alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523d28b71f0bc35952000009/mendidik-kelas-menengah
Cool 
Mendidik Kelas Menengah
Kalian tahu, siapa yang paling dimanjakan dalam sistem perekonomian bangsa ini? Bukan rakyat jelata, yg jumlahnya nyaris 30 juta orang, dengan penghasilan hanya RP 10.000/hari. Bukan mereka, tapi kelas menengah. Orang2 yang justeru punya penghasilan jutaan per bulan, punya pekerjaan tetap, punya bisnis, usaha. Merekalah yang dimanjakan berpuluh2 tahun.

Kebijakan mobil murah adalah contoh kongkret dimana berpihaknya pemerintah kita. Mereka memilih memberikan mobil ke kelas menengah. Disubsidi BBM-nya puluhan triliun tiap tahun. Berlimpah semua kemudahan bagi kelas menengah ini.

Juga dalam kebijakan pangan. Siapa yang paling diuntungkan? Selalu pihak menengah. Apa nasib petani kita? 5 juta lebih petani menghilang 10 tahun terakhir, jutaan lahan pertanian lenyap. Di tengah naik turunnya harga komoditas pertanian, apakah petani kita jadi makmur sekali? Tidak sama sekali.

Dalam sistem kesehatan, akses berobat, dsbgnya, siapa yang diuntungkan? Juga kelas menengah. Tanyakan saja ke penduduk dengan penghasilan 300rb/bulan, yang jumlahnya 30 juta, mereka mau ke puskesmas saja harus susah payah, minjam kendaraan. Beda dengan kelas menengah yang bisa memenuhi RSUD.

Perhatikan jalanan kota Jakarta. Dari 2 juta orang yang berlalu lalang di sana, siapa yang paling nyaman? Kelas menengah. Yang punya mobil, kendaraan. Sedangkan yg kemana2 naik angkot, kendaraan umum, ya sesak, sumpek, panas2an. Kenapa pemerintah tidak berani dengan kejam membuat instrumen agar orang2 yg bawa mobil mikir? Dikasih tarif parkir mahal misalnya? Kenapa tidak berani? Karena mereka lebih memilih memanjakan kelas menengah dibanding kasta bawah yang sumpek2an di angkutan umum.

Dan kalian harus tahu, kelas menengah di Indonesia ini, terlalu lama dimanjakan. Tidak heran kalau ternyata, setiap tahun lebih dari Rp 30 triliun bisnis bajakan di Indonesia. Siapa yg paling banyak membajak keping DVD, buku, musik, dsbgnya? Kelas menengah. Mereka bisa beli laptop jutaan rupiah, tapi memilih membajak. Orang2 kampung, yg lagi2 penghasilannya cuma Rp 300rb/bulan, jangankan beli laptop, makan saja susah. Jumlah mereka 30juta orang di seluruh Indonesia.

Maka, menurut hemat saya, penting sekali pemerintah mulai serius mengeluarkan instrumen untuk mendidik kelas menengah. Bangsa kita tidak akan pernah maju jika kelas menengahnya pelit, selalu minta subsidi, dan dikit2 marah, ngamuk, protes jika kenyamanan mereka diganggu. Saya tahu, tidak semua kelas menengah begitu prilakunya, banyak yang sudah bersedia memakai pertamax, bersedia membayar tarif parkir mahal, selalu membeli yg orisinal, dsbgnya, dsbgnya, tapi adalah sifat dasar manusia yang suka sekali kemudahan.

Jalanan kota besar akan macet hingga kapanpun, jika kelas menengah selalu dimanjakan. Silahkan datang ke kota2 di negeri orang sana. di Hongkong, Tokyo, Perth, Singapura, dsbgnya. Siapapun boleh punya mobil, silahkan, harganya juga murah, tapi siap2 saja dengan resiko tarif parkir mahal, masuk jalanan tertentu harus bayar, pajak kendaraan mencekik, dan semua trade off atas kemudahan mereka.

Apakah pemerintah kita tidak belajar dari mereka? Belajar. Tapi kita terlanjur memanjakan kelas menengah..

SUMBER

Quote:Semoga bermanfaat untuk emoticon-I Love Indonesia (S)
ane setuju banget gan



Quote:Quote:Quote:Barcen = mode on
mau barcen? pm ane gan, nanti kita barcen sama ID Prime ane
sepakat gan...
pemerintah kita ga ingin liat kelas bawah naik kelas.
uh disetir sama pengusaha.
bilangnya mobil murah untuk rakyat miskin, yang boneng aja. klo emang merakyat, gak usah pake mobil murah, coba adain rumah murah, pendidikan murah, pangan murah dan layanan kesehatan yang murah. bikin transport umum lebih bagus dan lebih nyaman. ini mah namanya mempermudah kalangan menengah aja
analisa TS bagus..

sayangnya pemerintah kita mottonya:
"ngurusin rakyat miskin ga ada duitnya, ngurusin orang besar ketakutan.."

jadinya kelas menengah yang paling dikejer buat jadi sasaran empuk..


Bagus juga analisa ts
pemerintah kan cuman bisa prihatin aja. wkkkk
Ya memang harus dimanjain gan

negara itu bisa kuat kalau kelas menengahnya kuat

mereka yg miskin harus didorong supaya bisa jadi kelas menengah

buruh itu tadinya kelas bawah dg umr 300rb, sekarang didorong jd kelas menengah dg umr 2juta


kelas atas dimudahkan, kelas menengah dimanjakan, kelas bawah didorong dan dikasih balsem kalau gak bisa didorong
emang harus di didik gan emoticon-Cendol (S)

Quote:Quote:Barcen = mode on
mau barcen? pm ane gan, nanti kita barcen sama ID Prime ane
turis bule juga ane liat kasihan gan naik busway ngantri nyampe keringetan gitu dempet2an kayak ngantri sembako
Kelas menengah ditambah pola konsumtif khas indon jadi klop deh emoticon-Stick Out Tongue