alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523d3a29a4cb179c25000007/ekonomiutang-ri-rp-2177-triliun-bisa-lunas-jika
[Ekonomi]]Utang RI Rp 2.177 Triliun Bisa Lunas Jika ......
[URL="http://finance.detik..com/read/2013/09/20/154142/2364870/4/utang-ri-rp-2177-triliun-bisa-lunas-jika-tiap-warga-patungan-rp-9-juta-mau?f990101mainnews"]Utang RI Rp 2.177 Triliun Bisa Lunas Jika Tiap Warga Patungan Rp 9 Juta, Mau?[/URL]

Jakarta - Pemerintah punya utang Rp 2.177 triliun hingga akhir Agustus 2013. Utang tersebut bisa langsung lunas dengan cepat, tapi ada syaratnya.

Syaratnya yaitu tiap-tiap warga Indonesia harus menyiapkan dana patungan sebanyak Rp 9,1 juta per orang. Angka ini muncul dari perhitungan total utang dibagi dengan jumlah rakyat Indonesia sekitar 240 juta jiwa.

Menurut Direktur Eksekutif Megawati Institut Arif Budimanta, utang tersebut menjadi beban seluruh masyarakat jika ternyata tidak ada peningkatan produktivitas.

"Artinya setiap penduduk kita saat ini menanggung beban bayar utang Rp 9 juta per kepala, dan di sisi lain fasilitas pelayanan umum seperti angkutan massal, pelayanan kesehatan, pendidikan maupun lapangan pekerjaan tetaplah terbatas dan beban biaya hidup yang semakin mahal," katanya kepada detikFinance, Jumat (20/9/2013).

"Intinya kecepatan naiknya jumlah utang ternyata tidak berbanding lurus dengan kemajuan kesejahteraan rakyat," jelasnya.


Ia menambahkan, nilai tambah dari penerbitan utang tidak dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat. Selama ini utang habis dikonsumsi untuk melakukan impor dan bukan untuk peningkatan produktivitas dalam negeri.

"Yang perlu dilakukan dari sisi kebijakan fiskal adalah perbaiki neraca keseimbangan primer, agar arus likuiditas keuangan negara semakin sehat," ujarnya.

Seperti diketahui, hingga akhir Agustus 2013, total utang pemerintah Indonesia Rp 2.177,95 triliun. Utang ini naik dibandingkan akhir 2012 yang sebesar Rp 1.977,71 triliun.
--------------------------
Lha bagaimana ndak utang...??
1. Sembako hingga garam saja Impor
2. Mau dibilang negara maju dan rakyatnya kaya?...maka imporlah mobil murah emoticon-Embarrassment
3. Penggunaan Subsidi BBM tidak tepat sasaran...
4. Korupsi disemua lini....

Jadi setiap kaskuser wajib menyumbang kepada negara senilai 9jt....mau??
Pendapatan per kapita sekarang 3 jutaan ya?
Ah 3 bulan juga lunas. Jika dicicil setahun juga ndak berat.
Tp buat apa dilunasi tu hutang ?
Biarin aja asal sanggup bayar cicilan ama bunga.

Yg dikritisi itu bukan hutang nya tp penggunaan hutamg
Kalau hutang untuk infrastruktur ndak masalah.
Perlu didukung.
Tp kalau nambah hutang buat bayar gaji pns itu yg kebablasan. Kalau kita bisa sebut sih negara ini BOPO nya terlalu tinggi kursng efisien

Elum lagi korup yg aduhai
terutama yang gila gadget ya pasti sangat mampu sekali
Ogah ah patungan..
Ntar duit hasil patungan nya di kemana-manain..
emoticon-Bingung
bisa lunas kalao presidennya JOKOWI
sekali lagi...

pernyataaan bego. sekali lagi antek megawati memutarbalikkan fakta, bahkan tidak memahami klaim sendiri.

toh pemegang surat utang pemerintah signifikan juga investor lokal melalui asuransi, dana pensiun, bank, bahkan retail. kurang jelas kalo artinya yang ngutangin pemerintah juga masyarakat?
itu 2.177 Triliun duit semua? emoticon-Bingung (S)
Banyak amat tuch hutangnya gila emoticon-Cape d... (S)
Ya kalau niat mau ngelunasin pasti lunas gan, orang kalau dikira nggak perlu kenapa ngutang?
percuma di lunasin, nanti pasti ngutang lagi,
nilai mata uang kita tuh lemah jadi musti mengandalkan utang + aliran dana investasi luar negeri buat mendongkrak nilainya..
Saya mau sumbang 4 orang, asal semua koruptor digantung.
Kalo ga, uang kita2 ini diabisin buat tunjangan2 dan biaya gak masuk akal mereka
pasti lunas bray klo dibayar emoticon-Big Grin
utang RI inikan terdiri dari utang pemerintah dan utang swasta. dan katanya utang swasta sudah melebihi utang pemerintah

nah yang ane masih bingung adalah utang swasta ini apa yah? apa utang perusahaan nasional yang berhutang ke luar negeri untung expansi perusahaannya?
Harta koruptor tuk bayar jg lunas tuh
jika semua capres dan caleg patungan bayarin utang negara.
tapi mana mungkinnnnnnnn....
"Intinya kecepatan naiknya jumlah utang ternyata tidak berbanding lurus dengan kemajuan kesejahteraan rakyat," jelasnya.

Lha trus 10th ini ngapain aja dengan duit utangnya?
Lah taon lalu katanya 8 juta. Emangnya ane naik gaji satu juta per-tahun? emoticon-Najis
Quote:Original Posted By tyrani
[URL="http://finance.detik..com/read/2013/09/20/154142/2364870/4/utang-ri-rp-2177-triliun-bisa-lunas-jika-tiap-warga-patungan-rp-9-juta-mau?f990101mainnews"]Utang RI Rp 2.177 Triliun Bisa Lunas Jika Tiap Warga Patungan Rp 9 Juta, Mau?[/URL]

Jakarta - Pemerintah punya utang Rp 2.177 triliun hingga akhir Agustus 2013. Utang tersebut bisa langsung lunas dengan cepat, tapi ada syaratnya.

Syaratnya yaitu tiap-tiap warga Indonesia harus menyiapkan dana patungan sebanyak Rp 9,1 juta per orang. Angka ini muncul dari perhitungan total utang dibagi dengan jumlah rakyat Indonesia sekitar 240 juta jiwa.

Menurut Direktur Eksekutif Megawati Institut Arif Budimanta, utang tersebut menjadi beban seluruh masyarakat jika ternyata tidak ada peningkatan produktivitas.

"Artinya setiap penduduk kita saat ini menanggung beban bayar utang Rp 9 juta per kepala, dan di sisi lain fasilitas pelayanan umum seperti angkutan massal, pelayanan kesehatan, pendidikan maupun lapangan pekerjaan tetaplah terbatas dan beban biaya hidup yang semakin mahal," katanya kepada detikFinance, Jumat (20/9/2013).

"Intinya kecepatan naiknya jumlah utang ternyata tidak berbanding lurus dengan kemajuan kesejahteraan rakyat," jelasnya.


Ia menambahkan, nilai tambah dari penerbitan utang tidak dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat. Selama ini utang habis dikonsumsi untuk melakukan impor dan bukan untuk peningkatan produktivitas dalam negeri.

"Yang perlu dilakukan dari sisi kebijakan fiskal adalah perbaiki neraca keseimbangan primer, agar arus likuiditas keuangan negara semakin sehat," ujarnya.

Seperti diketahui, hingga akhir Agustus 2013, total utang pemerintah Indonesia Rp 2.177,95 triliun. Utang ini naik dibandingkan akhir 2012 yang sebesar Rp 1.977,71 triliun.
--------------------------
Lha bagaimana ndak utang...??
1. Sembako hingga garam saja Impor
2. Mau dibilang negara maju dan rakyatnya kaya?...maka imporlah mobil murah emoticon-Embarrassment
3. Penggunaan Subsidi BBM tidak tepat sasaran...
4. Korupsi disemua lini....

Jadi setiap kaskuser wajib menyumbang kepada negara senilai 9jt....mau??


esbeye : makanya saya perlu buat akun FB dulu yak supaya tauk rakyat mau nyumbang apa kagak
Quote:Original Posted By broony
Pendapatan per kapita sekarang 3 jutaan ya?
Ah 3 bulan juga lunas. Jika dicicil setahun juga ndak berat.
Tp buat apa dilunasi tu hutang ?
Biarin aja asal sanggup bayar cicilan ama bunga.

Yg dikritisi itu bukan hutang nya tp penggunaan hutamg
Kalau hutang untuk infrastruktur ndak masalah.
Perlu didukung.
Tp kalau nambah hutang buat bayar gaji pns itu yg kebablasan. Kalau kita bisa sebut sih negara ini BOPO nya terlalu tinggi kursng efisien

Elum lagi korup yg aduhai


setuju ma agan ini,korupsi di semua kini pemerintahan
ogah deh.. ada duit segitu jg gw kagak bakal nyumbang kalo pejabat aje pade korup..