alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524029b34f6ea1027d000000/jokowi-diminta-hentikan-tindakan-cabut-pentil-karena-langgar-hukum
Jokowi Diminta Hentikan Tindakan Cabut Pentil karena Langgar Hukum
Jokowi Diminta Hentikan Tindakan Cabut Pentil karena Langgar Hukum
Skalanews - Pengamat Hukum Perlindungan Konsumen, David MLTobing meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menghentikan tindakan pencabutan pentil kendaraan yang diparkir secara liar, karena melanggar hukum.

“Peraturan yang ada tidak memberikan hak kepada aparat Pemda untuk mencabut pentil kecuali hanya memindahkan kendaraan,” ujar David dalam keterangannya kepada skalanews di Jakarta, Senin (23/9)

David menambahkan dalam ketentuan UU, Peraturan Pemerintah maupun Perda yang dirujuk dalam stiker itu hanya menyebutkan tentang larangan parkir ditempat yang dilarang, pemindahan kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya, serta proses peradilan yang berlaku bagi pelanggaran parkir.

“Jokowi harus menegur Kadishub DKI yang bertindak ‘liar’ dalam memberikan sanksi hukum bagi pengendara yang melakukan parkir liar,” pintanya

Diketahui, sejumlah kendaraan, khususnya motor yang ada diparkir liar ditempelkan stiker yang menyebutkan, “Pentil Kendaraan Anda Dicabut; Melanggar Ketentuan Parkir Pasal 267 UU22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”

Namun, dalam pasal tersebut menyatakan (1) Setiap pelanggaran di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang diperiksa menurut acara pemeriksaan cepat dapat dikenai pidana denda berdasarkan penetapan pengadilan.

(2) Acara pemeriksaan cepat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan tanpa kehadiran pelanggar.

(3) Pelanggar yang tidak dapat hadir sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat menitipkan denda kepada bank yang ditunjuk oleh Pemerintah.

(4) Jumlah denda yang dititipkan kepada bank sebagaimana dimaksud pada ayat (3) sebesar denda maksimal yang dikenakan untuk setiap pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan.

(5) Bukti penitipan uang denda wajib dilampirlan dalam berkas bukti pelanggaran.

Selain itu, dicantumkan juga Pasal 95 ayat 2 huruf C PP 43/1993 yang berisi Pemindahan kendaran bermotor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dilakukan dalam hal: c. Kendaraan yang diparkir pada tempat yang dilarang untuk berhenti dan atau parkir.

Kemudian dicantumkan juga Pasal 55 (2) Perda DKI 12/2003 yg menyatakan, setiap kendaraan dilarang berhenti atau parkir di badan jalan apabila pada tempat tersebut dilarang untuk berhenti dan/atau parkir yang dinyatakan dengan rambu-rambu dan/atau marka jalan.

Untuk itu tindakan aparat Pemda yang mencabut pentil kendaraan harus dihentikan dan diganti dengan tindakan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. “Seharusnya penertiban itu dilakukan dengan berpedoman pada ketentuan hukum yang ada,” pungkas David. (bus/guan) http://skalanews.com/berita/detail/1...-Langgar-Hukum
Ohhhh ini korban pentil muncul..... emoticon-Ngakak

Sebelum ngomongin hukum.... dilihat dulu akar permasalahan....

Dasar pengamat
cabut pentil kan biar ada efek jeranya emoticon-Angkat Beer
orang kita emang perlu dikerasin dikit.. emoticon-Traveller
Bener ini
Cabut pentil itu tindakan melanggar hukum
Kategori pelecehan seksual emoticon-Ngakak:
itu stickernya ngga banget "pentil anda dicabut"

emoticon-Ngakak

kalau mau efek jera mah dibikin permanen aja, di pilok langsung dibodinya

emoticon-Ngakak
untung cuma pentil yang dicabut.

kalo setang yang dilepas gimana
menindak pelanggar hukum dengan melanggar hukum

Quote:Original Posted By boy 867
Bener ini
Cabut pentil itu tindakan melanggar hukum
Kategori pelecehan seksual emoticon-Ngakak:


Kekerasan seksual, bukan pelecehan.
Quote:Original Posted By Erroneous
untung cuma pentil yang dicabut.

kalo setang yang dilepas gimana


kl gak bannya yg diangkut skalian emoticon-Ngacir
nah lho..... biasanya para panastak pemuja si JOKOWemoticon-BeloW selalu beralasan melanggar hukum tiap kali ada yg protes.....

sekarang.....ketika junjungan mereka sendiri yg melanggar hukum... gimanakah kira2 reaksi mereka.... tetep dengan kesetian mereka terhadap si JOKOWemoticon-BeloW dengan mengajukan argumen2 mereka... ato kah ada yg laennya emoticon-Big Grin
Stop cabut pentil,
Naikkan sobek ban nya
Jadi dibiarkan saja gitu parkir liar ? semua pelanggaran gak ada yg kapok klo semua aparatnya melakukan pembiaran dan ini sudah berlangsung puluhan taun makanya kacau tuh kelakuan orang2 di jalan raya emoticon-Cape d... (S)
lho yang melanggar hukum kan si pemarkir motor itu duluan?

bukannya membela pemprov kok malah membela yg melanggar hukum?

kalau motor itu parkir di tempat yang semestinya kan tidak bakal diapa2in kendaraannya.
ya rejeki larinya buakan ke tukang parkir aja sekarang, tempat jual beli ban dalem laris juga emoticon-Big Grin
terus pak cabutin aja sekalian bulunya .............bulu ban maksut nya emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak pengamat tolol. otak 14 cc. dasar dungu

tidak tercantum dalam hukum bukan berarti melanggar hukum .

boleh tau tuh pengamat mana yah ? LULUSAN MANA itu ?

TINDAKAN PALING BODOH

lagian dahelanggar hukum juga malah mengakibatkan nanti tukang pentil dadakan sama tukang angin dadakan di mana-mana dan harga pentil bisa di mahalin karena butuh yah mahal jdinya....
sedia pentil sama pompanya sekalian emoticon-Big Grin
David Tobing Gugat Kostum Timnas Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - David ML Tobing menggugat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mendiknas, Menpora, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Nike Indonesia, terkait penggunaan lambang negara Garuda dalam kostum tim sepak bola nasional.

"Ada fakta penggunaan Lambang Negara tersebut tidak berdasar dan melanggar Undang-Undang tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan," kata David Tobing, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa.

Dalam gugatannya, David memerintahkan Presiden (tergugat I), Mendiknas (tergugat II), dan Menpora (tergugat III) melakukan pengawasan penggunaan lambang negara, dan menghukum PSSI bersama Nike Indonesia untuk merevisi atau mengakhiri perjanjian tentang penggunaan lambang negara.

Pengacara bidang perlindungan konsumen dan kebijakan publik ini mengatakan ketentuan Pasal 65 UU No.24 Tahun 2009 bahwa penggunaan lambang negara Garuda di Kostum tim sepak bola nasional bertentangan.

Dia juga menyebut pasal 57 huruf (d) disebutkan dengan tegas setiap orang dilarang menggunakan lambang negara untuk keperluan selain yang diatur dalam UU ini.

Dalam pasal 51 lambang negara wajib digunakan di dalam gedung kantor, ruang kelas pendidikan, lembaran dan berita negara, paspor, ijazah, dokumen resmi, uang.

Lalu, dalam Pasal 52 lambang negara dapat digunakan sebagai cap atau kop surat jabatan, cap dinas, kertas bermaterai, surat tanda jasa, atribut pejabat, atau warga negara yang mengembang tugas negara di luar negeri, penyelenggaraan peristiwa resmi, buku pemerintah, UU serta di rumah WNI.

David menilai akibat perbuatan para tergugat ini telah menimbulkan kerugian immateri kepada dirinya selaku warga negara.

Penggunaan lambang negara yang seharusnya dijunjung oleh seluruh warga negara maupun masyarakat internasional yang melakukan kegiatan bisnis, katanya.

David juga menilai perbuatan PSSI dan Nike Indonesia yang kerjasama dalam memproduksi kostum tim nasional apabila diteruskan bakal menimbulkan ketidakpastian hukum dan menciptakan ketidaktertiban penggunaan lambang negara.

"Makanya dalam provisi gugatan mencantumkan tuntutan agar PSSI dan Nike menghentikan pemakaian lambang negara kostum tim nasional setidak-tidaknya dimulai sejak babak semi final AFF Suzuki Cup 2010 sampai ada putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," tegasnya.

David secara resmi telah mendaftarkan gugatan citizen law suit (gugatan warga negara) dan membantah gugatannya ini disponsori pihak tertentu.(*)



yg setuju sama david tobing, yah seiramalah pemikirannya emoticon-Cape d... (S)
siapa yang langgar hukum sih sebenernya? yang parkir sembarangan trus pentilnya di cabut atau yang nyabut pentil? emoticon-Big Grin