alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522877978327cf9869000004/hati-hati-gan-jadi-vegetarian-gak-selamanya-bener-lho
Breaking News! 
[HATI-HATI GAN]: JADI VEGETARIAN GAK SELAMANYA BENER LHO!!
[HATI-HATI GAN]: JADI VEGETARIAN GAK SELAMANYA BENER LHO!!


Quote:Quote:
Spoiler for Pojok kiri atas gan klik dulu:

[HATI-HATI GAN]: JADI VEGETARIAN GAK SELAMANYA BENER LHO!!


Quote:Quote:Baiklah harus diakui pada saat ini makan daging dan beberapa olahannya memiliki imej yang buruk terutama bagi para pelaku vegetarian atau orang-orang yang beranggapan bahwa memakan sayuran adalah jalan terbaik. Saya disini bukan ingin memerangi kaum vegetarian atau mendukung kaum karnivor (non vegetarian), disini saya hanya ingin menggambarkan sesuatu yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan saudara-saudara sekalian. Dan jangan salah paham juga dengan artikel ini dan beranggapan bahwa memakan sayuran itu jelek.

Quote:Quote:Saya akan utarakan beberapa alasannya dalam beberapa poin, supaya lebih spesifik dan mudah dimengerti. Langsung aja yah gan:

Quote:Quote: 1. Secara alami tubuh manusia bukan diperuntukan bagi pemakan sayuran (saja)
Tuhan telah memberi kita anugrah sebagai makhluk paling sempurna, hal ini dapat dilihat dari bagaimana kita bisa beradaptasi dan bertahan hidup tanpa daging, namun tidak lantas menjadikan kita sebagai vegetarian alami (herbivor). Selain itu para arkeolog menegaskan bahwa bahwa konsumsi daging sudah terjadi sejak 2.5 juta tahun yang lalu, jadi dapat dikatakan kalo tren memakan daging bukan merupakan tren yang diciptakan saat ini. Selain itu seperti kita semua tahu bahwa sistem pencernaan kita jauh dari ideal untuk seorang herbivor sejati, mengapa? Karena pada dasarnya dengan sistem pencernaan yg sekarang maka kita tidak dapat mencerna selulosa dengan baik, kasarnya kita tidak memiliki beberapa kantung perut seperti sapi atau kambing, begitu pula dengan gigi kita? Ya, gigi kita dirancang untuk bisa mengunyah keduanya (daging maupun sayuran). Sekali lagi saya tegaskan disini bahwa memakan sayuran adalah baik, baik untuk asupan serat ... nah yang sedang kita bahas adalah vegetarian nya bukan makan sayurnya... oke?

Quote:Quote:
Spoiler for #1:

Quote:Quote:
Spoiler for #2:

Quote:Quote:
Spoiler for #3:



Quote:Quote:2. Daging sebagai bahan dasar perkembangan otak
Mari kita banding-bandingkan bagaimana dan seberapa besar otak kita sekarang dengan manusia pada jaman pra-sejarah, jelas bukan ukuran otak manusia masa kini lenih besar dan kompleks. Bahkan apabila dibandingkan dengan jenis primata (yang memiliki kekerabatan lebih dekat) maka jelas otak kita lebih besar dan sempurna. Hal ini merupakan bukti bahwa semakin besar kuantitas konsumsi daging maka semakin kompleks dan besar otak kita dan semakin berkembang lebih cepat.
Quote:Quote:
Spoiler for #4:



Quote:Quote:3. Daging Adalah sumber daya alam yg bisa diperbaharui.
Daging didapat melalui proses berkelanjuatan sebuah proses peternakan, memang benar adanya bahwa jejak karbon yang dihasilkan dalam setiap kegiatan ternak, pengiriman, penyembelihan begitu besar, namun mengingat jejak karbon yang dihasilkan dari pertanian, pengiriman dan distribusi sayuran juga sama besarnya maka kalimat “kurangi konsumsi daging untuk mengurangi jejak karbon” sudah tidak relevan lagi, bahkan pupuk kandang ternak bisa diperuntukan sebagai pupuk alami bagi lahan pertanian.


Quote:Quote:4. Kerusakan Lingkungan
Sudah bukan hal baru apabila Industri ternak menjadi bulan-bulanan sebagai penyebab kerusakan lingkungan, pemborosan energi dan lain sebagainya, apakah kita pernah memikirkan juga berapa energi yang terbuang dalam distribusi kedelai dan sayuran organik? Pernahkan juga kita berpikir berapa banyak lahan baru yang semakin meluas untuk pertanian? Berapa hektar hutan yang dimusnahkan untuk memenuhi kebutuhan sayuran yang membludak? Ya... semua itu salah satunya disebabkan jumlah populasi manusia yang kian bertambah. Jadi intinya adalah menjadi vegetarian tidak lantas menjadikan kita bersih dari jejak karbon dan ikut andil dalam pengrusakan lingkungan.

Quote:Quote:5. Mengkonsumsi daging dapat mengurangi agresifitas manusia
Dalam konteks ini tentu kita tidak akan membandingkan seorang vegetarian dengan macan, atau sebaliknya membandingkan manusia non-vegetarian dengan kambing... yang kita perbandingkan disini adalah antara manusia vegetarian dengan non-vegetarian. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa seorang manusia menurun tingkat agresifitasnya hanya dengan diberi gambaran sebuah steak (daging) dan ini berlangsung dalam waktu yg lama dan cenderung stabil.
Quote:
Spoiler for #5:


Quote:Quote:6. Daging adalah makanan yang lezat
Ya.. hehe harus diakui bahwa hampir semua olahan danging dapat dikatakan lezat, dan bahkan sebagian besar vegetarian mengakui ini, hal ini juga merupakan salah satu alasan mengapa sulit untuk menjadi seorang vegetarian, ya karena daging terlalu enak dan lezat untuk dilupakan.
Quote:
Spoiler for #6:



Quote:Quote:Seperti yang sudah saya katakan diatas saya tidak mendeskriditkan seorang vegetarian, ataupun mengagung-agungkan seorang penyuka daging. Yang saya kedepankan dan ingin saya simpulkan adalah tubuh manusia ini membutuhkan gizi seimbang, ringkasnya adalah protein nabati tidaklah lengkap tanpa dukungan protein hewani, begitu juga dengan protein hewani yang tidak akan bekerja dengan baik tanpa kehadiran protein nabati... keduanya memiliki struktur asam amino yang berbeda dan melengkapi satu sama lain.

Quote:Quote:
Spoiler for #7:




Quote:Quote:
Spoiler for #8:



[HATI-HATI GAN]: JADI VEGETARIAN GAK SELAMANYA BENER LHO!!



Quote:Quote:Quote:[CENTER]DIET GAGAL TERUS? MUNGKIN INI PENYEBABNYA GAN![/CENTER]
reserved
nyimak dulu gan
Spoiler for mampir gan:
reserved
ane seorang Vegetarian gan,, dan ane baik" aja..

emoticon-Kiss
bener gan kata patrick juga begitu melakukan sesuatu yg berlebihan itu ga baik
Quote:Original Posted By Afik1995
nyimak dulu gan
Spoiler for mampir gan:


monggo... lsg ke tkp
Quote:Original Posted By cimi.cimi
ane seorang Vegetarian gan,, dan ane baik" aja..

emoticon-Kiss


syukur alhamdulillah kalo gitu
Quote:Original Posted By gananghardian17
bener gan kata patrick juga begitu melakukan sesuatu yg berlebihan itu ga baik


satujuh emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By gananghardian17
bener gan kata patrick juga begitu melakukan sesuatu yg berlebihan itu ga baik


emoticon-Ngakak iya gan
ane 4 sehat 5 sempurna, gan... emoticon-Cool
vegetarian boleh, asal harus makan daging juga walaupun itu kadang2 bisa seminggu sekali
ane gak suka daging sapi gan
enak daging ayam & "daging" bini emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Dhiemz010
vegetarian boleh, asal harus makan daging juga walaupun itu kadang2 bisa seminggu sekali


nah ini! setujuhhhh
Quote:Original Posted By anto2310
ane 4 sehat 5 sempurna, gan... emoticon-Cool


emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By Centriga
ane gak suka daging sapi gan
enak daging ayam & "daging" bini emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
Quote:Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik
Setuju banget emoticon-thumbsup
ane fans beratnya daging marten gan. eh..emoticon-Cape d... (S)emoticon-Malu (S)
ane tengah2 gan
Quote:Original Posted By tommad

Setuju banget emoticon-thumbsup


emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By pembalutluka
ane fans beratnya daging marten gan. eh..emoticon-Cape d... (S)emoticon-Malu (S)


ane daging gisel ajah emoticon-Kiss