alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522855401ad719a819000000/penemu-teknologi-4-g-dari-indonesia-gan
Penemu Teknologi 4 G dari indonesia gan...
Penemu Teknologi 4 G dari indonesia gan...

Istilah jaringan dalam dunia komunikasi dewasa ini. Antara lain AMPS, GPRS, EDGE, 2.5G, 3G, 3.5G dan yang terbaru adalah 4G yang diklaim menjadi jaringan dengan transmisi data tercepat untuk saat ini. Prof. Dr. Khoirul Anwar, merupakan seorang ilmuwan top di Jepang yang berasal dari Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, Jawa Timur dimana telah memegang dua hak paten penting di bidang telekomunikasi. Khoirul adalah lulusan Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cumlaude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute Science and Technology ( NAIST ) pada tahun 2005 dan 2008. Beliau juga penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006, di California. Prof. Dr. Khoirul Anwar Adalah penemu dan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Profesor kelahiran Kediri tahun 1978 itu menemukan metode komunikasi yang lebih cepat dengan energi yang lebih sedikit dalam keterbatasan. Penemuan teknologi 4G berbasis OFDM diawalinya dengan “ide nyeleneh” mengurangi daya transmisi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Penurunan daya dilakukan hingga 5dB saja "Sistem ini mampu menurunkan energi sampai 5dB atau 100 ribu kali lebih kecil dari yang diperlukan sebelumnya," katanya dan hasilnya kecepatan data yang dikirim meningkat.

Ternyata penemuan hebat anak dari almarhum Sudjianto dan Siti Patmi ini terinspirasi dari film animasi untuk anak-anak. Dragon Ball, sebuah film anime Jepang yang kerap ia tonton jadi sumber inspirasinya. "Ketika Goku (tokoh utama Dragon Ball) akan melayangkan Spirit Ball yang merupakan jurus terdahsyatnya, Goku akan menyerap semua energi makhluk hidup di alam sehingga menghasilkan energi yang luar biasa," katanya.

Konsep itu, lanjut Khoirul, diturunkan formula matematikanya untuk diterapkan pada penelitian. Jurus Spirit Ball dianalogikan sebagai turbo equalizer yang mampu mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, maupun blok transmisi terdahulu, untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang. "Kini sebuah sinyal yang dikirimkan secara nirkabel, tak perlu lagi diperisai oleh guard interval untuk menjaganya kebal terhadap delay, pantulan, dan interferensi. Awalnya hal itu dianggap tak mungkin di dunia telekomunikasi," katanya.

Lebih lanjut Khoirul mengatakan bahwa guard interval merupakan sesuatu yang tidak berguna di perangkat penerima. "Selain hanya untuk pembatas, mengirimkan power untuk sesuatu yang tidak berguna adalah sia-sia," imbuh suami dari Sri Yayu Indriyani. Metode ala jurus Dragon Ball ini bisa dibilang mampu memecahkan masalah transmisi nirkabel. Apalagi temuan ini bisa diterapkan pada hampir semua sistem telekomunikasi, termasuk GSM, CDMA, dan cocok untuk diterapkan pada sistem 4G yang membutuhkan kinerja tinggi dengan tingkat kompleksitas rendah. Menurut Khoirul, dalam penerapannya metode ini mampu menjawab masalah telekomunikasi di kota besar yang punya banyak gedung pencakar langit maupun di pegunungan. "Sebab di daerah itu biasanya gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang," katanya.

Temuan lulusan Teknik Elektro ITB yang telah dipatenkan itu kini digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang. Bahkan teknologi ini juga tengah dijajaki oleh raksasa telekomunikasi Cina, Huawei Technology. Dengan digunakannya teknologi ini oleh industri, Khoirul berhak mendapatkan royalti. Dan sebagai penghargaan terhadap orang tuanya, royalti pertamanya dia berikan kepada sang ibu di Kediri. "Karena ibu yang berjuang sendirian menyekolahkan saya," katanya.

Asisten Professor di JAIST (Japan Advanced Institute of Science and Technology ) ini masih terus mengasah kemampuannya. Meski berprestasi cemerlang di Jepang, Khorul Anwar menyimpan keinginan untuk kembali ke Indonesia jika telah menjadi salah satu tokoh terkemuka di bidang telekomunikasi.

Luar biasa bukan kisah anak bangsa indonesia yang memiliki prestasi cemerlang dimata dunia, ternyata bangsa Indonesia tak hanya sebagai bangsa pengguna namun dapat menjadi bangsa penemu dan sebagai pengubah serta memberikan gebrakan baru kepada dunia . Nah, kini giliran kita sebagai pemuda bangsa, sebagai penerus bangsa untuk tidak hanya sebagai penonton namun turut andil dalam memberikan perubahan kepada dunia. Bukanlah hal yang mustahil bagi kita untuk mengikuti jejak mereka karena ada istilah mengatakan “ You can if you think you can” ( Engkau Pasti Bisa Jika Engkau Berfikir Bisa ). Jadi Ayoooo tunjukan semangatmu untuk memberikan perubahan kepada dunia.

sumber : http://forum.viva.co.id/iptek/119528...-mendunia.html
hebat orang indonesia
maju terus karya anak bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)
4 G apanya 3G gan
pada dasarnya Indonesia merupakan kumpulan orang orang pintar gan ....banyak orang pintar asal indonesia tapi yang harus dipertanyakan adalah kenapa ras mereka Indonesia tapi mereka berkembang diluar negeri??
ini sebuah pertanyaan besar....saya percaya orang besar dan pintar bukanlah orang yang rela berkhianat dengan bangsa nya sendiri.....
serius nih gan?
Bukan hoax kan emoticon-Bingung (S)
Kalo bukan hoax pasti jadi HT
Kalo nggak HT brarti hoax
Dah pernah dibahas deh kayaknya gan
emoticon-Bingung
Masak hoax? Yee orang kita banyak yg pandai ya
Hanya saja banyak yg merasa tdk dihargai di negara sendiri
gak ada yang menghargai para Ilmuan di Indonesia, makanya mereka ke luar negeri soalnya disono mereka lebih dihargai, ini pendapat ane sih... sukses deh buat Indonesia emoticon-Kiss
Repsol gan..
emoticon-Bingung



emoticon-army Original Post By Rock1d emoticon-army
kebanyakan hasil karya di indonesia jarang banget yang bisa respecf emoticon-Cape d... (S)
makannya mereka go to internasional . ini sebabnya indonesia stuck terus emoticon-Busa
bantu rate aja gan, ane baru tau klo penemu 4G org kita sndiri emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Berduka (S)
ane ko khawatir kl balik ke indonesia malh ga jadi apa2..buktinya skrg prof.habibie...kl di jerman prof.habibie adalah pahlawan...kl d indo...wadehhh...ente jawab sendiri aja dehemoticon-Malu (S)
4G yang nemu orang Indo tapi belum bisa di pake di Indo emoticon-I Love Indonesia (S)
Mangstab gan! Kebetulan ane disuruh nyari article untuk 4G emoticon-Big Grin

Tapi di indo belom optimal gan, 3G kadang2 kaya 2G
Masak sih gan
sukses terus buat pra ilmuwan dan proffesr kita emoticon-Cendol (S)
Wkwk. Sumbernya dr forum viva
nyimak
balik ke Indonesia dong, pengin coba 4G kayakny keren emoticon-Cool
pejwan closed emoticon-army
×