alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523b403ebecb172a7b000009/pemerintah-sableng-kena-pajak-barang-mewah-pesawat-made-in-bandung-lebih-mahal-50
Kesel 
(Pemerintah Sableng) Kena Pajak Barang Mewah, Pesawat Made in Bandung Lebih Mahal 50%
Kena Pajak Barang Mewah, Pesawat Made in Bandung Lebih Mahal 50%

Quote:
(Pemerintah Sableng) Kena Pajak Barang Mewah, Pesawat Made in Bandung Lebih Mahal 50%

Jakarta - BUMN industri penerbangan, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengaku harus menjual lebih mahal produknya kepada pihak swasta atau instansi di luar TNI/Polri dalam negeri. Alasannya karena setiap pembelian pesawat dan helikopter buatan PT DI oleh kena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM).

Peraturan ini membuat instansi pemerintahan di luar TNI/Polri atau perusahaan swasta Tanah Air harus membayar 50% lebih mahal dari harga seharusnya yang dijual PT DI.

"Betul kita ada kelemahan kalau jual di dalam negeri di instansi pemerintahan non TNI/Polri atau ke airlines. Ini ada PPn BM. Ini diatur UU, besarannya 50%," ucap GM Marketing Dirgantara Indonesia Arie Wibowo kepada detikFinance Selasa (30/7/2013).

Misalnya Badan SAR Nasional (Basarnas) memutuskan membeli 2 unit helikopter tipe AS-365N3+ Dauphin ke PT DI. Basarnas wajib membayar PPn BM hingga 50% ketika membeli helikopter ke PT DI, padahal kalau Basarnas membeli helikopter di luar negeri harga jauh lebih terjangkau karena tidak harus membayar pajak barang mewah.

"Kita jual 2 buah heli ke basarnas. Basarnas wajib bayar PPn BM senilai 50% dari harga heli. Itu sama saja bayar 1 heli untuk beli 2 heli. Jadinya Basarnas kalau beli di PTDI mahal," terangnya.

Ia mencontohkan harga pesawat CN295 untuk versi standar dijual US$ 39 juta per unit. Ketika pesawat ini dibeli oleh maskapai dalam negeri, pihak maskapai harus membayar lebih mahal menjadi US$ 58,5 juta per unit karena adanya PPn BM.

Kondisi ini membuat pelanggan asal dalam negeri lebih memilih membeli dari impor atau dari para pemasok produsen pesawat dan helikopter dunia. Padahal secara kualitas pesawat dan helikopter yang dibuat dan dirakit pada pabrik PT DI yang terletak di Bandung Jawa Barat tidak kalah bersaing.

"Misal Lion Air, Sriwijaya beli di PT DI jadi mahal kalau mereka pengadaan pesawat lewat luar negeri mereka nggak dikenakan PPnBM. Ini kontradiksi. Jadi animo beli pesawat di PT DI rendah karena pajak," jelasnya.

Ia pun berharap pemerintah melalui Kementerian Keuangan dapat merevisi pengenaan PPnBM untuk produk-produk strategis karya BUMN Indonesia. Hal ini jika diterapkan bisa meningkatkan daya saing produk PT DI di pasar dalam negeri.

"Jadi kita jual lebih banyak ke luar negeri karena aturan PPnBM. Paling kalau jual ke luar negeri kena PPh saja. Sementara pasar dalam negeri jauh lebih besar daripada luar negeri tapi dengan aturan ini (PPnBM) jadi sulit," tegasnya.
(feb/hen)

[URL="http://finance.detik..com/read/2013/07/30/120514/2318704/1036/"]Sumber[/URL]


Pemerintahan SBY bener-bener sinting, giliran mobil buatan pabrikan asing dibebaskan pajak, helikopter buatan bangsa sendiri kena pajak sampe 50%, emang ** SENSOR ** nih neolib-neolib kalo mau matiin produksi bangsa sendiri.

Coba ente logikakan gan... Bener bikin emosi kebijakan2 pemerintah itu. Gimana negara bisa maju kalau begini caranya. emoticon-Cape d... (S)
gak heran, mobil murah mentok2 ratusan juta, ayam di pasar udah nembus 40rb...
pemirintah diampuut, bukan majuin industri dlam negri malah matiin emoticon-Mad (S)
negeri salah urus, mudah2an tahun depan ada perubahan...
negara yang kacau balau... mobil murah karena ada pengurangan pajak... eh.. pesawat buatan dalam negri malah pajaknya dimahalin...
emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)

jangan pilih lagi mereka yang sudah duduk dipemerintahan ini 2014 nanti .. emoticon-Mad (S)
pingin menganut politik dumping x emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)

tapi malah kebanjiran barang dumping dari luar emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By lontongputih
negara yang kacau balau... mobil murah karena ada pengurangan pajak... eh.. pesawat buatan dalam negri malah pajaknya dimahalin...
emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)

jangan pilih lagi mereka yang sudah duduk dipemerintahan ini 2014 nanti .. emoticon-Mad (S)


sepakat, pemilu bsk gak usah milih para pejabat bego yg skrg
pimpinannya aja kebo, bawahannya koeng racun semua emoticon-Cape d... (S)
kebijaksanaan pemerintahan kita kok aneh2 ya? emoticon-Bingung (S)
atau ane yang gk ngerti? emoticon-Bingung (S)
pemerintah skrg makin deket akhir kekuasaanya makin keliatan sifat aslinya gan emoticon-Berduka (S)
ayam kampus kena pajak barang mewah gak...????
koq harganya agak fluktuatif akhir-2 ini sejak kasus daging sapi & pushtun bertebaran di berita
MAKAN TUH HATTANOMICS BAN, PAK UBAN!!

ngurus anak sendiri aja ga becus, ini malah mau ikut2an ngurusin negara emoticon-Mad
Quote:Original Posted By samtputra
ayam kampus kena pajak barang mewah gak...????
koq harganya agak fluktuatif akhir-2 ini sejak kasus daging sapi & pushtun bertebaran di berita


Hah? Di sini kok barang begituan dah langka yah gan padahal dulu isu2nya rame.

Ini yang cacat hukumnya apa menterinya apa bossnya menterinya sih? Emg itu pesawat barang mewah yah?
Quote:Original Posted By Jimmydog2


Hah? Di sini kok barang begituan dah langka yah gan padahal dulu isu2nya rame.

Ini yang cacat hukumnya apa menterinya apa bossnya menterinya sih? Emg itu pesawat barang mewah yah?

rakyat hanya dpr menerima dengan lapang dada..... apalagi klo ada yg toge.....emoticon-Matabelo
berita expired more than 15 days not my age

btw, emoticon-fuck government, malak doang jagonya
gw nga bisa mikir, kenapa pemerintah kita makin lama makin goblok sejadi jadinya ... kok bisa produk dalam negeri di jual lebih mahal di negeri sendiri ?
gobloknya benar2 ajaib
emang dah negara yang rusak,pemerintah yang sinting
nanti kalau PT DI udah bisa bikin sekelas Gulfstream G650 boleh deh pemerintah ngenain PPnBM

sekarang baru bisa bikin pesawat turboprop yg kalo bisa terbang aja udah alhamduillah ya jangan...
ini nih yang membuat negara kita gak akan pernah maju, untuk negara sendiri kok kena pajaknya sampe 50% ? barang mewah dari luar negeri juga tidak sampai segitu emoticon-Cape deeehh
bisa di bilang pengambil keputusaan nya otak nya di dengkul....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Najis