alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523d8d19108b461160000000/ahok-akan-kaji-hukuman-kerja-sosial-untuk-pelaku-tipiring
Ahok Akan Kaji Hukuman Kerja Sosial untuk Pelaku Tipiring
Ahok Akan Kaji Hukuman Kerja Sosial untuk Pelaku Tipiring

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengkaji pemberlakuan kerja sosial untuk pelaku tindak pidana ringan. Menurutnya, hukuman kerja sosial akan lebih baik daripada hukuman kurungan.

"Karena tidak mungkin orang melakukan tindakan pidana ringan, kalau tidak mampu membayar mereka dipenjara, orang jadi rusak, harusnya kita menghukum mereka dengan kegiatan sosial," ujar Ahok.

Hal ini disampaikan oleh Ahok usai menghadiri acara Caregivers Meeting 'The Journey of Caring' di Gedung Energi, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9/2013).

Beberapa kerja sosial yang dimaksud Ahok antara lain membuang sampah atau membersihkan taman kota selama waktu tertentu. Untuk itu, minggu depan Ahok akan bertemu dengan beberapa pihak untuk membahasnya.

"Saya musti ketemu dulu sama jaksa, hakim, mulai minggu depan sudah mulai jalan untuk ketemu beliau-beliau ini," lanjutnya.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/21/184926/2365618/10/ahok-akan-kaji-hukuman-kerja-sosial-untuk-pelaku-tipiring"]sumur[/URL]


wah ni sebenernya aturan yg dr dulu ane inginkn di terapkan di indonesia kyak3 di luar yg artis2 ngelanggar kena kerja sosial jdtukang sapu dll,

coba ni deterapkn di indonesia? orang2 berduit yg bs bayar uang jaminan tetap kena kerja sosial, meisal anak palsu kapolri penrabas jalur basway kena kerja sosial jd tukang sapu jalur busway 1 taun or jd pngganti polisi lalu lintas di tiap permpatan, or si rasyid jd tukang permbersih kuburan tempat korban2 di kuburkan,,
Bener juga sih masa yg kesalahan kecil di penjara ntar mangkin rusak bukan mangkin bener....mending suruh kerja sosial aja ada manfaatnya juga...lebih jera juga di liat banyak orangemoticon-Big Grin
boleh juga , apalagi ada ormas2 yg anarkis
lumayan kl anggotany di pakai buat bersihin kali ciliwung
Usul seperti harusnya datang dari komnad HAM, sayang komnas nya hanya tahu rebutan camry
Bagus juga sih, apalagi seperti yang di kota Amsterdam - Belanda, untuk pelaku tindak pidana ringan selain disuruh kerja sosial, mereka yang melanggar juga disuruh mengenakan pakaian berwarna pink dan plang bertuliskan nama + "Saya melanggar peraturan" (meskipun tidak ditulis apa aturan yang mereka langgar)

sehingga memberikan efek MALU bagi pelakunya, dan ini jauh lebih membuat orang kapok ketimbang penjara (apalagi kalau si pelaku adalah orang yang terpandang seperti artis, pejabat, ataupun aparat pemerintah)

btw, SINGAPURA juga menerapkan hukuman yang sama koq (yaitu dibuat malu dengan plang + kerja sosial), bedanya kalau di singapore cuma berlaku bagi pembuang sampah sembarangan saja (kesalahan ringan yang lain tetap dihukum seperti biasa)
Ane Setuju banget tuh, btw sekarang kan dah 2016, gimana kelanjutannya tuh?