alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52403352bbf87b256c000005/sriwijaya-kerajaan-atau-jaringan-pelabuhan
Sriwijaya: Kerajaan atau Jaringan Pelabuhan ?
Quote:Pusat kendali Sriwijaya mungkin sekali berpindah-pindah.

Sriwijaya: Kerajaan atau Jaringan Pelabuhan ?
Senja di tepian Sungai Musi, Palembang. Diduga merupakan area pusat kerajaan Sriwijaya pada masa-masa awal (Reynold Sumayku/NGI).

Apa sebenarnya Sriwijaya itu? Kerajaan, tentu saja. Namun, dalam prasasti-prasasti awal Sriwijaya—khususnya prasasti Telaga Batu—disebut suatu terminologi yang lebih spesifik: kadatuan (kerajaan).

Prasasti Telaga Batu berisi banyak nama jabatan dan pangkat yang mungkin sekali terdapat dalam struktur pemerintahan atau kemasyarakatan di Sriwijaya. Mulai dari putra raja hingga nakhoda kapal, mandor, atau budak raja.

Berdasarkan prasasti-prasasti awal Sriwijaya, sejumlah ahli menduga bahwa organisasi pemerintahan Sriwijaya berbentuk kerajaan. Setidak-tidaknya pada akhir abad ketujuh hingga kedelapan.

Di Sriwijaya terdapat sejumlah wanua-wanua (permukiman-permukiman) yang dikepalai oleh seorang datu (raja) dan kesemuanya berada dalam kendali kerajaan “pusat” yang dipimpin oleh raja pula. Namun, raja yang tertinggi ini bergelar Dapunta Hyang.

Sejarawan Inggris, O. W. Wolters, menyatakan bahwa Sriwijaya merupakan suatu mandala kekuasaan. Mandala berasal dari Bahasa Sanskerta dan merupakan simbol dari alam semesta di mana terdapat suatu kekuatan atau sumber kehidupan. Menurut Wolters, mandala Sriwijaya meliputi wilayah-wilayah yang berada dalam pengaruh Sriwijaya. Dalam hal ini, Sriwijaya adalah pusat dari mandala (lingkaran).

Hermann Kulke, seorang profesor sejarah Asia Tenggara dan India yang berkebangsaan Jerman, juga membuat kesimpulan berdasarkan tafsirnya atas isi beberapa prasasti awal Sriwijaya—terutama prasasti Telaga Batu. “Organisasi Sriwijaya adalah kerajaan,” demikian tulis Kulke dalam sebuah karya ilmiah yang diterbitkan dalam buletin Ecole Francaise d'Extreme-Orient (EFEO)—institusi Prancis yang mempelajari masyarakat Asia pada tahun 1993.

Seorang ahli lain yakni K.R. Hall berpendapat senada, namun dengan penekanan berbeda. “Sriwijaya (hanya) mengacu kepada suatu kelompok pelabuhan besar,” tulisnya.

Menurut ahli arkeologi dari Puslitbang Arkeologi Nasional, Bambang Budi Utomo, mungkin Sriwijaya memang merupakan suatu jaringan pelabuhan. Setelah kedatangan I-Tsing, jelas Bambang, “Mungkin sekali bahwa Sriwijaya merupakan suatu sebutan untuk pelabuhan terbesar di pesisir timur Sumatra.”

Bambang menambahkan, “Mungkin juga dari pelabuhan-pelabuhan itu pada suatu masa lebih bersinar dibanding pelabuhan-pelabuhan lainnya.” Dengan kata lain, Sriwijaya mungkin digunakan untuk menyebut jaringan pelabuhan tersebut, juga mengacu kepada kerajaan pusat. Sedangkan pelabuhan terbesarnya bisa berpindah.

Nurhadi Rangkuti, kepala Balai Arkeologi Palembang, mengungkapkan hal serupa. “Sebelum mendirikan wanua di sekitar Palembang, Dapunta Hyang menaklukkan pusat-pusat niaga yang tidak patuh di sekitar muara Sungai Musi dan pesisir Sumatra,” tukasnya.

Apakah kerajaan Sriwijaya terus merupakan suatu kadatuan pada abad kesembilan hingga ke-11? Atau memang merupakan suatu perserikatan atau jaringan bandar-bandar dagang? Sekali lagi, Sriwijaya menunggu banyak penelitian dan kajian lanjutan.

sumber


Quote:Lounger mode on

Sriwijaya tuh klub sepakbola toh emoticon-cystg

Sriwijaya: Kerajaan atau Jaringan Pelabuhan ?

Lounger mode off emoticon-Ngacir
emoticon-cystg

kek nya sih kerajaan, ?
Maksud TS nya apa? mana mungkin sebuah jaringan pelabuhan besar di nusantara tanpa memiliki pusat kekuasaan berupa kerajaan. berdasarkan artikel sudah jelas. bahwa sriwijaya adalah sebuah kerajaan. namun pusat kerajaannya berpindah2 mengikuti perkembangan situasi ekonomi dan aspek geopolitik dan keamanan. kalau mengamati model bahari. maka kekuasaannya tidak sentralistik, melainkan daerah otonom yang disebut dengan kedatuan. daerah otonom ini dimasa itu mengikuti model mandala dengan pusat yang berpindah2. maka hampir setiap negara asia tenggara mengakui keberadaan Kerajaan Sriwijaya ada di daerahnya. sampai saat ini berdasarkan penemuan yang ada meski baru terbatas. para ahli secara mayoritas mengatakan bahwa pusat kerajaan berada di daerah Musi sumatera Selatan. meski juga di klaim di daerah Jambi.
Jelas donk Kerajaan... Kemasyhurannya smp ke madagaskar Afrika, ada kok candi peninggalan Sriwijaya di Sumsel tepatnya di Muara Enim, jarang diekspose media aja (maklum bukan tanah jawa), selebihnya komen ane sm kaya agan yg diatas ane emoticon-I Love Indonesia
menurut ane sih itu kerajaan, klau Sriwijaya itu cuma pelabuhan gk mungkin bisa menguasai wilayah yg luas. kerajaan terbesar kedua setelah majapahit tuh emoticon-Matabelo

bukti sejarahnya jg bnyk kok emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By iand.anz
Jelas donk Kerajaan... Kemasyhurannya smp ke madagaskar Afrika, ada kok candi peninggalan Sriwijaya di Sumsel tepatnya di Muara Enim, jarang diekspose media aja (maklum bukan tanah jawa), selebihnya komen ane sm kaya agan yg diatas ane emoticon-I Love Indonesia


Sriwijaya dan tanah jawa malah berhubungan kok gan, Entah kenapa malah hubungannya dgn kerajaan mataram kuno yg terletak di pedalaman tanah jawa, bukan di pesisir

Kalau di forum sejarah lebih cocok kayae, lebih enak buat diskusi.
×