alexa-tracking

Gubernur Sumbar Minta Pemkot Di Seluruh Sumbar Aktifkan Lagi Jalur KA Yang Ada

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523e5f4c18cb17cd50000003/gubernur-sumbar-minta-pemkot-di-seluruh-sumbar-aktifkan-lagi-jalur-ka-yang-ada
Gubernur Sumbar Minta Pemkot Di Seluruh Sumbar Aktifkan Lagi Jalur KA Yang Ada
Quote:Gubernur Sumbar Irwan Prayitno me­minta keseriusan Pemko men­du­kung rencana pe­ngo­pe­ra­si­an kembali beberapa jalur kereta api (KA) di Padang yang selama ini mati suri.

“Yang penting komitmen. Kita minta komitmen dari Pemko Padang untuk men­du­kung ini,” kata Irwan dalam pertemuan antara Gubernur Sumbar dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II dan Dinas Perhubungan di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, ke­marin.

Gubernur mendukung ren­cana tersebut dan me­wac­a­nakan untuk mengaktifkan kembali seluruh jalur kereta api di Sumbar. “Hal ini dirasa penting guna mengatasi dan mengurai kemacetan yang terjadi di jalan raya, karena padatnya kendaraan saat ini,” ungkapnya.

Vice President PT KAI Div­re II Sumbar, Erfianto R Chan menyambut baik du­kungan dari Gubernur Sumbar ter­sebut. Dengan pengaktifan kem­bali jalur kereta api dalam kota, akan memberi banyak manfaat. “Di Padang, konsep yang cocok adalah kereta api komuter seperti di Ja­bo­de­tabek,” sebutnya.

KA komuter merupakan sistem transportasi kereta api banyak diterapkan di kota-kota besar di Pulau Jawa. “Saatnya nanti kalau KA ko­muter ini dioperasikan, dapat mengurai kemacetan. Anak-anak sekolah banyak meng­gu­nakan angkutan umum, bisa menggunakan angkutan KA ini,” ucap putra kelahiran Pa­ya­kumbuh itu.

Rencananya, kata Erfianto, akan dioperasikan jalur KA dari kawasan Simpangharu-Alai-Basko-Tabing-Lu­buk­bu­aya hingga Duku. Juga jalur Te­randam-Pulauair serta Sim­pangharu-Bukitputus. “Pada da­sarnya Gubernur sudah mem­­berikan lampu hijau,” pa­parnya.

PT KAI telah menertibkan sejumlah bangunan liar di beberapa lokasi jalur KA di Padang. “Jalur-jalur itu akan segera kita fungsikan sehingga tidak lagi ditempati mas­ya­rakat. Yang sudah itu kawasan Simpangharu-Terandam,” tu­tur­nya.

Kepala Dinas Per­hu­bu­ng­an, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sumbar, Mudrika berharap Pemko Pa­dang aktif menindaklanjuti ren­cana tersebut. “Kami minta Pemko proaktif,” ujarnya.



Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah men­du­kung rencana tersebut. “Apa­lagi Padang sudah ada jalur kereta api. Tinggal bagaimana jalur itu dihidupkan kembali,” katanya.

Saat ini, Pemko juga te­ngah menyiapkan sejumlah pe­ren­canaan transportasi ya­ng rencananya me­ngem­bang­kan transportasi massal. Di antaranya melalui transportasi kereta api dan bus massal.

“Kita juga buat peren­cana­an trasportasi kereta api dan bus massal di Padang. Tran­por­tasi massal ini akan banyak manfaat yang bisa kita da­pat­kan, mulai dari biaya murah, ja­minan keselamatan dan kea­ma­nan,” ujar Mahyeldi.


Sumber

Ada kemungkinan jalur sampai ke Pekanbaru dihidupkan lagi ya?
Tapi kalau menurut ane sih jalur KA Trans Sumatera memang HARUS ada...
iya dulu ane pernah baca zaman belanda ada jalur kereta api riau-sumbar
skerang tu rel kereta kmana perginya ? emoticon-Hammer

kalau berita kayaknya si gubernur fokus pembangunan rel kereta si prov sumbar
perlu tu gan ...
secara ka kan transportasi masal ngga pake macet
Quote:Original Posted By knoxvillee
iya dulu ane pernah baca zaman belanda ada jalur kereta api riau-sumbar
skerang tu rel kereta kmana perginya ? emoticon-Hammer

kalau berita kayaknya si gubernur fokus pembangunan rel kereta si prov sumbar


sekarang relnya sudah amblas dicabuti emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By cahayamatha
perlu tu gan ...
secara ka kan transportasi masal ngga pake macet


tapi di mata pejabat kereta api itu tidak menarik dan gak penting emoticon-Big Grin

selain itu mereka takut kehilangan upeti dari pengusaha otomotif kalau serius membenahi sepur di Indonesia
Quote:Original Posted By japek

tapi di mata pejabat kereta api itu tidak menarik dan gak penting emoticon-Big Grin

selain itu mereka takut kehilangan upeti dari pengusaha otomotif kalau serius membenahi sepur di Indonesia

pemerintah indonesia, dijajah ama (otomotif) jepang seneng bener emang wkwkwk

padahal jepang sendiri malah ngebagusin infrastruktur angkutan umum, pemerintah indo mah yg penting kantong tebel aja dah kaga urus ama gimana ntar indonesia jadinya

padahal kalo niat mah, indonesia bisa aja bikin kereta antar pulau, cm sayang kaga ada niatnya aja buat begitu
kl sumbar jalur kereta yg lama kayaknya udah pada ilang deh

Gubernur Sumbar Minta Pemkot Di Seluruh Sumbar Aktifkan Lagi Jalur KA Yang Ada
mending dirintis dari sekarang emoticon-Embarrassment
jangan sampe telat seperti semarang emoticon-Embarrassment
Bukannya relnya sudah habis dimakan rayap?
emoticon-Big Grin
mudah2n bener diaktipin lagi deh,,,
jadi pas pulang ke sumatra bisa naik kereta emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By Lanay

pemerintah indonesia, dijajah ama (otomotif) jepang seneng bener emang wkwkwk

padahal jepang sendiri malah ngebagusin infrastruktur angkutan umum, pemerintah indo mah yg penting kantong tebel aja dah kaga urus ama gimana ntar indonesia jadinya

padahal kalo niat mah, indonesia bisa aja bikin kereta antar pulau, cm sayang kaga ada niatnya aja buat begitu


itulah negeri ini emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Asynchronous
kl sumbar jalur kereta yg lama kayaknya udah pada ilang deh

Gubernur Sumbar Minta Pemkot Di Seluruh Sumbar Aktifkan Lagi Jalur KA Yang Ada


memang kebanyakan tinggal trase doang kok

Quote:Original Posted By kabei
mending dirintis dari sekarang emoticon-Embarrassment
jangan sampe telat seperti semarang emoticon-Embarrassment


memang betul sih mbah bei, tapi harus diakui hambatannya pasti banyak

Quote:Original Posted By victim.of.brick
Bukannya relnya sudah habis dimakan rayap?
emoticon-Big Grin


rayap yang kepalanya ada rambutnya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By john.binus
mudah2n bener diaktipin lagi deh,,,
jadi pas pulang ke sumatra bisa naik kereta emoticon-Hammer


kelihatannya sih masih butuh waktu gan
stop dreaming, start living
target paling realistis utk di sumbar saat ini: merealisasikan jalur Padang - Bandara Internasional Minangkabau.
yg aktif skr cuma Padang - Pariaman, Sawahlunto - Padang Panjang.
jalur mulai dari Bukittinggi - Payakumbuh n Sijunjung - Pekanbaru ada yg hilang, ancur, dan di bawah rumah atau bangunan.


nah harusnya setiap gubernur kaya gini, mikirin transportasi massal kaya kereta..
bagusnya malah setiap pulau besar punya jalur kereta
Arus barang, kebutuhan pangan, pokok, dan sebagainya, yang selama ini menggunakan transportasi darat, sudah waktu nya dialihkan melalui kereta api.
Kalau PT.KAI berani berinvestasi di sumatra, pangsa pasar nya sudah jelas terbuka. Angkutan batubara dan kayu juga palawija yang selama ini mendominasi JALINSU bisa dijadikan pasar potensial. Bisa terwujud bila double track diadaptasi juga jembatan selat sunda segera terlaksana.
Mudah2an dgn wacana dibuka nya transportasi komuter ini menjadi embrio daripada terbangun nya jalur KA dari ujung utara hingga selatan.
-----------------
BTW, bagaimana nasibnya sekarang kereta komuter di Aceh? Masih jalan atau skg mati suri?
Quote:Original Posted By hobi_linux
stop dreaming, start living
target paling realistis utk di sumbar saat ini: merealisasikan jalur Padang - Bandara Internasional Minangkabau.
yg aktif skr cuma Padang - Pariaman, Sawahlunto - Padang Panjang.
jalur mulai dari Bukittinggi - Payakumbuh n Sijunjung - Pekanbaru ada yg hilang, ancur, dan di bawah rumah atau bangunan.






tapi kalau paling realistis ya memang bener pendapat ente

tapi kata rekan ane, stasiun Bukit Tinggi sekarang sudah ada kepala stasiunnya, dan sebagian disewakan untuk kantor IRPS (Indonesian Railway Preservation Society)

yang jelas untuk ke Pekanbaru kan juga masih wacana, belum ada kejelasan...

arah ke sana masih jauh, tapi semoga saja serius diwujudkan....

Quote:Original Posted By dnnghr
Arus barang, kebutuhan pangan, pokok, dan sebagainya, yang selama ini menggunakan transportasi darat, sudah waktu nya dialihkan melalui kereta api.
Kalau PT.KAI berani berinvestasi di sumatra, pangsa pasar nya sudah jelas terbuka. Angkutan batubara dan kayu juga palawija yang selama ini mendominasi JALINSU bisa dijadikan pasar potensial. Bisa terwujud bila double track diadaptasi juga jembatan selat sunda segera terlaksana.
Mudah2an dgn wacana dibuka nya transportasi komuter ini menjadi embrio daripada terbangun nya jalur KA dari ujung utara hingga selatan.
-----------------
BTW, bagaimana nasibnya sekarang kereta komuter di Aceh? Masih jalan atau skg mati suri?


kalau yang di Aceh masih MATI SURI

gimana gak mati suri, duitnya hasil dari ngutang ke Perancis, dibangun pihak sana, lebar treknya 1435 mm, bandingin dengan jalur lain di Sumatera yang lebar treknya 1067 mm......

gimana mau nyambung? emoticon-Hammer
di aktivkan kembali karena akan dijadiin, ganti nama dan sistem jadi MRT
.
.

---------------------------------------------------------------------------------------------
Mari gabung, bersama membangun Perusahaan Property (terutama jika anda warga Jabodetabek)
●●▌Diskusi▐●● Prakiraan Kerjasama - Developer Property <---- click Link
Quote:Original Posted By japek




tapi kalau paling realistis ya memang bener pendapat ente

tapi kata rekan ane, stasiun Bukit Tinggi sekarang sudah ada kepala stasiunnya, dan sebagian disewakan untuk kantor IRPS (Indonesian Railway Preservation Society)

yang jelas untuk ke Pekanbaru kan juga masih wacana, belum ada kejelasan...

arah ke sana masih jauh, tapi semoga saja serius diwujudkan....



kalau yang di Aceh masih MATI SURI

gimana gak mati suri, duitnya hasil dari ngutang ke Perancis, dibangun pihak sana, lebar treknya 1435 mm, bandingin dengan jalur lain di Sumatera yang lebar treknya 1067 mm......

gimana mau nyambung? emoticon-Hammer


sumpah, itu yg di aceh goblok pisan..
dulu pas ngerencanain ga mikirin di koneksiin dengan jalur yg lain yak?
Quote:Original Posted By japek
rayap yang kepalanya ada rambutnya emoticon-Big Grin

Rayap yg bisa pake gergaji besi. emoticon-Big Grin
bagus donk pak gubernur....jangan2 nie gubernur RF ganemoticon-Ngakak

trans sumatra harusnya ada..tapi ya nyicil dulu...minimal ada sepur di tiap kota

wah garis kecil hitam putih di peta jalur KA di kamar ane bakal bertambah nieemoticon-Ngakak
Transformasi massal dengan fasilitas yang nyaman akan lebih baik ketimbang mobil pribadi yang berkutat dengan kemacetan emoticon-Cool
ane dulu pernah naik KA ini... emoticon-Malu (S)

emang ga ada yg bisa ngalahin sensasi naik kereta emoticon-Big Grin

apa lagi jalurnya lewat jurang (silaiang), ada terowongan, perbukitan, sungai ... pemandangannya... emoticon-Belo

kalo dipikir-pikir, transportasi kita yg dulu lebih baik dari sekarang