alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523da8cbffca17483e000000/perbincangan-eksklusif-kbr68h-dg-kuasa-hukum-wilfrida-tki-yang-terancam-hukuman-mati
Perbincangan Eksklusif KBR68H Dg Kuasa Hukum Wilfrida TKI Yang Terancam Hukuman Mati
Pengacara : TKI Wilfrida Berpeluang Lolos Dari Hukuman Mati

Wilfrida Soik, TKI asal NTT tengah menanti putusan pengadilan Malaysia. Ia dituntut hukuman mati karena dituduh membunuh majikannya. Fakta lain bermunculan, mulai dari usianya yang masih 17 tahun saat kasus ini terjadi, sampai ada dugaan pembunuhan yang dilakukan Wilfrida merupakan upaya bela diri dari siksaan majikannya. Dalam perbincangan dengan Reporter KBR68H Sasmito Madrim pengacara Wilfrida, Datuk Seri Shafee Abdullah yakin Wilfrida bisa lolos dari jerat hukuman mati.


Bagaimana persisnya kasus yang menimpa Wilfrida sehingga dia dihukum mati?


Wilfrida Soik nama lengkap gadis Indonesia ini. Ia dihadapkan ke mahkamah atas tuduhan membunuh majikan beliau. Majikan beliau adalah seorang perempuan Cina yang umurnya kurang lebih 60 tahun. Diceritakan, Wilfrida suatu hari telah menikam majikannya berkali-kali, kurang lebih 40 tikaman dengan pisau. Itu tuduhan terhadap Wilfrida. Saya selaku kuasa hukumnya saat itu bersama teman saya dan Jenderal Prabowo naik pesawat ke Kota Baru untuk menemani. Saya mengetahui cerita dari Wilfrida langsung. Itu pertama kali saya berjumpa dengan Wilfrida dan saya dijemput Jenderal Prabowo sendiri. Jenderal Prabowo katanya agak terganggu dan terharu ketika mendengar Wilfrida, pemudi Indonesia yang nyawanya terancam karena dakwaan mahkamah. Jadi kami sedang berusaha dengan kuasa hukum Wilfrida yang lama untuk bersama-sama membelanya. Saya akan ambil inisiatif yang agak lebih mendalam untuk menolong Wilfrida dengan cara apa saja. Dari segi bantuan hukum tentunya dan kita akan bertemu kembali pada tanggal 30 september mendatang.



Kapan bertemu dengan Prabowo ?


Saya berjumpa dengan Jenderal Prabowo sekitar 10 hari sebelum ini. Beliau telah mengambil inisiatif yang cepat karena mengetahui saya adalah pakar UU wilayah.


Apa saja yang dilakukan Prabowo ?


Iya untuk melihat dan mendengar cerita langsung dari Wilfrida yang sebenar-benarnya agar kita dapat menolong gadis ini. Kita ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Kita juga menentukan apa saja kekurangan dari pembelaan yang sebelumnya. Kemudian dari semua keperluan keuangan, bantuan hukum dan sosial Wilfrida diatur Pak Prabowo. Kemudian Wilfrida dan Prabowo juga sudah sepakat menunjuk saya sebagai kuasa hukum Wilfrida. Dan tentunya untuk menolong Wilfrida agar dapat menang dalam pembelaan hukum.


Apa saja yang sudah didapatkan dari cerita Wilfrida?


Kita sebenarnya sudah memulai dari seminggu yang lalu. Kita sudah mendapat catatan-catatan mahkamah, tinggal satu dokumen saja yang belum didapatkan. Tapi saya pikir besok, dokumen itu sudah didapatkan. Nanti selepas itu, saya akan menyurati mahkamah agar kasus Wilfrida dapat ditunda lebih lama persidangannya. Sehingga kita dapat mempersiapkan saksi-saksi yang dapat membantu pembelaan Wilfrida.


Itu upaya hukum untuk Wilfrida?


Iya untuk membebaskan Wilfrida atau sekurang-kurangnya kita dapat membuktikan bahwa ini bukan suatu kasus pembunuhan, tetapi kalaupun Wilfrida yang menyebabkan kematian majikan perempuannya itu, sungguhpun itu kematian tapi bukan kasus pembunuhan. Mungkin suatu kasus dimana Wilfrida telah dianiaya hingga keterlaluan yang menyebabkan Wilfrida emosi.


Artinya bisa diturunkan hukumannya ?


Ya kalau bukan pembunuhan dari segi undang-undang, Wilfrida menyebabkan suatu kematian yang bukan pembunuhan. Hukumannya tidaklah hukuman mati, yang mungkin dapat diringankan. Ini kalau kita tidak bisa membebaskan sepenuhnya.


Saat kejadian usia Wilfrida belum 17 tahun. Belum dewasa. Aapakah di Malaysia anak-anak bisa dijerat hukuman mati?


Pertama bila Wilfrida diantar dari Indonesia ke Malasyia, saya rasa agentnya telah membuat beberapa dokumen yang palsu. Dokumen-dokumen itu telah memalsukan umur Wilfrida. Sebab kalau ia belum sampai 17 tahun, tentu tidak boleh bekerja di Malaysia. Jadi ada pemalsuan yang dilakukan. Jadi pertama kita harus menetapkan usia sebenarnya adalah satu-satunya yang akan saya kemukakan di mahkamah. Kedua sungguh pun ia berumur 17 tahun, dari segi UU wilayah, itu tidak dapat mematahkan ia telah melakukan pembunuhan atau mematikan seseorang. Apa yang terjadi ialah fakta umurnya yang rendah akan menjadi suatu hal yang akan mengurangkan hukuman penjaranya.


Bagaimana dengan upaya KBRI dalam membantu Wilfrida ?


Bagi saya, pada permulaaannya dari segi diplomatik tidak mencukupi, tetapi apa yang Jenderal Prabowo lakukan telah mengambil langkah istimewa, menaikkan peluang Wilfrida mendapat kebebasan.


Berarti KBRI belum maksimal?


Dari segi diplomatik saja tidak cukup. Saya dijelaskan Wilfrida, ia hanya dikunjungi sekali saja. Dengan penunjukan kita sekarang, Kita pada tanggal 29 dan 30 akan berkunjung kesana. Jadi totalnya 3 kali dalam sebulan.



Seberapa besar pengaruh diplomasi Indonesia sebenarnya?


Pengaruh diplomasi dari mana-mana, terutama dari Indonesia. Jadi hubungan diplomatik dapat menolong, tapi sebatas meringankan saja.


Artinya bisa membantu?

Boleh membantu.

selengkapnya disini GAN :

http://portalkbr.com/berita/perbinca...5937_4215.html