alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5240346dbe29a08c418b456b/organda-cirebon-tolak-ka-ciremai-ekspres
Organda Cirebon Tolak KA Ciremai Ekspres
Senin, 23/09/2013 - 16:10
Organda Cirebon Tolak KA Ciremai Ekspres

CIREBON, (PRLM).- Organda Cirebon menolak keras rencana operasional kereta api Ciremai Ekspres jurusan Cirebon-Bandung (pulang pergi). Operasional kereta tersebut, dinilai bakal "membunuh" dengan telak perusahaan otobus (PO) jurusan Cirebon-Bandung.

Respons sebaliknya datang dari Keraton Kasepuhan. Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat, menyambut positif. Adanya kereta relasi Cirebon-Bandung, dinilai Arief bakal semakin menghidupkan wisata Cirebon. Terutama wisatawan asal Singapura dan Malaysia yang sering datang ke Bandung.

Koordinator wilayah (Korwil) Cirebon Organda Jabar Karsono memastikan beroperasinya kereta tersebut bakal "membunuh" perusahaan otobus (PO) jurusan yang sama. "Saat ini saja, kapasitas penumpang hanya terisi maksimal 40 persen. Kalau kereta Ciremai Ekspres beroperasi ya bakal habislah penumpang bus," kata Karsono Senin (23/9/2013).

Karsono mengatakan, saat ini rata-rata jumlah penumpang bus jurusan Cirebon-Bandung hanya sekitar 35 persen dari kapasitas bus. Meski begitu, pengelola bus tetap mengangkut penumpang tersebut karena sudah mempunyai izin operasi dari pemerintah.

Karsono menambahkan, dampak yang lebih buruk dari ancaman bangkrutnya PO bus adalah timbulnya pengangguran. "Kalau satu bus melibatkan enam orang pekerja, dengan jumlah bus sekitar 100 unit, maka sedikitnya ada 600 orang pekerja yang akan kehilangan pekerjaannya," ujarnya.

Diakuinya, persaingan antarmoda transportasi darat sudah dimulai sejak maraknya travel baik yang legal maupun ilegal di jalur Cirebon-Bandung. Persaingan semakin ketat, ketika kendaraan umum sekelas elf pun iku membawa penumpang Cirebon-Bandung dan sebaliknya.

Namun rencana peluncuran kereta Ciremai Ekspres didukung Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Dia menilai, peluncuran KA tersebut dapat mendongkrak pariwisata di wilayah Cirebon. "Cirebon nantinya bakal dipadati wisatawan dari Bandung setiap akhir pekan," ujar Sultan Sepuh.

Tak hanya itu, lanjut Sultan Sepuh, Cirebon pun dapat menampung luberan wisatawan dari Singapura dan Malaysia, yang datang ke Bandung. Hal itu dikarenakan setiap harinya ada dua pesawat dari Singapura dan tiga pesawat dari Kualalumpur, Malaysia, yang ke Bandung. "Warga Singapura dan Malaysia yang datang ke Bandung dapat meneruskan perjalanannya ke Cirebon naik kereta Ciremai Ekspres," katanya.

Terkait dengan penolakan Organda Cirebon, Sultan Sepuh menyatakan, bus tidak perlu takut kehilangan pelanggan. "Akses ke dan dari Cirebon harus banyak dan mudah. Tahap awal memang akan ada penyesuaian, penumpang masih memilih-milih dan mencoba-coba. Tapi Januari 2014 pasti mulai normal. Insya Allah, masing-masing moda transportasi akan punya pelanggannya masing-masing," tambahnya.

Seperti diberitakan, PT Kereta Api Daop 3 Cirebon, akhirnya mengoperasikan kereta api (KA) jurusan Cirebon-Bandung. Kereta api yang akan diluncurkan pengoperasiannya pekan depan tersebut diberi nama Ciremai Ekspres.

Menurut Manager Humas Daop 3 Cirebon Eko Budiyanto untuk tahap awal, KA Ciremai Ekspres menyediakan empat rangkaian gerbong. "Terdiri dari tiga gerbong ekonomi AC dengan harga tiket Rp 50.000 dan satu gerbong eksekutif dengan harga Rp 90.000," katanya. (A-92/A-147)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/251944

Mulai mewek.. emoticon-Mewek
Resiko jalanan yang macet serta ngetem yang lamanya gak nahan...
Yang akhirnya membuat pengguna bus Bandung ~ Cirebon jadi sepi.. emoticon-Malu

Sekarang wisatawan dari kedua kota yang ingin ke Cirebon ataupun Bandung tak perlu takut macet lagi.. emoticon-Cool

Dan KA Cemeks ini didukung oleh Sultah Sepuh.. emoticon-shakehand *Baca bold

Jadwal KA Ciremai Ekspres :

Cirebon : 04.35 Bandung : 08.05
Bandung : 09.15 Cirebon : 13.00
Cirebon : 13.45 Bandung : 17.30
Bandung : 18.15 Cirebon : 22.10...

Komentar dari Regional Leader Cirebon
Quote:Original Posted By najong007
setuju banget ada kereta cirebon-bandung
utk mengurai kepadatan di jalan utama cirebon-bandung, jadi gak gtu macet lagi dah (semoga)

Mendukung sepur untuk Mengurangi kemacetan.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By dnnghr
Bagi konsumen, ini bagus. Ada alternatif pilihan angkutan menuju dan dari bandung-cirebon.
Saingan dengan angkutan darat? Rasa nya jauh emoticon-Smilie
Patas berangkat cicaheum okupansi 25%, ujung berung dikit udah nambah. Lanjut cileunyi nambah lagi. Jatinangor penuh. Akhirnya bablas cerbon.
Pun sebaliknya, harjamulya sekian persen, lewat dikit, seputaran sunyaragi nambah, sampe kedaung nambah lagi, plered-palimanan penuh.....bablas sampe bandung.
Itu patas, idem dengan angkutan bumel juga elf, ngecer di jalan pun sepelemparan batu udah pada bejejer itu penumpang. Malah klo week-end, ngadang jam 5 sore, dapet dapet jam 7 malam. Bahkan lebih. Tau dia bis/elf terakhir, kadang pasang ongkos se enak jidat. Alasan udah malem, penumpang sepi, tapi teuteup itu daleman di tumpuk tumpuk kek ikan asin. Tp penumpang enjoy aja, ga ada yg protes ( males protes kali ya? Takut diturunin di hutan jati majalengka atau di cadas pangeran malem malem)
Begitu sekarang ada pilihan lain yg lebih nyaman, koq ya mereka pada tereak. Merasa jatah nya di jegal??
Bagaimana bisa? Pangsa nya aja udah lain. Mereka; bandung-sumedang-majalengka-cirebon. Sementara KA; bandung-cikampek-indramayu-cirebon. Belum lagi waktu tempuh yg berbeda. Sangat sangat berbeda. Naik bis, begitu hampir sampai tujuan, bisa turun sebelum terminal. Tujuan bandung, rumah di margahayu, turun di ujung berung, sambung angkot, sampe. Rmh di klayan, blm sampe terminal harjamulya, turun kedaung, naik angkot GG, sampe.
Klo naik kereta, turun kebon kawung memang sekali naik angkot gedebage, tp hrs lintas kota yg super duper crowded. Blm jarak nya yg lumayan jauh.( klo naik sepur turun cerbon sih enak. Ke klayan tinggal panggil taksi lurus ke barat 10 menit sampe emoticon-Big Grin )
Ini semua tinggal kembalikan ke konsumen,
Mau cepet = naik elf
Mau santai = sahabat atau bhinneka masih lumayanlah.
Mau nyaman duduk glosoran ndak mumet krn jalanan jungkir balik = monggo pake kereta api.
Silakan.


Kalo dipikir,bener juga kata agan,dari jalur aja udah beda..
Tapi Organda tetap terguncang.. emoticon-linux2
semoga lancar, rute cirebon-bandung sekarang memamg tidak bisa diharapkan, bahkan jika bawa mobil sendiripun waktu tempuhnya sudah gak ada kepastian, apalagi sumedang-bandung...jalanan kecil, buruk, dan terlalu banyak kendaraan melintas. belum lagi macet abadi di tanjungsari.

bis cirebon-bandung pun pelayanannya jauh dari memuaskan, labelnya patas, ongkosnya 2x lipat dari bis bumel..tapi tetep saja naikin penumpang di jalan.

moda angkutan itu ada masanya, dulu bis jakarta-bandung jadi primadona..ongkosnya mahal, dan selalu penuh. setelah ada tol..kalah sama travel, kereta pun kalah sama travel. sebentar lagi tol cileunyi-dawuan jadi...kita lihat saja semoga ciremai ekspress mampu bersaing.
Quote:Original Posted By mussote
semoga lancar, rute cirebon-bandung sekarang memamg tidak bisa diharapkan, bahkan jika bawa mobil sendiripun waktu tempuhnya sudah gak ada kepastian, apalagi sumedang-bandung...jalanan kecil, buruk, dan terlalu banyak kendaraan melintas. belum lagi macet abadi di tanjungsari.

bis cirebon-bandung pun pelayanannya jauh dari memuaskan, labelnya patas, ongkosnya 2x lipat dari bis bumel..tapi tetep saja naikin penumpang di jalan.

moda angkutan itu ada masanya, dulu bis jakarta-bandung jadi primadona..ongkosnya mahal, dan selalu penuh. setelah ada tol..kalah sama travel, kereta pun kalah sama travel. sebentar lagi tol cileunyi-dawuan jadi...kita lihat saja semoga ciremai ekspress mampu bersaing.


Amin gan.. emoticon-shakehand
Masing-masing ada kekurangan dan kelebihan..

Naik kereta jelas lebih nyaman, tapi tiketnya terbatas, sehingga harus pesen jauh-jauh hari..

Naik bis memang kurang nyaman dengan risiko macet, tapi bisa sewaktu-waktu berangkat..

tinggal konsumen pilih yang mana..
Mudah-mudahan rencananya lancar. Dengan begini PO dituntut untuk memperbaiki layanannya & lebih kreatif dalam menarik konsumen.

Bersiaplah orang Bandung, ada "serbuan" dari timur dan barat emoticon-Big Grin
Sokorrrrriinnnn mampus luh sopir2 AKAP cirebon-bandung nangis2 dah luh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak....sekalian ajah bikin kereta lokal lintas tegal-cirebon-cikampek yg berhenti ditiap stasiun biar luragung sm dewi sri bangkrut emoticon-Ngakak
wah ada penentangan juga toh,mudah2an ketemu solusinya dah emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By whoever
Mudah-mudahan rencananya lancar. Dengan begini PO dituntut untuk memperbaiki layanannya & lebih kreatif dalam menarik konsumen.

Bersiaplah orang Bandung, ada "serbuan" dari timur dan barat emoticon-Big Grin

emoticon-shakehand
harusnya itu organda nganggap ini sebagai tantangan.. emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Sokorrrrriinnnn mampus luh sopir2 AKAP cirebon-bandung nangis2 dah luh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak....sekalian ajah bikin kereta lokal lintas tegal-cirebon-cikampek yg berhenti ditiap stasiun biar luragung sm dewi sri bangkrut emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

lebih imba lagi kalo short cut Rancaekek ~ Cirebon udah diidupin lagi.. emoticon-rose
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Sokorrrrriinnnn mampus luh sopir2 AKAP cirebon-bandung nangis2 dah luh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak....sekalian ajah bikin kereta lokal lintas tegal-cirebon-cikampek yg berhenti ditiap stasiun biar luragung sm dewi sri bangkrut emoticon-Ngakak


ada rejekinya masing2 gan...menurut ane awak bis cirebon-bandung masih relatif sopan dibanding cirebon-jakarta dan cirebon-merak.

damri kuningan-bandung sopan2 kok..

kan sering ane komen

klo mbah sepur mulai bangkit bakal banyak yg terguncang..heheehe
Quote:Original Posted By mussote


ada rejekinya masing2 gan...menurut ane awak bis cirebon-bandung masih relatif sopan dibanding cirebon-jakarta dan cirebon-merak.

damri kuningan-bandung sopan2 kok..


Malah,menurut saya,untuk bus lokal Damri paling bagus.. emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By 3602
kan sering ane komen

klo mbah sepur mulai bangkit bakal banyak yg terguncang..heheehe


kalo yang ini,udah dua kali setelah papandayan.. emoticon-Malu
cirebon. a wasted city.
hotel bejibun tp sepi akibat uda ada tol.
mau jd propinsi sendiri terganjal gubernur.
padahal potensinya banyak.

gw kata kl nurutin angkutan darat sih cuman.mikir buat bsok.
bukan hari esok
makin kompetitif nih...
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Sokorrrrriinnnn mampus luh sopir2 AKAP cirebon-bandung nangis2 dah luh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak....sekalian ajah bikin kereta lokal lintas tegal-cirebon-cikampek yg berhenti ditiap stasiun biar luragung sm dewi sri bangkrut emoticon-Ngakak


Setiap ke kuningan psti naik luragung saingan nya setia negara yaitu kelemahan kereta hrs pesen tiket jauh2 hari
taiboking aja itu organda laknatemoticon-Marah

kalo gak bisa bersaing, mati aja loe semuaemoticon-Marah

Quote:Original Posted By kagomelagi


Setiap ke kuningan psti naik luragung saingan nya setia negara yaitu kelemahan kereta hrs pesen tiket jauh2 hari

emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By satlone
taiboking aja itu organda laknatemoticon-Marah

kalo gak bisa bersaing, mati aja loe semuaemoticon-Marah



yang pasti,Organda harus bisa kreatif.. emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By dudamanja
cirebon. a wasted city.
hotel bejibun tp sepi akibat uda ada tol.
mau jd propinsi sendiri terganjal gubernur.
padahal potensinya banyak.

gw kata kl nurutin angkutan darat sih cuman.mikir buat bsok.
bukan hari esok

berurusan sama raja2 kecilnya juga bikin puyeng..gak efisien

Quote:Original Posted By pamegat_ruh
Masing-masing ada kekurangan dan kelebihan..

Naik kereta jelas lebih nyaman, tapi tiketnya terbatas, sehingga harus pesen jauh-jauh hari..

Naik bis memang kurang nyaman dengan risiko macet, tapi bisa sewaktu-waktu berangkat..

tinggal konsumen pilih yang mana..


kalo udah tau selanya sih mending naik kereta gan emoticon-Big Grin, kereta sekarang udah nyaman.
kalo naik bus sih,,..ya begitulah, kena macet, ngetem, pengamen, sering juga penumpang dianggep barang bukan manusia emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By 3602
kan sering ane komen

klo mbah sepur mulai bangkit bakal banyak yg terguncang..heheehe


emoticon-Big Grin, saya tiap minggu naik kereta surabaya-cepu, udah males mau naik bis, amat sangat jauh sekali lebih nyaman kereta, ongkos beti aja, waktu tempuh jauh lebih cepet emoticon-Big Grin
Untuk urusan Organda..

Haloo??.. Kemana aja selama ini??..

Terus selalu diundang di televisi nasional jadi salahsatu narasumber dan diminta pendapatnya, ketika membahas isu transportasi dan jalur darat baru apa gunanya? emoticon-Bingung (S)

Sekarang aja Cipaganti udah mulai ekspansi di Kaltim karena ada rencana pembangunan tol Balikpapan-Samarinda--walau sekarang mangkrak nggak jelas ujung pangkalnya. Tapi kalau terealisasi dan terjadi, Organda bisa disikut lagi sama korporasi besar.

Organisasi kok nggak ada gunanya buat anggotanya. Apa bedanya dengan geng motor kalau begitu? emoticon-Cape d... (S)emoticon-Najis (S)
dasar organda bahlul, bukanya perbaiki pelayanan malah mewek....
wah, bandung cirebon bakalan ramai neh....
congrat ya....
jd pengen maen k sana, katanya cew nya cakep2....
emoticon-Kissemoticon-Kiss