alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5240d4be3c118e6443000003/di-duga-keracunan-makan-getuk-saat-seminar-nutrisi-115-mahasiswa-ipb
Di Duga Keracunan Makan Getuk Saat Seminar Nutrisi, 115 Mahasiswa IPB
Di Duga Keracunan Makan Getuk Saat Seminar Nutrisi, 115 Mahasiswa IPB
BOGOR — Sebanyak 121 mahasiswa mengeluh
mual, muntah, dan diare setelah makan getuk lindri dan
talam jagung saat seminar nasional Pekan Nutrisi di Institut
Pertanian Bogor, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,
Minggu (22/9). Lima mahasiswa masih harus dirawat di Rumah
Sakit Medika Dramaga, Kabupaten Bogor, Senin (23/9).
Ketua Departemen Gizi Masyarakat IPB Budi Setiawan saat
jumpa pers mengatakan, seminar nasional dilaksanakan
Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi IPB. Panitia memilih getuk
lindri dan talam jagung agar selaras dengan tema seminar
"Pemanfaatan Pangan Lokal dalam Penanganan Masalah
Gizi".
Kedua kue lokal tradisional itu dibeli dari toko di dekat
kampus. Kue dipasok oleh pembuat getuk dan pembuat talam.
Seminar diikuti 1.800 peserta dan melibatkan 100 anggota
panitia. Kue dibagikan pukul 08.00 saat pendaftaran peserta
seminar.
Pukul 10.00, lima peserta dari IPB mengeluh mual, mulas,
bahkan muntah sehingga ditangani panitia. Pukul 13.00,
semakin banyak mahasiswa yang mengeluh serupa. Ada yang
pulang lebih dulu untuk memeriksakan diri ke klinik dan rumah
sakit.
Yang mengeluh sakit ternyata 121 mahasiswa, yang terdiri
dari 115 mahasiswa IPB, 1 dari Universitas Pakuan, 1 dari
Universitas Ibnu Khaldun, dan 4 dari Jakarta. Mereka dibawa
ke RS Medika Dramaga, Klinik dan Rumah Bersalin dr Katili
(Boulkin), serta RS Karya Bhakti Bogor
Menurut Manajer Umum RS Medika Dramaga Reza Herwanda,
tim dokter sempat menangani 84 mahasiswa. Namun, yang
masih perlu dirawat lima orang.
Widya Astuti (20), mahasiswa Program Studi Gizi Masyarakat
IPB, yang dirawat, mengatakan, tak ada yang aneh pada
getuk dan talam yang dibagikan. "Tetapi, setelah makan itu,
saya jadi mual, muntah, dan diare," ujarnya.
Bukan tindak pidana
Kepala Kepolisian Sektor Dramaga Ajun Komisaris Saefudin
Gayo mengatakan, dugaan mahasiswa keracunan makanan
telah dilaporkan dan diselidiki. "Kami segera memanggil
perajin kue," katanya.
Budi Setiawan mengatakan, IPB meminta penyelesaian kasus
ini tidak secara hukum. IPB masih meneliti 14 sampel kue
untuk mencari kemungkinan ada-tidaknya zat berbahaya di
dalamnya. IPB lebih menginginkan penyelesaian berupa
perbaikan dalam produksi.
"Jangan membuat takut pembuat kue lokal dan tradisional.
Yang terpenting ialah memastikan dan menjamin bahwa
produk makanan itu aman dikonsumsi masyarakat"

Penampakan Getuk nih gann ..
Di Duga Keracunan Makan Getuk Saat Seminar Nutrisi, 115 Mahasiswa IPB
tolong sertakan sumber berita dan komen ts.

dari sudut pandang ekstrim, kayaknya para mahasiswanya sudah gak pernah kenal makanan tradisional, jadi perutnya pada protes. Krn biasa diisi dg "Junk Food" emoticon-Sorry
MANA GETUKNYA... ??
Di Duga Keracunan Makan Getuk Saat Seminar Nutrisi, 115 Mahasiswa IPB
seminar nutrisi kok keracunan.....emoticon-Ngakak kebanyakan nutrisi kaleee emoticon-Matabelo
jadi yang bener...

makan getuk apa makan racun? emoticon-Embarrassment
ironis ya gan, disaat membahas tentang gizi pada makanan, malah keracunan emoticon-Turut Berduka
Seminar Nutrisi sambil mempraktekan makanan beracun yg tdk bernutrisi gitu kah?emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By wissnnu
IPB meminta penyelesaian kasus
ini tidak secara hukum. IPB masih meneliti 14 sampel kue
untuk mencari kemungkinan ada-tidaknya zat berbahaya di
dalamnya. IPB lebih menginginkan penyelesaian berupa
perbaikan dalam produksi.
"Jangan membuat takut pembuat kue lokal dan tradisional.
Yang terpenting ialah memastikan dan menjamin bahwa
produk makanan itu aman dikonsumsi masyarakat"

emoticon-2 Jempol
Kayanya gw agak setuju nih, klo main lngsng bui aja, gmn orang bs memperbaiki kesalahan yg mereka perbuat? Lagian mereka jg kan udah kena malu krn kejadian ini. Cuma ya itu, harus lbh diperbaiki lg kualitas produk dan proses penanganannya, siapa yg tahu nantinya malah bs jd semakin maju usahanya.
Think positive, maximize things that u can do and hope for the best. emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
ironis banget
seminar nutrisi kok malah pada keracunan
emoticon-Bingung
jadi inget tukang getuk yg pake musik kalo lewat
emoticon-Big Grin niatnya masuk ke perbankan sih bukan memajukan agrikultur indonesia emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Rasuna
emoticon-Big Grin niatnya masuk ke perbankan sih bukan memajukan agrikultur indonesia emoticon-Ngacir


nah yang ini emoticon-Big Grin
musibah ini gan... semoga si toko kue nya makin hati2 klo bikin makanan,,,
kebiasaan makan burger tuh gan,, makan getuk diare... emoticon-Ngakak
Mahasiswa IPB begok2 juga ya,
masa ada cerita seminar nutrisi, eh dia nya sendiri malah keracunan makanan
Quote:Original Posted By sangengesex
jadi inget tukang getuk yg pake musik kalo lewat

iya gan, kl dateng berisik banget nyetelnya, dangdutan tp dilingkungan ane dah g ada yg jual.
Quote:Original Posted By Rasuna
emoticon-Big Grin niatnya masuk ke perbankan sih bukan memajukan agrikultur indonesia emoticon-Ngacir

beda loh, kl ini kayanya teknologi pangannya. yg biasa masuk perbankan itu lulusan pertaniannya
irony of the day...



Di Duga Keracunan Makan Getuk Saat Seminar Nutrisi, 115 Mahasiswa IPB
Quote:Original Posted By byun

iya gan, kl dateng berisik banget nyetelnya, dangdutan tp dilingkungan ane dah g ada yg jual.

agan daerah bandung ya hahaha .. klo d bandung sih iya tiap sore

beda loh, kl ini kayanya teknologi pangannya. yg biasa masuk perbankan itu lulusan pertaniannya


yakin ni keracunan getuk ? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By HanryNdry
yakin ni keracunan getuk ? emoticon-Ngakak


diduga .. gan .. hhahhaa