alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/522835fb59cb170f71000008/bulog-kenapa-perajin-tahu-tempe-harus-mogok
Bulog: Kenapa Perajin Tahu Tempe Harus Mogok?

[/SPOILER]http://s.kaskus.id/images/2013/09/05/5830257_20130905023650.jpg[/img]

Liputan6.com, Jakarta : Perum Bulog mempertanyakan rencana mogok para perajin tahu dan tempe akibat melambungnya harga kedelai. Mogok massal ini dijadwalkan akan berlangsung pada 9-11 September 2013.
"Kenapa mesti harus mogok, padahal kebijakan yang dikeluarkan pemerintah waktu rapat kemarin sore bahwa cadangan atau stok kedelai harus digelontorkan," terang Direktur Utama Bulog, Sutarto Alimoeso sebelum Rakor Pangan di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu (4/9/2013).
Dia menegaskan, pemerintah dan perusahaan tidak perlu menahan stok kedelai supaya perajin bisa segera mendapatkan kedelai.
"Kata Kementerian Perdagangan ada stok 350 ribu ton. Kalau menurut saya tidak perlu ditahan lagi karena jika nanti impor pasti akan datang lebih banyak (kedelai)," tukasnya.
Bulog, menurut Sutarto, telah mendapatkan penugasan untuk mengimpor kedelai dari Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Hal ini ditunjukkan melalui izin dari Kemendag pada Jumat lalu (30/8/2013).
"Bulog tidak bisa langsung mendatangkan kedelai impornya, karena baru dapat penugasan. Jadi tidak mungkin barang langsung ada, itu namanya kami bohong, tidak governance," ucap dia.
Sutarto menjelaskan, pihaknya membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat menerbangkan kedelai dari AS ke Indonesia. Meski begitu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sudah melakukan negosiasi dan penjajakan bisnis dengan AS.
"Kontak bisnis sudah lama dilakukan, hanya saja tidak mungkin secara riil dilakukan bila izin belum diperoleh. Jadi prosesnya sama dengan mendatangkan daging di Australia," paparnya.
Sayangnya ketika dikonfirmasi lebih lanjut soal realisasi dan besaran impor, Sutarto belum dapat memberikan jawaban secara detail.
"Mudah-mudahan bisa secepatnya karena pasokan kurang. Bulog dan pemerintah sepakat berapapun (jumlah) disetujui tentu sesuai dengan situasi dan keadaan di lapangan, karena yang terpenting harus governance," jelasnya.
Dia mengatakan, impor juga harus berpatokan untuk menjaga harga di dalam negeri, sehingga perlu ada instrumen tertentu tentang pengenaan tarif.
"Produksi dalam negeri pun harus betul-betul aman. Tidak bisa setiap orang impor hanya impor saja tapi tidak menjaga harga di dalam negeri," pungkas Sutarto.

sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/6831...pe-harus-mogok

gimana pendapat agan'' tentang tahu tempe ini??
emoticon-Bingung
itu orang2 bulog pada ngerti kaga sih, biaya produksi naek gara2 harga kedelai naik, sedangkan harga jual ngga bisa naek...

kalaupun harga jualnya dinaekin, orang2 pada engga beli, padahal tau sendiri kalo udah jadi tempe tuh paling lama bertahan cuman 3 hari, tuh orang2 bulog emang pada mau nalangin kerugiannya?

kalo kebijakannya bisa nurunin harga kedelai sih ngga masalah, masalahnya cuman pada menang di bacot doang, ngga ngerasain yang pada di bawah...

walah dopost emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Discobear
itu orang2 bulog pada ngerti kaga sih, biaya produksi naek gara2 harga kedelai naik, sedangkan harga jual ngga bisa naek...

kalaupun harga jualnya dinaekin, orang2 pada engga beli, padahal tau sendiri kalo udah jadi tempe tuh paling lama bertahan cuman 3 hari, tuh orang2 bulog emang pada mau nalangin kerugiannya?

kalo kebijakannya bisa nurunin harga kedelai sih ngga masalah, masalahnya cuman pada menang di bacot doang, ngga ngerasain yang pada di bawah...


gak ada kebijakannya gan, stok yang ada malah di timbun..
lagian mana mau orang bulog rugi...emoticon-Ngakak

gak kuat gan ngikuti harga kedelaiemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Discobear
walah dopost emoticon-Hammer2

mohon mangap gan..maklum nubi.emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
lebih baik kita beralih dari tempe ke nasi
tempe dan tahu langka dipasaran mau makanan bergizi apa lagi gan...
Quote:Original Posted By pluskaskus
gak kuat gan ngikuti harga kedelaiemoticon-Ngakak

ditempat ane kedele 12rb/Kg

Quote:Original Posted By ranggasetiadi
tempe dan tahu langka dipasaran mau makanan bergizi apa lagi gan...

padahal salah satu makanan favorit negri kita ya..emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By Discobear
itu orang2 bulog pada ngerti kaga sih, biaya produksi naek gara2 harga kedelai naik, sedangkan harga jual ngga bisa naek...

kalaupun harga jualnya dinaekin, orang2 pada engga beli, padahal tau sendiri kalo udah jadi tempe tuh paling lama bertahan cuman 3 hari, tuh orang2 bulog emang pada mau nalangin kerugiannya?

kalo kebijakannya bisa nurunin harga kedelai sih ngga masalah, masalahnya cuman pada menang di bacot doang, ngga ngerasain yang pada di bawah...


BTW ente pertamax gan
emoticon-Shakehand2
nih gara-gara ulah kartel dan mafia import emoticon-Busa