alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228574fa4cb173c30000002/tips-bikin-gorengan-renyah-quottanpa-plastikquot
Tips Bikin Gorengan Renyah "Tanpa Plastik"
Tips Bikin Gorengan Renyah "Tanpa Plastik"
inilah..com, Jakarta- Mengapa makan gorengan buatan sendiri tidak serenyah yang dijual abang gorengan? Apa bedanya?

Membuat gorengan yang umumnya dibaluri tepung, kuncinya adalah di proses penepungan itu sendiri. Chef Arnold Poernomo menyebut, agar gorengan tetap renyah, penepungan cukup dilakukan dua kali.

"Proses pelumuran dengan tepung cukup dilakukan dua kali. Sebab bila terlalu banyak, maka tepung menjadi tebal, dan itu akan berpengaruh pada tingkat kematangan bahan makanan," kata chef muda itu di Jakarta beberapa waktu lalu.

Alasan lain mengapa jangan berlebih memberikan tepung, yaitu karena tepung nantinya akan banyak menyimpan minyak. Jika ini terlalu tebal maka akan membuat gorengan mudah lembek tidak se-crispy ketika baru matang.

Selain itu usahakan setelah bahan makanan dibalur tepung agar tidak terlalu lama menunggu proses penggorengan. Harus cepat digoreng.

"Karena di dalam tepung terdapat kadar asam yang tinggi. Kalau didiamkan lama, rasa gorengan akan berubah. Tepung pun akan mengumpal ketika digoreng, proses inilah yang bikin makanan sulit matang," beber juri kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi ini.

Selain tepung, penggunaan telur juga membantu membuat makanan bertepung jadi renyah. Namun lagi-lagi prosesnya jangan terlalu banyak karena akan menghambat minyak panas masuk ke makanan sehingga proses matang jadi lebih lama.

"Kalau terlalu tebal, maka lapisan telur akan menutup kadar panas yang masuk ke dalam bahan makanan. Proses penyerapan panasnya jadi lebih lambat, makanya, mengapa sering menggoreng makanan berbalut tepung jadi bantet. Jadi jangan pakai plastik ya ini tidak baik," katanya sambil berkelakar.

emoticon-Blue Guy Cendol (L) jangan lupa cendolnya yah agan/aganwatiemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Pertamaxemoticon-Kiss
Mending bikin sendiri gan lebih enakemoticon-Big Grin
nice info gan
Ane kasih tau bini ane ntar Gan kalo mau bikin Gorengan emoticon-Malu (S)
kalo ane seneng yg gk terlalu renyah gan emoticon-Big Grin
wahh tips yang bagus gan, boleh di coba nih emoticon-Malu
jangan sering2 makan gorengan ntar kena diabetes
mantab tipsnya gan..
tipsnya rada bingung gan emoticon-Ngakak
waduh tips bagus
jadi tepungnya cuma dileburin aja gitu ya gausah dicemplungin semua ?
Quote:Original Posted By mundhurmundhur
nice info gan


waduh
kaskuser calon di ban emoticon-Cape d...
berguna sekali gan tips nya.
buat pedagang gorengan yg goreng pake plastik skalian aja di goreng pake kancut abang gorengan nya. emoticon-Ngakak
bikin sakit tnggorokan gan mkn gorengan
Quote:Original Posted By Lurxus
jangan sering2 makan gorengan ntar kena diabetes


batuk juga ya gan
kalau ane kadang suka gorengan yg tepungnya bnyak gan
kadang ane goreng tepungnya ajaemoticon-Malu (S)
dari pada makan gorengan buatan abang2 gorengan yg gajelas mutunya mending bikin sendiri aja gan emoticon-Toast
wah ternyata begitu ya..jangan terlalu banyak tepung dan jangan terlalu banyak telur dan langsung digoreng
Quote:Original Posted By Ranger007
Pertamaxemoticon-Kiss
Mending bikin sendiri gan lebih enakemoticon-Big Grin


Silakan langsung trial gan emoticon-Jempol
enakan gorengan gerobak gerobak sih gan emoticon-thumbsup

ya meskipun beresiko tapi emang enak sih emoticon-Ngakak
Nais Inpo Gan emoticon-Malu (S)