane di kantor uda pake ini RFID . Jadi sistemnya kayak isi ulang pulsa gitu, kita deposit duit dulu nanti tiap isi bensin di debet. Tapi ini cuma bisa di pom bensin kode 31 (punya pemerintah)
Quote:Original Posted By KecoakAsemManis
Ane di kantor uda pake ini RFID . Jadi sistemnya kayak isi ulang pulsa gitu, kita deposit duit dulu nanti tiap isi bensin di debet. Tapi ini cuma bisa di pom bensin kode 31 (punya pemerintah)

Seperti flazz card gitu, gan? emoticon-Big Grin
eike isi bensin motor pakai flazz yg hello kitty!!! *nga penting banget*

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kebijakan panik. Udah saking bingungnya ngatasin kuota BBM emoticon-Big Grin tar giliran kacau balau br blg ada pengecualian
Kartu lagi, proyek lagi, korupsi lagi emoticon-Ngakak (S)
Napa ga ditetesin pertamax aja tuh otak-otaknya yang ngasi ide bbm non tunai
Abis itu dibakar, jadi otak-otak bakar



Posted with kaskusQR
bakal tambah rame ini penjual bensin eceran banyak warga sini yang gak suka ribet emoticon-Cape d... (S)

klo pake mastercard ato visa bisa ga yah?
pasti btuh kajian yg lama hadeuh
beli bensin aja pake ribet beli voucher dulu emoticon-Hammer2
pake voucher juga masih ada potensi kebocoran...

mending diurusin bener BBM subsidi diawasin bener bener biar tepat sasaranemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment