alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228139cf8ca17b022000008/antara-buruh-dan-karyawan
Antara Buruh dan Karyawan
Awalnya saya kaget mendengar/membaca tentang tuntutan buruh yg minta diberikan upah min 3,7jt (berharap setelah nego bisa dapet 3jt) /bulan.

Gila (itu kata pertama yg muncul didalam hati), banyak dari mereka yg "hanya" lulusan SMA(Sedrajat) tapi meminta upah seperti itu untuk minimalnya.

Dulu diperusahaan saya sebelumnya saya pernah menjadi asmen yg posisinya lumayan sering wawancara/interview untuk calon karyawan/ti baru, banyak dari calon2 tersebut yg lulusan S1. Dan standar gaji di perusahaan itu max untuk Fresh Graduate (S1) "hanya" 2,9jt.
Secara umum (level staff) dibagian departemen seperti Finance, Accounting, HR, Marketing dlsb (kecuali IT), biasanya tidak mematok skill apapun tetapi yg dibutuhkan biasanya adalah skill yg umum. Dilihat dari sisi pekerjaan "terlihat santai" karena lebih banyak duduk daripada berdiri ... lebih banyak ketelitian daripada tenaga. Mungkin karena faktor "terlihat santai" ini yg menyebabkan penilaian perusahaan terhadap si calon karyawan layak di berikan upah segitu.
Banyak pekerjaan yg tidak bisa diukur dengan jam, karena hasil yg di utamakan adalah BENAR dan BETUL, cepat belum tentu teliti/benar. Malah karyawan/staff biasanya diminta double cross cek.

Akhir tahun 2012, saya memutuskan untuk mencoba wiraswasta (makanan ringan). Disitu saya mempelajari tentang produksi yg baik dan (mungkin belum tentu) benar. dan disitu saya bisa mengukur akan hasil produksi dengan tenaga yg dibutuhkan.
Dalam produksi, kita bisa mengukur dan berapa lama bahan baku diolah sampai 1/2 jadi. berapa lama bahan 1/2 jadi dimasak. dan berapa lama waktu yg digunakan untuk packing.
Kita juga bisa menghitung antara bahan baku, jumlah karyawan dan hasil.
Dan disitu saya mempekerjakan 2 karyawan(buruh).
Sayangnya, usaha ini tersendat akibat faktor lain selain produksi dan distribusi. yaitu PIUTANG. yg ternyata setelah dihitung antara rasio produksi, hasil dan piutang masih belum mencukupi hitungan modalnya.

Yang akhirnya saya memutuskan mencari pekerjaan lagi untuk meneruskan hidup. Dan alhamdulillah karena kemampuan saya, saya di terima disebuah perusahaan dengan gaji yg hampir sama dengan perusahaan sebelumnya namun dengan tanggung jawab yg lebih kecil.

Disini saya menyimpulkan perbedaan buruh dan karyawan adalah di faktor "TENAGA" dan karena faktor "TENAGA" inilah yg ingin di "hargai" oleh perusahaan.
Buruh biasanya berasa "LELAH" di akhir harinya sedangkan karyawan berasa "STRESS" di akhir harinya.

Banyak lulusan sekarang yg tidak mau "LELAH" dan tidak dengan kadar "STRESS" yg tinggi. Mungkin karena itu lulusan S1 sekarang menerima apa adanya.

Namun bagi buruh, yg merasa tiap harinya bekerja dengan "KUAT", dipabrik terkadang harus terus berdiri, terkadang waktu shalat juga tidak bisa dilakukan saat bekerja. Saat tidak masuk terkena "potongan". dan lainnya. mungkin faktor itu yg membuat mereka merasa berhak mendapat lebih.

Jika di ibaratkan "SAYA YANG CAPE, DIA YG MENIKMATI HASILNYA"

Menurut saya pribadi, saya tidak menyalahkan Buruh/Karyawan dan Pengusaha. Namun disini saya cuma bisa melihat SKILL lebih utama dari IJASAH dan TENAGA. SKILL lebih bernilai dari kedua itu.

Jika ingin "MENGINGINKAN LEBIH" asah skill anda, dan jangan lupa "PINTAR2 NEGO GAJI".
Jangan hanya bisa mengeluh. karena mengeluh itu itu bertanda anda tidak bisa berbuat apa2.


BTW ini hanya pendapat dan pengalaman pribadi saya.
ane cenderung suka wirausaha gan...
Iya gan...

enak kerja swasta dr pd ikut orang emoticon-Cool

rejeki mah ga kemana
Quote:Original Posted By inter.azhari
ane cenderung suka wirausaha gan...


saya juga gitu sebenernya ... makanya kemarin wiraswasta gan, dan dg bekerja lagi ... saya akan coba untuk tidak mengulang kesalahan pertama.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
klo ane sih....rencana buiat usaha sendiri gan....
mau buka lapangan kerja...
ane yg jadi bos emoticon-Cool
Quote:Original Posted By ScrewYOU
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
klo ane sih....rencana buiat usaha sendiri gan....
mau buka lapangan kerja...
ane yg jadi bos emoticon-Cool


amiiin ... moga2 terwujud.
Quote:Original Posted By 7i7
ane mending jualan boneka ganemoticon-Matabelo



jualan di fjb gan emoticon-Big Grin
ane buruh gan..tapi enjoy enjoy aja emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By xx11xx
Iya gan...

enak kerja swasta dr pd ikut orang emoticon-Cool

rejeki mah ga kemana


sambil bekerja ... cari peluang ... kalau dah mantap .... lakukan wiraswasta gan
setuju ama agan yang satu ini, ora obah ora mamah
sebenarnya tidak bisa dibandingkan gan antara keduanya, sama2 punya kelebihan dan kekurangan, ada karyawan yang di bayar mahal karena dia punya skill dan inovasi. dan semua tergantung dari perusahaan masing2. ya emang sih kalo mau enak ya usaha sendiri.
sama agan ane sependapat ama TS, ane juga buruh sampe sekarang (hampir 10 tahun) ud 6 Perusahaan/pabrik ane jelajah. dan awal 2013 merupakan pola pikir ane berubah, justru karena kenaikan UMK yang besar...
karena ternyata UMK naek gede tapi tidak berpengaruh pada kondisi dompet, karena harga barang juga ikut naik...
ane lagi berpikir klo mau wirausaha, dan kumpulin modal, mungkin 1 tahun-2 tahun lagi baru merintis
kalo ngarep kaya : USAHA !!! jadi wirausahawan, jgn ngarep jadi kaya tapi cuma jadi buruh pabrik, karyawan, apalagi PNS. Ujung2nya korupsi karena KEINGINAN lbh besar dari INCOME