alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52280e673dcb17110b000011/cekidot-inilah-alasan-mengapa-wangi-sehabis-hujan-turun
[Cekidot] Inilah alasan mengapa wangi sehabis hujan turun
Mudah mudahan gak emoticon-Repost emoticon-Repost emoticon-Repost

Misi agan-agan, nubi numpang bikin thread...

Agan2 pernah kepikiran gk kenapa sehabis hujan tercium wangi khas ujan yang menurut ane sih enak & bikin fresh. Nah tapi agan tau gak kenapa?

Spoiler for hujan:


Kadang-kadang, orang bisa merasakan wewangian, seperti wangi rumput segar yang baru dipotong, setelah hujan. Apa yang menyebabkan wangi setelah hujan?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabakan aroma hujan. Hal yang umum adalah uap minyak yang dikeluarkan oleh tanaman, bakteri, dan bahan kimia.

Bakteri yang menyebabkan aroma hujan adalah Actinomycetes, sebuah bakteri berserabut yang hidup di tanah yang lembap dan hangat dan dapat dijumpai di berbagai negara di seluruh dunia. Ketika tanah mengering, bakteri menghasilkan spora. Ketika hujan, air yang menetes ke tanah membuat spora itu terangkat ke udara dan terhirup oleh manusia. Karena spora itu memiliki wangi yang khas, manusia yang menghirupnya pun merasakan aroma. Aroma yang dihasilkan bakteri ini akan sangat terasa ketika hujan diikuti oleh kondisi terik.

Aroma yang serupa dihasilkan oleh uap minyak yang dikeluarkan tanaman. Minyak dari tanaman itu menempel di tanah dan batu. Air hujan bereaksi dengan minyak tersebut sehingga terbawa ke udara dalam bentuk gas dan tercium oleh manusia.

Aroma khas hujan seperti ini sering dikemas dalam botol atau kaleng dan dijual sebagai pewangi ruangan.

Aroma hujan tidak selalu enak. Aroma hujan yang diakibatkan oleh asam di atmosfer menghasilkan wangi yang tidak enak. Bahan kimia hasil polusi udara yang ada di atmosfer bisa membuat hujam bersifat asam. Ketika hujan ini bereaksi dengan bahan organik atau bahan kimia lain di tanah, muncullah aroma. Reaksi dengan bensin bisa membuat aroma lebih kuat. Hujan seperti ini sering terjadi di daerah berpolusi tinggi.

Tiga materi itulah yang paling umum. Masih ada lagi penyebab-penyebab lainnya yang membuat pengalaman orang berbeda-beda dalam membaui hujan.

Jika berkenan boleh emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan

tapi jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) hehe

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
tapi ga di semua lokasi juga gan emoticon-Big Grin
soalnya kalo hujan di lokasi tambang atau pabrik tetep bau nya ga enak emoticon-Hammer (S)
ohhh begitu penjelasanyya emoticon-thumbsup
baru tau ada parfum rasa hujan emoticon-Hammer (S)
Tergantung lokasinya sih ganemoticon-Wink
iye gan bau segerrr..

ane juga suka gan...

kesan nya legaaaa banget, bikin adem di hati wkwkwkw
Nice inpohnya gan emoticon-Matabelo
kalo sekarang di daerah padat penduduk, biasanya kalau habis hujan malah bau sampah gan emoticon-Cape d... (S)
Tergantung lingkungannya ya Gan ?
Kalo sekelilingnya tanah lapang, ya bau tanah.....emoticon-Matabelo
Nice thread....
klo dirumah gua kalau ujan kecium bau tanah emoticon-Big Grin
habis hujan, cuma seger aja udaranya.
bakterinya itu berbahaya nggak gan?
Busett gan ini thread ato buku harian ente gan emoticon-Betty

Pejwan emoticon-Big Grin
kalo hujan di tempat pemotongan hewan....baunya wow banget tuh gan.....

wanginya bener khas emoticon-Ngakak
mirip bau kelek ane gan wanginya emoticon-Embarrassment
kalo di kota, wangi aspal gan emoticon-Ngakak
Kalau tidak ada tanaman gimana jadinya ?
Iya gan, ane jg suka dgn wangi sehabis ujan emoticon-Big Grin
Thx info na emoticon-Stick Out Tongue
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
hmmm abis ujan,aroma tanahnya emang beda bgt,seger aja gitu....

Ijin nitip lapak
LAGU PENGANTAR TIDUR (barat) VERSI ANE DIJAMIN MAKNYUS..!!
ENTE JANGAN MAU DIPANGGIL SEKEDAR GAN.. AJA
KALO AGAN/SISTA DITANYA YANG INI,KAYAKNYA BANYAK YANG JAWABNYA SALAH.!!GAK PERCAYA.??
terasa fresh gan kalo habis hujan