alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524054ecfbca17b451000002/pasien-kjs-kaget-disuruh-bayar-rp-65000-untuk-rontgen
Pasien KJS Kaget Disuruh Bayar Rp 65.000 untuk Rontgen
JAKARTA, KOMPAS.com — Hery Purnomo (36) warga Koja, Jakarta Utara, kaget ketika harus membayar Rp 65.000 untuk rontgen. Dalam pikirannya, sebagai pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS), rontgen termasuk gratis.

Berbekal Kartu Keluarga (KK) dan KTP DKI Jakarta, Hery mendaftar ke puskesmas dekat rumahnya untuk mendaftar rontgen. Rencananya, dia mau melamar pekerjaan, namun salah satu syaratnya adalah menyertakan hasil rontgen.

"Saya kira gratis rontgen pakai KJS, ternyata harus membayar. Padahal saya adalah pasien KJS," kata Hery, Jumat (20/9/2013).

Karena harus membayar, Heru menarik lagi berkas yang telah diserahkan ke petugas puskesmas. Namun, dia juga sempat berdebat dengan petugas karena dimintai uang retribusi Rp 2.000. Petugas tersebut mengatakan, hal tersebut sesuai dengan Perda No 68 Tahun 2012 tengang Tarif Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan.

"Saya enggak tahu kenapa ada biaya retribusi pelayanan kesehatan puskesmas Rp 2.000. Karena menurut saya, kalau warga asli DKI enggak kena biaya, tapi kalau dari luar DKI sudah pasti kena biaya retribusi," ucap Hery.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Kecamatan Koja Mujiman menyatakan, warga yang hendak memeriksa kesehatan di luar permintaan dokter puskesmas akan dikenai biaya retribusi. Hal itu sudah diatur dalam Perda No 68 Tahun 2012.

Menurut Mujiman, biaya Rp 65.000 untuk ongkos rontgen dan jasa dokter membaca hasil rontgen. Rp 50.000 untuk ongkos rontgen dan Rp 15.000 untuk jasa dokter yang membaca hasil rontgen.

"Kami tidak punya dokter spesialis Radiologi, makanya kita pakai jasa dokter lain di luar untuk membaca hasil rontgen," kata Mujiman, yang menyebut RS Koja melayani 200-300 pasien setiap harinya.

ember

si otong yang satu ini ngak bisa bedain yang mana berobat dan mana yang bukan...
setau gw rontgen emang gratis tapi pada saat dia di rawat dan atas permintaan dokter
taikboking itu dokter ganemoticon-Marah
http://lapor.ukp.go.id/

tinggal laporin aje gan, ane beberapakali lapor responnya cukup cepet
malah sekarang jadi rajin ngelapor, poto2 emoticon-army
terus lapor buat barbuk emoticon-Cool



eh ternyata pasienya oon emoticon-Hammer
namun salah satu syaratnya adalah menyertakan hasil rontgen.
"Saya kira gratis rontgen pakai KJS, ternyata harus membayar. Padahal saya adalah pasien KJS," kata Hery, Jumat (20/9/2013).
Gak sakit kok pake KJS?
emoticon-Ngakak
65rb termasuk ga mahal pdhl, obat/salep di apotek malah bs lbh mahal emoticon-army
Maunya gratis mulu, dilihat kepentingannya dong emoticon-Cape d... (S)
Dokter radiologinya cm dapet 15rb juga emoticon-Cape d... (S)
kalo dateng2 trus minta rontgen yah wajar di suruh bayar... toh kaga ada rujukan dr dokternya... kartu kjs itu juga ada aturan nya ga bisa dipake se enak jidat!!
yg bener aja tong.

udah mah yg baca bukan dokter spesialisnya, malah disuruh bayar juga.
bisa aja tuh dokter asal ngebaca hasil ronkseng.
Quote:Original Posted By satlone
taikboking itu dokter ganemoticon-Marah


Quote:Original Posted By kakaknyawamin
http://lapor.ukp.go.id/

tinggal laporin aje gan, ane beberapakali lapor responnya cukup cepet
malah sekarang jadi rajin ngelapor, poto2 emoticon-army
terus lapor buat barbuk emoticon-Cool


Quote:Original Posted By adrianalima
yg bener aja tong.

udah mah yg baca bukan dokter spesialisnya, malah disuruh bayar juga.
bisa aja tuh dokter asal ngebaca hasil ronkseng.



dimana2 sistem asuransi kesehatan (termasuk KJP sbg asuransi kesehatan utk yg miskin) tidak cover biaya untuk medical check up. hanya jika anda sakit dan memang pemeriksaan itu dibutuhkan baru dibayar oleh asuransi.
nasib jadi dokter di indonesia, untung 15rb masih dibilang mahal emoticon-Nohope
kalo check-up kayaknya emang masih harus bayar deh
wajar aja sih kalo cuma check-up disuruh bayar, dan 65rb buat rontgen tergolong murah lho
15rb buat dokter (kasian amat si dokter emoticon-Berduka (S))
jasa boleh gratisss
alat ya bayar donk
itu KJS dipake buat berobat,, bukan buat keperluan lamar kerjaan,,, ckckck,,, maunya gretongan terus
lebih kaget lagi ternyata si pasien sehat wal'afiat emoticon-Belo dan tidak terima untuk membayar retribusi sebanyak Rp. 2.000 emoticon-Nohope

Ngakak 

OON bener ni orang emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak KJS itu kan buat kalo lg sakit bukan buat lg nyari syarat medis emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
kayaknya juga harus disertakan juga RONTGEN OTAK gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kortikal
Maunya gratis mulu, dilihat kepentingannya dong emoticon-Cape d... (S)
Dokter radiologinya cm dapet 15rb juga emoticon-Cape d... (S)
nasi bungkus aja masih kurang ya gan?emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Keseringan makan nasi aking x nih wkwkwkwk
emang mestinya semua gratis gitu Gan buat peserta KJS ?

ane kurang tau..
emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By cimi.cimi
emang mestinya semua gratis gitu Gan buat peserta KJS ?

ane kurang tau..
emoticon-Cape d... (S)


kalo beneran sakit ya gratis gan, tetangga gw sakit jantung aja gratis, padahal perawatan sakit jantung mahal
lah ini kan dia mau di rontgen cm buat ngelamar kerjaan, mau gratis juga!? rampok aja sekalian rumah sakitnya emoticon-Hammer (S)