alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5227eb0005346a901e000000/pohon-turi-yang-kaya-manfaat-gak-baca-rugi-gan
Pohon Turi yang Kaya Manfaat [Gak Baca Rugi Gan]
WELCOME TO MY THREAD AGAN-AGANWATI
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Spoiler for no repost:

Spoiler for seperti biasa:


Pohon Turi yang Kaya Manfaat [Gak Baca Rugi Gan]
apakah agan-aganwati pernah mengkonsumsi kembang/bunga turi ? bunga turi itu ternyata banyak manfaatnya loh emoticon-Big Grin
bagi yang suka makan pecel pasti pernah makan bunga turi ini, teruma orang jawa timur emoticon-Big Grin (ane jg suka makan pecel gan emoticon-Genit) di daerah ane pecel itu kasih bunga turi gan (nasi pecel maupun krupuk pecel) selain itu jg di kasih toge, daun pepaya, daun singkong dll, dan pastinya sambalnya yg mantap emoticon-Genit pohon turi gak cuma bunga nya saja gan yang banyak manfaatnya, daun, akar dan batang nya jg bermanfaat loh emoticon-Smilie
ane gak cuma sekedar suka makan pecel bunga turi ini, setelaha ane cari tau manfaat bunga turi ini yang kaya manfaat, ane mau berbagi ke agan-aganwati semua emoticon-Smilie
Yok di baca gan emoticon-Big Grin

Yang belom tau ciri khas pohon turi nih ane kasih tau cirinya gan :
Quote:Quote:Quote:
http://s.kaskus.id/images/2013/09/05...0905100118.jpg
Batang :
Berlendir dan berair, ranting menggantung, kulit luar tidak rata dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan dengan lapisan gabus yang mdah terkelupas.
Daun :
Majemuk dan tersebar, memiliki daun penumpu, anak daun bentuknya jorong memanjang, rata dan menyirip genap.
Bunga :
Besar apabila mekar berbentuk seperti kupu-kupu, warnanya ada yang merah dan ada yang putih.


Quote:Quote:
Pohon Turi yang Kaya Manfaat [Gak Baca Rugi Gan]

Pohon Turi (Sesbania grandiflora) yang bunganya biasa di buat sayur pecel, biasa ditanam atau tumbuh liar di pekarangan rumah atau dipinggir jalan dekat sawah. Turi ini termasuk tanaman yang cepat pertumbuhannya, dalam beberapa bulan saja pohon turi yang ditanam dari biji sudah menghasilkan bunga dan buah yang akan berbunga sepanjang waktu tanpa mengenal musim. Sehingga bunga ini cocok juga sebagai sumber pakan lebah madu.
Bunga turi bentuknya seperti kupu-kupu,dan ada dua jenis warna yang berbeda,yaitu bunga merah jingga dan putih.Oleh karena itu ada dua jenis pohon,yaitu yang berbunga merah jingga dan yang berbunga putih.


Quote:
Spoiler for khasiat daun turi:


Spoiler for khasiat batang turi:


Spoiler for khasiat bunga turi:

Spoiler for khasiat akar turi:


Quote:Kandungan gizi/nutrisi pada bunga turi :
Spoiler for kandungan gizi/nutrisi:


Quote:Quote:Nah, kalau agan-aganwati ingin mencicipi pecel kembang turi, cara membuatnya mudah, setelah kembang turi dibersihkan (dibuang yang layu dan benang sarinya), dicuci bersih, biasanya kembang turi yang belum terlalu mekar atau yang mekar satu dua helai kelopak bunganya yang dipilih untuk sayur, kalau sudah mekar rasanya lebih liat mirip serat. Untuk memasak, bisa langsung dikukus dalam kukusan yang sudah panas selama paling lama 10 menit. Bisa juga direbus dalam air mendidih yang diberi sedikit garam, begitu masuk, aduk-aduk sebentar, setelah layu, angkat dan tiriskan. Langsung siram dengan air es atau air dingin. Agar tak berair, peras kembang turi dan biarkan dingin. Hasilnya, kembang turi yang dikukus tidak berair, lebih lembut. Sayuran lain bisa ditambahkan kayak daun singkong dll, setelah disiram bumbu pecel yang kental, aduk-aduk dan nikmati dengan tempe bacem, kerupuk atau rempeyek/peyek emoticon-Genit

Semoga thread ane dapat menambah wawasan agan-aganwati tentang bunga turi dan bermanfaat pastinya emoticon-Smilie
Gimana gan, banyak kan manfaatnya emoticon-Big Grin Yok mulai konsumsi bunga turi emoticon-Genit

Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca thread emoticon-Cool
Quote:sumber ane dapat dari penjual pecel dan disini >>>SUMBER >>>SUMBER

amankan dari junker emoticon-Cool
woh banyak juga manfaatnye,,klo yang batu ginjal itu caranya gimana gan ngobatin pake daun turi?
Quote:Original Posted By Rerbornos1
woh banyak juga manfaatnye,,klo yang batu ginjal itu caranya gimana gan ngobatin pake daun turi?

udah ada penjelasanya gan emoticon-Smilie
Setiap bagiannya bermanfaat tapi ane cuma pernah makan bunganya aja...
mantap gans !!!! emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
nice info gan emoticon-Big Grin
calon HT ni kayak ny emoticon-Angkat Beer
wah,, di blakang rumah ane buanyak banget gan pohon turi,, itu makanan faforit kambing,, dulu juga ane pernah di masakin daun turi sama embah,, rasanya mantep banget...
Quote:Original Posted By p3pala
Setiap bagiannya bermanfaat tapi ane cuma pernah makan bunganya aja...

sama gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sekata
nice info gan emoticon-Big Grin
calon HT ni kayak ny emoticon-Angkat Beer

semoga gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By bobabiz
wah,, di blakang rumah ane buanyak banget gan pohon turi,, itu makanan faforit kambing,, dulu juga ane pernah di masakin daun turi sama embah,, rasanya mantep banget...

jgn dibiarkan dimakan kambin gan, konsumsi sendiri aja emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak enak banget gan, apalagi kalau di buat pecel ponorogo :O
Quote:Original Posted By adionce
emoticon-Ngakak enak banget gan, apalagi kalau di buat pecel ponorogo :O

jawa timur emg jagonya pecel gan emoticon-Big Grin
Siang-siang sepi banget emoticon-Matabelo Up up up emoticon-Sundul Gan (S)
biasanya ane makan klo ada di sayur nasi pecel gan..
Quote:Original Posted By newriez
biasanya ane makan klo ada di sayur nasi pecel gan..

iya gan, ane juga emoticon-Big Grin
Sepi amat emoticon-siul
ga enak makanannya gan emoticon-Najis (S)
Quote:Original Posted By cahfutuone
ga enak makanannya gan emoticon-Najis (S)

yg masak gak pro itu gan emoticon-Peace
Sepi bgt , sundul lg emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
pejwan ane tutup dulu emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)