alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523c3487a2cb178b01000007/seorang-diri-buruh-ini-sukses-melawan-negara-dari-rumahnya-yang-sederhana
Seorang diri, Buruh ini sukses melawan negara dari rumahnya yang sederhana
Seorang diri, Buruh ini sukses melawan negara dari rumahnya yang sederhana
[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/20/171157/2365019/10/ternyata-satpam-marten-seorang-diri-melawan-negara-di-mk-dan-menang?991104topnews"]Jakarta - Satpam Marten Boiliu ternyata seorang diri [/URL]melawan DPR dan pemerintah di Mahkamah Konstitusi (MK). Meski tak dibantu pengacara sekalipun, Marten bisa meyakinkan MK dan membatalkan Pasal 96 UU Ketenagakerjaan.

"Pengacara saya buku, saya selalu berkonsultasi dengan buku," kata Marten ditemui di kos-kosannya, Jalan Selatan 8, Jatimekar, Pondok Gede, Bekasi kepada detikcom, Jumat (20/9/2013).

Omongan Marten bukan bualan semata. Di kos-kosan ukuran 3x4 meter tergeletak puluhan buku di rak dan almari. Saking banyaknya sehingga rak tidak muat, kertas pun dibiarkan berceceran di ruangan yang bercat merah muda kusam.

"Kalau bukunya mahal, saya ke toko buku dan baca buku di situ sampai benar-benar paham," kisah suami yang belum dikaruniai anak itu.

Selain menggugat ke MK, dia juga memperjuangkan hak-haknya ke pengadilan hubungan indsutrial (PHI). Namun perjuangannya di PHI bisa berjalan percuma karena ada pasal yang masing mengebiri hak-hak konstitusionalnya.

"Dengan latar belakang itu, saya menggugat ke MK," tutur mahasiswa FH UKI Cawang semester IV itu.

Marten meminta MK membatalkan Pasal 96 UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pasal itu mengatur masa kedaluwarsa tuntutan pembayaran upah pekerja atau buruh maksimal 2 tahun. Dengan dikabulkannya permohonannya itu, maka tidak ada lagi masa kedaluwarsa dalam mengajukan gugatan hak-hak buruh.

-------------------------------------------------------------

[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/20/153229/2364848/10/dari-rumah-sederhana-di-gang-senggol-satpam-menang-melawan-negara-di-mk?nd771104bcj"]Jakarta - Mantan satpam yang menang[/URL] melawan pemerintah dan DPR di Mahkamah Konstitusi (MK) Marten Boiliu hidup sederhana di sebuah gang kecil. Siapa nyana, dari rumah di gang senggol itulah awal mula Martin membatalkan pasal 96 UU Ketenagakerjaan yang dibuat DPR dan pemerintah.

"Saya nggak nyangka, kaget mengetahui kakak saya menang," kata adik Marten yang juga memiliki nama panggilan Marten, kepada detikcom, Jumat (20/9/2013).

Saat detikcom menyambangi rumah sederhana yang berada di Gang 3, Jalan Mawar Merah III, Duren Sawit, Jakarta Timur, itu Martin tengah bekerja. Profesi sebagai satpam sudah ditanggalkan setelah di-PHK 2011 silam. Menurut sang adik, kemenangan kakaknya menunjukkan sudah saatnya hukum berpihak kepada wong cilik.

"Keadilan tidak selamanya tajam ke bawah, tapi juga bisa tajam ke atas," ujarnya.

Mereka berdua tinggal di rumah berukuran 3x7 meter persegi itu. Rumah itu mudah ditemukan karena dari deretan rumah di gang itu hanya rumah Marten satu-satunya yang tak ditingkat.

Tidak ada tanda kemewahan di rumah warna krem kusam tersebut. Untuk sampai ke rumah Marten, tamu dapat berjalan kaki atau memakai sepeda motor karena hanya kendaraan tersebut yang bisa sampai ke depan rumah.

"Tapi wajar dia menang, dia sarjana hukum juga soalnya," tutur Marten.

Marten meminta MK membatalkan Pasal 96 UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pasal itu mengatur masa kedaluwarsa tuntutan pembayaran upah pekerja atau buruh maksimal 2 tahun. Dengan dikabulkannya permohonannya itu, maka tidak ada lagi masa kedaluwarsa dalam mengajukan gugatan hak-hak buruh
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pekerjaan boleh cuman buruh keamanan, tapi dengan semangat dan ketekunan bisa merubah UU negara
Dude, this man is awesome. All those wanker sitting gracefully in 'that building' should be pissed off. emoticon-army
hebat banget..
keliatan gimana kualitas dpr dalam bikin undang2..
jadi malu nih ane, pendidikan bole gak tinggi tapi semangat sekuat baja
berbanding terbalik dgn semangat abg skrg yg letoy, BB gak dapat sinyal udah mewek
Gilaaa, cerdas banget ini orang emoticon-Matabelo
Quote:"Pengacara saya buku, saya selalu berkonsultasi dengan buku," kata Marten ditemui di kos-kosannya, Jalan Selatan 8, Jatimekar, Pondok Gede, Bekasi kepada detikcom, Jumat (20/9/2013).

satu kelurahan sama ane, coba meluncur ke tkp ah emoticon-Ngacir2
Epic just epic... emoticon-Matabelo
Salut gan, kisahnya layak didokumentasikan buat nambah semangat orang2 yg masih terjajah dinegeri ini buat bangkit
sarjana hukum jadi satpam,too mainstream
kok negara dilawan, mana bisa lah
negara kita ini kan keras kepalla
salut sama ini orang
Saya kasih hormat sama bapak ini... emoticon-Toast
Salut, sesalut2nya...
wah keren. salut sama keberanian beliau.
Quote:Original Posted By ChefChoi
sarjana hukum jadi satpam,too mainstream


masih semester IV
salut sama bapak satpam ini.
pengacara mana nih....
karena ga ada duitya yah?
karena ga terekspos yah?
emoticon-Ngakak (S)
Satu satunya institusi Peradilan RI yang masih BEBAS dari korupsi adalah MAHKAMAH KONSTITUSI emoticon-thumbsup, semoga kedepannya institusi MK ini terus bersih dan tidak diisi dengan tikus-tikus laknat berdasi emoticon-fuck2
Hebat! Harusnya dia yang duduk di kursi dpr emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Pengacaranya buku ,hebat bener emoticon-Matabelo salut ama neh orang emoticon-2 Jempol

salute emoticon-thumbsup

ngga kayak para buruh di JKT yg demo minta upah dinaikkan jadi 3.7 juta
uang pulsa minta dimasukkan ke tunjangan

WDH emoticon-Hammer

ini dia salah satu sang nasionalis

emoticon-2 Jempol
gak cuma karna tuh satpam hebat tapi juga karna penghuni gedung pantat yang idiot pas bikin tuh aturan.