alexa-tracking

5 tips agar jangan sekali pun pernah berurusan dengan polisi China

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522b7f681cd719be5b000005/5-tips-agar-jangan-sekali-pun-pernah-berurusan-dengan-polisi-china
5 tips agar jangan sekali pun pernah berurusan dengan polisi China
Jangan Sekali pun Pernah Berurusan dengan Polisi China
By Mathias Hariyadi on September 3, 2013

5 tips agar jangan sekali pun pernah berurusan dengan polisi China

Ini nasehat praktis yang saya dengar di Kedutaan Besar RI di Beijing, saat kami bertiga mampir bersilahturami dengan para diplomat kita di sana. Meski bukan merupakan sebuah pernyataan resmi, namun lebih sebagai ‘nasehat’ atau ‘wanti-wanti’ dari mereka yang benar-benar tahu kondisi lapangan di Ibukota China ini.

“Wis Mas, pokoke ojo nganti duwe po gawe urusan karo polisi Beijing,” begitu kata mereka kepada saya yang waktu itu nongkrong ngobrol di sebuah sudut di KBRI Beijing.

Intinya, teman-teman di KBRI Beijing ini menasehati kami bertiga agar jangan berbuat ‘jahat’ atau melakukan kesalahan fatal seperti pelanggaran hukum apa pun hingga akhirnya harus berurusan dengan polisi. “Sudahlah, pokoknya jangan sampai ada urusan dengan polisi,” kata mereka dengan mimik serius.

Ucapan bernada mewanti-wanti ini diucapkan tidak sembarangan. Dia tidak sedang berkelakar atau membuat jokes, melainkan dari pengalamannya hidup di Beijing lebih dari 18 tahun. Jadi, dia tahu betul risikonya kalau akhirnya harus berurusan dengan polisi karena pelanggaran hukum.

Dipermak abis

Bapak dua orang anak ini lalu memberikan beberapa tips praktis di China agar jangan pernah sekali pun berurusan dengan polisi. Itu karena polisi di China punya sikap tegas. Mereka tidak akan pandang bulu dalam melakukan proses verbal untuk melakukan penyidikan atas perkara pelanggaran hukum dalam bentuk apa pun.

“Entah itu turis asing atau warga lokal, kalau salah ya digaruk (ditangkap),” kata dia.

“Sanksi apa lagi?,” tanya saya dengan penuh penasaran.

“Ya …mau apa lagi, kalau tidak dipermak sekalian,” jawabnya enteng namun tegas.

Sudah jelas di sini, permak dalam bahasa polisi berarti ‘digebukin’. Ini persis sama ketika Indonesia belum menapaki tahun-tahun reformasi dimana penyiksaan fisik amat mewarnai proses penyidikan polisi terhadap oknum-oknum kriminal.

Di China, ketika hukum menjadi panglima dan kepastian hukum dipandang sangat krusial untuk penataan sosial yang lebih mantap dan stabil, sangat bisa dimengerti bahwa permak tubuh menjadi bagian penting dari upaya menimbulkan efek jera terhadap pelanggar hukum.

Berikut ini beberapa tips ‘wanti-wanti’ agar sebagai turis asing kita jangan sampai berurusan dengan aparat penegak hukum (polisi) di China.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
nice inpo gan emoticon-shakehand
thx emoticon-Angkat Beer
kayaknya dimana2 semuanya sama, intinya jangan berani berbuat kalau tiak mau memperoleh akibatnya emoticon-army:
wah nice inpo gan...
emoticon-Matabelo

Nyimak dah.. ane mau ke sana soalnya hehe..



Original Posted by
deoreynaldo
bagus dan keren gan emang oke thread Agan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Jual Ikat Pinggang 100% Handmade. Minat? Klik Aja Gambarnya ^^
5 tips agar jangan sekali pun pernah berurusan dengan polisi China
negara china kan di makmurkan oleh indonesia juga kasus blbi koruptor kelas kakap yang kabur ke cina.
China stRonghggg
sangat tegas di sana