alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523d2836fdca176170000000/ulama-afganistan-belajar-pancasila-indonesia-kok-malah-import-budaya-arab
Kesel 
Ulama Afganistan Belajar Pancasila.. indonesia kok malah import budaya arab?
Ulama Afganistan Belajar Pancasila

Ulama Afganistan Belajar Pancasila.. indonesia kok malah import budaya arab?

Spoiler for Gallery Foto:


YOGYAKARTA – Sebanyak 12 ulama terkemuka dari 12 provinsi di Afganistan berkunjung ke Kampus UGM untuk mempelajari Pancasila secara lebih mendalam. Kedatangan mereka yang dipimpin dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini berdiskusi dengan para pakar UGM untuk mengetahui lebih jauh perkembangan kehidupan toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc mengatakan kunjungan delegasi dari Afganistan ini memang sengaja untuk mempelajari Pancasila dan kehidupan multikultural masyarakat Indonesia yang bisa hidup rukun dan damai. “Sebagai negara penduduk muslim terbesar, masyarakat muslim Indonesia bisa berdampingan dengan non muslim. Bahkan Borobudur dan Prambanan adalah peninggalan agama Budha dan Hindu di sini,” kata Pratikno saat menerima kunjungan delegasi Afganistan di ruang multimedia, Kamis (19/9).

Seraya menerangkan keberadaan UGM sebagai kampus yang menampung anak-anak muda dari berbagai agama, suku, dan budaya, memiliki mandat untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa. Lebih dari itu, UGM juga diberi mandat menjaga kebudayaan, toleransi dan multikultural. “Karena itu di sini ada Pusat Studi Pancasila, Program Studi Lintas Agama dan Budaya, dan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian,” katanya.

Peneliti Senior Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Prof. Dr. Sutaryo, mengatakan Indonesia dan Afganistan sama-sama memiliki mayoritas penduduk muslim. Bedanya, Indonesia memiliki lebih dari 800 jenis ragam budaya dan 500 bahasa yang dapat dipersatukan lewat Pancasila. “Di Afganistan, bukan perkara agama, tapi kondisi politik dan sosial yang membuat mereka terbelah,” imbuhnya.

Dr. Fazal Gahani, salah seorang ketua tim delegasi Afganistan mengatakan kondisi Afganistan saat ini tidak seperti yang diberitakan oleh media asing yang menyebutkan di Afganistan masih adanya perang, bom bunuh diri dan konflik antar kelompok bertikai. Padahal menurutnya setiap ulama di Afganistan dalam setiap ceramahnya selalu menyampaikan pesan pentingnya menjaga perdamaian. “Sesama ulama kita selalu mengajak semua ulama bersatu dan memberi pengertian agat rakyat juga ikut bersatu,” ujarnya.

Dia menambahkan, mayoritas rakyat Afganistan cinta damai, namun masuknya negara asing yang menjadikan konflik antar kolompok di Afganistan tidak pernah usai. Bahkan negara luar tersebut berkompetisi memperebutkan sumber ladang minyak dan gas bumi. “Banyak tambang minyak dan gas bumi yang belum dieksplorasi karena masalah keamanan,” imbuhya.

Selain mengajak ormas Islam dan akademisi UGM ikut berkontribusi merealisasikan perdamaian di Afganistan, ia juga berharap UGM juga membantu pendidikan di Afganistan. Pasalnya negara ini masih kekurangan tenaga pengajar. “Kami masih kekurangan dosen dan guru, saya kira Indoneia bisa bantu dosen dan guru belajar di sini,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Shafiullah Sahfi, ulama dari propinsi Nooristan yang berharap ormas Islam segera bergerak membantu perdamaian di negaranya. “Tahun 2014 tentara asing akan keluar dari Afganistan. Banyak rakyat yang senang, tapi ada juga khawatir jika tentara asing keluar, Afganistan jadi tidak aman,” katanya.

Wakil Sekjen PBNU, Abdul Munim, mengatakan 12 ulama dari Afganistan ini sengaja didatangkan ke Indonesia untuk mengetahui lebih jauh tentang Pancasila yang diyakini sebagai pemersatu kehidupan masyarakat Indonesia yang terkenal majemuk. “Mereka tahu Indonesia bisa rukun karena Pancasila. Mereka ingin belajar, karena mereka yang hanya punya satu agama saja tidak bisa rukun dan saling bertengkar,” kata Munim ditemui disela-sela memimpin kunjungan rombongan ulama Afganistan.

Selain berkunjung ke UGM, kata Munim, rombongan ulama Afganistan ini juga berkunjung ke lokasi pesantren di Surabaya dan Yogyakarta serta bertemu tokoh agama. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

src: http://ugm.ac.id/id/berita/8233-ulam...ajar.pancasila

========================

Indonesia kok malah bikin sistem khilafah....? budaya sendiri tempat lahirnya gk dihargai..
perlu diketahui ..

1. Afghanistan bukan Orang Oarab..
2. Indonesia bukan hanya meng Import Budaya Arab, tapi dari India dan juga China..
3. Tidak ada bangsa di Dunia ini yang tidak mengimport Budaya dari bangsa lain. hanya Bangsa Dungu yang seperti itu ..
4. Tidak ada Istilah Khilafah didirikan Di Indonesia, hanya Orang Bodoh yang melakukan usaha sia2 tersebut ...
Quote:Original Posted By jokerboy4
perlu diketahui ..

1. Afghanistan bukan Orang Oarab..
2. Indonesia bukan hanya meng Import Budaya Arab, tapi dari India dan juga China..
3. Tidak ada bangsa di Dunia ini yang tidak mengimport Budaya dari bangsa lain. hanya Bangsa Dungu yang seperti itu ..
4. Tidak ada Istilah Khilafah didirikan Di Indonesia, hanya Orang Bodoh yang melakukan usaha sia2 tersebut ...

wih om joker... kemana aja ente om...? emoticon-Matabelo

Quote: Hal senada juga disampaikan Shafiullah Sahfi, ulama dari propinsi Nooristan yang berharap ormas Islam segera bergerak membantu perdamaian di negaranya.

ga salah tuh mau minta bantuan ormas disini? yang ada malah tambah runyam kalo ormas disini ikut2an...teroris makin banyak
Quote:Original Posted By karuna87


ga salah tuh mau minta bantuan ormas disini? yang ada malah tambah runyam kalo ormas disini ikut2an...teroris makin banyak


mungkin maksud dia daripada banyakan berkicau lebih baik SEGERA bantu, toh dari dulu katanya mau berangkat tapi gak pernah jadi pergi.
Saya cinta tanah air indonesia tetapi tidak dengan pemerintahnya yang korup dan penjajah rakyatnya sendiri

Ulama Afganistan Belajar Pancasila.. indonesia kok malah import budaya arab?

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
TS mencoba sok menjadi orang kritis, padahal masih dungu

Itu ulama yang datang ke Indonesia adalah utusan pemerintah afganistan. Pemerintah afganistan sendiri sebenarnya cukup sekuler seperti Indonesia. Yang selama ini bikin honar di afganistan adalah Taliban. Seandainya yang datang itu ulama Taliban pasti sudah ditangkap.

Intinya berita diatas adalah berita yang biasa saja, tapi si TS dongok mencoba mendramatisasi seakan itu adalah berita yang luar biasa emoticon-Big Grin

Satu lagi, apa hubungannya sama budaya arab? Toh afganistan bukanlah negara arab
Quote:Original Posted By jokerboy4
perlu diketahui ..

1. Afghanistan bukan Orang Oarab..
2. Indonesia bukan hanya meng Import Budaya Arab, tapi dari India dan juga China..
3. Tidak ada bangsa di Dunia ini yang tidak mengimport Budaya dari bangsa lain. hanya Bangsa Dungu yang seperti itu ..
4. Tidak ada Istilah Khilafah didirikan Di Indonesia, hanya Orang Bodoh yang melakukan usaha sia2 tersebut ...


Quote:Original Posted By arifdoank
TS mencoba sok menjadi orang kritis, padahal masih dungu

Itu ulama yang datang ke Indonesia adalah utusan pemerintah afganistan. Pemerintah afganistan sendiri sebenarnya cukup sekuler seperti Indonesia. Yang selama ini bikin honar di afganistan adalah Taliban. Seandainya yang datang itu ulama Taliban pasti sudah ditangkap.

Intinya berita diatas adalah berita yang biasa saja, tapi si TS dongok mencoba mendramatisasi seakan itu adalah berita yang luar biasa emoticon-Big Grin

Satu lagi, apa hubungannya sama budaya arab? Toh afganistan bukanlah negara arab


yang jenggotan hoooaarus orang arab masbrok emoticon-Ngakak
emoticon-Repost
kayaknya kemaren ada trit ginian
Quote:Original Posted By Drakanx
Saya cinta tanah air indonesia tetapi tidak dengan pemerintahnya yang korup dan penjajah rakyatnya sendiri

Ulama Afganistan Belajar Pancasila.. indonesia kok malah import budaya arab?

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


klo gue pakai attribut , hmmm misal pakaian asli china , padahal gue bukan orang china gpp toh...?

lagipula , emang baju kaos atau baju2 jaman sekarang emang budaya asli kita ...? enggak kan ...? lalu apa bedanya ...?

bagus sih kritiknya, tapi entah kenapa hanya satu sudut yang di kritik. klo mengkritik itu semua pihak harus kena. jangan cuma satu pihak aja..

aduhh padahal berita bagus banget ini..
kenapa klo di tangan alay berpaham kebencian jadi Jelek gini yahh pembahasannya ...?

udah dari ratusan tahun yang lalu bangsa Indonesia yang bersuku2 ini banyak yang mengimport budaya dari luar... contoh dari China, India, dan Eropa. masa harus gue ajarin IPS ( Sejarah ) lagi sih bocah2 BODOH kayak gini ...? emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By jokerboy4


klo gue pakai attribut , hmmm misal pakaian asli china , padahal gue bukan orang china gpp toh...?

lagipula , emang baju kaos atau baju2 jaman sekarang emang budaya asli kita ...? enggak kan ...? lalu apa bedanya ...?

bagus sih kritiknya, tapi entah kenapa hanya satu sudut yang di kritik. klo mengkritik itu semua pihak harus kena. jangan cuma satu pihak aja..

aduhh padahal berita bagus banget ini..
kenapa klo di tangan alay berpaham kebencian jadi Jelek gini yahh pembahasannya ...?

udah dari ratusan tahun yang lalu bangsa Indonesia yang bersuku2 ini banyak yang mengimport budaya dari luar... contoh dari China, India, dan Eropa. masa harus gue ajarin IPS ( Sejarah ) lagi sih bocah2 BODOH kayak gini ...? emoticon-Cape d... (S)


om joker pm nya penuh... gw mau kirim pm gak bisa..

betul memang bukan arab. tapi disana tidak menganut sistem kebebasan berpendapat. Membuat mereka terus berperang dengan sesama..
mungkin udah bosen juga.. makanya mulai membuka diri
sayang seribu sayang, disaat yang sama kita malah mulai meninggalkan pancasila dan perlahan menjadi ke arab-araban.... sungguh tidak bersyukur..
sudahjangan bertengkar, intinya negara ini punya paham PANCASILA, dan ga boleh di gganti2..

Quote:Original Posted By jokerboy4
klo gue pakai attribut , hmmm misal pakaian asli china , padahal gue bukan orang china gpp toh...?
lagipula , emang baju kaos atau baju2 jaman sekarang emang budaya asli kita ...? enggak kan ...? lalu apa bedanya ...?
bagus sih kritiknya, tapi entah kenapa hanya satu sudut yang di kritik. klo mengkritik itu semua pihak harus kena. jangan cuma satu pihak aja..
aduhh padahal berita bagus banget ini..
kenapa klo di tangan alay berpaham kebencian jadi Jelek gini yahh pembahasannya ...?
udah dari ratusan tahun yang lalu bangsa Indonesia yang bersuku2 ini banyak yang mengimport budaya dari luar... contoh dari China, India, dan Eropa. masa harus gue ajarin IPS ( Sejarah ) lagi sih bocah2 BODOH kayak gini ...? emoticon-Cape d... (S)


pake pakaian cina, arab, india, jepang, korea, afrika, boleh2 aja,
yg ga boleh itu memasukkan dan memaksakan budaya asing jadi ideologi politik di Indonesia dan berusaha mengganti pancasila dengan dasar budaya asing.. apapun budaya itu..
Quote:Original Posted By Geblekpisan
sudahjangan bertengkar, intinya negara ini punya paham PANCASILA, dan ga boleh di gganti2..



pake pakaian cina, arab, india, jepang, korea, afrika, boleh2 aja,
yg ga boleh itu memasukkan dan memaksakan budaya asing jadi ideologi politik di Indonesia dan berusaha mengganti pancasila dengan dasar budaya asing.. apapun budaya itu..


ane setuju komeng agan ini tentang MEMAKSA dan MENGGANTI
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By jokerboy4


klo gue pakai attribut , hmmm misal pakaian asli china , padahal gue bukan orang china gpp toh...?

lagipula , emang baju kaos atau baju2 jaman sekarang emang budaya asli kita ...? enggak kan ...? lalu apa bedanya ...?

bagus sih kritiknya, tapi entah kenapa hanya satu sudut yang di kritik. klo mengkritik itu semua pihak harus kena. jangan cuma satu pihak aja..

aduhh padahal berita bagus banget ini..
kenapa klo di tangan alay berpaham kebencian jadi Jelek gini yahh pembahasannya ...?

udah dari ratusan tahun yang lalu bangsa Indonesia yang bersuku2 ini banyak yang mengimport budaya dari luar... contoh dari China, India, dan Eropa. masa harus gue ajarin IPS ( Sejarah ) lagi sih bocah2 BODOH kayak gini ...? emoticon-Cape d... (S)



Bagi sebagian orang, memakai pakaian jenis tertentu mempertunjukkan arogansi kelompoknya, atau bertujuan untuk intimidasi, atau seakan2 mempertontonkan tingkat "kesuciannya", sehingga mereka dapat berlindung dibalik topeng apa yang dipakainya itu, dari apapun yang dilakukannya, terutama yang tidak baik.
udah gak usah diributin. Orang afganistan kan mau mempelajari saya. selama tujuannya baik, ya silahkan saja. saya aja gak repot kok kalian malah pada repot semua
Quote:Original Posted By Geblekpisan
sudahjangan bertengkar, intinya negara ini punya paham PANCASILA, dan ga boleh di gganti2..



pake pakaian cina, arab, india, jepang, korea, afrika, boleh2 aja,
yg ga boleh itu memasukkan dan memaksakan budaya asing jadi ideologi politik di Indonesia dan berusaha mengganti pancasila dengan dasar budaya asing.. apapun budaya itu..


pancasila juga hasil dari comot ideologi sana sini emoticon-Embarrassment

pancasila bukanlah kebenaran absolut, karena standar kebenaran baku itu sendiri pun tidak ada
sah - sah saja jika pancasila diganti emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By jokerboy4


klo gue pakai attribut , hmmm misal pakaian asli china , padahal gue bukan orang china gpp toh...?

lagipula , emang baju kaos atau baju2 jaman sekarang emang budaya asli kita ...? enggak kan ...? lalu apa bedanya ...?

bagus sih kritiknya, tapi entah kenapa hanya satu sudut yang di kritik. klo mengkritik itu semua pihak harus kena. jangan cuma satu pihak aja..

aduhh padahal berita bagus banget ini..
kenapa klo di tangan alay berpaham kebencian jadi Jelek gini yahh pembahasannya ...?

udah dari ratusan tahun yang lalu bangsa Indonesia yang bersuku2 ini banyak yang mengimport budaya dari luar... contoh dari China, India, dan Eropa. masa harus gue ajarin IPS ( Sejarah ) lagi sih bocah2 BODOH kayak gini ...? emoticon-Cape d... (S)



boleh" aja memasukkan asal bukan dengan paksaan. coba deh anda lihat lagi kostumnya bang haryadi yang laen pasti tahu siapa yang di maksud. dan apakah anda menjustifikasi para oknum yang merasa dirinya paling suci dan paling benar di seluruh dunia sehingga bisa berbuat apa saja terhadap manusia lainnya?

inti kostum tersebut banggalah menjadi diri sendiri dengan unggah ungguh dan tata krama nasional. emang yang suka niru" itu lahir di luar negri ? khan di indonesia juga khan lahirnya jadi ga ada yang superior.

saya cinta indonesia tetapi tidak dengan pemerintahannya yang korup dan menjajah rakyatnya endiri

emoticon-I Love Indonesia
afganistan bukan arab emoticon-Ngakak
ente ngomong gitu ke orang taliban dibom ente emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By jokerboy4


klo gue pakai attribut , hmmm misal pakaian asli china , padahal gue bukan orang china gpp toh...?

lagipula , emang baju kaos atau baju2 jaman sekarang emang budaya asli kita ...? enggak kan ...? lalu apa bedanya ...?

bagus sih kritiknya, tapi entah kenapa hanya satu sudut yang di kritik. klo mengkritik itu semua pihak harus kena. jangan cuma satu pihak aja..

aduhh padahal berita bagus banget ini..
kenapa klo di tangan alay berpaham kebencian jadi Jelek gini yahh pembahasannya ...?

udah dari ratusan tahun yang lalu bangsa Indonesia yang bersuku2 ini banyak yang mengimport budaya dari luar... contoh dari China, India, dan Eropa. masa harus gue ajarin IPS ( Sejarah ) lagi sih bocah2 BODOH kayak gini ...? emoticon-Cape d... (S)


eh gobok!
Yang sok suci dengan pakaian ala arab itu siapa
emangnya keunggulan pakaian ala arab itu apaan?
luh jadi gampang berktivitas?

orang cina mana yang masih pake pakaian ala cina kecuali
nih orang gila 1 ini

Ulama Afganistan Belajar Pancasila.. indonesia kok malah import budaya arab?