alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52287249faca17670d000007/maknyos-pemerintah-rencanakan-kenaikan-pajak-smarphone-hingga-200
Kesel 
Maknyos! Pemerintah rencanakan naikkan pajak smarphone hingga 200%!!

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News

Maknyos! Pemerintah rencanakan kenaikan pajak smarphone hingga 200%!!

Quote:Belum reda kecemasan masyarakat akan lonjakan harga barang akibat imbas dari melemahnya indeks Rupiah, kini tanah air dikejutkan dengan berita yang tidak kalah mengerikan. Dalam waktu dekat, semua smartphone akan dikenai pajak sebesar 200%! Ya, Anda tidak salah baca: 200%! Nilai pajak yang terkesan bombastis dan terlalu berlebihan.

Pemerintah saat ini tengah berdiskusi untuk menaikkan pajak pembelian smartphone. Hal ini diungkapkan oleh Chandra Budi (Seksi Hubungan Eksternal Direktorat Jenderal Pajak) yang mengungkapkan wacana untuk realisasi pajak ke smartphone sebesar 200%, karena dianggap barang mewah seharusnya dikaji ulang dahulu.

Menurutnya, smartphone yang saat ini mempunyai harga dan jenis yang beragam seharusnya dikategorikan terpisah dengan pajak yang juga berbeda. Smartphone dengan kategori tertentu, lanjut Chandra, bisa masuk di kategori barang mewah, apabila didasarkan pada kategori tertentu atau parameter tertentu. Meliputi di dalamnya:

• Harga smartphone dengan kategori high end (di atas Rp.5 juta)
• Spesifikasi tertentu yang mencirikan ponsel high end ( misalnya kamera
• eresolusi sangat besar dengan kualitas lisensi tertentu, CPU bagus, kapasitas memori besar)
• Disain dan eksklusivitas material (bisa terbuat dari leather/kulit, batu mulia, dan material bahan yang rare/ langka)
• Memiliki sertifikasi khusus (seperti misalnya sertifikasi anti air, dust resistance, anti gores)
• Fitur dan ragam multimedia (semakin banyak fungsional dan kegunaan, secara logis makin mahal perangkat tersebut)

Dilansir dari Kantor Berita Antara, Chandra menegaskan bahwa hal ini sedang dikaji oleh pemerintah. "Harga dan spesifikasi smartphone beragam, dan saat ini masih dikaji pemerintah, ujarnya.

Berdasarkan Undang-Undang PPn, jelas Chandra, barang yang dikategorikan mewah ialah yang bukan bahan pokok, dikonsumsi oleh masyarakat dengan penghasilan tertentu, dan dibeli untuk menunjukkan status sosial. Jadi Smartphone yang saat ini dibeli untuk kebutuhan pribadi bukanlah kebutuhan pokok dan termasuk ke dalam pajak barang mewah. Itu berarti pajak dari pembelian smartphone harus dinaikan bukan tetap pada angka 10%.

Saat ini smartphone sudah menjadi barang yang bisa dibilang wajib dimiliki oleh masyrakat. Semakin maju teknologi, smartphone semakin bisa diandalkan dan sudah menjadi bahan kebutuhan mengalahkan ponsel terdahulu. Tapi ternyata semakin melonjaknya pasaran ponsel, semakin gila juga pembelian terhadap smrtphone. Pemerintah yang rupanya ingin menekan angka tersebut ternyata berencana menaikan pajak untuk pembelian ponsel smartphone sampai 200%.

Adapun aturan penetapan smartphone sebagai barang mewah akan diterapkan dalam bentuk peraturan pemerintah (PP). Sama seperti PP 145 Tahun 2000 dan mulai aktif diterapkan sejak 2001, mengenakan tarif sebesar 20 persen untuk ponsel.

"Dulu, hanya orang-orang tertentu yang menggunakan ponsel. Namun seiring berjalannya waktu, ponsel menjadi kebutuhan pokok dan sekitar tahun 2009 penerapan PPn BM untuk ponsel sudah tidak efektif. Sekarang bergeser smartphone yang bisa dikenakan PPn BM,"papar Chandra.

Sebagai gambaran, jika misalnya Anda membeli iPhone 4S seharga Rp. 6 juta dan dikenakan pajak 200%, maka bisa dibayangkan berapa kocek yang harus Anda keluarkan, bukan? hingga saat ini rencana pajak smartphone ini masih dalam taraf diproses oleh pemerintah. Kita berdoa saja agar tidak terwujud ya?(Nariswari) >>Sumber



Spoiler for Komentar TS:

mantaaappp makin naek aja nih pajaknya
pertamax ??emoticon-Ngakak yah kaga emoticon-Sorry
g bisa gaya2an pake smartpon lagi dah gw emoticon-fuck3
NAEKIN AJAH ANE DUKUNG!!!!
BIAR OKB2 KAGA BELAGU!!!
Apa-apaan ini pajak, dah sukur mau beli, udah beli masih di beginiin, edan wae lahh nih negara, semakin gak jelas arah dan tujuanya .. emoticon-Matabelo
kalo yg diatas 5jt sih ga masalah .
Setuju deh sama pak Menteri
anjrit !!! ntar iphone harganya brapaan tuh gan, ane beli di luar negri aja deh
Kalo yg harganya di atas 6jt ane mah fine-fine aja
asal pajaknya digunakan dg benar, asal manfaat pajak nyata, dan asal untuk kesejahteraan dan pembangunang masalah kok pajak naik. tapi tetep harus wajar dong kenaikannya
oh ya jgn sampai orang macam gayus berkeliaran, klo msh ada mah ogah jg bayar pajak.
horee barang bm bakal marak lagi
klo pajak nya buat kemakmuran rakyat okelah tpi klo akhirnya di korupsiin bijimane emoticon-Bingung (S)
Ane sih dukung aja sama kebijakan ini, tapi kalau terlalu banyak selisihnya mending beli di singapore, iphone 6 juta kena pajak 200%, mending beli tiket n hostel di sgp, beli hp + jalan2.
Atau beli on line dari seler terpercaya.

Mustahil lah aturan itu diterapkan, yang awasinya susah.
Masih kurang makan pajak dari kendaraan bermotor, sekarang mau ngembat Pajak buat smartphone.


Quote:Original Posted By anjinggila666
anjrit !!! ntar iphone harganya brapaan tuh gan, ane beli di luar negri aja deh


Untung ane udah beli duluan gan iphone nya emoticon-Ngakak

Ide bagus tuh beli di luar negeri emoticon-2 Jempol
lama2 itu pajak ngelebihin harga hengpon nya gan.. emoticon-Ngakak

parah betul.. emoticon-Cape d... (S)

nasib2 tinggal di indo.. ntar duit pajak nya kemana bingung dah..

lama2 nafas kena pajak nih.. kudu nafas yang banyak ya gann.. (lebaybanget.com)
tuh pajak bakal dikorup pastinya!emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By silaeee
asal pajaknya digunakan dg benar, asal manfaat pajak nyata, dan asal untuk kesejahteraan dan pembangunang masalah kok pajak naik. tapi tetep harus wajar dong kenaikannya
oh ya jgn sampai orang macam gayus berkeliaran, klo msh ada mah ogah jg bayar pajak.


Nah kalo yang ini setuju sudah gan emoticon-Angkat Beer pajak mah boleh naik asal wajar dan digununakan untuk kesejahtraan dan pembangunan negara emoticon-I Love Indonesia (S) kalo soal ada semacam gayus mah gimana nggak gan ? korupsi di indonesia udah mendarah daging emoticon-Busa:

Quote:Original Posted By fafapastel
horee barang bm bakal marak lagi


Eits tunggu dulu gan,ane pernah baca kalo pemerintah bakal blok semua hp yang IMEI nya tidak tercatat di indonesia emoticon-Smilie Jadi artinya hilang sinyal sudah emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By firalrahman
klo pajak nya buat kemakmuran rakyat okelah tpi klo akhirnya di korupsiin bijimane emoticon-Bingung (S)


Perasaan di indonesia hampir semua yang berurusan dengan uang kalo bisa diambil kenapa tidak emoticon-linux2 yah itulah slogan petinggi2 indo emoticon-Hammer (S)
setuju gan emoticon-Big Grin asal gaa di korup biar masy.indonesia tidak konsumtif emoticon-army......
halah paling ujung2nya di korupsi sama petinggi.. emoticon-Najis
waduh 200% kaga kegedean?