alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523bdcd805346aea0c000009/dki-perlu-naikkan-tarif-parkir-rp-10-ribu-per-jam
DKI Perlu Naikkan Tarif Parkir Rp 10 Ribu per Jam

DKI Perlu Naikkan Tarif Parkir Rp 10 Ribu per Jam


Jakarta - Mobil murah telah diluncurkan. Pemerintah pusat membanggakan program ini karena dianggap akan bisa mendorong pertumbuhan industri otomotif dan perekonomian nasional. Tetapi, khusus bagi pemerintah provinsi DKI Jakarta, program ini justru dinilai salah sasaran jika dimaksudkan untuk kepentingan masyarakat.

Sebab program ini makin mendorong orang membeli mobil yang disebut mobil murah ramah lingkungan low cost green car (LCGC) itu. Padahal yang diperlukan adalah akses ke angkutan umum yang murah dan bagus. Selain itu, pemerintah DKI juga mengkhawatirkan serbuan mobil murah bakal memperparah kemacetan di ibu kota.

Namun pemerintah DKI hanya bisa sebatas protes. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak kuasa untuk membendung serbuan mobil murah. Ahok mengakui pihaknya tidak bisa menghentikan langsung karena ini merupakan program pemerintah pusat. Kini yang bisa dilakukan hanyalah segera mencari solusi yang sesuai terkait kebijakan mobil murah ini.

Pengamat transportasi dari Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Yoga Adiwinarto mencoba menawarkan jalan keluar sebagai upaya yang bisa dilakukan pemerintah DKI guna mencegah penggunaan mobil murah lebih sering. Salah satunya yakni menaikkan tarif parkir secara signifikan.Yoga menjelaskan, pemerintah DKI sebagai yang punya lahan untuk mobil-mobil itu, bisa menyatakan, "Silakan saja beli mobil tapi kalau mau pakai di Jakarta bayarnya mahal, kemudian parkirnya terbatas atau mahal,” ujar Yoga kepada detikcom, kemarin.

Bagi Yoga, kenaikan tarif parkir dirasa akan efektif tak hanya mengurangi pemakaian mobil LCGC tapi juga untuk kendaraan pribadi lainnya. Dia mencontohkan jika tarif parkir Rp 10 ribu per jam di dalam gedung dan di pinggir jalan, maka pekerja kantoran terpaksa membayar parkir sekitar Rp 1,6 juta sebulan dengan asumsi biaya parkir sehari selama 8 jam yaitu Rp 80 ribu.

“Apakah orang mau bayar segitu untuk parkir padahal untuk bensin saja dia mungkin cuma habis Rp 1 juta sebulan, sementara parkirnya lebih mahal, mulailah orang mikir-mikir, ya sudah saya punya mobil simpan saja daripada saya bawa-bawa ke kantor setiap hari,” ujar Yoga menguraikan.

Kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengakui soal tarif parkir juga akan dijadikan “senjata” melawan kemacetan yang ditimbulkan mobil murah di jalan raya. Tarif parkir yang mahal bisa mendorong masyarakat memilih naik angkutan umum.

“LCGC kan gak bisa ditolak lagi, tapi dengan adanya traffic restraint, penggunaan mobil pribadi jadi berat dan mahal, lama-lama kayak di Singapura, mobil itu jadi weekend car, hanya dipakai saat libur,” kata Udar menjelaskan kepada detikcom, kemarin.

Adapun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga mengakui pentingnya kebijakan pelengkap seperti implementasi biaya parkir mahal namum wajar bagi setiap kendaraan mobil.

“Singapura itu lihat, mereka bisa kontrol manajemen dan traffic transportasinya. Gak usah jauh-jauh, lihat Thailand dulu ya jumlah produksi dan penjualan hampir sama kayak Indonesia,” ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto kepada detikcom, Rabu lalu.

Sumber: [URL="http://news.detik..com/read/2013/09/20/113722/2364494/10/dki-perlu-naikkan-tarif-parkir-rp-10-ribu-per-jam?991101mainnews"]TKP[/URL]

Spoiler for Komen TS:
Yaudah naekin aja. Suka-suka DKI mau nya gimana.
tanggung gan, Rp.100.000 aja perjam....emoticon-Kiss

kaboooorrrrr......emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
sepertinya hal yang sepele, tetapi yang harus dipikirkan juga adalah dampak inflasinya ...
apa-apa entar jadi mahal ... karena orang tahu nya parkir saja ceban per jam sekarang ... entar makin susut saja nilainya tuh rupiah

yang kasihan itu justru orang yang kena efek sampingnya ... maksudnya orang yang gak punya mobil tetapi justru merasakan efek tidak langsung dari kenaikan harga barang dan jasa tersebut ...

jadi jangan sampai mau membatasi keinginan warga kelas 3 buat beli mobil murah, tapi bikin susah warga kelas 4, 5, 6 dan seterusnya yang makan saja juga susah ...

terus takutnya juga pengelolaan dana parkir juga ga gak jelas, masih banyak dikuasai preman

contoh saja kita masuk ke stadion senayan, bayar karcis resmi dan sampai dalam kena palak lagi yang lebih mahal dari karcis resmi
ane nga setuju gan mobil murah gitu,,harusnya ya di mahalin biar orang2 kaya baru nga se enaknya beli mobil dan cuma buat tambah macet jalanan,,
di tambah lagi punya mobil tapi nga punya garasi yg ujung2nya make jalan tuk tempat parkir
emoticon-Matabelo
bener kalo 10 rebu masih bisa dijangkau ..

contoh negara maju kaya jepang gan ..

klo ga salah perjam sampe 50 rebu di tempat parkir khusus , klo di tmpt parkir liar itu nyampe 100 rebu emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By FT86
sepertinya hal yang sepele, tetapi yang harus dipikirkan juga adalah dampak inflasinya ...
apa-apa entar jadi mahal ... karena orang tahu nya parkir saja ceban per jam sekarang ... entar makin susut saja nilainya tuh rupiah

yang kasihan itu justru orang yang kena efek sampingnya ... maksudnya orang yang gak punya mobil tetapi justru merasakan efek tidak langsung dari kenaikan harga barang dan jasa tersebut ...

jadi jangan sampai mau membatasi keinginan warga kelas 3 buat beli mobil murah, tapi bikin susah warga kelas 4, 5, 6 dan seterusnya yang makan saja juga susah ...

terus takutnya juga pengelolaan dana parkir juga ga gak jelas, masih banyak dikuasai preman

contoh saja kita masuk ke stadion senayan, bayar karcis resmi dan sampai dalam kena palak lagi yang lebih mahal dari karcis resmi


Mana ada cerita tarif parkir mobil berpengaruh pada warga miskin?untuk para karyawan atau pemilik gedung pasti pihak pengelola parkir ada kebijakan lain misalnya parkir bulanan dengan diskon...kebanyakan yang disasar itu sih pengunjung mal atau perkantoran

tarif parkir mobil ini boleh diterapkan terlebih dahulu di mal-mal atau pusat perbelanjaan elit seperti Mal kelapa Gading,MOI,GI,EX,PI,
sedangkan untuk perkantoran ataupun stadion lebih baik dikaji lagi...


Quote:Original Posted By FT86
sepertinya hal yang sepele, tetapi yang harus dipikirkan juga adalah dampak inflasinya ...
apa-apa entar jadi mahal ... karena orang tahu nya parkir saja ceban per jam sekarang ... entar makin susut saja nilainya tuh rupiah

yang kasihan itu justru orang yang kena efek sampingnya ... maksudnya orang yang gak punya mobil tetapi justru merasakan efek tidak langsung dari kenaikan harga barang dan jasa tersebut ...

jadi jangan sampai mau membatasi keinginan warga kelas 3 buat beli mobil murah, tapi bikin susah warga kelas 4, 5, 6 dan seterusnya yang makan saja juga susah ...

terus takutnya juga pengelolaan dana parkir juga ga gak jelas, masih banyak dikuasai preman

contoh saja kita masuk ke stadion senayan, bayar karcis resmi dan sampai dalam kena palak lagi yang lebih mahal dari karcis resmi


emoticon-Cape d... (S) yg di naikkin kan parkiran khusus mobil...
apa hub nya ama harga barang emoticon-Cape d... (S)
g ada dampaknya deh sama kelas bawah...
10 rebu perjam, dimana tuntutan UMR jadi 3,7 jeti sebulan. pertanyaannya orang yang kerja di mol mo dikasih makan apa secara pengunjung emol turun ?
DKI gak perlu naikin tarif pajak/parkir/dll dulu sebelum Benahi transportasi umum.

Kalo udah baru boleh deh berkoar2 naikin ini itu. emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By TheJustice


Mana ada cerita tarif parkir mobil berpengaruh pada warga miskin?untuk para karyawan atau pemilik gedung pasti pihak pengelola parkir ada kebijakan lain misalnya parkir bulanan dengan diskon...kebanyakan yang disasar itu sih pengunjung mal atau perkantoran



efek psikologis tidak langsung, Gan ...
contoh saja dulu Pak Ogah mau cepek, sekarang kalo dikasih cepek dilempar dan mau nya gopek ... dan besok besok bisa jadi maunya jadi seribu perak ...

itu artinya duit makin ga dianggap



Quote:Original Posted By kabei
10 rebu perjam, dimana tuntutan UMR jadi 3,7 jeti sebulan. pertanyaannya orang yang kerja di mol mo dikasih makan apa secara pengunjung emol turun ?


Ga yakin pengunjung mal akan menurun karena hal seperti ini saja,wong makan di mal aja minimal 25rb,blom nonton 25rb,paling kalo bawa mobil dengan durasi 5 jam di mal habis 100rb untuk makan,nonton,dan parkir

masa punya mobil ngeluarin duid 50rb untuk parkir aja ga mau..jangan pelit2 lah..

kalo bagi yang pelit parkir nya kan bisa patungan semobil buat parkir...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By FT86


efek psikologis tidak langsung, Gan ...
contoh saja dulu Pak Ogah mau cepek, sekarang kalo dikasih cepek dilempar dan mau nya gopek ... dan besok besok bisa jadi maunya jadi seribu perak ...

itu artinya duit makin ga dianggap





lah, lu ngapain kasih duit ke pak ogah ? manusia sampah lo umpanin ya makin ngelunjak !

kalau ada pak ogah, sodok aja kasih moncong,
udah ngalangin jalan, malah bikin semrawut jalanan anjing anjing itu !
Quote:Original Posted By FT86


efek psikologis tidak langsung, Gan ...
contoh saja dulu Pak Ogah mau cepek, sekarang kalo dikasih cepek dilempar dan mau nya gopek ... dan besok besok bisa jadi maunya jadi seribu perak ...

itu artinya duit makin ga dianggap





jangan samain parkir di mal ama pak ogah lah...emoticon-Cape d... (S)

parkir di mal ga mungkin buat orang kaya itu miskin mendadak kok..emoticon-Stick Out Tongue

gw dukung parkir di mal dulu aja yang naik,untuk yang offstreet atau gedung perkantoran ya belakangan aja,karena selama ini yang memiliki gedung parkir luas dari yang saya tau baru mal saja..
Quote:Original Posted By TheJustice


Ga yakin pengunjung mal akan menurut karena hal seperti ini saja,wong makan di mal aja minimal 25rb,blom nonton 25rb,paling kalo bawa mobil dengan durasi 5 jam di mal habis 100rb untuk makan,nonton,dan parkir

masa punya mobil ngeluarin duid 50rb untuk parkir aja ga mau..jangan pelit2 lah..

kalo bagi yang pelit parkir nya kan bisa patungan semobil buat parkir...emoticon-Ngakak


lah kalau gak yakin pengunjung akan turun kenapa dijalankan gan ?
itu berarti misi ga tercapai dan hiilang duit masuk ke kantong tukang parkir ?

jadi apa apa jamgan bandingkan dengan Singapura dan Jepang, standard pendapatannya juga beda jjauh bumi langit
Quote:Original Posted By TheJustice


Ga yakin pengunjung mal akan menurut karena hal seperti ini saja,wong makan di mal aja minimal 25rb,blom nonton 25rb,paling kalo bawa mobil dengan durasi 5 jam di mal habis 100rb untuk makan,nonton,dan parkir

masa punya mobil ngeluarin duid 50rb untuk parkir aja ga mau..jangan pelit2 lah..

kalo bagi yang pelit parkir nya kan bisa patungan semobil buat parkir...emoticon-Ngakak


makan di mall cuma 25 rebu makan apaan, gan ? emoticon-Bingung

paling ga sekali makan 60 rebu ditambah minum dan lainnya
Quote:Original Posted By FT86


lah kalau gak yakin pengunjung akan turun kenapa dijalankan gan ?
itu berarti misi ga tercapai dan hiilang duit masuk ke kantong tukang parkir ?

jadi apa apa jamgan bandingkan dengan Singapura dan Jepang, standard pendapatannya juga beda jjauh bumi langit


maap maksudnya menurun,bukan menurut,typoo...emoticon-Stick Out Tongue

lah kalo parkir di gedung perpakiran mal mana bisa masuk ke kantong tukang parkir...

Quote:Original Posted By tongkigading


makan di mall cuma 25 rebu makan apaan, gan ? emoticon-Bingung

paling ga sekali makan 60 rebu ditambah minum dan lainnya


di mall kelapa gading ada kok makan 25rb,makan di KFC atau ga doner kebab..kalo di mall laen ga tau ya..tp masi ada kok makan 25rb,ya paling ga taro lah 30-35rb

Punya mobil, masak bayar parkir 10rb aja gak mampu. emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By TheJustice


jangan samain parkir di mal ama pak ogah lah...emoticon-Cape d... (S)

parkir di mal ga mungkin buat orang kaya itu miskin mendadak kok..emoticon-Stick Out Tongue

gw dukung parkir di mal dulu aja yang naik,untuk yang offstreet atau gedung perkantoran ya belakangan aja,karena selama ini yang memiliki gedung parkir luas dari yang saya tau baru mal saja..


gue bukan masalahin biaya parkirnya tetapi efek psikologis nya kalau parkir saja sekarang ceban per jam ...
harga pasaran buat jasa lainnya jadi ikutan naik karena orang mikirnya parkir saja ceban kok ...


Quote:Original Posted By Molattee
DKI gak perlu naikin tarif pajak/parkir/dll dulu sebelum Benahi transportasi umum.

Kalo udah baru boleh deh berkoar2 naikin ini itu. emoticon-Hammer


Kayana ane SETUJU ama yang ini,,, coba seandainya Trasnportasi umum seperti angkutan, busway itu seperti barang baru, juga banyak orang yang akan menggunakannya, sekarang dinaikin parkir jadi 10ribu buat apaan ane rasa ga ad org yang mau parkir kecuali orang-orang berduit dan perkantoran