alexa-tracking

Hisapan Ombak Aneh Pantai Parangtritis Yogyakarta Dibuktikan Secara Ilmiah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228241abe29a0f410000006/hisapan-ombak-aneh-pantai-parangtritis-yogyakarta-dibuktikan-secara-ilmiah
Hisapan Ombak Aneh Pantai Parangtritis Yogyakarta Dibuktikan Secara Ilmiah
Hisapan Ombak Aneh Pantai Parangtritis Yogyakarta Dibuktikan Secara Ilmiah


Para praktisi ilmu kebumian menegaskan bahwa penyebab utama hilangnya sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret rip current. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik itu tidak hanya kuat, tetapi juga mematikan.

Kepala Laboratorium Geospasial Parangtritis I Nyoman Sukmantalya mengatakan, sampai sekarang informasi mengenai rip current amat minim. Akibatnya, masyarakat masih sering mengaitkan peristiwa hilangnya korban di pantai selatan DI Yogyakarta dengan hal-hal yang berbau mistis. Padahal, ada penjelasan ilmiah di balik musibah tersebut.

Arus balik merupakan aliran air gelombang datang yang membentur pantai dan kembali lagi ke laut. Arus itu bisa menjadi amat kuat karena biasanya merupakan akumulasi dari pertemuan dua atau lebih gelombang datang.

Hisapan Ombak Aneh Pantai Parangtritis Yogyakarta Dibuktikan Secara Ilmiah


“Bisa dibayangkan kekuatan seret arus balik beberapa kali lebih kuat dari terpaan ombak datang. Wisatawan yang tidak waspada dapat dengan mudah hanyut,” demikian papar Nyoman, di Yogyakarta.

Celakanya, arus balik terjadi begitu cepat, bahkan dalam hitungan detik. Arus itu juga bukan hanya berlangsung di satu tempat, melainkan berganti-ganti lokasi sesuai dengan arah datangnya gelombang yang juga menyesuaikan dengan arah embusan angin dari laut menuju darat.

Nyoman melanjutkan, korban mudah terseret arus balik karena berada terlalu jauh dari bibir pantai. Ketika korban diterjang arus balik, posisinya akan mudah labil karena kakinya tidak memijak pantai dengan kuat.

“Karena terseret tiba-tiba dan tidak bisa berpegangan pada apa pun, korban menjadi mudah panik, dan tenggelam karena kelelahan,” lanjutnya.

Hisapan Ombak Aneh Pantai Parangtritis Yogyakarta Dibuktikan Secara Ilmiah


Staf Ahli Pusat Studi Bencana Universitas Gadjah Mada, Djati Mardianto, melanjutkan, apabila korban tetap tenang saat terseret arus, besar kemungkinan baginya untuk kembali ke permukaan. “Karena arus berputar di dasar laut sehingga materi di bawah bisa naik lagi,” ujar Djati.

Setelah mengapung, korban bisa berenang ke tepi laut, atau membiarkan diri terempas ke pantai oleh gelombang datang lain. Setidak-tidaknya, korban memiliki kesempatan untuk melambaikan tangan atau berteriak minta tolong. Semoga info ini bermanfaat. (icc / created:05 Januari 2013 / publish: 05 August 2013)

Sumber: http://indocropcircles.wordpress.com...secara-ilmiah/
pantesan banyak ygkelelep ya ?!?
makanya itu disana banyak banget yang tertelen ombak emoticon-Matabelo
baru tau gan ternyata itu penyebabnya emoticon-I Love Kaskus



wooow....
ternyata gitu ceritanya. pantesan aja banyak korban
wah jadi ngeri emoticon-Takut emoticon-Takut
wah.. harus hati2 nih kalau mau berenang...
makasih gan info nya.. semoga bermanfaat..
makasi infonya gan emoticon-Smilie
terlalu jauh memang bahaya gan
bisa loloskan diri dgn cara berenang ke samping toh emoticon-Belo
nice info gan... baru tau alasan logisnya
Arus balik pernah ane rasakan d pangandaran...
waktu itu ane jalan sampe kedalaman pangkal paha, waktu jalan ga merasa ada arus dr bawah.. Pas mau balik (badan sudah menghadap pantai), tiba2 kaki terasa terseret arus yg kuat didasar dari arah pantai.
seketika ane panik, tp alhamdulillah mah bisa berfikir rasional. Ane rundukun kaki sehingga lutut nengkuk ke depan yg tujuannya mempersempit penampang kaki yg sapu arus.. Kaki tetep berpijak ke tanah kuat2, terasa pasir yg dipinggiran kaki terkikis.. Saya dah pasrah, Alhamdulillah kejadian ga berlangsung lama sekitar 15 detik.
pas arus balik di bawah dah ilang, buru2 ane meluncur ke pantai..
Alhamdulillah ane masih selamat, seketika badan ane serasa lemes...
Ane pernah ngalamin gan kejadian yg persis kyk kejadian diatas wktu ane msh smp, kejadiannya di pantai ulakan padang pariaman sum bar, wktu tuh ane ma tmn pulang sekolah naik sepeda kepantai kebetulan gk trlalu jauh dari rumah nenek ane, nah pas berenang ada ombak gede ane nyelam gan mksdnya biar gk kebawa kepantai karena ane berenang agak jauh dr pantai, gk taunya ane malah di bawa tenggelem diputer2 sm gulungan air yang ane perkirakan itu arus bawah gan, ane di jedot2in ke dasar pantai sampe ane panik ane ngelawan arus tp malah terus kedasar gan gk bisa naik ke permukaan akhirnya ane sadar ini gk bs dilawan arusnya tp harus tenang biarin badan kita di bawa arus sambil terus tahan nafas dan akhirnya ane kebawa kepermukaan kedorong ombak smpe pinggir pantai dan ane baru sadar badan ane dr muka smpe badan ane pada lecet2 perih semua gan sambil liatin temen2 ane yg nunggu di pantai H2C..

saran ane :
kalo ada yg ngalamin kejadian kyk ane dipantai ttp tenang gan jgn ngelawan arus ombak, percuma gan ane dh coba, jd ttp tenang and tahan nafas sebisa n selama mungkin gan ini yg penting gan. JUST SHARE
ngeri ah gan...
daripada ke parang tritis mending ke pantai indrayanti gan...
cakep banget...
pasirny putih gan...emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

dari situ jadi banyak orang yg keseret ombak..
makanya ane emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut laut gan....emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
ombak pantai parangtritis memang sedotannya kuat gan emoticon-Takut (S)
tapi kebanyakan orang indo pasti di kaitkan dengan hal yg mistis, yg di salahin ny roro kidul melulu....!!! p
alingan dia bingung kok saya yg di salahkan yaaa, padahal kan tenggelem gak bisa berenang
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Bisa jadi hantu air gan? emoticon-Ngakak
katanya si renang ke arah samping gan, dari pada ngelawan arus ato ngikutin arus, tapi ya gatau juga, banyak yg jago renang tetep jd korban
baca dlu gan emoticon-Toast