alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523f25f520cb17194c000000/basuki-punya-jurus-jitu-atasi-datangnya-mobil-murah
Basuki Punya Jurus Jitu Atasi Datangnya Mobil Murah

Basuki Punya Jurus Jitu Atasi Datangnya Mobil Murah

Basuki Punya Jurus Jitu Atasi Datangnya Mobil Murah
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan tidak takut terhadap kebijakan mobil murah yang diterapkan pemerintah pusat. Apabila nantinya kebijakan itu membuat warga berbondong-bondong untuk membeli mobil murah, maka Basuki mempunyai jurus jitu dengan menerapkan biaya tinggi dalam kebijakan Electronic Road Pricing (ERP).

"Enggak masalah, kamu beli saja mobil murah, nanti kamu bayar Rp 100.000 setiap lewat jalan berbayarnya," kata Basuki, di Balai Kota Jakarta, Minggu (22/9/2013).

Bahkan, Basuki mengaku tidak takut apabila nantinya tiap warga bisa memiliki hingga 100 unit mobil. Pemprov DKI Jakarta akan meningkatkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB). Dengan itu, maka akan meningkatkan pajak daerah untuk DKI. Pria yang akrab disapa Ahok itu juga menganggap pertambahan mobil bukan menjadi penyebab Jakarta terus bertambah macet.

"Kemacetan adalah persoalan orang tidak mau pindah dari mobil pribadi ke umum, karena tidak tersedianya transportasi umum dengan baik," kata Basuki.

Tarif ERP lebih tinggi dari kajian

Tarif ERP hingga mencapai Rp 100.000 tersebut lebih tinggi dari hasil kajian yang pernah dilakukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Dishub DKI beberapa waktu lalu pernah mengusulkan tarif ERP sebesar Rp 6.579 hingga Rp 21.072.

Dalam kajian itu, penerapan ERP akan dibagi menjadi tiga area. Area I, Blok M-Stasiun Kota, Jalan Gatot Subroto (Kuningan-Senayan), Jalan Rasuna Said-Tendean, Tendean-Blok M serta Jalan Asia Afrika-Pejompongan. Area II meliputi, Dukuh Atas–Manggarai–Matraman–Gunung Sahari serta Jatinegara–Kampung Melayu-Casablanca–Jalan Satrio-Tanah Abang.

Lalu, Area III meliputi Grogol–Roxi-Harmoni, Tomang–Harmoni–Pasar Baru, Cempaka Putih–Senen–Gambir, Cawang–Pluit–Tanjung Priok, Cawang-Tanjung Priok, dan Sunter–Kemayoran.

Selain menerapkan tarif ERP dan pajak kendaraan bermotor yang tinggi, DKI juga akan menerapkan tarif parkir yang tinggi di kawasan yang telah disediakan bus gratis maupun dilewati oleh transportasi umum. Melalui penerapan tarif parkir on street (di pinggir jalan) yang tinggi, maka ia meyakini, pengguna kendaraan pribadi akan berpikir dua kali untuk menggunakan kendaraannya di tengah kota.

Saat ini, DKI masih mengkaji apakah nantinya setelah peredaran mobil murah, DKI dapat menerapkan tarif Rp 6000-8000 per jamnya. Tarif parkir on street dan off street, menurutnya, harus dibedakan. Tarif parkir on street harus jauh lebih mahal dibandingkan dengan tarif parkir off street. Upaya tersebut dilakukan agar warga memarkirkan kendaraan pribadi mereka di gedung-gedung dan melanjutkan perjalanan mereka menggunakan kendaraan umum. Penerapan tarif parkir on street yang mahal juga upaya untuk menghindari parkir liar dan kemacetan ibu kota.

Sementara untuk pengadaan ratusan bus sedang, Basuki menjelaskan, DKI sedang mengejar pengadaan bus melalui e-catalogue oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Apabila tidak melalui LKPP dan tetap melalui kebijakan lelang tender, akan menghabiskan waktu dan sering gagal. Sedangkan pembelian barang melalui LKPP dapat langsung dilakukan dalam jumlah besar.

Salah satu contoh kegagalan lelang tender adalah pengadaan bus sedang. Apabila target awal pemerintahan Jokowi-Basuki mengadakan bus sedang sebanyak 1000 unit hingga akhir tahun ini. Namun, karena proses lelang yang rumit, lama, dan menemui kegagalan, maka maksimal hingga akhir tahun, DKI hanya bisa mengadakan bus sedang hingga 400 unit.

"Kalau pengadaan bus saja, kita sudah bisa membeli sampai 50 bus, kita sudah bisa memenuhi jalan utama per 10 menitnya," kata Basuki.

Aturan mengenai Low Cost and Green Car (LCGC) ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Permenperin itu merupakan turunan dari program mobil emisi karbon rendah atau low emission carbon (LEC) yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang kendaraan yang dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Peraturan itu antara lain menyebutkan tentang keringanan pajak bagi penjualan mobil hemat energi. Hal ini memungkinkan produsen mobil menjual mobil di bawah Rp 100 juta. Dengan peraturan itu, mobil dengan kapasitas di bawah 1.200 cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit 20 km per liter dapat dipasarkan tanpa PPnBM.


---
meskipun menurut ane ini uda rada gila ERP 100rb emoticon-Hammer tapi lebih gila lagi uda kondisi macet gini malah masukin mobil murah emoticon-Najis (S)
budiono dari uda ga ngerti jalan pikirannya emoticon-Najis (S) green car green car orang sama2 pake bensin, mending kalo mobil listrik ato matahari emoticon-Cape d... (S)

meskipun berat ane setuju banget untuk wacana ini ko ahok, ga ada cara laen untuk ngebuat orang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum,
ane pun siap naek busway beralih kalo wacana ini kerealisasi

jgn takut dan terus maju lawan mafia2 pemerintah haus duit ko ahok emoticon-Najis (S)

sumber
Nah ini baru bener, gak pake mewek di media sok nolak mobil murah sambil pake baju kotak kotak, karena memang hak rakyat untuk punya kendaraan pribadi kok tapi hak Pemda juga buat ngatur Lalu Lintas di wilayahnya emoticon-Stick Out Tongue:
AWAS KOE NDA SETUJU TAK SOBEK SOBEK
Basuki Punya Jurus Jitu Atasi Datangnya Mobil Murah
Mantap.. Hajar aja koh..
Makin mahal makin bagus emoticon-Big Grin

Semoga macet segera berkurang emoticon-I Love Indonesia (S)



Quote:
Originally posted by:
profesor.idiot

ga masalah harus bayar 100rb/sekali jalan
asal kan ada jaminan kita ga akan kena macet
lah kendaraan umumnya udah aman belum? udah nyaman belum? anggablah gini, jika sendainya orang-orang pada naik kendaraan umum tapi tindak kriminal meningkat dengan adanya pencopetan,pelecehan seksual, apalagi kalo kita pulang malem kita malah dapet penodongan dan (untuk wanita) perkosaan, gimana?

kondisi transportasi umum jakarta juga kurang nyaman, dan kurang aman. tolong di kaji ulang, benahi keamanan dan kenyamanan fasilitas umum baru boleh gunain tarif tersebut.
khusus mobil murah aja ERP 100rb..

kalo mobil keluaran lama ERP 50rb lah emoticon-Malu
Quote:Original Posted By AkiraRaymundo
lah kendaraan umumnya udah aman belum? udah nyaman belum? anggablah gini, jika sendainya orang-orang pada naik kendaraan umum tapi tindak kriminal meningkat dengan adanya pencopetan,pelecehan seksual, apalagi kalo kita pulang malem kita malah dapet penodongan dan (untuk wanita) perkosaan, gimana?

kondisi transportasi umum jakarta juga kurang nyaman, dan kurang aman. tolong di kaji ulang, benahi keamanan dan kenyamanan fasilitas umum baru boleh gunain tarif tersebut.


ini salah satu mindset yg bikin kita gak maju2 gan, kebanyakan mikirin negatif ke depannya ga maju2, bangsa kita bgini, belum didukung aksi koruptor pemerintah cm prioritasin duit duit duit emoticon-Cape d... (S)

sebisa mungkin kita buang mindset gini jauh2 dan coba berpikir positif, penodongan, perkosaan, kriminal gr2 kehidupan jakarta semrawut bnyk orang ga sejahtera makanya gini, emang bner apa kata agan emang kacau balau fasilitas transportasi umum di jakarta, cuma semakin ke sini semua makin tertata kok, coba perhatiin skrng ko ahok uda mencanangkan bus tambah bnyk banget dalam waktu dekat, semua prasarana diperbaiki, emang belum terlalu keliatan skrng, tp nanti bakal keliatan kok

intinya dari diri sendiri kita harus sadar untuk prioritas penggunaan kendaraan umum daripada pribadi, no offense emoticon-Malu (S)

btw moga2 HT nih biar bnyk orang liat masih ada harapan cerah buat jakarta emoticon-Malu (S)
mendinglah, solution minded nih ko ahok daripada yang mulia jokowi nebar pesona kirim2 surat cinta sama wapres emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Mobil murah sangat dibutuhkan warga yang tinggal di daerah. Kalau di Jakarta kan memang sudah berlebih. Sebaiknya gubernur DKI kalau ngomong lebih cerdas sedikit. Macam Indonesia cuma wilayahnya saja. Ide Ahok bagus tuh.
Quote:Original Posted By blambangan
ini salah satu mindset yg bikin kita gak maju2 gan, kebanyakan mikirin negatif ke depannya ga maju2, bangsa kita bgini, belum didukung aksi koruptor pemerintah cm prioritasin duit duit duit emoticon-Cape d... (S)

sebisa mungkin kita buang mindset gini jauh2 dan coba berpikir positif, penodongan, perkosaan, kriminal gr2 kehidupan jakarta semrawut bnyk orang ga sejahtera makanya gini, emang bner apa kata agan emang kacau balau fasilitas transportasi umum di jakarta, cuma semakin ke sini semua makin tertata kok, coba perhatiin skrng ko ahok uda mencanangkan bus tambah bnyk banget dalam waktu dekat, semua prasarana diperbaiki, emang belum terlalu keliatan skrng, tp nanti bakal keliatan kok

intinya dari diri sendiri kita harus sadar untuk prioritas penggunaan kendaraan umum daripada pribadi, no offense emoticon-Malu (S)

btw moga2 HT nih biar bnyk orang liat masih ada harapan cerah buat jakarta emoticon-Malu (S)


sorry gan, ane bukannya mindset negatif tapi kenyataannya gitu, fasilitas kita emang kurang banget apa lagi keamanannya.

ok leh, fasilitas ane nomor duakan dulu, yang jadi masalah utama adalah keamanannya. gimanapun caranya kendaraan umum harus aman dari tindakan kriminal. kalo keamanan belum terjamin, buat apa nambah fasilitas lain?

jika ane mampu membeli mobil, ane pasti lebih milih naik mobil dari pada kendaraan umum, toh lebih aman dan nyaman naik mobil daripada naik kendaraan umum, terutama pas malam hari.
bagaimana gak murah kalo:
- ppn-bm dibebaskan alias kagak bayar, sama juga disubsidi negara
- cc-nya diperkecil, kalo jumlahnya banyak, emisinya gede juga.

ada apa di balik kebijakan nasional mobil murah.... ???



Banyak yang alih profesi jadi tkg parkir nih.......
Quote:Original Posted By AkiraRaymundo


sorry gan, ane bukannya mindset negatif tapi kenyataannya gitu, fasilitas kita emang kurang banget apa lagi keamanannya.

ok leh, fasilitas ane nomor duakan dulu, yang jadi masalah utama adalah keamanannya. gimanapun caranya kendaraan umum harus aman dari tindakan kriminal. kalo keamanan belum terjamin, buat apa nambah fasilitas lain?

jika ane mampu membeli mobil, ane pasti lebih milih naik mobil dari pada kendaraan umum, toh lebih aman dan nyaman naik mobil daripada naik kendaraan umum, terutama pas malam hari.


Ya lucunya tuh mikrolet2 tua minggu lalu yang mau dipensiunkan malah sopirnya marah2 demo dan ngerusak2. Lah wong bodi mobil udah lobang2 karatan masih juga dipake tanpa peduli kenyamanan penumpangnya emoticon-Cape d... (S)

Salah satu penyakit masyarakat kita tuh, tidak bisa merawat fasilitas2 publik (padahal kan ya milik mereka juga).
Kalo di surabaya aja, entah udah berapa kali tuh kursi tunggu di kereta komuternya ilang emoticon-Cape d... (S) . Belom lagi tongkat buat menyeberang jalan, udah ga ada tongkatnya emoticon-Mad (S) Adapun ya udah kotor (lagi2 tidak ada yang merawat).
mobil murah biar orang miskin bs punya mobil.
tapi kudu pake pertamax
emoticon-Ngakak lucu om bud lucuuuuuuuu
fak logic deh
Quote:Original Posted By meutuah
Mobil murah sangat dibutuhkan warga yang tinggal di daerah. Kalau di Jakarta kan memang sudah berlebih. Sebaiknya gubernur DKI kalau ngomong lebih cerdas sedikit. Macam Indonesia cuma wilayahnya saja. Ide Ahok bagus tuh.

mungkin kl om bud ngasi peraturan
"MOBIL MURAH TIDAK BOLEH MASUK MASUK KOTA METROPOLITAN"

trus deket lubang bensin dikasi tulisan permanen
"PERTAMAX GAN"
emoticon-Kiss
Yg ga beres pemerintahnya napa dia ga minta produsen bikin bus aja yg murah kan bisa di pake buat transportasi masal kebetulan kan jkt lagi butuh bus banyak tuh....kalo mobil murah mah trik dagang deh...sama kek avanza pas baru keluar pada blg mobil buat rakyat...coba bedain sekarang harganya mau 200jt tiap thn naek paling ga mau 30jt cuma beda" lampu depan...thn berikutnya beda lampu rem ma body naek lg 30jt...ane yakin tuh ntar yg katanya mobil "go green" bakal kek avanzaemoticon-Big Grin and yg beli juga kebanykan ud mobil ke 2-3 rata"
ya.. kalo bisa sih sebelum diterapkan ERP harus didukung sama transportasi massal yang memadai sih..
soalnya aye aja kalo pagi" nek busway uda kayak ikan pepes di dpan pintunya padahal halte ane ketiga dari ujung lowh..
Waduh kalo ERP sampai 100rb, semua kena...emoticon-Bingung (S)
Gara-gara mobil murah, semua ikut nanggung penderitaannya...emoticon-Cape d... (S)
gw tiap baca kebijakan ERP gitu jadi kepikiran kakak gw.. gimana nasibnya tuh kalo ERP jadi 100rb padahal dia sering bolak balik anter barang ke customer and naik mobil ke client karena sering pulang malem" or subuh" bahkan karena kerjaannya..