alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228dc0618cb17a24d000008/muscle-car-lover-masuk
Muscle Car Lover Masuk
Mudah-mudahan gak emoticon-Blue Repost

Spoiler for buka:


Spoiler for buka lagi:


Spoiler for lagi:


Siapa yang tidak mengenal mobil holden ?
Sedan bongsor yang masuk ke Tanah Air sejak 1960 ini memang termasuk mobil retro yang memiliki sejarah panjang. Tampangnya yang gagah serta cenderung menyerupai mobil retro berotot ala American Muscle Car, membuat mobil ini tidak pernah kekurangan penggemarnya di Indonesia.

Maraknya trend mobil retro dan mobil klasik di dunia otomotif tanah air, seperti membangunkan “singa” yang menjadi lambang mobil holden ini. Ditambah dengan film “Fast & Furious”, yang mencapai box office,turut andil dalam mempopulerkan kembali mobil Holden retro ini. Film Fast & Furious merupakan bagian keempat dari franchise film produksi Universal Pictures ini. Diawali dengan “The Fast and The Furious”, dilanjutkan dengan “2 Fast 2 Furious“, dan terakhir “The Fast and The Furious: Tokyo Drift“. Daya tarik utama film ini adalah adalah alur ceritanya yang bergulir cepat dan dijejali banyak action scene berupa kebut-kebutan di jalan raya penuh mobil dan pejalan kaki, juga di dalam terowongan dan tambang, dengan menggunakan mobil-mobil amerika yang disebut muscle car.

Sejarah mobil Holden sendiri di mulai pada tahun 1856 oleh James Alexander Holden mendirikan perusahaan yg bergerak di bidang pembuatan sadel kulit di di sudut King William Street Rundle dan di Adelaide, Australia Selatan.

Pada tahun 1885 bekerja sama dengan pembuat kereta kuda bernama Henry Adolf Frost membentuk perusahaan terkenal bernama “Holden dan Frost”

Pada tahun 1910, Holden & Frost mencoba mengotak-ngatik kendaraan bermotor dan tahun 1914 untuk pertama kalinya mencoba membuat body mobil untuk di pasangkan dengan rangka mobil bermerek “Lancia”. Percobaan ini berjalan sukses dan akhirnya Holden & Frost mendapat order cukup besar dari perusahaan mobil “Dodge” yang ironisnya akan menjadi saingan utama

Pada tahun 1917, saat Perang Dunia Pertama yang melibatkan hampir semua industri di inggris, pemerintahan Australia telah melakukan embargo kepada amerika dengan melarang semua jenis impor lengkap kendaraan bermotor

Kondisi ini, serta sulitnya menyimpanan barang impor, menyebabkan impor rangka kendaraan sangat dibatasi.Kebutuhan akan kendaraan bermotor yang terus meningkat menyebabkan agen-agen kendaraan yang tadinya menggunakan rangka impor, mulai melirik perusahaan-perusahaan lokal untuk memproduksi rangka berikut bodi.

Tahun 1919, Edward Wheeldon Holden mendaftarkan “Holden’s Motor Body Builders” sebagai perusahaan yang khusus bergerak di pembuatan bodi kendaraan bermotor.

Awalnya,perusahaan ini membangun bodi untuk Overland, Chevrolet, Durant, Hupmobile dan Dodge. Perusahaan ini berkembang sangat cepat, empat tahun setelah produk pertama, telah dapat memproduksi lebih dari 12.000 bodi per tahun.

Pada tahun 1924 “Holden’s Motor Body Builders” Australia menjadi satu-satunya perusahaan pembuat bodi kendaraan, yang dibuat atas pesanan General Motors. Dengan total kapasitas produksi lebih dari 22.000 bodi (lebih dari 11.000 bodi dibuat untuk GM).

Pada tahun 1928, George Rayner Hoff merancang symbol yang akan digunakan untuk semua produksi kendaraan bermotor produksi dari Holden’s Motor Body Builder ini, berupa “singa dan batu” yang melambangkan legenda manusia yang menciptakan roda. Simbol ini bertahan hingga sekarang ini walaupun telah beberapa kali mengalami penyempurnaan.

Pada tahun 1930 terjadi krisis ekonomi global, yang menyebabkan turunnya produksi. Dan pada tahun 1931, Holden’s Motor Body Builders menjual sahamnya kepada General Motor Amerika di Australia dan mengganti namanya menjadi General Motors -Holdens. Upaya ini bukan sepenuhnya untuk mencari keuntungan, akan tetapi lebih kepada tindakan pemerintah Australia untuk membekukan uang agar modal yang ada tidak lari ke luar negeri.

Pada tahun 1934, Larry Hartnett (yang nantinya di beri gelar sebagai Sir Laurence Hartnett) telah dikirim ke Australia oleh GM sebagai Managing Director perusahaan ini.Pada tahun 1935, perekonomian dunia mulai pulih dan di bawah kepemimpinan Larry Hartnett, GM-Holden berhasil kembali menaikkan produksinya.

Setahun kemudian, Larry Hartnett mulai merencanakan produksi yang seluruhnya benar-benar produk asli Australia, namun kembali terjadi perang dunia ke dua, yang akhirnya menghentikan proyek ini. Setelah perang selesai, Pemerintah Australia kembali melanjutkan proyek ini dan telah menawarkan ke seluruh perusahaan yang ada di Australia, akan tetapi hanya satu perusahaan yang mampu yaitu tetap General Motors Holdens.

Hari ini, hampir setiap generasi di Australia memiliki Holden, dan dapat dikatakan bahwa “holden” telah menjadi mobil favorit di Australia.

Di Indonesia sendiri, mobil Holden di impor sejak awal tahun 1960an. Tercatat Agen Tunggal Pemegang Merk yang menjual berbagai varian Holden terakhir adalah PT Indauda (Udatimex). Sampai saat ini, jumlah penggemar mobil holden retro ini tak pernah berkurang. Berbagai varian Holden pun masih terlihat lalu lalang di sepanjang jalan, mulai dari keluaran 60-an hingga 80-an seperti Special, Kingswood, Premiere, Statesman, Torana, Monaro, Sunbird, Comodore, Aska, Camira, Gemini dan Calais.

Ada yang sekedar memakai karena memang kekuatan dan kehandalan mobil retro ini sudah teruji. Ada juga penggemar yang memang fantik dengan kendaraan ini dan akhirnya menjadikan mobil holden retro ini sebagai koleksi serta membentuk komunitas tersendiri.

Berbagai aliran mereka terapkan pada mobil Holden retro ini seperti aliran original atau modifikasi.Bagi penggemar modifikasi, aliran ini bisa jadi sesuatu yang personal, bahkan cenderung menunjukkan sisi narsisme atau representasi pribadi, akan tetapi tetap saja membutuhkan klub atau komunitas sebagai wadah bertukar informasi serta bersosialisasi sesama anggota.

Spoiler for tambahin:


Spoiler for lagii:


Spoiler for lagiiii:
Pertamax...

Gak ah, ane pake shell aja
dulu tetangga sebelah rumah,, punya yg kaya gitu Gan..
ane seneng bgt ngeliatinnya.
tp semenjak dia meninggal, mobiLnya malah dijual ama anaknya..
emoticon-Sorry

coba kalo tawarin ke ane,, pasti ane cicil deh, 20 tahun...
emoticon-Malu (S)
apaan ni ? emoticon-cystg
keren gan mobil ny emoticon-Belo
jadul tapi macho emoticon-Belo
Ane juga suka gan sama holden.. Apalagi yang belmont pick up emoticon-Cool
Paling sukaa sm Mustang GTO, body keren mesin garang..
Kereen daaahh.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hendr4blu3tigy
Ane juga suka gan sama holden.. Apalagi yang belmont pick up emoticon-Cool


Sama..berhubung ane berkeluarga, belmont g cocok buat ane.. Cuma muat 3 orang doang di depan.. Ortu sama mertua ane, ane yaruh di bak gitu.. Ntar malah disangkain kambing gan.. emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By nanda..
Paling sukaa sm Mustang GTO, body keren mesin garang..
Kereen daaahh.. emoticon-Big Grin


Mahal gan.. Ini masih terjangkau.. emoticon-Malu
Quote:Original Posted By RslNda


Sama..berhubung ane berkeluarga, belmont g cocok buat ane.. Cuma muat 3 orang doang di depan.. Ortu sama mertua ane, ane yaruh di bak gitu.. Ntar malah disangkain kambing gan.. emoticon-Ngacir2


Dipasangin terpal aja gan belakangnya .. emoticon-Ngakak

Indonesian muscle cars

Gaan, nimbrung ya..
Kbetulan ane juga penggemar berat muscle cars, dan memang mnyadari kayaknya susah dibeli disini, selain harga2xnya selangit, jenis2x mobilnya pun sangat terbatas ada di Indo.
Agar cita2x ane terpenuhi utk memiliki muscle cars maka;
Akhirya skarang ini ane mau mnciptakan yg namanya "Indonesian muscle cars"

..Hah?? apaan?? gimanee? Indonesian muscle cars??

Hehe.....iya! jadi maksud ane, ane mau mbangun n mwujudkan penggemar mobil muscle, khususnya di Indonesia, utk tetap bisa mimpi dan memiliki mobil jenis muscle car, tapi dgn cara mbangun nya dari mobil2x yg pernah dijual / ada di Indoensia.

Oleh sebab itu ane brusaha mengkategorikan mobil2x Indonesian muscle, yakni sbg brikut:
Syart utama Indonesian muscle cars adalah:
1. mobil diusahakan 2 pintu [mhn maaf, gak termasuk vw kodok n jimny ya]
2. usahakan mobil buatan negara asia atau stidaknya pernah resmi djual di Indo
3. retro/classic/kluaran tahun dbawah 1985
4. harus di modif

Adapun jenis2x mobil kategori Indonesian muscle cars adalah:
1. corolla KE's
Muscle Car Lover Masuk


2. mazda savanna
Muscle Car Lover Masuk

3. honda estilo
Muscle Car Lover Masuk


4. ford capri
Muscle Car Lover Masuk


5. ford tx3
Muscle Car Lover Masuk

6. opel kadett
Muscle Car Lover Masuk

7. holden 2 pintu
Muscle Car Lover Masuk

8. mazda mx6 [tapi ini sih kluaran th 90, gapapa deh ya]
Muscle Car Lover Masuk

9. datsun sss
Muscle Car Lover Masuk

Nahh, sgitu dulu masukan ane, mohon agan-agan tambahin jika ada yg termasuk kriteria Indonesian muscle cars di atas.

Ane akui sbagian mobil2x itu agak susah dicari tapi disitulah seninya, namun yg pasti mobil2x itu jauh lebih mudah dicari n dbangun dibanding dodge charger, cobra, mustang [mimpi kaliyee, ente di Indo bung....]

Ok gaan...kalo ini topic berkembang maka, yuk kita buat komunitasnya, kebetulan ane ada opel kadett pninggalan om, br mo dbangun.

Terciptalah INDONESIAN MUSCLE CARS !!!!!!
Australian Muscle Car emoticon-Big Grin
Tapi ngebahas Muscle Car tanpa ngebahas pabrikan aseli Paman Sam kurang rasanya brohh emoticon-Big Grin
Tambahin dong macam Mustang, Charger, Camaro dll nya emoticon-Cendol (S)
itu belinya dimana gan? harganya berapa?
waaah holden ya, tapi ane ngilernya sama toyota corolla '78 dan datsun sss emoticon-Matabelo pengen bgt punya tapi apa daya ane cuma mahasiswa yg masih bergantung sama orangtua emoticon-Hammer kira2 saat ane udah kerja, mobil gituan masih boleh berkeliaran dijalanan ga ye? Wkwkwkw
buset dah udah kaga jaman mobil begituan mah
muscle car, harga terjagkau
Gan ane mau nambahin deh muscle car indonesian, ane juga gemar banget nih ama yang namanya muscle car, tp sayangnya di indonesia jarang ga kaya di america. Mmmm kalo ane sih lebih suka mobil Holden Torana yang didirikan oleh Bani pemilik Holden Torana Dragster..

Berikut gambar dari google gan:
Spoiler for Holden Torana:


JAKARTA - Besutan drag race harus mencerminkan sosok dan karakter yang identik dengan horsepower. Mau pakai mobil tahun lawas sekalipun, tak ada masalah. Bani Ismiarso berpendapat sama.

Pria jebolan perguruan tinggi di Australia ini memang sudah sejak lama menginginkan mobil pacu 402 meter yang memenuhi kriteria tadi. “Holden Torana seri LH produksi 1974 kayaknya pas banget,” jelas Bani. Sepertinya terpengaruh inspirasi saat kuliah di negeri Down Under.


SASIS DIPERKUAT
Alasannya, mobil buatan General Motors Australia ini tergolong kompak dan sanggup dijejali mesin besar. “Cuma ambil bentuknya saja karena bodi asli sudah tak dipakai,” jelas Partogi dari GE Racing, Pamulang-Banten.

Spoiler for Holden Torana:


Saat menjajal elapsed time pada ajang Achilles Corsa 3D di sirkuit Sentul, waktu terbaik di kelas FFA menembus 10,602 detik yang berakhir dengan podium ke-2.

“Ada beberapa pembenahan seperti engine management dan reinforced sasis biar mobil lebih anteng saat digeber,” terang Partogi yang berkolaborasi dengan Wisesa Motor di bilangan Radio Dalam, Jaksel.

Saat memilih sosok Holden Torana, sudah ready mesin V8 Chevrolet jenis small block berkapasitas 5.700 cc yang nantinya dibangun dengan spesifikasi 800 dk.

Buat ukuran dragster lawas, performa seperti ini jelas bikin geleng kepala. Apalagi kalau melihat spesifikasi secara rinci.

Komponen apa saja yang tertanam di blok mesin dengan 8 buah piston forged alloy buatan Wiseco ini? Mulai dari kepala silinder dulu deh.

Aluminium cylinder head merek Brodix ‘Track-1’ dilengkapi klep masuk dan buang stainless steel Ferrea berukuran besar (2,02 inci dan 1,6 inci).


Spoiler for Holden Torana:


Ditambah dengan roller rockers billet alloy Yella Terra yang masih impor dari Australia. Tak hanya itu, baut dan mur saja harus yang memiliki kemampuan tinggi. Produk seperti ARP, Lunati, Competition Cams dan Crane Cams diracik Togi.

Blok mesin pun mendapat porsi yang sama dengan menjejali komponen racing seperti piston Wiseco, setang piston Childs & Albert, damper kruk as Romac dan metal jalan-duduk Clevite 77 race bearings.

Bukannya apa-apa, biar jeroan mesin enggak ‘bubar jalan’ saat mesin ditembak Nitrous Oxide System (NOS) tipe Big Shot 500 dk bersamaan dengan race fuel dari karburator Holley 4150 (4-barrel 830 cfm).


Spoiler for Holden Torana:


Fokus selanjutnya adalah membuat sasis dan kaki-kaki kokoh untuk bisa menyalurkan tenaga besar dari transmisi matic Power Glide yang hanya 2 percepatan.

Konfigurasi kaki belakang mema­kai sistem 4-links fully adjustable buatan McDonald Bros. Gardan belakang shortene­d Ford 9-inch versi customized dan ban slick Mickey Thompson 33x15x15 inci bisa disetel sesuai kebutuhan.

Sepasang pelek belakang Weld racing billet wheels berukuran 15x15 inci terlihat kecil setelah terpasang dibalik sepatbor Torana. “Untuk pengereman memakai rem Wilwood,” papar Bani.

Bila perlu Deist parachute siap ditarik untuk mengurangi laju mobil saat melewati garis finish dengan kecepatan di atas 250 km/jam. Bicara kabin penumpang yang hanya muat satu orang ini, Togi yang meracik sasis tubing berbahan chromemoly 4130 secara total.


Spoiler for Holden Torana:


Mulai dari front chassis yang mengandalkan suspensi McPherson dan hub roda Holden Commodore. “Ini mobil bisa dibilang pipa berjalan karena Holden Torana hanya dibalut fiberglas dan pelat aluminium,” jelas Bani lagi. Artinya kekuatan mobil saat crash sangat mengandalkan konstruksi pipa seamless berbahan chromemoly 4130 tadi.


Sumber: mobil.otomotifnet.com

Keren ga gan?emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By azizmambro
Gaan, nimbrung ya..
Kbetulan ane juga penggemar berat muscle cars, dan memang mnyadari kayaknya susah dibeli disini, selain harga2xnya selangit, jenis2x mobilnya pun sangat terbatas ada di Indo.
Agar cita2x ane terpenuhi utk memiliki muscle cars maka;
Akhirya skarang ini ane mau mnciptakan yg namanya "Indonesian muscle cars"

..Hah?? apaan?? gimanee? Indonesian muscle cars??

Hehe.....iya! jadi maksud ane, ane mau mbangun n mwujudkan penggemar mobil muscle, khususnya di Indonesia, utk tetap bisa mimpi dan memiliki mobil jenis muscle car, tapi dgn cara mbangun nya dari mobil2x yg pernah dijual / ada di Indoensia.

Oleh sebab itu ane brusaha mengkategorikan mobil2x Indonesian muscle, yakni sbg brikut:
Syart utama Indonesian muscle cars adalah:
1. mobil diusahakan 2 pintu [mhn maaf, gak termasuk vw kodok n jimny ya]
2. usahakan mobil buatan negara asia atau stidaknya pernah resmi djual di Indo
3. retro/classic/kluaran tahun dbawah 1985
4. harus di modif

Adapun jenis2x mobil kategori Indonesian muscle cars adalah:
1. corolla KE's
Muscle Car Lover Masuk


2. mazda savanna
Muscle Car Lover Masuk

3. honda estilo
Muscle Car Lover Masuk


4. ford capri
Muscle Car Lover Masuk


5. ford tx3
Muscle Car Lover Masuk

6. opel kadett
Muscle Car Lover Masuk

7. holden 2 pintu
Muscle Car Lover Masuk

8. mazda mx6 [tapi ini sih kluaran th 90, gapapa deh ya]
Muscle Car Lover Masuk

9. datsun sss
Muscle Car Lover Masuk

Nahh, sgitu dulu masukan ane, mohon agan-agan tambahin jika ada yg termasuk kriteria Indonesian muscle cars di atas.

Ane akui sbagian mobil2x itu agak susah dicari tapi disitulah seninya, namun yg pasti mobil2x itu jauh lebih mudah dicari n dbangun dibanding dodge charger, cobra, mustang [mimpi kaliyee, ente di Indo bung....]

Ok gaan...kalo ini topic berkembang maka, yuk kita buat komunitasnya, kebetulan ane ada opel kadett pninggalan om, br mo dbangun.

Terciptalah INDONESIAN MUSCLE CARS !!!!!!


Klo ane blh ikutan ga om tp pnynya cm holden premier doank om.
Tp pintunya udh ga 4 lg ko om..hehe!
Kbetulan msh awam bgd soal mbl krna dr dl main mtr trs tp skr lg kepincut sm mbl2 tua ni.

Ni mblnya om lg dirapiin aja n disulap tampikannya..hehe
Muscle Car Lover Masuk
slh satu favorit ane slaen combi..holden premier hq..pengen pny tp blm kesampean nih
ijin ninggalin jejak,,
pengen bgt restorasi muscle car indo..