alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522efb393c118e9c5900000c/penderita-buta-warna-jangan-menyerah-gan-nih-salah-satu-solusinya
Poll: Apakah anda buta warna?

This poll is closed - 1 Voters

View Poll
Ya 100% (1 votes)
Tidak 0% (0 votes)
Thumbs up 
Penderita buta warna? Jangan menyerah gan (nih salah satu solusinya)
Misi gan, disini ane cuma pengen ngeluarin uneg2 ane masalah cacat bawaan yang namanya buta warna/blind color. Moga2 ga emoticon-Blue Repost ya gan, dan mohon maaf jika emoticon-Salah Kamar. Silahkan momod/mimin hapus thread ini.

Jadi gini, ceritanya ane punya cacat bawaan buta warna, tapi baru ketahuan pas ane masuk STM dulu gan. Untungnya ane ngambilnya jurusan otomotif gan, jadinya ga ada masalah dengan itu. Trus lulus STM, ane lanjutin kuliah teknik mesin di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogjakarta.

Pertama kali kerja, ane ngelamar di salah satu perusahaan swasta di Surabaya, ga ada masalah sama sekali dengan tes kesehatan masalah buta warna, sampe akhirnya ane pindah kerja ke Jawa Barat. Mulai disini nih ane kena masalah, karena pas tes medical emang bener tuh dilaporin ane buta warna parsial sama petugas lab nya, langsung ke perusahaan tempat ane ngelamar kerja, alhasil ane dipanggil untuk di tes sendiri sama user, setidaknya untuk ngebedain beberapa layer warna di gambar CAD. Untungnya makanan ane sehari-hari make CAD gan, jadinya sama sekali ga ada masalah dengan ini, dan akhirnya kekurangan ane dapat diterima dengan catatan di perusahaan tersebut.

Masalah baru muncul, ketika ane ngeliat beberapa lowongan perusahaan yang terkesan anti dengan buta warna, walau parsial hijau-merah sekalipun. Buat agan2 yang belum tau, mungkin dalam pikiran agan buta warna adalah penglihatan hitam-putih aja. Tapi saya bantah dengan tegas, anda SALAH!!!
Coba lihat thread dari agan ini., atau [URL=""]post nya agan ini nih.[/URL]

Penderita buta warna kebanyakan akan bingung melihat warna2 muda yang identik dengan merah dan hijau, selain kedua warna tersebut ga ada masalah sama sekali.

Ok, ane setuju dengan beberapa bidang yang memang anti terhadap orang buta warna, seperti bidang kimia, pilot, design graphic, dan lain sebagainya. Tapi menurut ane, masalah seperti ini bisa diatasi, kalo emang otak encer ngapain ngeributin masalah buta warna? Bukankah cacat mata yang satu ini sama aja dengan kelainan lensa mata yang mengharuskan kita menggunakan lensa bantu (baca: kacamata). Rasanya ga adil memang, karena sampai sekarang belum ada alat sesederhana kacamata minus / plus untuk penderita buta warna.

Nah, karena kekecewaan ini, ane akhirnya berpikir, bisa ga ya pakai alat bantu untuk si penderita? Dan secara kebetulan, ane nemuin program bagus banget buat penderita buta warna. Fungsi program tersebut adalah menyaring warna2 tertentu dan menampilkannya dengan lebih kontras sehingga mudah terlihat (fungsinya sama persis dengan kacamata plus / minus yang menggunakan lensa untuk menyesuaikan cahaya agar mata dapat melihat lebih jelas).

Spoiler for tes ishihara sample:

Pada gambar di atas, penderita buta warna akan kesulitan untuk melihat apa yang ada didalam lingkaran warna itu. Tapi dengan filter warna penderita buta warna (dan mata normal) akan lebih mudah melihat apa yang tersembunyi didalam tes tersebut.

Spoiler for Bukti:


Jadi dari kesimpulan diatas, ane mau protes sama orang2 yang selama ini beranggapan buta warna adalah aib manusia, sampe2 syarat tidak buta warna ditulis dengan sangat lugas dan tegas pada beberapa lowongan pekerjaan (termasuk CPNS) walaupun sebenarnya pekerjaan yang dilakukan didalamnya sebenarnya tidak terlalu banyak berhubungan dengan warna-warna. Karena menurut ane, cacat ini sama aja dengan kelainan mata plus/minus. Jadi buat yang buta warna, jangan pernah menyerah. Ane yakin, suatu saat akan ada tools sesederhana kacamata bagi penderita cacat seperti kita.

Maaf kalo nubitol buat thread yang agak berantakan gan, hanya ingin nyemangatin diri sendiri aja biar hidup lebih hidup, syukur2 ada yang termotivasi dengan thread ini. Mohon maaf jika ada salah2 kata, moga2 ane ga ditimpuk emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Ngakak

emoticon-I Love IndonesiaHIDUP BUTA WARNAemoticon-I Love Indonesia

Salam....
reserved
gan sofwarenya dapet darimana??
gua juga buta warna nihh kata dokternya buta warna sebelah pas test masuk smk di suruh bawa surat dokter dinyatakan tidak buta warna jadi kalo di test pake begituan susah tapi kalo warna" di pisah mah tau semua