alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522849ebfcca170845000000/20-etika-untuk-penumpang-krl-jabodetabek-commuter-line
Ngakak 
20 Etika untuk Penumpang KRL JABODETABEK (Commuter Line)
Etika bukan peraturan, jadi tidak mengikat dan tidak ada sanksi bila tidak dilaksanakan. Akan tetapi, jika etika dilaksanakan dengan disiplin maka semua pihak akan mendapatkan manfaat, yakni penumpang dan penyelenggara layanan (KAI).emoticon-Bingung (S)

Daftar Etika ini adalah dokumen terbuka yang setiap saat bisa berkurang atau bertambah, atas masukan dari sesama penumpang Commuter Line. Jadi gak perlu ngasih cendol Gan (Tapi jangan juga bata), kasih masukan saja untuk melengkapi daftar Etika ini. Semoga entar bisa menjadi 100.

20 Etika untuk Penumpang KRL JABODETABEK (Commuter Line)


  1. Setiap penumpang hendaknya berpakaian bersih (tidak harus bagus) dan tidak bau keringat (bau badan). Suasana kereta yang sangat padat (bergerakpun sulit),akan menjadi semakin tidak nyaman apabila ada penumpang yang berbaju kotor atau berbau badan (bau keringat).

  2. Tidak merokok diarea stasiun (diarea peron maupun diluar peron). Anda membuat orang lain menjadi passive smoker dan baju Anda menjadi bau rokok, mengganggu penumpang lain.
  3. Usahakan menggunakan ticket multi-trip, bukan single trip. Multi trip mengurangi antrian di loket ketika masuk atau keluar stasiun. Dengan Multi-trip, antrian di loket ketika masuk atau keluar akan terhindarkan, dan karenanya tidak menambah ruwet arus penumpang masuk ke stasiun atau keluar stasiun.

  4. Ketika kereta sudah mendekat, padahal Anda masih di peron sebelah, jangan nekad menyeberang. Nyawa Anda memang urusan Anda, tetapi apabila sampai terjadi kecelakaan perjalanan kereta pasti terganggu . Anyway, fikirkan keluarga dirumah menanti Anda.

  5. Berdoa menurut ajaran Agama masing-masing sebelum menaiki gerbong sangat dianjurkan. Walaupun kita percaya persinyalan PT. KAI sudha baik, doa kepada Tuhan YME demi keselamatan semua tak ada salahnya bukan?

  6. Tak usaha dorong-dorongan ketika hendak masuk gerbong. Jika sudah penuh jangan memaksakan diri. Kasihan penumpang didalam gerbong terutama wanita dan anakanak, karena akan tergencet. Masih ada Commuter Line yang akan lewat. Jika enggan kesiangan, berangkatlah lebih pagi.

  7. Jika memang masih ada tempat didalam gerbong, Anda harus mau bergeser ketika ada penumpang yang akan masuk. Keengganan penumpang untuk bergeser, kearah tengah gerbong, membuat area sekitar pintu-pintu gerbong menjadi sangat padat.

  8. Penumpang yang hendak turun adalah prioritas. Bagi penumpang yang ada didalam gerbong, berikan kesempatan (jalan). Demikian pula kepada penumpang diluar gerbong yang hendak naik, memberikan kesempatan kepada penumpang yang turun.

  9. Tak perduli apakah wanita apalagi laki-laki sehat, berikan tempat duduk Anda pada manula (laki-laki atau wanita), anak kecil, wanita yang menggendong/bersama anak kecil, wanita hamil dan siapa saja yang sakit. Banyak penumpang (terutama yang wanita) tak memiliki kesadaran ini, berharap supaya penumpang laki-laki yang memberi tempat duduknya. Coba bayangkan penumpang manula itu ayah atau ibu Anda, gimana coba?

  10. Apabila Anda sedang terkena influensa (flu), batuk atau penyakit menular lainnya, selalu pakai masker. Lebih baik Anda tak berangkat melainkan istiraha saja di rumah. Jangan buat dosa dengan menjadi sumber penularan penyakit.

  11. Penumpang didalam gerbong boleh saja menelpon atau terima telpon. Tetapi, jagalah agar Anda tidak bersuara keras (teriak) yang bisa mengganggu penumpang lainya. Kalo saya biasanya sesegera mungkin menyudahi pembicaraan dengan janji akan dilanjutkan setelah tururn dari Commuter Line.

  12. Untuk menghilangkan kebosanan, penumpang bisa mendengarkan lagu (hanya) menggunakan headphone. Menikmati sih syah-syah saja, tapi tolong jangan sambil bergumam atau atau bernyanyi mengikuti lagu walau dengan suara kecil. Mengganggu banget tahu....!!

  13. Jangan membawa bagasi yang berlebihan baik dari ukuran maupun jumlahnya.

  14. Tidak membawa barang bagasi yang mengeluarkan bau-bauan yang dapat mengganggu penumpang lain semisal durian.

  15. Jangan membawa bagasi berupa mahluk hidup/peliharaan seperti anjing dan kucing. Itu namanya Anda menyiksa hewan tersebut dan penumpang lainnya.

  16. Apabila membawa tas rangsel, jangan diletakkan dibelakang punggung atau didepan dada, karena kedua posisi itu akan mempersempit ruang. Anda bisa simpan rangsel di tray diatas tempat duduk penumpang atau jika And aberdiri taruh dibawah diatas jari kaki Anda.

  17. Jangan duduk dilantai gerbong atau membawa tempat duduk portable kedalam gerbong. Kedua hal itu akan mengurangi ruang gerak penumpang.

  18. Tak perlu berebut turun gerbong ketika sampai stasiun tujuan, daripada membuat orang lain atau Anda sendiri jatuh terpeleset dari gerbong.
    Penumpang yang berdiri dekat pintu, mungkin Anda sebaiknya turun dahulu untuk melancarkan arus penumpang yang hendak turun.

  19. Tak usah grasa-grusu (buru-buru) ketika antri melakukan tap out di gate stasiun tujuan. Antrian yang rapih dan tertib justru akan mempercepat proses.

  20. Berebut ojeg atau taxi diluar stasiun juga mencerminkan budaya yang buruk. Anda malah membuat tukang ojek/taxi menjadi tak tertib, akibatnya lalu lintas sekitar stasiun macet.


Percayalah bilamana kita semua memperhatikan dan menjalankan 20 etika diatas dengan konsekwen, naik Commuter Line (KRL Jabodetabek) akan lumayan nyaman, walaupun masih sering telat dan padatnya ampun-ampunan.

Diakui atau tidak Commuter Line adalah pilihan lebih baik daripada naik kendaraan pribadi (apalagi kendaraan umum selian KA) terutama untuk warga sub-urban (Bekasi, Bintaro, BSD,Tanggerang, Depok, Bogor) yang bekerja atau kuliah di Jakarta. Commuter Line murah, cepat dan anti polusi.emoticon-Bingung (S)


Gusti
ane ga naik krl gan emoticon-Ngakak

btw makasih infonya emoticon-Cendol (S)
Buat yang poin nomor 6 kayaknya susah deh gan
Manusia emang demen yang cepet-cepet, maunya duluan
kalo ga mau dorong-dorongan lagi..
Kapasitas commuter line harus ditambah/keberangkatan lebih banyak.
Biar ga penuh terus kalo jam sibuk
yang paling ane gasuka tuh kalo sore2 pulang kuliah turun distasiun kota pasti mau turun aja susah bgt kedorong2 sama orang yang pengen dapet tempat duduk
Tak usaha dorong-dorongan ketika hendak masuk gerbong. Jika sudah penuh jangan memaksakan diri. Kasihan penumpang didalam gerbong terutama wanita dan anakanak, karena akan tergencet. Masih ada Commuter Line yang akan lewat. Jika enggan kesiangan, berangkatlah lebih pagi.

itu point nomor 6 ga masuk akal. ane kuliah masuk jam 8 ane semisal berangkat jam 6 agar tidak kesiangan. kuliah ane dijakarta. setiap kereta pukul 6 - pukul 8 juga bakalan rame. kalau ente bilang ane ga boleh dorong dorongan. lantas kapan ane kuliah? kalau emang ga boleh dorong dorongan, armadanya dibanyakan. ye ga? kalau gini rugi bangget ane masuk jam 8 jam. spare 3 jam jg ga bakalan bisa.
perlu di terapkan biar menjadi kenyamanan bersama emoticon-I Love Kaskus (S)
kalo penuh jangan paksain gan, dan pastikan barang2 berharga agan berada diposisi yang aman
Quote:Original Posted By Kirana.Dn

[*]Tak usaha dorong-dorongan ketika hendak masuk gerbong. Jika sudah penuh jangan memaksakan diri. Kasihan penumpang didalam gerbong terutama wanita dan anakanak, karena akan tergencet. Masih ada Commuter Line yang akan lewat. Jika enggan kesiangan, berangkatlah lebih pagi.


pada kenyataannya masih banyak penumpang CL yg pada gak mau tau (TOLOL) klo gerbong yg pengen dinaikkinnya udah pnuh sesak.. emoticon-Marah emoticon-Marah

Quote:Original Posted By Kirana.Dn

[*]Jika memang masih ada tempat didalam gerbong, Anda harus mau bergeser ketika ada penumpang yang akan masuk. Keengganan penumpang untuk bergeser, kearah tengah gerbong, membuat area sekitar pintu-pintu gerbong menjadi sangat padat.



banyak yg pngen jadi penjaga pintu tapi pada gk mau ksi tau klo isinya udah penuh bgt.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Kirana.Dn

[*]Penumpang didalam gerbong boleh saja menelpon atau terima telpon. Tetapi, jagalah agar Anda tidak bersuara keras (teriak) yang bisa mengganggu penumpang lainya. Kalo saya biasanya sesegera mungkin menyudahi pembicaraan dengan janji akan dilanjutkan setelah tururn dari Commuter Line.



klo yg ini, ane no comment gan.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

biasanya ibu2 yg ky bgini.. trus di loadspeaker lg.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
PLIS JANGAN PAKE BAJU YOU CAN SEE.... SETIDAKNYA UNTUK PENUMPANG BEDIRI YG PEGANGANfa
yang nmr. 6 kayaknya agak susah diterapin ntu gan emoticon-Malu (S)
harus HT nih emoticon-Mad (S)
masalah antri kayanya yg paling ngeselin emoticon-Malu
Setuju banget gan demi kenyamanan bersama walau masih belum sepenuhnya nyaman karena ac sering bermasalah dan memaksa penumpang membuka jendela. Takut ada yang nimpuk gan.
Yang nomer 6 itu susah buat diterapin gan. karna banyak penumpang yang ga sabaran buat naik kereta emoticon-Mad (S) kalo ane sih naik ya kalo emang keadaan ga begitu rame aja, ga terlalu maksain buat cepet-cepet emoticon-Big Grin
Nomor 6 mungkin kita sedikit revisi. Tapi kalo kata gw sih intinya tetap, jangan maksa kalo emang gerbong dah benar2 padat. Nyaman pasti terganggu, tapi safety juga bagi penumpang. Ada bahaya kejepit bro.
yang no 9 perlu bgt diterapin gan, tapi skr cowo2 yang masih muda aja pada egois,sok bego padahal ada ibu hamil. Ini pengalaman istri ane gan,lagi hamil naek comuter trus ada cowo duduk dh malah pura pura tidur,kalo ada ane udah ane jitak tuh gan. Banyak ibu hamil atau orang tua yg ngalamin apa yg istri ane alamin gan,

kalo bisa taro pejwan gan emoticon-Big Grin
ya gan..tollong dibantu. terutama para penumang dan yang punya keperdulian soal KRL

KK bukan kartu keluarga tapi Kurang Kesadaran

Nice thread gan.. mo coment sdkt tentang KRL tangerang...
point 9 di thread untuk priority seats, gw sering naik KRL dari bogor ke tangerang, KRL tangerang memang msh terbatas tdk sebanyak bogor-jakarta. jadi klo nunggu KRL tangerang bs sampe 15-30 menit... penumpang KRL tangerang memang meningkat cukup tinggi jadi terjadi situasi "kereta blm dateng aje penumpang udah penuh ky di pasar tn abang" beberapa hal yg gw perhatiin :
"yang berebutan naik laki-laki dan perempuan"
"yang berebutan naik yg orang tua sm yg muda" termasuk IBU HAMIL, MANULA ikut berebut naik, gile bener deh...
Sampe di dalam kereta heran bgt gw ngeliat kondisinya, ibu hamil, ibu ibu gendong anak sm manula pada berdiri karena kalah kuat lari buat dapat kursi.... Para laki laki dengan santainya duduk manis di kursi...
Gw sedih lihat kurangnya kesadaran di antara penumpang KRL Tangerang, memang gw ngerti kita penumpang sama sama cape ada yg pulang kerja, pulang dr toko, pulang dagang... Tapi masa tega lihat IBU HAMIL, MANULA, ibu gendong anak pada berdiri... sementara yang sehat walafiat duduk dengan tenangnya... Tapi ga semua begitu, sudah ada sebagian yg dengan kesadarannya memberi kursinya untuk para penumpang lain... Mohon dengan sangat khususnya untuk para laki laki tumbuhkan rasa kesadaran kita dan mudah mudahan menjadi ladang amal buat kita... tdk bermaksud buat menyingung hanya untuk mengingatkan... thx20 Etika untuk Penumpang KRL JABODETABEK (Commuter Line)