alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523d744effca17f151000001/bunuh-diri-massal-bani-israel
BUNUH DIRI MASSAL BANI ISRAEL
BUNUH DIRI MASSAL BANI ISRAELOleh: Arif Asy’ari*

“Dan (ingatlah), ketika Musa Berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, Sesungguhnya kamu Telah menganiaya dirimu sendiri Karena kamu Telah menjadikan anak sapi (sembahanmu), Maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan Bunuhlah dirimu, hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; Maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya dialah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (Qs.Al-Baqarah : 54).

Ayat tersebut menceritakan kisah bunuh diri bangsa Israel pada jaman Nabi Musa AS sebagai ketetapan tobat yang Allah SWT berikan kepada mereka. Ayat tersebut disampaikan pula oleh Rosulullah SAW Kepada Bani Israil yang hidup pada masa ayat tersebut diturunkan, yaitu dari kalangan Bani Nadhir dan Bani Quraizhah yang tinggal di pinggiran kota madinah, Rasulullah SAW menyeru mereka agar mereka bersyukur dan mengingatkan mereka agar jangan mengikuti para pendahulu mereka yang hidup pada jaman Nabi Musa yang telah dikaruniai nikmat oleh Allah SWT akan tetapi mereka tidak mensyukurinya, sehingga Allah memberi mereka hukuman atau azab.

Beberapa nikmat yang Allah berikan kepada Bani Israel pada waktu itu diantaranya; diselamatkan oleh Allah SWT dari kejaran Firaun dan pengikut-pengikutnya (Qs.2:49), kemudian nikmat diberi kitab suci, kitab suci sebagai petunjuk bagi mereka kepada jalan yang lurus (Qs.2:87), kitab suci yang diturunkan melalui Nabi musa yang telah bermunajat selama 40 malam di bukit thur (Qs.2:51), di daerah Sinai (sekarang sebelah utara kawasan Mesir).

Dari rentetan nikmat yang Allah SWT karuniakan kepada mereka, semua itu mereka kufuri, bahkan mereka mempersekutukan Allah SWT dengan membuat patung anak sapi sebagai sesembahan. Kemudian Allah SWT tetapkan atas mereka sebuah hukuman, yaitu mereka harus membunuh diri mereka, mereka tidak layak lagi hidup di dunia.

“Maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu,”.

Para ahli tafsir menafsirkan; bahwa orang-orang yang tidak menyembah anak sapi itu membunuh orang yang menyembahnya, adapula yang mengartikan, orang yang menyembah patung anak lembu itu saling bunuh-membunuh, dan apa pula yang mengartikan, mereka disuruh membunuh diri mereka masing-masing untuk bertaubat.

Taubat dengan bunuh diri massal atau membunuh orang yang menyembah berhala yang diperintahkan kepada Bangsa Yahudi ini adalah dimaksudkan membersihkan diri mereka dari bibit orang orang durhaka yang ada di tengah-tengah masyarakat mereka, sehingga kelak kemudian hari masyarakat ini diharapkan menjadi bersih dan baik.

Jumlah yang menyembah berhala atau yang harus bertaubat diperkirakan berjumlah 70 ribu orang, sedangkan jumlah Bani Israil seluruhnya saat itu sekitar 600 ribu orang.

“Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; Maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya dialah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang,".

Kalau kita berbicara nikmat Allah tentunya kita sebagai manusia yang hidup pada masa sekarang juga mendapatkan nikmat dari Allah SWT. Kita pula menerima kitab suci sebagai nikmat yang besar yang pernah Allah SWT berikan kepada kita. Sedangkan kaidah yang diberlakukan oleh Allah SWT dari dahulu hingga sekarang adalah sama, yaitu apabila kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kita, dan apabila kita kufur maka azab Allah sangatlah pedih (Qs.Ibrahim : 7).

Tentunya kisah Bani Israel tersebut juga menjadi peringatan bagi kita semua agar kita bersyukur dan tidak mengikuti jejak-jejak mereka. (P015/R2).



*Wartawan Mi’raj News Agency (MINA)



Mi'raj News Agency (MINA)
ni salah setting, bani nippon barangkali emoticon-Big Grin
TS mabok cukrik ya? emoticon-Big Grin
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Beritanya kadaluarsa ribuan taun, gan.
Trit opo to iki? Ora mudheng blasemoticon-Bingung (S) Kepriben son son.....
bagus lahhh biar wahyudi pada mati semua
napa skrg ga bunuh diri massal lagi ya...
Lu semua jangan gitu gan. Enggak ada mereka, enggak ada lagi yg bisa di ajak berperkara. Hidup ini jadi membosankan emoticon-Sorry
btw emoticon-Bingung ngisrahell sebelah mana cakung??
Quote:Original Posted By crossingover
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Beritanya kadaluarsa ribuan taun, gan.


hahahahahaha, udah itu salah kamar lagi
berita apa ini? emoticon-Thinking
gak kaitannya sama Indonesia emoticon-Thinking
kapan ts bunuh diri???
Quote:Original Posted By galuhsuda
berita apa ini? emoticon-Thinking
gak kaitannya sama Indonesia emoticon-Thinking


ambil saja hikmahnya gan...
Quote:Original Posted By unwell
ni salah setting, bani nippon barangkali emoticon-Big Grin


baca sejarah bro...ini buat wawasan kita aja
Ts nya autis gan emoticon-Ngacir Tubrukan

post ginian kok di BP...
coba contohkan dulu sama TS gimana cara bunuh diri yang sukses emoticon-thumbsup:
TS lg demam ISRAELISASI emoticon-Ngakak