alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523c1a7417cb17270b000007/hot-keran-impor-dibuka-lebar-seolah-olah-petani-dipermainkan
[HOT] Keran Impor Dibuka Lebar, Seolah-Olah Petani Dipermainkan
[HOT] Keran Impor Dibuka Lebar, Seolah-Olah Petani Dipermainkan

Jakarta - Ketika pemerintah tak peduli pada peningkatan daya produksi petani, dan selalu membuka keran impor lebar-lebar, maka petani seluruh Indonesia bisa melakukan gugatan secara kolektif atas kebijakan yang menyengsarakan petani itu. Hal tersebut diungkapkan oleh Wasekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Jumat (20/9).

"Langkah yang paling efektif bagi petani adalah mengorganisir diri. Pada saat APEC berlangsung di Bali nanti, para perwakilan petani bisa bersatu untuk mendesak pada komunitas internasional untuk tidak lagi melanjutkan liberalisasi di sektor pertanian," katanya.

Semisal, kata dia, petani kedelai bisa bersatu dengan petani tebu, yang baru saja berdemonstrasi mengkritik pertumbuhan pabrik gula rafinasi yang menyengsarakan petani tebu. Dengan demikian setelah berbagai upaya dilakukan oleh petani, ternyata tidak didengar, maka petani bisa menggunakan momentum APEC itu untuk ramai-ramai datang ke Bali.

Salah satu yang dikritik Hasto dan bisa menjadi bagian dari puncak kemarahan petani adalah perintah Wapres Boediono terbaru yang menyatakan siapapun boleh impor kedelai. Hal itu semakin mempertegas agenda pemerintahan saat ini untuk lebih memilih melakukan liberalisasi di sektor pangan.

Menurut Hasto Kristiyanto, dengan menurunkan bea masuk atas produk pangan impor sebesar nol persen dan membebaskan hambatan impor, serta membebaskan siapapun untuk impor kedelai, adalah bukti nyata keberpihakan pemerintah pada mekanisme pasar.

"Pemerintah tidak lagi berdaulat sehingga mudah didikte oleh kartel kedelai," tegas Hasto.

Menurutnya, kebijakan itu nyata-nyata merupakan disinsentif bagi petani untuk berproduksi. Di Jawa Tengah pada akhir bulan September hingga awal Oktober, petani akan panen kedelai. Dipastikan dengan membanjirnya kedelai impor, tidak ada lagi keberpihakan Pemerintah kepada petaninya sendiri karena harga akan jatuh.

Diketahui bahwa Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan institusinya membebaskan siapapun perusahaan yang ingin mengimpor kedelai diberikan izin. Alasannya kelonggaran ini diperintahkan oleh Wakil Presiden Boediono.

BERITASATU.COM
Yg penting komisi broker gan.... soal rakyat EGP ajah emoticon-Cape d... (S)
jadi bergantung pada impor nih emoticon-Cape d...
dasar dongok...impor yg dilakukan pemerintah itu bukan mau niat menghncurkan petani...tidak lebih hanya utk mencukupi kebutuhan akibat kekurangan stok dari petani..agar harga juga gak naik..kalo seandainya dari petani hrg2 stabil dan stoknya ada..gak akan pemerintah melakukan impor.

halaaahhh ... petani juga suka cari" kesempatan kok ... apalagi kl keran impor di tutup ... makin ngetok aja harganya ... emoticon-Big Grin



kl mentalnya para petani udah dibenerin ... baru dah boleh komplain kenapa indonesia harus impor .... emoticon-Big Grin
sdh diberi jalan tuhemoticon-Big Grin

ini kesempatan pd organisasi petani di Indonesia utk memperjuangkan nasib petani,emoticon-Big Grin jangan hanya memanfaatkan petani utk kepentingannya
makin kga ngerti sama bangsyat_bangsyat pemerintahh saat iniemoticon-Mad (S)..mau seancur apa sih ini negara sama mreka buat???emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
partai mana nih yg ngurusin pertanian dan perdagangan?


emoticon-I Love Indonesia (S)
Lho giliran import diketatin regulasinya , stok dalam negri menipis ,, harga naik.. mentri lagi yang salah emoticon-Big Grin

dan yang berbicara adalah politisi, bukan petani.
banyak bacot sok intelek tapi isinya kosong
produksi kurang demand banyak mo dipenuhin darimana selain dari impor?
kirain numbuhin kedelai dari pantat apa

emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By JustBieber


Yang goblok tuh sbnernya pemerintah
Ngapain pakai impor? Negara bs swasembada beras,.. masih nyalahin petani karena kurang stok? Y karena petani udah malas ningkatin hasil tani karena bobrokny oknum + birokrasi pemerintah,...

Petani malas ningkatin stok gara2 harga pupuk mahal, tengkulak, mafia2 , cukong2 pengepul hasil tani merajalela, harga dari petani murah, para cukong jual lg dengan harga tinggi...
Mana tugas mentri pertanian?

Yang dijadiin pembenaran impor, pdhal proyek impor sembako tuh proek korupsi, sdh jd rahasia umum

kekuatan pangan negara ad = negara makmur


lagi ngomongin kedelai disambungin ke beras
kejedot dimana seh ampe bisa tolol begini

emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By sarymin
dasar dongok...impor yg dilakukan pemerintah itu bukan mau niat menghncurkan petani...tidak lebih hanya utk mencukupi kebutuhan akibat kekurangan stok dari petani..agar harga juga gak naik..kalo seandainya dari petani hrg2 stabil dan stoknya ada..gak akan pemerintah melakukan impor.



bigimana agan ini, tugas pemerintah yang sebenernya memperkuat ketahana pangan, yang di utamakan memberdayakan petani dalam negri, memperkuat posisi mereka , memajukan dan memandirikan pertanian di indonesia, hal kaya gitu kan berat diawal tapi kalo udah tercapai ketahanan, itu akan berlangsung lama. bukan kita jadi negara pengimport atau selalu mengkondisikan pertanian di indonesia sedemikian rupa sehingga menghalalkan import.
sektor pertaniannya dong di perkuat, bukannya si juragan S2 di IPB, mustinya dia lebih setius ngurus ketahana pangan.emoticon-Bingung (S)

jadi gak herankan kalo di bilang negara auto pilot.. permimpinnya sibuk memperkuat kerajaan sendiri dan kesenangan sendiri sambil koleksi aneka piagam dan penghargaan.. emoticon-Bingung (S)
gak liat apa, gimana kepedeannya kementerian pertanian dengan program swasembada beberapa komoditas, yg ujung-ujungnya lahan importasi jadi lahan untuk dimainkan karena importasi cuma terbatas pada beberapa importer sajaemoticon-Malu (S)
ujung-ujungnya harga komoditas tersebut naikemoticon-Cape d... (S)
bahaya laten emang pemikiran ekonomi orang pdipemoticon-Malu (S)
makin liberal negara kita

harusnya lebih ke pancasila
Quote:Original Posted By danu.bentol
banyak bacot sok intelek tapi isinya kosong
produksi kurang demand banyak mo dipenuhin darimana selain dari impor?
kirain numbuhin kedelai dari pantat apa

emoticon-Cape deeehh


di sma ips juga pada tau, produksi kurang demand banyak jadi harus di penuhi kebutuhan.
yang duduk dipemerintahan buakn anak sma, yang cuma ngitung tambah kuramng, ngurusin stock nasional ada ilmunya, kalo udah ngomingin stok ada perencanaan, perencanaan ada historical datanya, dari historical data bisa di cari kira 2 kebutuhan satu tahun apa 5 tahun, di tamabahin buat cadangan.
itu semua bisa di itung sama yang biasa ngurus budget, gak mungkinkan tiba2 rakyat ngabisin tempe 100 x lebih dari biasanya, kalo pun kurang2 ya nggak sampe raw material kurang banyak, sampe2 shortage.
dari data kebutuhan bisa kan di cari brapa yang diproduksi dalam negri brapa yang di import, kalo bisa dalam negri di optimumkan yang di lakuin itu kerja mentri pertanian.
itu smua ada ilmunya gak hanya ente bilang sok bacot sok intelek, kalo ente yang duduk di pemerintahan ane paham kalo taunya cuma tambah ama kurang, tapip yang duduk di sana kan mustinya orang pinter karena ini urusan nasional, kecuali kalo posisi disana cuma jadi hadiah ya lain lagi ceritanya,, rakyat juga kan yang di rugikan...
kedelai mahal kan kerjaan mafia dan kartel kedelai yang bersekongkol dengan oknum2
Quote:Original Posted By nucleo1986
Lho giliran import diketatin regulasinya , stok dalam negri menipis ,, harga naik.. mentri lagi yang salah emoticon-Big Grin



trus bijimane bagusnye gan?
Quote:Original Posted By danu.bentol


lagi ngomongin kedelai disambungin ke beras
kejedot dimana seh ampe bisa tolol begini

emoticon-Cape deeehh


itu namanya produk pertanian gan. mau kedelae, beras kacang ijo. sama kekuatan nya karena itu dasar kebutuhan masyarakat. dan nasib pangan di jaman pemerintah ini mengkwatirkan, jadi gak salah kalo pada marah, kecewa, selama kebutuhan dasar rakyat terpenuhi, gejolak sosial masih bisa di hindari...
Quote:Original Posted By ..:137ER::..
halaaahhh ... petani juga suka cari" kesempatan kok ... apalagi kl keran impor di tutup ... makin ngetok aja harganya ... emoticon-Big Grin



kl mentalnya para petani udah dibenerin ... baru dah boleh komplain kenapa indonesia harus impor .... emoticon-Big Grin


Jgn jujur2 aj emoticon-Big Grin.....
Yg ga seneng impor monggo jd petani emoticon-Big Grin segera daftarkan tanah pertanian ke kementan emoticon-Big Grin (khusus yg gak nato )
×