alexa-tracking

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522bfc1dbbf87bbf1f000018/cara-memasak-mie-instan-yang-sehat
Cara Memasak Mie Instan yang Sehat
Selamat Datang di Thread Saya emoticon-Rate 5 Star

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat

Siapa yang tidak suka makan mie instan?dengan pembuatan yang mudah dan rasa yang lumayan enak,cukup mengganjal perut kita sewaktu lapar. Masyarakat Indonesia termasuk yang paling banyak mengonsumsi mie instan.

Tahukah kamu bahan apa saja yang ada pada mie instan??
Inilah 2 bahan yang sangat berbahaya dalam mie instan.

1.MSG(Mono Sodium Glutamat)

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat

Msg adalah Garam natrium dari Asam glutamat yang merupakan salah satu Asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami. Biasanya zat ini ditambahkan ke dalam makanan agar lebih lezat,tapi harus ditambahkan bahan lain seperti sayuran,daging,dll. Zat ini sangat berbahaya bagi tubuh. (wikipedia)


2.Tartazin

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat

Tartazin (dikenal juga sebagai E102 atau FD&C yellow 5) adalah pewarna kuning lemon sintesis yang umumnya digunakan sebagai pewarna makanan. Zat ini banyak ditemukan pada minuman ringan,puding,keripik,sereal,kue,sup,saus,es krim,permen,jeli,dan masih banyak lagi (wikipedia)

Lalu apa solusi dari permasalahan di atas??

Mengingat negara Indonesia banyak yang mengonsumsi mie instan,rasanya mie instan sudah sangat akrab sekali dengan kita. Jadi untuk memasak mie dengan betul,bisa lihat cara di bawah ini.

1.Bagaimana cara kalian memasak mie?? apakah hanya dengan merebus air,memasukkan bumbu,dan mie??kalau cara ini yang kalian lakukan,biasanya kemungkinan tartazin juga akan tercampur ke dalam kuah mie yang kalian buat. Lalu bagaimana cara menghilangkan tartazin pada mie?

Rebus air sampai mendidih
Campurkan mie dalam air yang mendidih
Nanti kalian akan melihat warna air berubah menjadi keruh. Itu akibat dari tartazin yang telah terurai ke dalam air. Buanglah air tersebut,lalu letakkan mie ke dalam piring.

2.Rebuslah sayuran seperti sawi,daun sop,dll. Campurkan ke dalam mie. Jika ingin mie dengan kuah, tambahkan air panas.

3.Kalau bisa ganti bumbu mie dengan garam, bawang merah, bawang bombay, bakso, dll. Bisa juga ditambah saus biar ada sedikit rasa pedas. Tapi jika kamu tidak ingin melakukan hal itu, maka ikuti langkah yang keempat.

4.Perbanyaklah minum air putih. Guru biologi saya pernah bilang, MSG akan menumpuk dalam tubuh kita dan bisa hilang dalam 1 minggu jika kamu banyak minum air putih. Bisa dibayangkan jika kamu konsumsi mie instan setiap hari, berapa banyak MSG yang menumpuk dalam tubuh kamu??

Sebenarnya cara di atas juga tidak terlalu menjamin gan, tapi setidaknya bisa mengurangi efek samping dari bahan-bahan yang terkandung dalam mie instan. Akan tetapi, lebih baik kita kurangin atau tidak konsumsi mie instan gan supaya lebih sehat.

Sekian thread ane gan, semoga bermanfaat bagi yang membaca emoticon-Salaman

Baca info kesehatan di bawah ini juga yuk

Bahaya dan Manfaat Minum Air Putih

Teh Celup itu Berbahaya??

sumber artikel blog saya: http://how-yourblog.blogspot.com/201...gan-benar.html
sangat bermanfaat...

mlshnya ane pecinta mie emoticon-Wink
Quote:


hahaha harus dijaga tu gan..
Thread yg bermanfaat
Lho bukannya beli mi instan itu karena mi itu berbumbu spesial. Kalau pakai cara di atas, ya beli mi telor kering polosan saja, tambahkan garam merica minyak kecap manis sendiri.

Lagipula bahan2 yang terkandung dalam mi instan itu sudah sesuai dengan batas aman untuk dikonsumsi, makanan yang ada di pinggir jalan seperti saos yang sangat merah itu justru lebih berbahaya. Kalau kasih MSG pun bisa 1 sendok penuh, yang mana lebih banyak dari bumbu mi instan yang kita masak sendiri.

Selain itu vitamin dan mineral yang ditambahkan dalam mi instan (vit a, b kompleks, zat besi, dll) bisa hilang kalau air dibuang dan bumbu tidak dipakai. Lapisan lilin yang sempat dipermasalahkan pun tidak sama dengan bahan dari lilin untuk penerangan ruangan gelap.
Quote:



Lho bukannya beli mi instan itu karena mi itu berbumbu spesial. Kalau pakai cara di atas, ya beli mi telor kering polosan saja, tambahkan garam merica minyak kecap manis sendiri.

ada saya bilng gk boleh pke bumbu gan?? coba deh baca yg ini baik baik ya gan >> Kalau bisa ganti bumbu mie dengan garam, bawang merah, bawang bombay, bakso, dll. Bisa juga ditambah saus biar ada sedikit rasa pedas. Tapi jika kamu tidak ingin melakukan hal itu, maka ikuti langkah yang keempat. saya tidak melarang, tp saya memberikan solusi yg lebih baik. gak smuanya suka mie telor gan!!

Lagipula bahan2 yang terkandung dalam mi instan itu sudah sesuai dengan batas aman untuk dikonsumsi

Bisa kasih buktinya gan kalau bumbu yg trkndung itu aman??

Penelitian di Indonesia yang dilakukan oleh Dr. Iwan T. Budiarso yang hasilnya yaitu : anak Ayam dan Anak Bebek yang diberi MSG itu mati. Sedangkan anak Ayam yang sudah agak besar seperti yang dibius, jalannya tidak normal, dan rupa-rupa gejala lainnya.

Masih banyak penilitian-penelitan yang membuktikan bahwa MSG itu positif menimbulkan kelainan terhadap hewan-hewan yang dibuat percobaan. sumber
klo bumbunya dibuang rasanya gak ada nikmatnya makan mie instan, klo dibumbuin kayak begitu ya mending beli mie goreng pinggir jalan aja, kok repot2

btw indonesia tekenal juga lo dengan mie instannya di luar negeri, kayak yang baru2 ni kunjungan presiden di kazakhstan, indonesia mendapat pujian gara2 mie instannya yang banyak dikonsumsi oleh penduduknya (kazakstan) emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
yups, betul sekali gan.. klo mie sebaikny tdk dkonsumsi setiap hari.. dampaknya memang tdk drasakan skg, tpi mungkin nnti seiring brjlan nya wktu akan trasa... bukti yg nyata skg rumah sakit2 stiap hari penuh pasien... ya salah satu penyebab trbyk adalah tdk bisa mengatur pola makan yg baik.. trlena dengan makanan2 siap saji/ instan..

coba deh liat nenek2 ato kakek2 kita gan.. mereka bahkan sampai sudah berumur tdk sering sakit dan bhkan ada gigi nya yg masih bagus tuh gan...
Quote:


tp gk smua orang gan, mw bli bli di pinggir jalan. saya buat thread ini krna tau bahwa mie instran itu sngat trkenal di indonesia...
Quote:


judul thread ini adalah cara memasak mie instan yang sehat, silahkan dicerna sendiri arti dari judul thread ini. Dan pernyataan terakhir: "gak semuanya suka mie telor"...juga pernyataan "gk smua orang gan, mw bli bli di pinggir jalan." -> lucu banget bisa diketawain anak SMA lho.

Quote:


Sudah terdaftar di BPOM, silahkan cek sendiri di BPOM. Kalo gw males cari bukti sendiri, karena dulu sudah pernah dibuktikan waktu ada kasus Indomie di Taiwan, sampai dicek secara keseluruhan ternyata masih ada dalam batas aman menurut standar internasional, bukan standar Taiwan. Beritanya silakan googling sendiri.

Quote:


Jadi kamu anak ayam atau anak bebek? jk lho ya jangan dimasukin ke hati. Tanggapan serius dari pernyataan di atas: Sudah tanya langsung ke Dr. Iwan T Budiarso? Berapa nomor teleponnya? Di mana alamat yang bisa dihubungi? Banyak kasus hoax mencatut nama peneliti. MSG di kalangan peneliti dan ahli kesehatan masih ada pro dan kontra ada yang setuju dan ada yang membantah dampaknya terhadap kesehatan.

Yang penting makan mi instan hanya sebagai makanan tambahan, di luar makan besar 3x sehari. Seminggu max 2x saja. Perbanyak makan sayur dan buah segar (bukan jus buah lho ya).
Quote:


Tuh kan, kalau bumbu dibuang buat apa beli mi instan, mending beli mi di mal saja.. (abis ini TS bilang gini: "gak semua orang mw beli mi di mal" emoticon-Ngakak). Atau bikin mi sendiri (Terus TS bilang gini "gak semua orang mw repot2 bikin mi sendiri emoticon-Ngakak)

Setuju bgt gan, mie instan itu gak bagus, kebetulan cara memasak mie instan kayak begitu dah ane jalanin, trus kalo bumbunya ane masih pake cuma dikiiiit aja..
Pokoknya makan mie instan itu kalo lagi kepepet sama lagi kepengeen bgt hehhee..
Kalo kata dr phaidon, makan mie instan iyu menyebabkan penyakit PALUGADA : apa lo mau ada hehehe.. emoticon-Smilie)😄😄
Quote:


oke gan, terima kasih yaa info'a. gw ngakuin gw salah. gw td niat buat thread ini krna mie instan itu sangat terkenal gan, kalau mie telor kan mahal belinya dan kyknya gak semua orang suka. soalnya keluarga gw juga bnyk yang gak suka, sdngkan mie instan cuma 1500 dan bnyk diminati. krna kbutuhan akan mie instan itu sangat banyak, makanya gw kasih tahu cara masak yang benarnya. Tapi setelah gw cek seperti yang agan bilang, ternyata MSG itu mmng aman untuk digunakan, asal jangan berlebihan, buktinya gw dpt dari artikel ini Bukti MSG itu tidak Berbahaya.
nice inpoh gan
emg sih gan yang instan2 ga baik, ya tapi rame aja yg suka, secara emang praktis & hemat energi, tapi ya dampak nya ngeri emoticon-Takut
Quote:


setelah ane cari gan ternyata MSG itu tidak berbahaya, asl tidak digunakan secara berlebihan. ada di komentar atas tu gan buktinya
masukan nich bagi yg suka mie
ternyataa bahaya juga gan emoticon-Takut ane salah satu mi goreng addict ane suka bgt sama mi goreng dan itu susah bgt bwt di ilangin emoticon-Sorry
Quote:


pelan-pelan aja gan, jngn lngsung gk makan mie lagi. yg pnting dikurangin perlahan-lahan aja
sudah tau gan, tapi dasar ane pecinta mie, ya pasti tetep 1, 2 kali lah dalam seminggu makannya,,hihihiih
thanks infonya gan,.. berguna banget buat ane yang doyan mie instan... emoticon-Cendol (S)