alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52401c6a1e0bc36c78000001/pelatih-timnas-u-19--jika-pemain-keasyikan-jadi-bintang-iklan-saya-coret
Pelatih Timnas U-19 : Jika Pemain Keasyikan jadi Bintang Iklan, Saya Coret
Pelatih Timnas U-19: Jika Pemain Keasyikan jadi Bintang Iklan, Saya Coret


PortalKBR.com- Timnas Indonesia merengkuh gelar juara Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Vietnam di babak final. Itu adalah gelar perdana 'Garuda Muda' dari final pertamanya di turnamen ini. Bertempat di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (22/9/2013), Indonesia menundukkan Vietnam lewat adu penalti 7-6 setelah kedua tim bermain imbang 0-0 sampai babak perpanjangan waktu.Dengan gelar juara ini, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara keempat yang berhasil menjadi kampiun setelah sebelumnya diraih Vietnam, Myanmar dan Thailand. Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafrie membeberkan bagaimana pola latihan membentuk tim berprestasi ini. Berikut penjelasannya dalam program Sarapan Pagi KBR68H bersama penyiar Sutami dan Novri Livinus.

Setelah ini apa rencananya?

Habis ini kita tiga hari libur, anak-anak kembali ke daerah masing-masing. Kamis malam kita sudah di Surabaya, Jumat pagi kita mulai berbenah untuk melakukan persiapan menghadapi kualifikasi Piala AFC.

Kemarin sempat ada beberapa orang menyatakan stamina para pemain U-19 ini luar biasa. Tipsnya apa?

Jadi kita tidak membina tim dengan cara-cara tradisional, mereka terpilih tentu kita tetapkan standarnya. Kenapa mereka bisa bertahan main 2 x 45 ditambah 2 x 15 ini untuk informasi saja, salah satu tes fisik mereka mengenai daya tahan mereka atau VO2 Max mereka di atas 55 rata-rata, bahkan ada yang 61 dan 62. Jadi untuk bermain 2 x 1 jam pun kami sangat yakin mereka masih sanggup.

Biasanya kalau anda menyeleksi pemain itu berapa skornya?

Kita punya standar di atas 55 yang kita pilih. Tapi tidak hanya itu ya, jadi untuk memilih pemain itu ada empat faktor seperti skill bagus, fisiknya bagus, kemampuan taktikalnya bagus, dan mental bagus.

Apa yang dibangun selama ini untuk mental mereka?

Saya dibangun satu staff dari UGM seorang mental coach yang selalu memberi advice kepada saya untuk pengembangan mental pemain. Kita mencari pemain-pemain yang militan, tidak cepat menyerah, kuat menghadapi tekanan, dan ada ukurannya bisa diketahui lewat psikotes dan sebagainya.

Psikotes ini dilakukan saat penjaringan awal?

Dari penjaringan awal. Jadi tim ini dulu diawali dari 180 pemain dan kita ciutkan sekarang jadi 35 pemain, tetapi yang kita turunkan kemarin di AFF hanya 20 pemain.


Usianya masih 19 tahun, apa yang tim ini persiapkan pada akhirnya menjadi pemain profesional?

Banyak. Kita harus sabar, jangan terburu-buru mengatakan dia adalah pemain hebat, belum. Mereka butuh proses lagi untuk mencapai suatu kematangan yang nanti tentu paling akhir kita menginginkan dia menjadi pemain yang bagus di senior dan bisa jadi panutan bagi pemain lain.

Ada yang mengatakan, mohon pemain tidak diselebritaskan dulu seperti pemain-pemain senior yang banyak menjadi bintang iklan. Apa tanggapan anda?


Sebenarnya bukan pelatih yang menselebritaskan dia. Makanya saya sangat mengawasi mereka dan kita membuat aturan, memberitahu mereka suatu saat dipanggil lagi tetap kita bicara standar. Kalau dia misalnya terkuras karena dia bintang iklan, main ini itu, prestasinya menurun saya tidak banyak pikir dan pasti saya coret. Karena memilih pemain bukan karena opini atau karena dia bintang iklan terus saya pilih tidak.

Tapi secara tim tidak ada larangan ya untuk mereka menjadi bintang iklan?

Itu jatuhnya ke hak pribadi mereka, tapi saya yakin kalau saya bicara tidak dia tidak akan lakukan itu.

Kalau bicara peserta keseluruhan, menurut anda mana tim yang perlu diwaspadai?

Hampir semua yang ikut termasuk Timor Leste. Tetapi memang tim yang siap banyak ya seperti Malaysia itu sudah tur Eropa, Singapura sudah berapa lama latihan, Thailand sudah lama mempersiapkan diri.

Laos, Filipina, Korea Selatan juga bakal dihadapi di AFC. Apa yang bakal dilakukan ke depan?

Jadi nanti kita akan lakukan persiapan mulai hari Jumat. Kita bisa mengalahkan Korea kalau ingin lolos, karena yang diambil cuma satu tim.


Terkait pasca mendapat gelar ini, bagaimana bonus yang sudah menanti?


Belum. Dari tadi malam kita langsung ada makan malam bersama, terus tidur dan kita belum dengar berita apa-apa.


Pelatih Timnas U-19 : Jika Pemain Keasyikan jadi Bintang Iklan, Saya Coret

Sumber : portalKBR.com


Kalo udah jadi atlit yah.. atlit aje lah...
ini baru namanya pelatih yg berkualitas, tegas, disiplin n obyektif....
patut di contoh n jd panutan, n pantas tuk mnjadi pelatih timnas...
angkat topi buat coach indra syafri, smoga tdk di politisir oleh oknum2 pssi yg tdk bertanggung jwb...
maen iklan sekali-kali boleh lah ya,buat tambah2 penghasilan, apalagi sepertinya ada beberapa dari mereka yang dari keluarga yg nggak punya.
jadi atlit palingan duitnya nggak seberapa.
asal jangan mbablas aja kayak yg udah2 emoticon-Cape d... (S)
pelatih ini mantap bener,ane stalking akun twit beliau.beliau nyari pemain sampe ke pelosok negri.pembinaan yang mulai modern.sayangnya kontraknya cuma sampe akhir september,semoga pssi gak tolol akut dan memperpanjang kontrak beliau
emoticon-2 Jempol karantina itu penting supaya kagak terjangkit virus2 seniornya...doyan dugem dll. lari aja ngos2 an emoticon-Cape d...
liburnya cuman 3 hari,ngga kurang tuh?
Quote:Original Posted By cimot07
ini baru namanya pelatih yg berkualitas, tegas, disiplin n obyektif....
patut di contoh n jd panutan, n pantas tuk mnjadi pelatih timnas...
angkat topi buat coach indra syafri, smoga tdk di politisir oleh oknum2 pssi yg tdk bertanggung jwb...



Yoii Gan... jauhkan mereka dari kampreet2 Politikus yang suka ngeklaim kemenangan...

mantab.. keras sedikit ga masalah, demi kebaikan bersama emoticon-thumbsup
buset dah 3 hari... jangan dipaksa kerja rodi tu garuda muda ...
berdoa aja semoga ga kebawa arus politik,

dari pelatihnya keliatan banget profesionalime-nya,
disipline, nurunin pemain yang bener" siap bermain dan sesuai taktik,
ga ngeremehin lawan, pake psikotes buat nguatin mental,

pemainnya moga" ga tergiur sama ketenaran,
umur" mereka sih masih perlu banyak jam terbang sama disiplin tinggi,


bau"nya sih bakal di sorot media, dan di jadiin alat pencitraan politik,
skr aja dari presiden sama ketua dhewan ngeklaim keberhasilan timnas u-19
sampe pelatih timnas yang ngeremehin klo benernya maennya sama kayak tim yg dia latih, cmn beda lawan aja,

ya moga" bisa bertahan dari tekanan" seperti itu,
Klo konsistensi & prestasinya uda sebaik CR7 ato messi bolehlah jadi bintang iklan..emoticon-Embarrassment
Lumayan buat menambah kocek pribadi..emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By bambangsueb
maen iklan sekali-kali boleh lah ya,buat tambah2 penghasilan, apalagi sepertinya ada beberapa dari mereka yang dari keluarga yg nggak punya.
jadi atlit palingan duitnya nggak seberapa.
asal jangan mbablas aja kayak yg udah2 emoticon-Cape d... (S)


Witing tresno jalaran songko kulino broo...

Jadi gak bisa, sedikit2 gitu...
Nanti lama2 kecanduan iklan juga akhirnya...emoticon-Malu (S)
mntap nih pelatih... disiplin tinggi.. pemainnya jg ga manja, ga kaya si tukang tampoll....
beda ama yg senior..yg senior malah manja..dikasih pelatih keras malah mewek trus pingin nampolin emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By bambangsueb
maen iklan sekali-kali boleh lah ya,buat tambah2 penghasilan, apalagi sepertinya ada beberapa dari mereka yang dari keluarga yg nggak punya.
jadi atlit palingan duitnya nggak seberapa.
asal jangan mbablas aja kayak yg udah2 emoticon-Cape d... (S)


umur mereka masih 19 thn ke bawah gan,
mending jgn terlalu di kasi beban berlebih sampe menghidupi keluarga,

bonus dari juara sih udah cukup keknya,
toh selama ini mereka ga sorot media pun masih bisa bisa hidup kan,

contoh aja pemain" luar, mereka jadi bintang iklan waktu usianya sudah bener" matang,
klo masih umur 19thn kebawah mah mending bener" fokus ke sepak bola, jgn mikir yang lain,
klo fokusnya ke bagi" malah ga bisa kembang nantinya,
nampak pelatih yg sangat kompeten, semoga timnas u-19 terus semangat berlatih tanpa merasa puas setelah kemenangan kemarin
waspada bahaya laten sosis!!!
salam jebret coach
semoga gelar selanjutnya timnas ini menjuarai AFC y coach,Aamiin
bintang iklan mah gak tiap minggu shooting jg
lumayan buat nambah penghasilan

yg bikin males yg suka dugem noh kaya senior2nya
skill gak seberapa gaya hidup kaya CR7
Ga makan sosis dongemoticon-Ngakak