alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228b264a3cb17c83c000005/berawal-dari-sabun--jadilah-konsumen-cerdas-dan-selektif
Inspiratif 
Berawal dari SABUN | Jadilah Konsumen CERDAS dan SELEKTIF
Permisi agan-agan...
Mao share aja inpOh yang ane miliki ke agan-agan sekalian..
Moga-moga ga emoticon-Repostemoticon-Repostemoticon-Repost dhaa y...

Yukk mari kita mulai, gan..
Pertama, ane tanya agan-agan dulu...

TS : Pernahkah agan-agan menggunakan pewangi ataupun deterjen buat nyuci baju ??
Agan-agan : Ya iyalah.. Tau lah gw.. Barang buat nyuci baju guweh agar bersih... sotoi amat sich agan TS ini...

TS : YAPPP...!! Bener..!!!
Barang yang satu ini sudah tak lazim di telinga kita... Mao dicuci sendiri, dicuciin, ataupun di-laundry-in, barang ini digunain buat baju kita bersih dan haruum...
Kira-kira napa sich ane ngomongin deterjen ataupun sejenis itu??
Agan-agan : Mana gw tauu?? Lu yang buat TRIT koq gw yang ditanya-tanya sich? HERAN DHE U.. ABABIL...!!!

TS : Tahukah agan-agan senyawa apa saja yang terkandung di dalam deterjen dan sejenisnya itu?
Agan-agan : Yeee..Ga tauu ahhh..!!!! Tanya yang aneh2 lagi dha dia..!! Niat buat trit ga sich?? Heran dhe yang satu ini...

TS : Sekedar info, deterjen mengandung surfaktan (seperti sodium lauril sulfat atau sejenisnya), ammonium kuartener, parfum, dan lain-lainnya.
Agan-agan : Ihh.. koq TS kepo ma isinya? Memang ada apa dengan isinya itu?

TS : Dalam trit ane kali ini, ane mao fokus dengan MASA DEPAN, gan..
Mao cerita sesuatu yang manakala mungkin terkait langsung dengan MASA DEPAN seorang lelaki..
Agan-agan : Koq bisa ada hubungannya dengan masa depan, gan? Kan itu sabun nyuci... Mank ada hubungannya dengan masa depan guweh? Aneh lu..

TS : Ya dengerin dulu, gan.. Jangan kebawa esmosi ma aq, gan.. Udah dhe.. langsung aja ya ane cerita-ceritanya..
Mari kita fokusin pandangan kita dengan isi dalam deterjen ataupun pelembut terutama sama si AMMONIUM KUARTENER..

Apa sich AMMONIUM KUARTENER?
Bukan nama makanan lho, gan..
Amonium kuartener merupakan garam ammonium dengan substitusi gugus alkil pada beberapa atau keseluruhan atom H dari ion NH(+4)-nya. Mungkin senyawa ini bukan sesuatu yang aneh atau asing buat yang kuliahnya ada nyentuh2 dengan kimia, pasti tahu deh dengan senyawa yang satu ini... Amonium kuartener dapat digunakan untuk mematikan bakteri gram positif, namun kurang efektif terhadap bakteri gram negatif. Senyawa ini mudah berpenetrasi, sehingga cocok diaplikasikan pada permukaan berpori, sifatnya stabil, tidak korosif, memiliki umur simpan panjang, mudah terdispersi, dan menghilangkan bau tidak sedap.
Spoiler for Struktur amonium kuartener:

Biasanya selain digunakan sebagai antibakteri, digunain juga sebagai penghilang busa saat kita nyuci baju... Yha tujuannya sich biar ga’ boros pake airnya... [biar Hemat, ganzz]..
Nahh.. agan-agan pasti nanya kenapa koq bisa ngilangin busa d...
Hmmm.... Ribet dha buat jelasinnya, gans..
But, simpelnya adalah :
Agan-agan harus taw dulu busa dari mana... Berdasarkan ilmu yang pernah ane dapetin di bangku sekolah, busa itu timbul karena surfaktan (Sodium lauril sulfat) berikatan dengan udara sehingga terbentuklah itu busa.. (CMIIW, gan...)
Intinya si “artis” kita ini dapat menghilangkan busa karena adanya interaksi antara si deterjen yang nimbulin busa [sodium lauril sulfat, bermuatan NEGATIF] dengan ammonium kuartener yang bermuatan positif sehingga busanya bakal ga terbentuk karena tidak dapat berikatan lagi dengan udara..
Oleh karena itu dha.. Makanya senyawa yang satu ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan saat cuci mencuci..

Berdasarkan inpOh yang ane peroleh, gans..
Senyawa serba bisa ini (red: ammonium kuartener) dapat memberikan efek negatif bagi tubuh manusia terutamanya buad alat reproduksi kita... Koq bisa??
Alasannya adalah :
Berdasarkan info yang diperoleh, senyawa ini ternyata dapat MENURUNKAN FERTILITAS dari hewan uji (tikus) diberikan perlakuan menggunakan golongan senyawa amonium kuartener (Hunt, 2008). Senyawa ini bukan hanya menurunkan fertilitas dari hewan uji, namun menyebabkan cacat pada bayi tikus yang baru lahir.
[Wuiihh... ngerii ya, gan.. Tikus aja kena efek negatifnya, apalagi manusia?emoticon-Takutemoticon-Takut]
Sumber: Hunt, P., 2008, Lab disinfectant harms mouse fertility, Nature 453 (7198): 964.

Mungkin agan-agan belum percaya ya kalo contohnya cuman hewan aja.. Sebagai informasi lagi, ternyata golongan senyawa ini ternyata juga ditambahkan di dalam JELI SPERMISIDA sebagai senyawa yang digunakan untuk membunuh sperma (contohnya: Tetradecyl-dimethyl-benzyl-ammonium fluoride (TDBAF), baca lebih lanjut : jurnal-nya, gan...)
[Wuiihh.. tambah merinding y, gan..emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut]

Wah.. Mari kita berandai-andai, gan.. Bayangkan dhe, gan...
Agan cuci kolornya ga bersih atau agan nge-laundry-in kolornya, dan masih tersisa residu amonium kuartener.. Boleh dibilang, sama aja seperti agan pake jeli spermisida tiap ari di deket si “adek”.. Yha sukur-sukur kalo senyawa tersebut ga menimbulkan efek buruk terhadap MASA DEPAN agan setelah penggunaan jangka panjang.. But, sapa yang bisa menduga hal tersebut ? Apakah agan-agan sekalian berani jamin bahwa senyawa tersebut tak berbahaya bagi si “adek” kalo terpapar kelamaan?
Who knows kan gan ?
Ngeri juga yaa, gan...

ASK :
Kira-kira agan TS punya solusi ga’ buat ngatasin hal tersebut biar MASA DEPAN-ku cerah?

Yhaa gampang aja sich, gan... Intinya kebersihan itu harus dijaga selalu..
1. Usahain buat nyuci kolor ga pake tuh barang yang gunain ammonium kuartener,,, atau penggunaannya dikurangi dhee biar ga’ berdampak buruk bagi agan-agan sekalian...
Atau,
Buat yang nge-laundry, saran agan TS buat ga nge-laundry tuh kolor-nya di tempat laundry... Why ? Apa agan pernah tahu dicuci bersih atau tidak ? Apa agan tahu kolor agan dicuci terpisah dengan kolor orang lain atau ga ? [jangan-jangan digabung dengan kolor orang laen.. sukur2 ga ada penyakitnya... kaLo ada, wuuiih... Yummie dha... dapet juga tuh sakitnya..]
2. ngecek dulu sebelum menggunakan barang yang kita inginkan.. Cek kandungannya, search health effect ataupun risk-nya sebelum pake... Biar tahu konsekuensi menggunakannya dan tidak setelah penggunaan jangka panjang, baru menyesal apa yang telah terjadi..
3. Hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat selalu..

Kesimpulannya :
Dilihat-lihat, ternyata barang yang kita gunain setiap harinya dapat memberikan dampak yang positif ataupun negatif bagi diri kita ataupun lingkungan sekitar kita... Oleh karena itu selalulah menjadi KONSUMEN yang SELEKTIF dan CERDAS dalam menggunakan barang yang kita beli atau akan kita beli..

Sekian gan dari ane..
Semoga bermanfaat bagi kita semuanya...emoticon-2 Jempol
Ada pepatah mengatakan :
"Bukan kaskuser bila tidak meninggalkan jejak makian di trit orang..."
Komentar dan kritik pedas sangat dinantikan oleh ane sebagai bentuk pelajaran bagi nubitol yang belajar buat trit bermanpaat..

Dan jangan lupa, gan..
Minta ijo-ijonya emoticon-Blue Guy Cendol (L) buat makan..
Yang belom iso, abu gosok pun ditunggu di depan teras rumah ane, gan...

Thankss..
oke gan, ane bakal selektif milih barang sehari hari emoticon-Big Grin
Merk ap nih yg bgs gan
mantap !!! emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By dckydick
oke gan, ane bakal selektif milih barang sehari hari emoticon-Big Grin

Liat kandungannya, gan...
Kita mah arus selektif dengan hal seperti ini...
Mana ada efek samping yang dilaporkan kalo blon pada kena dampak negatifnya...
Lagian ini efeknya jagka panjang, gan... jadinya beware aja dhee...

Quote:Original Posted By ryukzaki
Merk ap nih yg bgs gan

Wahh.. ga bsa nyaranin, gan.. liat kandungannya aja.
Patokan buat milih barang kalo buad aq..

Quote:Original Posted By priadanideby
mantap !!! emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Seepp, gans...
wuih serem juga yak..
semoga HT deh gan emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Beneran baru tau ane gan! besok ane pengen cari tahu tentang bahan kimia ini! emoticon-cystg
Quote:Original Posted By nathanhael
wuih serem juga yak..
semoga HT deh gan emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Thanks, gan...
Memang kadang2 apa yang kita pikirin itu aman, blum tentu aman juga yakk...

Quote:Original Posted By dariusss
Beneran baru tau ane gan! besok ane pengen cari tahu tentang bahan kimia ini! emoticon-cystg

Ayoo, gan..
Melek informasi... jgn sampai ditipu ma prpdusen yang ngaku2 produknya terbaik, namun menawarkan segudang efek samping...

Untuk info aja,
Dulu ada yang namanya obat yg isi ithalidomide, digunakan buat mencegah mual2 pada ibu hamil...
Tuh produk laku keras banget gara2 mujarab banget ngpbatin mual yg terjadi...
Namun, ternyata efek samping dari thalidomide cukup parah...
Kebanyakan ibu yang mengkonsumsi thalidomide yang dikatakan manjur dan cespleng itu, yang ada malah menyebabkan cacat fisik pada anak2 yang dilahirkan...
Bayangkan aja... dari tahun terbit sampai dilarang itu butuh 10-20 thn lbih krn efeknya bnyakan jangka panjang...
Jgn sampe tuh barang2 yg selalu nemplok ma kita bertahun2, ternyata akar dari sakit kita di hari tua..
Mari sukseskan konsumen yang pro aktif, selektif, dan kreatiff...
threadnya lmyn sie..
tp,,
gambarnya krg gannn,,
meski cm ilustrasi setidaknya ada gambar gitu gan,bwt keterangan & lbh informatif..emoticon-Malu (S)

maap cm saran..emoticon-Peace
no offence..emoticon-Blue Guy Peace
keep poting..emoticon-thumbsup

ane bantu rate*****
Nice gan....ane pham mksyd aga...
Jl gtmnding ga usah pkai yg sekali bilas itu ya...
ayo selamatkan masa depan emoticon-Ngakak
nice info gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By hendsfree
threadnya lmyn sie..
tp,,
gambarnya krg gannn,,
meski cm ilustrasi setidaknya ada gambar gitu gan,bwt keterangan & lbh informatif..emoticon-Malu (S)

maap cm saran..emoticon-Peace
no offence..emoticon-Blue Guy Peace
keep poting..emoticon-thumbsup

ane bantu rate*****

Wahhh...
Masih banyak kurangnya ternyata .. arus berbenah diri nie, gan..
Terimakasih caci makinya, gan...

Quote:Original Posted By loloeloe
Nice gan....ane pham mksyd aga...
Jl gtmnding ga usah pkai yg sekali bilas itu ya...


Yooo, gan... masa depan... tetep aja arus pinter2 buat milih barang yang dipake...

Quote:Original Posted By jureadam
ayo selamatkan masa depan emoticon-Ngakak


Iyaaa gan... save our future... mule selektif milih barang...

Quote:Original Posted By Tomjs
nice info gan emoticon-Cool

Thankss, gan...
Ayoo selektif milih barang.