rezamobil
TS
rezamobil
Toyota Sports 800 (Yotahachi, UP-15) Mobil Sport Pertama Toyota
Semoga gak repost (ud ane search). Langsung aja deh..
Ini dia nenek moyangnya Toyota 2000GT, Toyota AE86, Toyota MR-2, serta mobil sport terbaru Toyota. Toyota 86
Toyota Sports 800


Tahun Produksi: 1965-69
Kelas: Mobil Sport
Bentuk body: Coupe 2 pintu & Roadster 2 pintu
Konfigurasi penggerak: Mesin didepan, penggerak roda belakang (FR)
Mesin: 2U-B H2 (mesin flat-2) 790cc
Panjang: 3,580 mm
Lebar: 1,465 mm
Tinggi: 1,176 mm
Berat keseluruhan: 580 kg

Toyota Sports 800 (UP-15) adalah mobil sport pertama produksi Toyota. Konsepnya berasal dr Toyota Publica Sports yg dipamerkan di Tokyo Motor Show 1962. Dgn pintu bergaya sliding (geser ke belakang) mesin bertenaga 28 hp dr Toyota Publica 700


Sejarah
Toyota Sports 800 sering disebut "Yota-Hachi". Kependekan dr Toyota 8.
Toyota Sports 800 mulai diproduksi di tahun 1965. Dgn perubahan di mesin (dr 700cc ke 800cc). Tenaganya jg ditingkatkan dr 21 PS menjadi 45 PS (karena karburator ganda). Mesinnya jg mempengaruhi & mencukupi kekuatan lampu mobil tsb. Di perkotaan bisa 70 km/j. Sedangkan di sirkuit menjadi 160 km/j. Mobil ini diproduksi tepat besamaan dgn Honda S500 (mobil pertama Honda). Toyota Sports 800 bersaing dgn mobil sport kecil lainnya seperti Datsun Fairlady & Daihatsu Compagno. Toyota Sports 800 dijual di jaringan Toyota Public Store bersama Publica

Desain
Toyota Sports 800 didesain oleh insinyur Toyota Tatsuo Hasegawa. Sedangkan aerodinamikanya didesain dr seorang desainer pinjaman Datsun Shozo Sato.
Toyota Sports 800 menjadi salah satu mobil pertama dgn atap yg bisa dibuka tengahnya (targa top. Seperti varian Porsche versi targa)


Produksi
Toyota Sports 800 diproduksi sekitar 3,131 ditahun 1965-1969 di Kanto Auto Works. Saat ini hanya 10% yg masih ada. Kebanyakan di Jepang. 2 diantaranya ada di Indonesia (hibahan dr Jepang).
Tabel Produksi
1965: 1,235
1966: 703
1967: 538
1968: 440
1969: 225
Dari 3,131 yg diproduksi, 300 diantaranya bersetir kiri untuk pasar Okinawa (karena Okinawa merupakan jajahan AS, jadi disana bersetir kiri. Maaf gan kl salah). Beberapanya jg diinpor ke AS utk mobil tes saja. Karena Toyota tidak mengekspornya ke pasar Amerika

Perbedaan
Perbedaan desain terjadi di tahun 1967. Gear non-synchro menjadi synchro gear dan ditahun 1968 benper & grilenya berubah desain & 1969 adanya lampu samping. Body mobilnya tidak berubah

Mesin
2U maksudnya adalah mesin pendingin udara 2 silinder boxer (flat) 790 cc. 2U diproduksi dr tahun 1965-1969. Sedangkan mesin yg lebih modern 2U-B diproduksi 1966-1976 (mesin ini jg digunakan utk beberapa mobil Toyota).

Berat
Berat mobil berkurang berkat digunakannya aluminium di beberapa body panel & konsrtuksi unibodynya menggunakan baja. Diawal-awal produksi seat frame terbuat dr aluminium.

Gambar:



Segini dl dr ane. Kl ada salah nanti kedepannya ane perbaiki lg..

Tlngemoticon-Rate 5 Star & emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Menolakemoticon-Blue Guy Bata (L)

Gambar & info akan ane update kl ada waktu. Terima kasih gan...

Sumber gambar: www.cartype.com/pages/786/toyota_sports_800__1969
Sumber info (diuraikan ke bahasa indonesia menurut ane sendiri):
en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_Sports_800
Diubah oleh rezamobil 15-09-2013 13:12
0
5.4K
9
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan