alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523cec7959cb179d41000005/indonesia-ajak-iran-jadi-solusi-bagi-krisis-suriah
Indonesia Ajak Iran Jadi Solusi Bagi Krisis Suriah
Jakarta - Krisis politik dan kemanusiaan yang masih berlangsung di Suriah menjadi keprihatinan pemerintah Indonesia. Untuk mendorong penyelesaian perang yang berkepanjangan di Suriah, Indonesia mengajak Iran menjadi bagian dari solusi konstruktif.

Hal itu dikatakan Menlu RI Marty Natalegawa di sela-sela rangakaian kegiatan Sidang Majelis Umum (SMU) PBB di New York, Jumat (20/9/2013). Marty melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarief.

Marty mengatakan, Indonesia memandang peran Iran sangat penting dalam upaya mencari solusi akhir permasalahan di Suriah. Apalagi saat ini Iran adalah Ketua Gerakan Non-Blok (GNB) untuk periode 2012 – 2015. Karena itu menurut Marty, Indonesia mengajak Iran untuk mewujudkan visi pendiri GNB yakni mewujudkan perdamaian dan keamanan global.

Marty juga mengatakan, aksi militer bukanlah solusi terbaik terhadap situasi di negara tersebut saat ini. Zarief menyambut baik upaya diplomatik yang dilakukan Indonesia terkait krisis di Suriah.

"Dunia tidak boleh berdiam diri atas apa yang terjadi di Suriah. Semua harus menjadi bagian dari solusi," ujar Marty dalam keterangan pers Kemenlu yang diterima detikcom, Sabtu (21/9/2013).

Selain membahas isu-isu global yang menjadi perhatian bersama, dalam pertemuan bilateral tersebut juga diangkat berbagai isu kerja sama kedua negara di bidang politik dan keamanan, ekonomi, kesejahteraan, sosial dan budaya.

Kedua Menlu menyapakati adanya Human Right Dialogue antara Indonesia dan Iran untuk membahas perkembangan dan pengalaman masing-masing negara dalam memajukan dan melindungi HAM di Tanah Air.

"Kerja sama Indonesia dan Iran dalam Hak Asasi Manusia semakin memperkuat bahwa Islam dan Hak Asasi Manusia bisa berjalan beriringan," jelas Marty.

Human Right Dialogue untuk pertama kalinya akan diluncurkan di sela-sela Bali Democracy Forum tanggal 7-8 Nopember 2013 mendatang.

Indonesia juga mendorong kerja sama kedua negara dalam bidang hukum, khususnya penyelesaian pembahasan Treaty on Mutual Legal Assistance in Criminal Matters and the Extradition Treaty.

Pertemuan bilateral dengan Menlu Iran tersebut mengawali serangkaian pertemuan bilateral yang akan dilakukan oleh Marty di sela-sela Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-68. Selama di New York, Marty direncanakan akan melakukan lebih dari 25 pertemuan bilateral dengan sejumlah Menteri Luar Negeri negara-negara sahabat, seperti Suriah, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Belarus, Sri Lanka, Mesir, Portugal dan Ukraina.

"Tingginya tingkat antusiasme negara-negara sahabat untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Indonesia di sela-sela SMU PBB ini semakin menguatkan tekad Indonesia untuk terus menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan global," tegas Marty.

[url]http://news.detik..com/read/2013/09/21/052030/2365308/10/indonesia-ajak-iran-jadi-solusi-bagi-krisis-suriah?n991102605[/url]
[url]http://news.detik..com/read/2013/09/21/052030/2365308/10/2/indonesia-ajak-iran-jadi-solusi-bagi-krisis-suriah[/url]

Hahahahaa,,pahlawan kesiangan plus kehilangan pemikirannya. Wooii,,masalah di indonesia aja banyak dan cenderung di abaikan ngapain cape2 ngurusin negara org???
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak masalah di indonesia mah emang orang2nya aja yg susah di atur,dan sering bertindak seenaknya

emoticon-I Love Indonesia (S) indonesia kan suka membantu dan menolongemoticon-I Love Indonesia (S) walaupun negaranya udah bobrok emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By pikunmaem
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak masalah di indonesia mah emang orang2nya aja yg susah di atur,dan sering bertindak seenaknya

emoticon-I Love Indonesia (S) indonesia kan suka membantu dan menolongemoticon-I Love Indonesia (S) walaupun negaranya udah bobrok emoticon-Berduka (S)


komentar-komentar yg negative bukannya di dukung, lo kira negara" besar kaya amerika, rusia n china ga banyak masalah...? masalah pasti ada di setiap negara, kalo apa" ga didukung, lo pada bagian dr masalah indonesia, cuma jadi parasit buat ini negara....emoticon-Ngakak (S)