alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523c5eac41cb170942000002/its-kembali-luncurkan-mobil-listrik
ITS Kembali Luncurkan Mobil Listrik
ITS Kembali Luncurkan Mobil Listrik

ITS Kembali Luncurkan Mobil Listrik

Meski April lalu mobil listrik ITS terbakar, tragedi naas tersebut tidak membuat ITS gentar. Jumat (20/9), ITS meluncurkan mobil listrik generasi kedua EC ITS. Mobil berwarna merah menyala tersebut kontan membuat orang yang menyaksikan desainnya berdecak kagum. Body mobil itu tidak tampak seperti mobil hasil riset. Tidak tanggung-tanggung, mobil dengan kecepatan 150 km itu akan dipamerkan dalam APEC 2013.

Pasca terbakarnya EC 1 ITS, tim mobil listrik ITS tidak berhenti melakukan pengembangan riset EC ITS. Tidak disangka, tekad mereka disambut baik oleh pihak ITS dan Menteri Pendidikan, Ir M Nuh DEA. Dan mendapatkan tantangan untuk membuat mobil listrik dengan teknologi yang sama dalam waktu empat bulan. “Tepatnya, sebelum tanggal 20 September ini,” ungkap Ir Nur Yuniarto, koordinator tim EC ITS.

Mobil bergaya city car ini menghabiskan dana yang cukup murah. Harga risetnya hanya 400 juta rupiah. Nur menyebutkan bahwa jika dibandingkan dengan harga pembuatan massal tentu akan jauh sekali. “400 juta ini hanya untuk material yang kami gunakan saja untuk membuat satu EC ITS,” jelasnya.

Berbeda dengan mobil EC ITS sebelumnya, mobil generasi kedua ini berwarna merah menyala. Body-nya pun lebih tinggi empat sentimeter, dan beratnya mencapai 1500 kg diukur dari total material yang digunakan. Bedanya, berat baterai yang digunakan sebagai bahan bakar EC ITS generasi kedua ini dibagi menjadi beberapa bagian. “Kami meletakkannya dibawah jok mobil. Ditata sedemikian rupa sehingga tidak menghabiskan space yang besar,” jelas dosen Jurusan Teknik Mesin ini.

Mesin motor yang digunakan bertenaga 60 kW. Dengan satu kali pengisian baterai menggunakan fast charging selama setengah jam, mobil ini dapat berjalan secepat 150 kilometer selama satu jam. Hasilnya akan berbeda jika kecepatannya tidak mencapai 150 km. Sementara untuk pengisian baterai menggunakan listrik dengan tegangan 5 Ampere/220 Volt, dibutuhkan waktu delapan hingga sepuluh jam. Namun, hingga saat ini mobil belum melakukan pengujian test drive secara resmi. “Hanya mencoba-coba keliling kampus saja,” ungkap Nur Yuniarto.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA mengatakan bahwa mobil EC ITS menjadi sebuah pembuktian kepada khalayak umum bahwa anak bangsa juga memiliki kemampuan. Riset EC ITS ini diharapkan dapat membuat triple helix Perguruan Tinggi (PT), Pemerintah dan Industri dapat bersinergi. “EC ITS ini adalah contoh proyek PT yang di-support oleh pemerintah,” paparnya.

Harapannya, dengan banyaknya inovasi yang dibuat oleh mahasiswa, nantinya semua komponen untuk membuat mobil dapat dibuat di Indonesia. Sebab, menurut Tri Yogi, pada dasarnya pasar Indonesia sangat luas, hanya saja bergantung pada perusahaan mana yang menguasainya. Bentuk inovasi mahasiswa ITS ini pun akan diimplementasikan di kalangan kampus ITS sendiri.

Rencananya, akan dibuat dua mobil baru dengan tenaga listrik untuk transportasi dalam kampus. Dengan banyaknya inovasi tersebut, Tri Yogi yakin bahwa bangsa Indonesia punya kemampuan dalam bidang teknologi. “Kami akan terus mengembangkan inovasi ini, syukur-syukur jika nanti ada industri yang tertarik untuk bekerja sama,” pungkasnya. (humas ITS)

sumber: http://www.itsnet.web.id/2013/09/20/...edium=facebook
Mantap, lampunya niru ford fiesta emoticon-Big Grin

Kemaren mobil esemka lampunya niru honda CR-V emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By .ali.arroughi.
Mantap, lampunya niru ford fiesta emoticon-Big Grin

Kemaren mobil esemka lampunya niru honda CR-V emoticon-Embarrassment


Bukan niru itu tapi emang copotan fiesta atau beli set headlamp entah ori, kw lokalan atau variasi thailand... esemka juga begitu... lipi aja langsung basis si kepala kuning buat bus tanggung listrik. Yang penting itu kan integrating system yang ada... kalo udah beres smua keperangkatan baru bikin desain sendiri... urusan belakangan lah itu kalo kosmetik...

Bikin lampu sendiri rugi lah cetakannya cuman dipake sekali...
harusnya yang kaya gini nih yg buat mobil murah baru manteeeppemoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By sinanut
harusnya yang kaya gini nih yg buat mobil murah baru manteeeppemoticon-Cendol (S)

kaga bakal diurusin.
percuma ITS capek2

halikopter. psawat. esemka. gerbong sepur
smua produk karya anak bangsa kl d jual k bangsa sendiri malah kna PPN mahal.

mobil dr luar yg malah di bebas pajak kan emoticon-Big Grin

fuk lah emoticon-Big Grin
Kampus dan jurusan ane nih hahha
Lanjut terus ITS..

semoga setelah ganti presiden bisa berkembang .. emoticon-Kiss
tetep gan bakalan ENGGAK LAKU..
tau sendiri pejabat negeri ini gimana, yaa pasti mereka gak mau memajukan industri nasional lahhhh, secara pejabatnya pada dikasih duit sama pengusaha luar supaya buat peraturan yg pro sm industri mobil luar emoticon-Cape d... (S)

prinsip pejabat kita : no money no honey
jangan harap direstui kalo proyek macam gini, garing gak ada duit
ujung2nya malah minta dana penelitian, trus pejabatnya dapat apa dong
×