alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5240fab5148b461a2500000b/diprotes-penumpang-ka-ekonomi-pt-kai-berkeras-batasi-kapasitas
Diprotes Penumpang KA Ekonomi, PT KAI Berkeras Batasi Kapasitas
Quote:Diprotes Penumpang KA Ekonomi, PT KAI Berkeras Batasi Kapasitas
Ribuan calon penumpang Kereta Api (KA) ekonomi Rangkas Bitung memprotes PT KAI di Stasiun Daru Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (23/9/2013). Para penumpang memprotes adanya pembatasan penjualan tiket menjadi 100 tiket/hari dari stasiun itu, dan melarang kereta untuk berangkat ke Jakarta. (JIBI/Solopos/Antara/Fajar Aditya)


PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengabaikan protes penumpang kereta api kelas ekonomi yang merasa dirugikan atas diterapkannya pembatasan penjualan tiket kereta api. PT KAI bahkan menyodorkan peraturan pemerintah yang menjadi dasar pembatasan kapasitas maksimal 150% daya tampung demi keselamatan penumpang.

Pembatasan penjualan tiket Kereta Api (KA) Rangkasbitung dan KA Cikarang membuat calon penumpang yang merupakan konsumen setia kedua kereta api itu resah. Bahkan KA Rangkasbitung yang sedang menuju menuju Serpong, Senin (23/9/2013) pagi, dihentikan di Stasiun Daru karena kapasitas penumpang melebihi 150% daya tampung. Ribuan penumpang berdemonstrasi.

Menanggapi demonstrasi itu, Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta Sukendar Mulya menyatakan pembatasan penjualan tiket itu dilakukan dengan mengacu peraturan pemerintah yang hanya membolehkan kelebihan kapasitas hingga 150% daya tampung normal. Pihaknya pun sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam 8 hari terakhir guna menciptakan kenyamanan bagi perjalanan kereta api lokal lantaran selama ini berjubelnya penumpang membuat KA ekonomi dinilai kurang manusiawi dan berisiko terhadap keselamatan.

“Maksudnya kalau sudah 150% tentu saja tidak lagi dijual tiketnya. Demikian agar jumlah penumpang tidak berjubel, sehingga nyaman dalam perjalanan. Tiket KA ekonomi lokal dibatasi sesuai kapasitas maksimal 150%,” katanya di Jakarta, Senin (23/9/2013).

Sukendar mengatakan peraturan yang menyatakan kapasitas maksimal itu adalah Peraturan Pemerintah No.69/2011 dan penerapan UU No.23/2007 tentang Perkeretaapian yang melarang penumpang naik di atas kereta api. Satu gerbong KA ekonomi lokal menurutnya hanya bisa menampung sekitar 106 penumpang. Dengan maksimal 150% kapasitas, artinya kelebihan yang diperbolehkan hanya 50% sehingga maksimal 160 penumpang dalam satu gerbong.

Selama ini, akunya, KA ekonomi lokal dipenuhi penumpang hingga 200%-300% dari kapasitas. “Kami upayakan agar KA ekonomi ini lebih manusiawi. Kalau penumpang memaksa masuk memang kereta dipaksa tidak jalan, karena kami tak boleh melebihi 150% sesuai dengan amanat pemerintah demi keselamatan,” katanya.

Dalam Laporan Keuangan PT KAI 2012, perseroan juga telah merintis pembatasan penumpang pada 2011 yakni penumpang ekonomi dibatasi 150% dari kapasitas dan pada tahun lalu dibatasi 100% terhadap tempat duduk.


[URL=" [url]http://www.solopos.com/2013/09/24/kereta-api-diprotes-penumpang-ka-ekonomi-pt-kai-ngotot-batasi-kapasitas-450465[/url]"]Sumber[/URL]

KAI memang melakukan kesalahan karena sosialisasi mengenai hal ini kurang lama dan kurang gencar...

Tapi penumpangnya juga salah karena gak mau diajak lebih tertib....

Gak mikir kalau gak dibatasi sampai 150% berjubelnya kayak apa......

Bahkan gak jarang ane lihat mereka bawa kambing ke dalam kereta penumpang di jalur tersebut....

rame nie di twitteremoticon-Ngakak

untung ane gak balik ke PRPemoticon-Cape d... (S)

sosialisasi udah lama gan..hampir berbarengan sama e ticket..pembatasan KA Rangkas jaya..operasional kalimaya

ada cumanya..tanggal pelaksanaan mulur terus...kenapa pas pemindahan KA lokal ke duri kan bisa sekalian sosialisasi pembatasan..

dulu ane beberapa kali ngobrol ma PKD, ticketing dll tentang kuota TD..memang udah akan dijalankan pembatasan tiket....

tapi ada yang lucu dalam demo ini..gimana MUNAFIK nya yang katanya rakyat kecil

klo kereta padat..penuh..sampai ada atapers..kambingers...pecinta cabin ride....mereka bilang KAI tidak manusiawi...emoticon-Ngakak

giliran dikenai kuota pembatasan TD..mereka demo menolakemoticon-Cape d... (S)

ahhh om jonan maju kena mundur kena.,.diam pun dicaci maki


karena dengan pembatasan...pecinta booking bangku..pelaku omong kotor massal gak akan bisa pasang action buat gaya di KA...soalnya mereka terpisah oleh GAPEKAemoticon-Ngakak



sekilas pandang dari ane..dan ane bukan pegawai PT KAI..cume pemilik multi tripemoticon-Ngakak
udah lama gak naik kereta komuter emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By 3602
rame nie di twitteremoticon-Ngakak

untung ane gak balik ke PRPemoticon-Cape d... (S)

sosialisasi udah lama gan..hampir berbarengan sama e ticket..pembatasan KA Rangkas jaya..operasional kalimaya

ada cumanya..tanggal pelaksanaan mulur terus...kenapa pas pemindahan KA lokal ke duri kan bisa sekalian sosialisasi pembatasan..

dulu ane beberapa kali ngobrol ma PKD, ticketing dll tentang kuota TD..memang udah akan dijalankan pembatasan tiket....

tapi ada yang lucu dalam demo ini..gimana MUNAFIK nya yang katanya rakyat kecil

klo kereta padat..penuh..sampai ada atapers..kambingers...pecinta cabin ride....mereka bilang KAI tidak manusiawi...emoticon-Ngakak

giliran dikenai kuota pembatasan TD..mereka demo menolakemoticon-Cape d... (S)

ahhh om jonan maju kena mundur kena.,.diam pun dicaci maki


karena dengan pembatasan...pecinta booking bangku..pelaku omong kotor massal gak akan bisa pasang action buat gaya di KA...soalnya mereka terpisah oleh GAPEKAemoticon-Ngakak



sekilas pandang dari ane..dan ane bukan pegawai PT KAI..cume pemilik multi tripemoticon-Ngakak


repot juga ya, banyak "wong licik" ngaku menjadi wong cilik....

makhluk-makhluk macam gini cocok banget untuk diberangus emoticon-Big Grin
setuju dengan KAI, penumpang kalo begini udah di-manusiakan, kok malah pengen dianggep sarden tumpuk2 gak jelas.

kalo penambahan jadwal kereta memungkinkan gak agan japek dari segi kesiapan operasionalnya ?
Indonesia sekali
Pas sarana tidak nyama teriak minta diringkatkan
Giliran diatur agar nyaman DEMO
Pengennya Gratis, Yaman dan bebas aturan
Quote:Original Posted By pus_abuabu
setuju dengan KAI, penumpang kalo begini udah di-manusiakan, kok malah pengen dianggep sarden tumpuk2 gak jelas.

kalo penambahan jadwal kereta memungkinkan gak agan japek dari segi kesiapan operasionalnya ?


belum tahu juga sih, masalahnya sudah ada armada yang baru belum?

setahu ane armada masih rada kurang

belum lagi tingkah orang disana yang seperti orang-orang biadab..

Quote:Original Posted By HermanH2o
Indonesia sekali
Pas sarana tidak nyama teriak minta diringkatkan
Giliran diatur agar nyaman DEMO
Pengennya Gratis, Yaman dan bebas aturan


wah kalau minta situasi yang seperti di bold sih ya kelewatan gan.....
sejak dulu terbiasa tidak tertib..
sekalinya di tertibkan malah demo emoticon-Ngakak
Melek Gaan..., liat noh penumpang bejibun, tambah rangkaian dulu otomatis kagak ada kyk sarden lage..
Ini akibat songongnya direksi KAI, ogah blusukan ngecek lapangan.


Quote:Original Posted By 3602
rame nie di twitteremoticon-Ngakak

untung ane gak balik ke PRPemoticon-Cape d... (S)

sosialisasi udah lama gan..hampir berbarengan sama e ticket..pembatasan KA Rangkas jaya..operasional kalimaya

ada cumanya..tanggal pelaksanaan mulur terus...kenapa pas pemindahan KA lokal ke duri kan bisa sekalian sosialisasi pembatasan..

dulu ane beberapa kali ngobrol ma PKD, ticketing dll tentang kuota TD..memang udah akan dijalankan pembatasan tiket....

tapi ada yang lucu dalam demo ini..gimana MUNAFIK nya yang katanya rakyat kecil

klo kereta padat..penuh..sampai ada atapers..kambingers...pecinta cabin ride....mereka bilang KAI tidak manusiawi...emoticon-Ngakak

giliran dikenai kuota pembatasan TD..mereka demo menolakemoticon-Cape d... (S)

ahhh om jonan maju kena mundur kena.,.diam pun dicaci maki


karena dengan pembatasan...pecinta booking bangku..pelaku omong kotor massal gak akan bisa pasang action buat gaya di KA...soalnya mereka terpisah oleh GAPEKAemoticon-Ngakak



sekilas pandang dari ane..dan ane bukan pegawai PT KAI..cume pemilik multi tripemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By sapiperah2003
Melek Gaan..., liat noh penumpang bejibun, tambah rangkaian dulu otomatis kagak ada kyk sarden lage..
Ini akibat songongnya direksi KAI, ogah blusukan ngecek lapangan.






ogah blusukan ngecek lapangan? emoticon-Big Grin
ane sudah sering dengar cerita orang-orang KAI sendiri yang kerja di tempat kritis bagaimana mereka sering dibuat kaget karena Mr J yan mendadak muncul di tempat kerja mereka...
Quote:Original Posted By japek

belum tahu juga sih, masalahnya sudah ada armada yang baru belum?

setahu ane armada masih rada kurang

belum lagi tingkah orang disana yang seperti orang-orang biadab..

no offense,tapi harusnya sebelum ada pembatasan penumpang,armada pengganti udah disiapin jadi ga ribut emoticon-Embarrassment

agan nitro ga pernah main ke BP ya ? emoticon-Confused:
Proses perbaikan di KAI ini perlu dukungan masyarakat khususnya para penggunanya,sabar dong . Ane belom pernah naek kereta rute ini.tapi kalo kapasitas yg lebih dari150% memang sangat tak nyaman dan mengundang maut.....di tunggu deh tambahan gerbong atau jadwal di rute ini.
Quote:Original Posted By sapiperah2003
Melek Gaan..., liat noh penumpang bejibun, tambah rangkaian dulu otomatis kagak ada kyk sarden lage..
Ini akibat songongnya direksi KAI, ogah blusukan ngecek lapangan.







yakin tambah rangkaian gak bakal bejibun...jalur barat kan dikasih 2 pilihan..comline (ampe maja dan lokalan)

lokalan sekarang sepi karena banyak pke comline...klo comline padat..itu resiko angkutan umum...bukan berarti KAI/KCJ bakal bilang "ya udah loe pake aja mobil pribadi"..ntr dibilang egois..dinegara manapun namanya angkutan umum pasti penuh..entah berbasis roda karet atau roda besi

klo cuma mengandalkan film trus liat gerbongnya kosong..yah namanya pelem..maunya semua indah gan

nie jamaah yang bikin gerbong keliatan padat

1. jamaah pintuniyah..jemaah ini hobi berdiri di pintu dengan berbagai alasan..gak peduli di dalam gerbong itu kosong..biasanya jamaah ini terindikasi alay, maho ataiu copet amatir...fakta

2. jamaah atapers atau bahasa KAI jaman dulu superman..jamaah ini terindikasi hobi duduk di atap gerbong..gak akan peduli gerbong masih muat menampung penumpang..jamaah ini terindikasi..tidak ada tiket, tiket berlangganan yang kadaluarsa..jamaah ini berasal dari geng alay

3. jamaah booking bangku..jamaah ini memiliki sifat booking bangku untuk temannya..boking bangku di parung panjang kawannya naik di cicayur atau cisauk..jamaah ini gak peduli gerbong mulai padat padahal space bangku masih muat untuk 3 atau 4 orang

lokalan sekarang tidak sepadat dulu...karena sudah diambil sama mbah comline...pembatasan jumlah penumpang justru tidak akan menyebabkan gerbong meluber..namanya juga pembatasan

kan ane bilang..klo meluber dibilang tidak manusiawi..dikenakan pembatasan malah demo...

kan bisa..KA Pkl 06.00 habis tiketnya..masih ada Pkl 06.24..06.40 dst

gak mau ketinggalan yah datang lebih pagi...ingat ini transportasi umum bukan pribadi..semua punya hak dan kewajiban yang sama...



ane bukan pegawai mbah sepur..cuma pemilik multi trip dan doyan naek lokalan...emoticon-Malu (S)
Spoiler for setujuh ama again ini:


eike setujuh banget gan.. kalau nga mau telat yah dateng pagian.. sampai kantor lebih segar, karena nga ikutan bersardenisasi.. bisa ngopi2 dulu.. malah dicap jempol kehadiran bisa bikin heboh, tiba sblum waktunya emoticon-Ngakak
Spoiler for "":


bahasa perumpamaannya bikin ngakak... emoticon-Ngakak
Msh ada atapers ga ya?
penyedia jasa mikir nyaman
pengguna jasa mikir pokoknya terangkut

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By welleveryday
penyedia jasa mikir nyaman
pengguna jasa mikir pokoknya terangkut

emoticon-Ngakak


kebalikan dari metromini dan bis pantura jabar emoticon-Big Grin
lah bingung, klo gak dibatasin dibilang KAI gak manusiawi
klo dibatasin diprotes jg
mau gmn lagi, KAI mesti nambah gerbong
pt kai mulai berbenah semoga bisa menjadi lebih baik emoticon-Malu (S)

memang orang sini harus dikasih shock terapi dan pemaksaan dulu baru bisa nurut aturan emoticon-Malu (S)