alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52400314faca17305d000002/mui-haramkan-pungutan-amal-masjid-di-jalan-raya
MUI Haramkan Pungutan Amal Masjid di Jalan Raya
SUMBER

TRIBUNNEWS.COM SAMPANG, - Fatwa haram yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sampang, Jawa Timur, tentang penarikan amal pembangunan masjid di jalan raya, tampaknya tak dihiraukan. Bahkan, penarikan sumbangan untuk pembangunan masjid yang dilakukan warga kian marak. Padahal kegiatan mereka mengganggu pengendara yang melintas di jalan.

Penarikan amal di jalan paling marak dilakukan warga di Kabupaten Sampang dan Bangkalan. Tidak kurang 10 titik penarikan sumbangan terlihat di jalan Kabupaten Sampang - Bangkalan. Penarikan amal dilakukan dengan menempatkan batu cor atau drum berisi cor di tengah marka jalan. Hal itu mempersempit jalan yang akan dilewati pengendara. Selain menempatkan batu cor di jalan, petugas penarik amal berdiri berjejer di kanan dan kiri jalan serta di tengah-tengah marka jalan. Kendaraan yang melintas sangat terganggu dengan hal itu.

Diminati komentar dengan kegiatan itu, Ketua MUI Pamekasan menyatakan pihaknya sudah menegaskan bahwa penarikan sumbangan untuk masjid di jalan adalah haram. "MUI tegas mengharamkan penarikan amal di jalan yang dilakukan dengan mempersempit jalan," kata Bukhori Muslim, Ketua MUI Pamekasan, Kamis (19/9/2013).

Menurut Bukhori, penarikan amal di jalan tidak haram jika hanya memasang papan nama dan memungut amal di pinggir jalan. Kendati kegiatan itu sebenarnya merendahkan martabat agama, namun masih ditoleransi demi pembangunan sarana tempat ibadah.

Panitia pembangunan masjid bisa tidak meminta sumbangan kepada masyarakat sekitar, ataupun kepada masyarakat setempat yang sudah merantau ke luar daerah. Tetapi mereka kebanyakan menempuh cara-cara instan, yakni meminta di jalan.
"Kami juga mengimbau pemerintah agar memberikan bantuan biaya. Meskipun dana yang diberikan tidak harus memenuhi kebutuhan pembangunan dengan keterbatasan anggaran," imbaunya.

Sementara itu, Syaiful Bahri, sopir asal Pamekasan yang mengaku sangat terganggu dengan penarikan amal di jalan raya. Seharusnya, kata Syaiful, polisi menertibkan mereka dengan melarang memasang pembatas jalan menggunakan batu cor karena itu membahayakan.
"Polisi harus tegas melarang pemasangan batas jalan di tengah marka. Karena hal itu membahayakan dan bisa membuat kendaraan rusak karena bisa tersenggol pembatas itu," ungkapnya.

Komen TS
Ternyata sudah diharamkan...
kalo cara mungutnya haram,trus hasilnya (masjid) jd halal apa haram juga?


udah nemu yg kira2 bisa jadi dalil,kalo ada yg lain boleh dipajang juga:
Quote:Jumhur ulama berpendapat bahwa apabila seorang muslim telah mengambil harta
yang haram maka wajib baginya untuk mengembalikannya kepada pemiliknya apabila ia mengetahui bahwa orang tersebut masih hidup atau kepada ahli warisnya apabila orang tersebut sudah meninggal dunia.


Adapun apabila harta—haram—tersebut milik orang yang tidak diketahuinya, dan sudah ada keputus-asaan dalam mengetahui keberadaannya, apakah dia masih hidup atau sudah meninggal, ada ahli warisnya atau tidak maka pemilik harta yang haram ini harus mensedekahkannya, seperti menginfakkannya untuk pembangunan masjid, jembatan dan rumah sakit.
Caranya yg salah kali ya gan. Ganggu pengguna jalan
pungutan amal ada yg bener-bener jadi masjid, ada yang you know lah emoticon-Embarrassment
mendingan nyumbang semen sama pasir.. kalau beneran mau bangun mesjid banyak yg milih nerima bahan bangunan...
kenapa bau sekarang ya
Quote:Original Posted By kanataqueen
mendingan nyumbang semen sama pasir.. kalau beneran mau bangun mesjid banyak yg milih nerima bahan bangunan...


ya artinya ga bisa bikin jaring sumbangan di jalan dong sis?
kan ga setiap hari juga kita bawa2 semen,pasir dll di mobil

btw,kalo caranya haram,hasilnya halal ga ya?
gw lagi nyari dalil yg spesifik nih

Membangun masjid dengan cara mengemis, gak banget kan emoticon-kisssing
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Baru NYADAR !!

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
pungutan di tengah jalan ini sering menjadi cibiran orang non muslim yang kebetulan memberi sedekah

di kemudian hari sering timbul penyesalan "tuh kan, gw udah sedekahin tetep aja giliran gw beribadah dilarang..."

haramnya dmn?memangnya MUI itu Tuhan?ga mslh mw mnt amal dmn pun asalkan niat lillahi ta'ala dan tdk mengganggu ketertiban umum..mudah kan?
Quote:Original Posted By Erroneous
pungutan di tengah jalan ini sering menjadi cibiran orang non muslim yang kebetulan memberi sedekah

di kemudian hari sering timbul penyesalan "tuh kan, gw udah sedekahin tetep aja giliran gw beribadah dilarang..."



ada juga yg model mobil bertoa,sambil ngiringin bbrp orang bawa kotak sumbangan,model gini sering juga minta sumbangan ke toko2 non muslim

kaya gitu diharamkan juga ga ya?
ni MUI bru bner....
ga jarang bukan bwt masjid, tp d salah gunakan bwt bisnis ( malak / ngemis )
krn ganggu lalulintas jalan, kdang ada yg sdikit maksa....
meminta pungutan amal mesjid di jalan raya itu juga udah spt mengemis ..

MUI juga fatwa haramkan pengemis [url]http://news.detik..com/read/2013/07/25/154157/2314452/10/mui-sudah-haramkan-memberi-ke-pengemis-di-jalan[/url]
Quote:Original Posted By beeleboy
haramnya dmn?memangnya MUI itu Tuhan?ga mslh mw mnt amal dmn pun asalkan niat lillahi ta'ala dan tdk mengganggu ketertiban umum..mudah kan?


dibaca dulu masbro,itu masang gentong dan menghalangi kelancaran lalu lintas,itu masuk mengganggu ketertiban umum

Betul itu! emoticon-thumbsup

Ane setuju dengan fatwa MUI. emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By ngentodluh


bener banget!!

menganggu lalu lintas!!



buset!!

ga menganggu gimane maksud luh boy?!

jelas2 lalu lintas jadi tersendat goblok!!



haram juga!!

apalagi yang ibu2 door to door itu!!

ampe ada yang masuk angkot juga!!


Wadawwww...... Komennya kelojotan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By firewallshop


ya artinya ga bisa bikin jaring sumbangan di jalan dong sis?
kan ga setiap hari juga kita bawa2 semen,pasir dll di mobil

btw,kalo caranya haram,hasilnya halal ga ya?
gw lagi nyari dalil yg spesifik nih



maaf ya biasanya yang minta sumbangan pakai jaring itu buat mushola2 di perkampungan..
kalau di komplek cuma pasang spanduk aja kok..
bukan ngeremehin orang kampung tapi ya gitu deh..

caranya haram menurut gw hasilnya belum tentu haram.. apalagi kalau kayak mesjid gini kan ga smua sumbangan didapat dari cara yg haram..
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak akhirnya keluar juga tuh fatwa...sekarang pungutanya bukan dipinggir jalan lagi udah ke tengah jalan...malah malang pake drum pula, pasti macet dah kalo lewat situ emoticon-Hammer (S)
wokwokwwkwko izin ngakak aja dah.

Lagian itu hak orang dah duit hasil pemungutan di jalan buat apaan toh yang dosa mereka, kita sih sebagai warga negara yang baik lebih baik ya jangan kasih sembarangan harus cari tau dulu itu emang bener2 buat mesjid atau bagaimana


Spoiler for Lowongan Kerja Di Meruya - Jakbar:
Quote:Original Posted By kanataqueen
mendingan nyumbang semen sama pasir.. kalau beneran mau bangun mesjid banyak yg milih nerima bahan bangunan...


Setuju nih ama Sista yg satu ini.
×