alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523b8fd9128b46087c000007/ulama-afganistan-belajar-pancasila-di-ugm
Ngakak 
Ulama Afganistan belajar PANCASILA di UGM
Quote:

YOGYAKARTA – Sebanyak 12 ulama terkemuka dari 12 provinsi di Afganistan berkunjung ke Kampus UGM untuk mempelajari Pancasila secara lebih mendalam. Kedatangan mereka yang dipimpin dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini berdiskusi dengan para pakar UGM untuk mengetahui lebih jauh perkembangan kehidupan toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc mengatakan kunjungan delegasi dari Afganistan ini memang sengaja untuk mempelajari Pancasila dan kehidupan multikultural masyarakat Indonesia yang bisa hidup rukun dan damai. “Sebagai negara penduduk muslim terbesar, masyarakat muslim Indonesia bisa berdampingan dengan non muslim. Bahkan Borobudur dan Prambanan adalah peninggalan agama Budha dan Hindu di sini,” kata Pratikno saat menerima kunjungan delegasi Afganistan di ruang multimedia, Kamis (19/9).

Seraya menerangkan keberadaan UGM sebagai kampus yang menampung anak-anak muda dari berbagai agama, suku, dan budaya, memiliki mandat untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa. Lebih dari itu, UGM juga diberi mandat menjaga kebudayaan, toleransi dan multikultural. “Karena itu di sini ada Pusat Studi Pancasila, Program Studi Lintas Agama dan Budaya, dan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian,” katanya.

Peneliti Senior Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Prof. Dr. Sutaryo, mengatakan Indonesia dan Afganistan sama-sama memiliki mayoritas penduduk muslim. Bedanya, Indonesia memiliki lebih dari 8000 jenis ragam budaya dan 5000 bahasa yang dapat dipersatukan lewat Pancasila. “Di Afganistan, bukan perkara agama, tapi kondisi politik dan sosial yang membuat mereka terbelah,” imbuhnya.

Dr. Fazal Gahani, salah seorang ketua tim delegasi afganistan mengatakan kondisi Afganistan saat ini tidak seperti yang diberitakan oleh media asing yang menyebutkan di Afganistan masih adanya perang, bom bunuh diri dan konflik antar kelompok bertikai. Padahal menurutnya setiap ulama di Afganistan dalam setiap ceramahnya selalu menyampaikan pesan pentingnya menjaga perdamaian. “Sesama ulama kita selalu mengajak semua ulama bersatu dan memberi pengertian agat rakyat juga ikut bersatu,” ujarnya.

Dia menambahkan, mayoritas rakyat Afganistan cinta damai, namun masuknya negara asing yang menjadikan konflik antar kolompok di Afganistan tidak pernah usai. Bahkan negara luar tersebut berkompetisi memperebutkan sumber ladang minyak dan gas bumi. “Banyak tambang minyak dan gas bumi yang belum dieksplorasi karena masalah keamanan,” imbuhya.

Selain mengajak ormas islam dan akademisi UGM ikut berkontribusi merealisasikan perdamaian di Afganistan, ia juga berharap UGM juga membantu pendidikan di Afganistan. Pasalnya negara ini masih kekurangan tenaga pengajart. “Kami masih kekurangan dosen dan guru, saya kira Indoneia bisa bantu dosen dan guru belajar di sini,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Shafiullah sahfi, ulama dari propinsi Nooristan yang berharap ormas Islam segera bergerak membantu perdamaian di negaranya. “Tahun 2014 tentara asing akan keluar dari Afganistan. Banyak rakyat yang senang, tapi ada juga khawatir jika tentara asing keluar, Afganistan jadi tidak aman,” katanya.

Wakil Sekjen PBNU, Abdul Munim, mengatakan 12 ulama dari Afganistan ini sengaja didatangkan ke Indonesia untuk mengetahui lebih jauh tentang Pancasila yang diyakini sebagai pemersatu kehidupan masyarakat Indonesia yang terkenal majemuk. “Mereka tahu Indonesia bisa rukum karena Pancasila. Mereka ingin belajar, karena mereka yang hanya punya satu agama saja tidak bisa rukun dan saling bertengkar,” kata Munim ditemui disela-sela memimpin kunjungan rombongan ulama Afganistan.

Selain berkunjung ke UGM, kata Munim, rombongan ulama Afganistan ini juga berkunjung ke lokasi pesantren di Surabaya dan Yogyakarta serta bertemu tokoh agama. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Quote:sumber
Quote:nah gini kan enak dilihat,biar afganistan melihat,negara indonesia tuh bukan negara islam, dan harus menghargai yang namanya perbedaan budaya dan suku ,karena indonesia termasuk negara multikultural yang banyak suku dan ras yang disatukan oleh Pancasila. hidup Indonesia semoga menjadi negara aman dan tentram tanpa ada pihak yang mau menguasai negara ini sebagai negara milik satu pihak sendiri saja,tapi indonesia milik semua masyarakat dari bermacam2 suku dan budaya yang ada di Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) Quote:
TS juga goblok
Kalau pemerintah afganistan dan beberapa ulama sana cukup menghargai perbedaan. Yang tidak menghargai perbedaan itu adalah taliban dan selama bertahun-tahun menjadi momok bagi pemerintah afganistan

indo itu rukun karena bineka tunggal ika emoticon-Ngakak (S):
Disini juga byk kok perongrong ganti ideologi n musuhin pancasila..,emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By fake.kaskus.id
TS juga goblok
Kalau pemerintah afganistan dan beberapa ulama sana cukup menghargai perbedaan. Yang tidak menghargai perbedaan itu adalah taliban dan selama bertahun-tahun menjadi momok bagi pemerintah afganistan


baca beritanya dulu tong emoticon-Cape d... (S)

Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc mengatakan kunjungan delegasi dari Afganistan ini memang sengaja untuk mempelajari Pancasila dan kehidupan multikultural masyarakat Indonesia yang bisa hidup rukun dan damai.

Namanya juga negara yang kena di obok obok legiun asing' amburadul jadinya
Quote:Original Posted By oakupuercoaya
indo itu rukun karena bineka tunggal ika emoticon-Ngakak (S):

indonesia rukun kalo engga ada orang2 fanatik
yang terlalu mengaggung2kan yg di anutemoticon-Malu (S)

dia mulai lapaaaaaaaaaaar... akan pengetahuan bagaimana kemajemukan bisa bergandengan. Kemajemukan bisa bergandengan kalau ada penghormatan terhadap pihak lain yg berbeda, bukan pemaksaan kehendak sendiri, merasa paling benar sendiri. Semua juga merasa dirinya benar tapi nggak perlu lah menunjuk nunjuk diri lebih tinggi yang lain salah patut diberantas. Apa salah makam, tempat ibadah, dan keyakinan orang lain sehingga perlu dirusak dibakar dikejar2 diancam dibunuh? Afganistan ini contoh yg baik bagaimana suatu negera bisa kacau padahal hanya satu agama tertentu. ternyata da satu aliran yang super merasa benar dan merasa berhak mengubah aliran orang lain untuk setuju dengan alirannya. Bahkan negara ini di FJB kaskus dihindari banyak orang... "jangan AFGAN nawarnya".
ngomong apa seh gua emoticon-Ngakak
Pancasila emoticon-kisssing
Quote:Original Posted By dylm95

indonesia rukun kalo engga ada orang2 fanatik
yang terlalu mengaggung2kan yg di anutemoticon-Malu (S)



dimari banyak yang pegang teguh pada prinsip daripada diperkosa keyakinanku lebih baik perang saudara. emoticon-Embarrassment

nah itu manusia2 kagak tahu diri yang coba2 perkosa keyakinan orang lain berarti ingin ngancurin NKRI layaknya yang (sudah)sedang terjadi di MESIR. emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By pikazu28
Namanya juga negara yang kena di obok obok legiun asing' amburadul jadinya

kenapa sih legiun asing itu datang?
sejak apa kira2 yg menyebabkan legiun asing datang...
Pancasila emang keren emoticon-Angel

Tp koq ada yg mo ganti, dodol banget emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By satrianegara77
dia mulai lapaaaaaaaaaaar... akan pengetahuan bagaimana kemajemukan bisa bergandengan. Kemajemukan bisa bergandengan kalau ada penghormatan terhadap pihak lain yg berbeda, bukan pemaksaan kehendak sendiri, merasa paling benar sendiri. Semua juga merasa dirinya benar tapi nggak perlu lah menunjuk nunjuk diri lebih tinggi yang lain salah patut diberantas. Apa salah makam, tempat ibadah, dan keyakinan orang lain sehingga perlu dirusak dibakar dikejar2 diancam dibunuh? Afganistan ini contoh yg baik bagaimana suatu negera bisa kacau padahal hanya satu agama tertentu. ternyata da satu aliran yang super merasa benar dan merasa berhak mengubah aliran orang lain untuk setuju dengan alirannya. Bahkan negara ini di FJB kaskus dihindari banyak orang... "jangan AFGAN nawarnya".
ngomong apa seh gua emoticon-Ngakak


Dia sapa gan?? Suruh makan lontong sayur aj
orang di bawah ini bisa shock berat lho emoticon-Ngakak

Ulama Afganistan belajar PANCASILA di UGM
Quote:Original Posted By pikazu28
Namanya juga negara yang kena di obok obok legiun asing' amburadul jadinya

sama bukan itu aja ,ada pihak yang sangat fanatik dengan agamanya
itu lah yang membuat perpecahan

[QUOTE=satrianegara77;523b93bc1f0bc3753e000006]dia mulai lapaaaaaaaaaaar... akan pengetahuan bagaimana kemajemukan bisa bergandengan. Kemajemukan bisa bergandengan kalau ada penghormatan terhadap pihak lain yg berbeda, bukan pemaksaan kehendak sendiri, merasa paling benar sendiri. Semua juga merasa dirinya benar tapi nggak perlu lah menunjuk nunjuk diri lebih tinggi yang lain salah patut diberantas. Apa salah makam, tempat ibadah, dan keyakinan orang lain sehingga perlu dirusak dibakar dikejar2 diancam dibunuh? Afganistan ini contoh yg baik bagaimana suatu negera bisa kacau padahal hanya satu agama tertentu. ternyata da satu aliran yang super merasa benar dan merasa berhak mengubah aliran orang lain untuk setuju dengan alirannya. Bahkan negara ini di FJB kaskus dihindari banyak orang... "jangan AFGAN nawarnya".
ngomong apa seh gua emoticon-Ngakak
[/QUOTE
niat bngt fontnya dbikin putih

Quote:Original Posted By gembel_elite
Pancasila emoticon-kisssing

ini apa sih gan ,maho jngn dmareeemoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Judess


dimari banyak yang pegang teguh pada prinsip daripada diperkosa keyakinanku lebih baik perang saudara. emoticon-Embarrassment

nah itu manusia2 kagak tahu diri yang coba2 perkosa keyakinan orang lain berarti ingin ngancurin NKRI layaknya yang (sudah)sedang terjadi di MESIR. emoticon-Embarrassment

ah sudahlah gan,orang yang sudah mentok bngt menganut pemahaman
,mo mundur gengsi ,mo maju fentungan beraksi

Quote:Original Posted By satrianegara77

kenapa sih legiun asing itu datang?
sejak apa kira2 yg menyebabkan legiun asing datang...

buat apa menyalahkan legiun asing,
tanpa adany legiun asing,kalo ada pihak yang pngn negara indonesia
milih satu pihak saja,yah indonesia jg bsa pecah wlopun tnpa adany legiun asing

Quote:Original Posted By DianAsya
Pancasila emang keren emoticon-Angel

Tp koq ada yg mo ganti, dodol banget emoticon-Cape d... (S)

tapi sayangnya buat sekolompok pihak,Pancasila dianggap
menghambat negara ini milik satu kelompok saja

Lho, bukannya sudah diharamkan oleh Ustad Ba'asyir?

Ba'asyir : Pancasila adalah Ideologi Syirik, Haram Diamalkan

Ulama Afganistan belajar PANCASILA di UGM

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Penataran P4?

Abis penataran ntar siap di ospek ya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By basandhewa
sementara itu didunia paralel,.......emoticon-Big Grin


Sementara di dunia yang pararel, menilai PANCASILA adalah kesalahan sejarah, Bhinneka Tunggal Ika adalah warisan kebohongan, NKRI adalah thogut dan berkehendak mendirikan negara agama.

Indo2...kapan luw jadi bener?
emoticon-Cape d... (S)