alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523b9808f8ca176a07000003/ulama-afganistan-belajar-pancasila-ke-ugm
Thumbs up 
Ulama Afganistan Belajar Pancasila Ke UGM
Ulama Afganistan Belajar Pancasila Ke UGM

Quote:
Ulama Afganistan Belajar Pancasila Ke UGM
YOGYAKARTA – Sebanyak 12 ulama terkemuka dari 12 provinsi di Afganistan berkunjung ke Kampus UGM untuk mempelajari Pancasila secara lebih mendalam. Kedatangan mereka yang dipimpin dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini berdiskusi dengan para pakar UGM untuk mengetahui lebih jauh perkembangan kehidupan toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc mengatakan kunjungan delegasi dari Afganistan ini memang sengaja untuk mempelajari Pancasila dan kehidupan multikultural masyarakat Indonesia yang bisa hidup rukun dan damai. “Sebagai negara penduduk muslim terbesar, masyarakat muslim Indonesia bisa berdampingan dengan non muslim. Bahkan Borobudur dan Prambanan adalah peninggalan agama Budha dan Hindu di sini,” kata Pratikno saat menerima kunjungan delegasi Afganistan di ruang multimedia, Kamis (19/9).

Seraya menerangkan keberadaan UGM sebagai kampus yang menampung anak-anak muda dari berbagai agama, suku, dan budaya, memiliki mandat untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa. Lebih dari itu, UGM juga diberi mandat menjaga kebudayaan, toleransi dan multikultural. “Karena itu di sini ada Pusat Studi Pancasila, Program Studi Lintas Agama dan Budaya, dan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian,” katanya.

Peneliti Senior Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Prof. Dr. Sutaryo, mengatakan Indonesia dan Afganistan sama-sama memiliki mayoritas penduduk muslim. Bedanya, Indonesia memiliki lebih dari 8000 jenis ragam budaya dan 5000 bahasa yang dapat dipersatukan lewat Pancasila. “Di Afganistan, bukan perkara agama, tapi kondisi politik dan sosial yang membuat mereka terbelah,” imbuhnya.

Dr. Fazal Gahani, salah seorang ketua tim delegasi afganistan mengatakan kondisi Afganistan saat ini tidak seperti yang diberitakan oleh media asing yang menyebutkan di Afganistan masih adanya perang, bom bunuh diri dan konflik antar kelompok bertikai. Padahal menurutnya setiap ulama di Afganistan dalam setiap ceramahnya selalu menyampaikan pesan pentingnya menjaga perdamaian. “Sesama ulama kita selalu mengajak semua ulama bersatu dan memberi pengertian agat rakyat juga ikut bersatu,” ujarnya.

Dia menambahkan, mayoritas rakyat Afganistan cinta damai, namun masuknya negara asing yang menjadikan konflik antar kolompok di Afganistan tidak pernah usai. Bahkan negara luar tersebut berkompetisi memperebutkan sumber ladang minyak dan gas bumi. “Banyak tambang minyak dan gas bumi yang belum dieksplorasi karena masalah keamanan,” imbuhya.

Selain mengajak ormas islam dan akademisi UGM ikut berkontribusi merealisasikan perdamaian di Afganistan, ia juga berharap UGM juga membantu pendidikan di Afganistan. Pasalnya negara ini masih kekurangan tenaga pengajart. “Kami masih kekurangan dosen dan guru, saya kira Indoneia bisa bantu dosen dan guru belajar di sini,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Shafiullah sahfi, ulama dari propinsi Nooristan yang berharap ormas Islam segera bergerak membantu perdamaian di negaranya. “Tahun 2014 tentara asing akan keluar dari Afganistan. Banyak rakyat yang senang, tapi ada juga khawatir jika tentara asing keluar, Afganistan jadi tidak aman,” katanya.

Wakil Sekjen PBNU, Abdul Munim, mengatakan 12 ulama dari Afganistan ini sengaja didatangkan ke Indonesia untuk mengetahui lebih jauh tentang Pancasila yang diyakini sebagai pemersatu kehidupan masyarakat Indonesia yang terkenal majemuk. “Mereka tahu Indonesia bisa rukum karena Pancasila. Mereka ingin belajar, karena mereka yang hanya punya satu agama saja tidak bisa rukun dan saling bertengkar,” kata Munim ditemui disela-sela memimpin kunjungan rombongan ulama Afganistan.

Selain berkunjung ke UGM, kata Munim, rombongan ulama Afganistan ini juga berkunjung ke lokasi pesantren di Surabaya dan Yogyakarta serta bertemu tokoh agama. (Humas UGM/Gusti Grehenson)


Sumber


Melihat negerinya kacau karena kekerasan atas nama agama di Afghanistan, beberapa ulama Afghanistan belajar Pancasila di Kampus UGM. Ehh, ormas2 gak jelas kayak HTI, MMI, FPI, GAM, dlsb, malah ingin manghancurkan Pancasila, digantikan dgn Syariat ala mereka (syariat itu debatable, beda2 antar ulama dlm pemahamannya). Bener2 bahlullll... emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Blue Repost emoticon-Blue Repost
bener2 balul tu ormas2 yg mengatas-namakan agama.

FPI dan konco2 nya,.... emoticon-Najis
Quote:Original Posted By basandhewa
sementara itu didunia paralel,.......emoticon-Big Grin


Sementara di dunia yang pararel, menilai PANCASILA adalah kesalahan sejarah, Bhinneka Tunggal Ika adalah warisan kebohongan, NKRI adalah thogut dan berkehendak mendirikan negara agama.

Indo2...kapan luw jadi bener?
emoticon-Cape d... (S)
Banyak amat tread kaya gini emoticon-Ngakak
Repost itu sebuah kecahatan intelektual di Kaskus.
Orang-orang Afghanistan udah bosan perang terus. Bayangkan, negeri mereka dulunya bagus dan cukup developed lho sebelum Perang dgn Sovyet, Perang Saudara, Rezim Taliban, dan Invasi AS. Total sudah 33 tahun negeri mereka dilanda konflik terus menerus:

Spoiler for "Afghanistan before Wars":

Selengkapnya: http://www.businessinsider.com/aston...ul-2013-2?op=1

Bisa saja hal yang sama terjadi di Indonesia. Karena perang saudara, Anak-cucu kita akan melihat foto-foto Indonesia tahun 2013 dan berujar, " Wah, ternyata dulu Indonesia yg ditinggali Kakek/Nenek itu bagus yah, nggak kayak sekarang semuanya hancur karena perang saudara. Coba kita masih memegang teguh Pancasila"
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
trit repost kah????

tp ane cman mo berpndapat, usir para pengacau dg dsr n dalih agama dr negri ini, tegakkan pancasila n uud 45.....
basmi orgnisai2 n media penyebar kbencian, menghasut n pemecah belah kesatuan yg nengatasnamakan agama....
syariat itu bertentangan dengan bhineka tungga ika emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By garudangangkang
Ulama Afganistan Belajar Pancasila Ke UGM
Melihat negerinya kacau karena kekerasan atas nama agama di Afghanistan, beberapa ulama Afghanistan belajar Pancasila di Kampus UGM. Ehh, ormas2 gak jelas kayak HTI, MMI, FPI, GAM, dlsb, malah ingin manghancurkan Pancasila, digantikan dgn Syariat ala mereka (syariat itu debatable, beda2 antar ulama dlm pemahamannya). Bener2 bahlullll... emoticon-Cape d... (S)


Keberterimaan Pancasila sdh terbukti ampuh.... emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By garudangangkang
Ulama Afganistan Belajar Pancasila Ke UGM



Melihat negerinya kacau karena kekerasan atas nama agama di Afghanistan, beberapa ulama Afghanistan belajar Pancasila di Kampus UGM. Ehh, ormas2 gak jelas kayak HTI, MMI, FPI, GAM, dlsb, malah ingin manghancurkan Pancasila, digantikan dgn Syariat ala mereka (syariat itu debatable, beda2 antar ulama dlm pemahamannya). Bener2 bahlullll... emoticon-Cape d... (S)



itulah INDONESIA enjoy aja...

Pancasila dan 4 Pilar Kebangsaannya harga mati yg harus dipertahankan bangsa ini klu tidak mau dipecah2 oknum munafik yg mengatasnamakan agama.
Makna baru dalam kata ironi.
malah negri kita mau niru afghanistan ... gimana cubaaaa emoticon-Cape d... (S)
Rupanya ada yg sadar juga

virus arab bahlul bahaya

hehehehhe

sebener Nye bukan krn agama yg menghancur kan suatu negeri TAPI CARA MENYIKAPI PERBEDAAN YG BIKIN HANCUR

siape lagi yg doyan ribut perkara remeh temeh selain si bahlul ?? mrk kan memang doyan berselisih trus bunuh2an ?? makanye mrk jua yg mati2an melanggengkan dongeng lagu lama sunni syiah supaya drama soap opera ini tetep laris ( baca perang trus berlanjut ) .

check aje brur yg doyan ngebom atau ngerusak kiri kanan pasti mrk jebolan atau setidak Nye fans Nye si bahlul

bagus juga nih ulama belajar ke sini supaya tau watak orang indo asli ntuh lemah gemulai beda si bahlul yg barbar karakter Nye

spt ane bilang para budak arab ini masih terlena dgn fenomena ribut di negara pujaaan hati Nye , mrk anggap spt nonton koboi LOL , ntar kejadian bener di Tanah air Nye baru dah nyesel LOL
lah ormas" bahlul di indo malah pengen kek arab
kami rindu pancasila
emoticon-I Love Indonesia
Mereka disana udah bosen ribut terus pingin belajar Pancasila malah para arab wannabe disini mengharamkan Pancasila pingin seperti mereka disono yg selalu ribut......bener2 gobloknya tuh kelompok radikal emoticon-Najis (S)
Ini ulama2 top yang sadar, mana yang baik mana yang buruk.
Mereka tahu dengan Pancasila bisa membawa kedamaian & ketentraman di Indonesia. Dan mereka nampaknya akan membawa prinsip2 Pancasila ke negeri mereka.

Jauh beda sekali dengan preman-preman berdaster yang justru membawa budaya luar masuk ke Indonesia dan malah berusaha menumbangkan Pancasila.