alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228b63e1ed7190e5f00000a/proses-pembuatan-bir-part-1
PROSES PEMBUATAN BIR (Part 1)
Malam gan. ane mau sedikit share mengenai proses pembuatan bir nih. Terlepas dari kontroversinya karena ni minuman termasuk minuman beralkohol dan bagian sebagian kalangan diharamkan. Tapi yang mau ane sampein di sini murni mengenai ilmu pengetahuan. Monggo disimak.

Thread ini merupakan lanjutan dari thread ane sebelumnya Jalan-jalan ke Pabrik Bir

Sebelum membahas bagaimana bir dibuat alangkah baiknya kita sama2 memiliki pemahaman yang sama mengenai apa itu bir. Jadi menurut kamus besar bahasa Indonesia Bir adalah sebuah minuman beralkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi wort, terbuat dari larutan yang terdiri dari air, gula maltosa dan hop.

Spoiler for Jenis-jenis Bir:


Spoiler for From barley to beer:


Bersambung....

(kalau tanggapan dari kaskusr sekalian bagus, akan dilanjut di thread selanjutnya mengenai proses brewing)
Spoiler for Apabila berkenan:
Ijin nyimak dulu Gan...penasaran prosesnya...dulu pernah di Bali (kunjungan industri) pembuatan brem....apakah sama?
ane pernah icip Waissen gan emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By mozzartlove
Ijin nyimak dulu Gan...penasaran prosesnya...dulu pernah di Bali (kunjungan industri) pembuatan brem....apakah sama?


Silahkan gan, semoga bermanfaatemoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Matabelo wah segerr bener tuw emoticon-Angkat Beer
Bali Hai mana gaan...emoticon-Bingung (S)
wew ...
bir yaaaa.....
kaya buat tuak cm beda bahan bakuny....

jelasin gan atu2 jenis beernya...
jgn cm gambar sm merkny
ditunggu update selnjtnya gan,,pengen tahu nih ane ampe tuntas
Quote:Original Posted By yd168
emoticon-Matabelo wah segerr bener tuw emoticon-Angkat Beer
Bali Hai mana gaan...emoticon-Bingung (S)


Salam gan emoticon-Angkat Beer

Monggo ditambahi sendiri gan, emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By yangbawabata
wew ...
bir yaaaa.....
kaya buat tuak cm beda bahan bakuny....

jelasin gan atu2 jenis beernya...
jgn cm gambar sm merkny


Itu cuma buat contoh aja gan, karena fokusnya di sini proses pembuatannya dulu. Mungkin nanti ane jelasin beberapa. emoticon-Jempol
nyimak aja gan... ane blum pernah minum bir... dilarang
Nice info gan, ane jadi tau cara pembuatannya
Dan ternyata banyak macemnya jg ya gan..emoticon-Matabelo
Biasanya ane asal aja minum yang penting enak emoticon-Ngakak
ijin nyimak sulu gan
kok anker ga ada yah ganemoticon-Ngakak
klo bir item kurang demen gan
rasanya gmn gt kayak jamu
hehe
dih kok bersambung?
wah kurang lengkap ne info nya, lanjutkan gan
Quote:Original Posted By bagong11
kok anker ga ada yah ganemoticon-Ngakak


Maklum gan kompetitor emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo wowww ane baru tahu tuh gan, rupanya prosesnya rumit gtu, apakah pembuatan bir di indonesia spti itu gan cara buatnya?
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
dih kok bersambung?


Sabar ya gan lagi dibikin. Dikasih dikit dulu biar pada oenasaran emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vhyzei
emoticon-Matabelo wowww ane baru tahu tuh gan, rupanya prosesnya rumit gtu, apakah pembuatan bir di indonesia spti itu gan cara buatnya?

BEtul gan pembutan bir di mana2 sama
×