alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523c1fcb0d8b464549000008/pencurian-artefak-diduga-libatkan-sindikat-internasional
Pencurian Artefak Diduga Libatkan Sindikat Internasional
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sosiolog Bambang Widodo Umar menduga kuat, hilangnya sejumlah artefak di Museum Nasional Jakarta, melibatkan sindikat pencurian artefak berskala internasional.

"Saya yakin (artefak) diambil sindikat. Kemungkinan dia (pelaku) tidak bekerja sendiri, tapi melibatkan organized crime," kata Widodo Umar dalam diskusi 'Pencurian Artefak' di Gedung DPD/DPR, Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Menurutnya, dugaan itu bisa dilihat dari rapi dan canggihnya upaya pencurian artefak.

"Ada juga tata cara proses pencurian sampai marketing penjualannya," ujar Widodo Umar.

Selain harganya miliaran rupiah, Widodo Umar mengatakan pencurian, artefak juga terkait koleksi benda dengan material tinggi, dan mode serta status sosial tertentu.

"Tidak sekadar menjadi barang simpanan, tapi ada status sosial di dalamnya," jelasnya.

Hilangnya artefak yang bernilai budaya tinggi, papar Widodo Umar, tidak boleh dianggap remeh. Ia sepakat, jika perlu Presiden SBY ikut bertanggung jawab sebagai kepala negara.

“Kalau pengelolaannya oleh Kemendikbud, maka Mendikbud bertanggung jawab. Alat kemanan di negara ini banyak, dari satpam, Kepolisian, dan TNI. Masalahnya bekerja sendiri-sendiri, tak terintegrasi secara sistemik," tuturnya.

"Ditambah lagi, pendidikan kita berorientasi pada rasio, akal, intelektual, dan mengabaikan akal budi, sudah tak lagi menghargai kearifan lokal, maka bangsa ini pun tak lagi menghargai sejarah perjuangan bangsa sendiri,” imbuhnya.

Karena itu, kata dia, benda sejarah tidak dikategorikan sebagai obyek vital. Beda halnya dengan PT Freeport, di mana setiap ada masalah selalu menjadi perhatian serius pemerintah, dan bahkan sampai terjadi penembakan dan menimbulkan korban jiwa.

“Maka, tata kelola pengamanan benda bersejarah harus menjadi perhatian serius pemerintah untuk mensinergikan satpam, Kepolisian, maupun TNI,” sarannya
http://id.berita.yahoo.com/pencurian...100427198.html

jangan-jangan melibatkan orang dalam nih
Kalo emang benar..udah gak heran lagi gan.udah sering kaya gitu kok
pastilah

gimana lagi mau dapet brg brg kyk gitu kalo ga pake sindikat

pasar black market
Kayak di film2 gtu yak, artefak dicuri terus dilelang di forum interasional.
parah nih
yg tau CCTV-nya lg mati siapa lagi klo bukan orang dalem,
org indonesia juga keliatannya lbh seneng pas lagi jalan2 ke luar negeri nemu artefak asal indonesia di museum,
ketimbang datang berkunjung ke museum di negara sendiri
Beginilah Indonesia gan, kalau sdh kecolongan baru ribut diperhatiin padahal sebelumnya pemerintah cuek bebek gak ngurus sama sekali. Lihat aja tuh musium rata2 pada tdk terawat dan dikelola dengan asal-asalan padahal isinya barang bersejarah semua yg tdk ternilai harganya...emoticon-Mewek