alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52284d7ba2cb17037300000a/tuntutan-buruh-ump-37juta-logis-kah
Tuntutan buruh UMP 3,7juta. Logis kah? [UPDATE]
Rincian permintaan buruh UMP nya mencapai 3,7juta (?)
selengkapnya ada di http://bit.ly/17af80Y

ini tanggapan ane, bukan kontra bukan pro, tapi berusaha berpikir logis.

harap dibaca seksama, jangan asal komen beremosi parah ga pake nalar.

--

a. Makan pagi (nasi uduk telor ) 5 ribux30= Rp 150 ribu
b. Makan siang (nasi soto) 9 ribux30= Rp 270 ribu
c. Makan malam (nasi goreng) 8 ribux30= Rp 240 ribu
d. Buah-buahan per bulan Rp 100 ribu


pertanyaannya: harus selalu beli? ane lihat masih banyak karyawan, bahkan setingkat bos, bawa bekal ke tempat kerja. kalo buah, oke lah.. itu penting, menurut ane harus rajin dikonsumsi (walaupun ane sendiri jarang).

a. Teh 2 ribux30= Rp 60 ribu
b. Kopi 2.500x30= Rp 75 ribu
c. Air mineral 3 ribux30= Rp 90 ribu
d. Susu 2.500x30= Rp 75 ribu


Ini sama, apa harus selalu beli jadi? Lebih irit kalau beli sachetan, kopi sachet rata2 Rp1000 per bungkus, bawa dari rumah, bawa gelas plastik, minta air panas dari tempat kerja. Kalo tempat kerja ngga mau nyediakan air mineral/air panas, ya keterlaluan (sebaiknya tempat kerja menyediakan).

4. Sandang (pakaian, celana, kaos, sepatu, dll,) Rp 300 ribu

Tiap bulan beli baju? atau kalo ini biaya cuci, ane pikir ga akan sebanyak itu.

a. Sewa rumah (3 petak)/cicilan rumah tipe 36 Rp 750 ribu.
apa harus tipe 36? ane ngga tau apa tipe 21 memang sudah ngga ada di bumi Indonesia. Tipe 21 pun bisa kok jadi tempat tinggal yang nyaman.

b. Perumahan 30 item (kasur, tempat tidur, sprei, meja, lemari, dispenser, mesin cuci, kipas angin, perlengkapan makan) Rp 300 ribu.
ini mau tiap bulan beli alat rumah tangga? tiap bulan ganti?

Lainnya, kalo ngga salah bukannya 25 hari kerja? kecuali lembur ya. Setau ane, ada 1 hari off di tiap minggunya.

masalahnya point2 di atas adalah kebutuhan "bulanan" yang jadi dalam prakteknya ya semua point di atas di eksekusi tiap bulan atau setiap hari selama 30 hari.

---

sori, tapi bukan bermaksud offense, ane pernah jadi buruh Ancol, kehidupan yang parah memang waktu itu, tapi bukan terus ane ngga berhitung untuk kebutuhan-kebutuhan sehari-hari secara fair. Berusaha irit, cukup dan selalu berjuang mencari pekerjaan yang lebih baik.

Pengen ini itu ya pasti, tapi bagaimana caranya.. siasatnya untuk mencapai semua itu.

gaji ane sekarang segini, pantas ngga dapet barang ini itu, kalo pantas, bisa ngga sebagian kecil disisihkan. kalo ga bisa ya ga ush beli. kalo penting ya paksa sisihkan gaji. atau cari kerja yang seenggaknya sedikit lebih baik.

ane pun tamatan SMA (masih mending SMK, lebih gampang cari kerja). Tapi Puji Tuhan sampai hari ini, setelah pindah2 kerja selama 5 tahun, ane udah buka usaha sendiri dan udh dikasi kepercayaan sama Yang Di Atas untuk rekrut staff.

--

Kemarin ane baru jual bb apollo punya pribadi, cod di monas, ternyata pembelinya udah cukup tua, ane sempat ajak ngobrol.

beliau dengan anaknya yang umurnya kira-kira 7-8 tahun.
beliau itu buruh, kerja di cengkareng, ketika mau bayar (cash) dia bilang: "sori, pecah2.. ini ane kumpulin sedikit...sedikit...akhirnya kebeli..yang penting punya" katanya sambil ngeluarin uang 50ribuan dan 100ribuan dari saku kemeja birunya, saku celana, dan dompet.

--

silahkan ditanggapi

--

repost atau ngga? ane ga peduli.. ini uneg2 ane.

emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

UPDATE!! video Ahok diskusi dengan Perwakilan Demo Buruh.
agak lama ni durasinya..

Spoiler for videonya:


Spoiler for referensi pengalaman agan2:


Spoiler for update tanggapan agan2:

Ane mo jadi buruh aja kalo gitu.. emoticon-Matabelo
Gaji buruh lbh besar dari PNS dong emoticon-Big Grin
ya begitulah gan.. indonesia tanah air beta

btw TS sudah berkeluarga kah???

klo belum.. ya u know what i mean

mungkin itu perhitungan buruh yang sudah berkeluarga anaknya lebih dari 2.

ane aja gaji 7 juta belum punya anak, hidup dijakarta masih belum cukup gan emoticon-Hammer2
menurut ane kurang logis sih gan, 2,5 masih logis lahemoticon-Malu (S)


Sangat-sangat tidak logis gan menurut saya karena rinciannya terkesan memanjakan mereka banget. Sarjana saja banyak yang masih 2 jutaan perbulan.
Quote:Original Posted By property.99
Sangat-sangat tidak logis gan menurut saya karena rinciannya terkesan memanjakan mereka banget. Sarjana saja banyak yang masih 2 jutaan perbulan.


Ane setuju sama agan diatas
setdah !! gak cocok !
walopun ane buruh, ane gak setubuh ...
tar merembes kemana2 ... contoh PNS

nanti mereka jg minta naek ini itu ...

yg sewajarnya lah ,,,
ane kira gak logis gan, ntar kalo industri pada gulung tikar emg mo kerja dmn?
Quote:Original Posted By property.99
Sangat-sangat tidak logis gan menurut saya karena rinciannya terkesan memanjakan mereka banget. Sarjana saja banyak yang masih 2 jutaan perbulan.


karena sarjana berpikir

lebih baik setetes daripada tidak minum sama sekali.. maka rusaklah harga SDM di indonesia

Quote:Original Posted By herlina.pajri
ane kira gak logis gan, ntar kalo industri pada gulung tikar emg mo kerja dmn?


lebih ga logis lagi klo ente lihat perincian pajak yg diterapkan ke badan usaha gan emoticon-Ngakak (S)
udah gk logis gan
klo emang jadi di naikan bakal pada tutup perusahaan
Quote:Original Posted By fastypers
udah gk logis gan
klo emang jadi di naikan bakal pada tutup perusahaan


pemerintah bisa apa tuk bisa menaikan kesejahteraan rakyatnya???

harga harga pokok melambung tinggi
Dibilang setuju ya gak, dibilang gak setuju juga gak...

Ane rasa harus di revisi kembali itu mengenai perhitungan permintaan KPSI yang aku nilai terlalu mengada"...

Kesejahteraan gak akan tercapai bila gaji naik... karena pastinya harga kebutuhan pokok juga akan naik... dan pemenuhan kebutuhan gak akan tercapai sampai kapanpun...

Nilai UMP sekarang aku rasa udah cukup, kalaupun mau naik taon depan paling hanya naik sesuai % inflasi + 5-10% sesuai ketentuan pemerintah...
gaji BuRUh segitu sejahtera banget ya...emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Silverhert
Dibilang setuju ya gak, dibilang gak setuju juga gak...

Ane rasa harus di revisi kembali itu mengenai perhitungan permintaan KPSI yang aku nilai terlalu mengada"...

Kesejahteraan gak akan tercapai bila gaji naik... karena pastinya harga kebutuhan pokok juga akan naik... dan pemenuhan kebutuhan gak akan tercapai sampai kapanpun...

Nilai UMP sekarang aku rasa udah cukup, kalaupun mau naik taon depan paling hanya naik sesuai % inflasi + 5-10% sesuai ketentuan pemerintah...


sebenarnya ga perlu naik UMP asal.

1. HARGA STABIL (baca : MURAH ) engga NAEK GILA kaya skarang
2. KESEHATAN dijamin NEGARA ( Wajib GRATIS )
3. PENDIDIKAN dijamin NEGARA ( GRATIS ataupun MURAH )
4. PAJAK tepat sasaran


mereka ( baca: buruh ) rata rata sudah berkeluarga, jadi dengan kondisi UMP sekarang JELAS sekali tidak cukup

yang bilang itu ga logis, mungkin karena belum berkeluarga.

klo yang sudah berkeluarga, dijamin setuju dengan tuntutan buruh ini
baru aja ane di kasih kuliah tentang hal ini di kampus emoticon-Big Grin

kasihan gan malah jadi banyak yang di PHK dari yang pengusaha eko mikro
malah jadi pengangguran banyak
bisa juga usaha mikro nya menjadi bangkrut
tinggal pinter" aja itu pemerintah menanggapi hal ini emoticon-Big Grin

#edit :
asumsi nya :
pekerja tukang tahu di gaji 3.7 jt , ga akan lama kemungkinan pasti tutup itu pabrik tahu emoticon-Big Grin
jadi kalo misal 3.7 juta bisa terjadi PHK besar"an kalo menurut ane
3,7 Juta???
WTF??? emoticon-Cape d... (S)
Mau bikin pengusaha gulung tikar apa??

Kalau Gaji segitu benar² di tetapkan sbg UMP, Otomatis perusahaan² pada merekrut karyawan lulusan sarjana yang udh kelihatan kualitas nya,, akhirnya mewek² lagi sama pemerintah emoticon-Cape d... (S)




emoticon-army Original Post By Rock1d emoticon-army
Quote:Original Posted By handihanyut
baru aja ane di kasih kuliah tentang hal ini di kampus emoticon-Big Grin

kasihan gan malah jadi banyak yang di PHK dari yang pengusaha eko mikro
malah jadi pengangguran banyak
bisa juga usaha mikro nya menjadi bangkrut
tinggal pinter" aja itu pemerintah menanggapi hal ini emoticon-Big Grin


Yups.. semua balik lagi ke PEMERINTAH

apakah mau mensejahterakan rakyatnya.. apa mensejahterakan kantong karena dikit lagi 2014 mau pemlu. jadi siap siap KUMPULIN DUIT MODAL HARI TUA emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Rock1d
3,7 Juta???
WTF??? emoticon-Cape d... (S)
Mau bikin pengusaha gulung tikar apa??

Kalau Gaji segitu benar² di tetapkan sbg UMP, Otomatis perusahaan² pada merekrut karyawan lulusan sarjana yang udh kelihatan kualitas nya,, akhirnya mewek² lagi sama pemerintah emoticon-Cape d... (S)


UMP naik, tapi setoran ( baca: diluar pajak ) ke negara dihapuskan., itu baru mantap.

klo liat rincian setoran ke negara, lebih ga logis lagi gan
Quote:Original Posted By momodgalak
ya begitulah gan.. indonesia tanah air beta

btw TS sudah berkeluarga kah???

klo belum.. ya u know what i mean

mungkin itu perhitungan buruh yang sudah berkeluarga anaknya lebih dari 2.

ane aja gaji 7 juta belum punya anak, hidup dijakarta masih belum cukup gan emoticon-Hammer2


iya gan, ane belum berkeluarga..
justru begini:

bisa kah kepunyaan anak di planning? diluar Takdir Tuhan ya..

la trus buruh yang ga punya anak, kecipratan rejeki dongs, ntar dibilang ga adil.. buruh yg punya anak dan yg udh punya anak.. ga adil pendapatannya. ntar malah ada serikta buruh khusus yang udh punya anak

iya gan, penghasilan, UMP, itu ga akan pernah ada titik temu dengan pengeluaran. ane udh nagalami bertahun2.. yg namanya kebutuhan rata2 pasti menuntut kita untuk terus menambah penghasilan.
waduh ane aje gajinya gak segitu gan
5 tahun kerja baru masuk 3 jutaan emoticon-Sorry